Product

Biar Nggak Rugi, Cek Mitos dan Fakta Samsung Galaxy Z Fold 4!

Membeli Samsung Galaxy Z Fold4 untuk kebutuhan kamu yang versatile dengan memanfaatkan layarnya yang bisa dilipat seperti HP biasa atau membukanya menjadi seperti tablet apakah sebuah keputusan yang tepat? Biar ga rugi, cek mitos dan fakta Samsung Galaxy Z Fold 4 di tahun 2024!

Samsung Z Fold4 yang rilis Bulan Agustus tahun 2022 ini memang menawarkan fitur unik yang memungkinkan kamu memiliki ponsel pintar biasa atau bisa membuka lipatannya sehingga tampil seperti tablet.

Tak tanggung-tanggung, ponsel yang termasuk ke dalam kelas flagship ini tentunya dibekali dengan jeroan yang apik seperti menyematkan SoC Snapdragon 8+ Gen 1 dengan dukungan komposisi memori yang besar sehingga kamu tidak usah khawatir mengenai kinerjanya.

Namun ada beberapa mitos yang membuat ponsel ini tidak sempurna. Penasaran? Yuk cek mitos dan fakta Samsung Galaxy Z Fold 4 di bawah biar kamu nggak 0rugi saat beli ponsel ini di tahun 2024.

Baca juga: Update Kelayakan dan Harga HP Samsung Lipat di 2024

Ukuran Bodi yang Tebal dan Berbobot Berat

Biar Nggak Rugi, Cek Mitos dan Fakta Samsung Galaxy Z Fold 4! | Jagofon
Image Source: Samsung

Tak bisa dipungkiri, semua ponsel lipat memang memiliki ukuran yang tebal apalagi saat dalam keadaan dilipat. Hal ini berlaku juga pada Samsung Galaxy Z Fold 4. Tentu ponsel ini tidak akan nyaman kamu kantongi dalam saku celana karena pasti akan terlalu menonjol.

Ukuran dimensi bodi Galaxy Z Fold4 sendiri adalah 155,1 x 130,1 x 6,3 mm saat dibuka dan 155,1 x 67,1 x 14.2-15,8 mm saat dilipat. Nah beratnya sendiri mencapai 263 gram.

Ponsel ini memang tidak cocok buat Jagoans yang selalu menggunakan satu tangan saat menggunakan HP. Jika kamu memaksakan menggunakan satu tangan untuk memainkan Fold4, dijamin tak lama kemudian tangan kamu pasti akan terasa pegal.

Alih-alih dengan lancar menggunakan HP ini dengan satu tangan, ponselnya malah akan tergelincir dan jatuh karena terlalu memaksakan.

Nah, dibalik bodinya yang bongsor, tebal, dan berat, ponsel ini dibekali oleh material premium untuk mengurangi resiko kerusakan. Bodinya sudah dilapisi oleh Gorilla Glass Victus+ dan rangka aluminium untuk melindunginya dari benturan dan goresan. Sementara itu layar lipatnya dibekali material plastik dengan panel fleksibel yang bisa dilipat.

Kendati bodinya yang tebal dan berat, Samsung Galaxy Z Fold 4 sudah dibekali build quality yang premium. Jadi walau kamu melakukan kesalahan dan menyebabkan HP nya jatuh, dipastikan HP kamu tidak akan rusak parah deh Jagoans!

Layar Flexibel yang Rentan Rusak

Biar Nggak Rugi, Cek Mitos dan Fakta Samsung Galaxy Z Fold 4! | Jagofon
Image Source: Samsung

Layar utama Samsung Galaxy Z Fold4 menggunakan panel Foldable Dynamic AMOLED 2X. Panel selebar 7,6 inci yang bisa dilipat dengan mulus ini dilengkapi fitur refresh rate 120Hz, support HDR10+, dan maximum brightness di 1200 nit yang mampu menyuguhkan tampilan tajam dan hidup saat dipakai untuk menonton film atau bermain game.

Namun beberapa pengguna Galaxy Fold4 mengeluhkan adanya kendala saat melipat HP nya setelah dipakai beberapa waktu yang lama. Ponsel ini mati seketika dilipat ke mode HP biasa dari model tablet dan harus menghidupkannya lagi melalui tombol power seperti boot ulang.

Hal ini terjadi dikarenakan ada masalah dengan fleksibel layarnya. Diketahui bahwa pengguna tersebut cukup sering melakukan fold-in dan fold-out alias buka-tutup HP nya sehingga menyebabkan kerusakan pada komponen fleksibelnya.

Tentu saja jika hal ini sudah terjadi Galaxy Fold4 5G kamu harus melakukan penggantian komponen ke Service Center Samsung terdekat dan harus mengeluarkan biaya pergantian sekitar Rp. 2,6 jutaan loh!

Nah, buat kamu yang memiliki impian membeli Samsung Fold4 di tahun 2024, pastikan layarnya masih OK ya Jagoans! Jika kamu memiliki trust issue beli HP second, kamu bisa pergi ke website Jagofon untuk mendapatkan pelayanan produk terbaik dan terpercaya.

Sering Lag

Biar Nggak Rugi, Cek Mitos dan Fakta Samsung Galaxy Z Fold 4! | Jagofon
Image Source: Samsung

Samsung Galaxy Z Fold4 dibekal SoC Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari 1 core prima Cortex-X2 3,19 GHz + 3 core performa Cortex-A710 2,75 GHz + 4 core efisiensi daya Cortex-A510 1.80 GHz.

GPU nya mengandalkan kinerja dari Adreno 730 dan didukung memori besar dengan RAM 12 GB dan pilihan penyimpanan 256GB, 512GB, atau 1TB yang mengusung teknologi UFS 3.1 untuk memperlancar produktivitas kamu.

Namun ada mitos yang mengatakan bahwa ponsel ini sering mengalami lag. Hal ini dikonfirmasi oleng pengguna yang mengeluhkan kejadian ini pada forum Reddit dan forum Samsung Community.

Untuk ukuran ponsel yang menggunakan chipset keluaran baru, hal ini memang tidak bisa dipercaya. Namun kenyataannya isu ini terjadi pada beberapa pengguna.

Salah satu hal yang menyebabkan keadaan ini disinyalir adanya penumpukan data pada penyimpanan, HP terlalu panas saat dipakai, OS yang tidak diupdate ke versi terbaru, atau adanya kerusakan pada komponen perangkat kerasnya.

Kasus lagging pada HP sebenarnya sangat wajar ditemukan pada beberapa ponsel pintar. Oleh karena itu untuk menghindarinya kamu harus aware dengan kondisi HP kamu dan selalu membersihkan penyimpanan dari file yang tidak berguna.

Fungsi Kamera Under Display Kurang Optimal

Biar Nggak Rugi, Cek Mitos dan Fakta Samsung Galaxy Z Fold 4! | Jagofon
Image Source: Samsung

Seperti yang diketahui, Samsung Galaxy Z Fold4 dibekali 3 kamera utama + 1 cover camera + 1 camera under display. Kamera utamanya terdiri dari 50MP + 10MP telefoto + 12MP ultrawide. Kemudian cover camera-nya memiliki resolusi 10 MP dan camera under display-nya memiliki resolusi 4MP.

Fungsi utama dari kamera under display ini untuk memaksimalkan penggunaan video call saat dalam mode flex atau setengah lipat. Namun karena letaknya yang kurang proporsional malah sedikit mengganggu.

Kemudian untuk dijadikan kamera selfie, lensanya tidak bisa menyuguhkan gambar yang baik. Alih-alih menggunakannya, kamu bisa menggunakan cover camera yang memiliki konfigurasi lebih baik.

Sebenarnya kamera under display memang sangat sedikit penggunaannya. Tentu hal ini tidak menafikan kemampuan lensa lain yang dijamin kualitasnya diatas rata-rata.

Harga Terbaru Masih Mahal

Biar Nggak Rugi, Cek Mitos dan Fakta Samsung Galaxy Z Fold 4! | Jagofon
Image Source: Samsung

Samsung Galaxy Z Fold4 memang bukan untuk semua orang. Harganya yang relatif mahal tidak cocok untuk kamu yang memiliki budget yang pas-pasan. Di tahun 2024 saja harga Samsung Galaxy Z Fold4 masih menyentuh angka Rp. 11 jutaan di Jagofon. Tentu banyak model HP lain dengan harga yang serupa yang menawarkan fitur lebih terkini.

Namun jika kamu terkesan dengan desain dan kinerja yang bisa diandalkan, Galaxy Z Fold4 mungkin tercipta untuk kamu, Jagoans!

Dapatkan Galaxy Z Fold 4 di Jagofon!

Mengingat memiliki berbagai fungsi yang bisa kamu andalkan, Samsung Galaxy Z Fold4 memang cocok buat kamu yang memiliki produktivitas yang tinggi. HP ini sangat cocok untuk menikmati multimedia, hiburan, sekaligus menuntaskan pekerjaan dimana saja.

Beberapa mitos terkait Galaxy Z Fold4 memang terbukti adanya, namun tidak menafikan bahwa ponsel ini termasuk ke dalam jajaran HP flagship dengan segudang fitur dan tampilan yang memikat.

Ga usah ragu jika kamu memiliki angan-angan beli Samsung Z Fold 4 di tahun 2024. SoC Snapdragon 8+ Gen 1, RAM 12GB, layar foldable, dan dukungan sinyal 5G masih sangat relevan untuk kamu gunakan di tahun 2024!

Jangan lupa belinya di Jagofon karena Jagofon merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Beli HP bekas di Jagofon seperti beli HP baru, karena punya jaminan garansi mesin 1-6 Bulan. Jika kamu berada di wilayah Jakarta, kamu dapat checkout HP impianmu dengan metode COD atau self-pickup ke kantor Jagofon dan konsultasi langsung dengan tim kami!