JagoHacks

Baru Beli Macbook? Ini Hack Yang Wajib Kamu Ketahui.

Source : CyberScoop

Memiliki laptop dengan performa yang tinggi memang menjadi impian untuk semua orang. Salah satu laptop dengan performa yang diakui adalah laptop besutan dari Apple, tidak lain dan tidak bukan adalah MacBook. Laptop ini mewarkan beragam fitur menarik dan performa yang mumpuni yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan kamu juga bisa membelinya di Jagofon .

Jika Jagoans ingin memiliki MacBook dengan budget terbatas dan hanya digunakan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari yang ringan, mungkin bisa mempertimbangkan untuk memilih MacBook Air. Sedangkan untuk Jagoans yang ingin memiliki performa yang tinggi dan bisa mendukung untuk pekerjaan yang bersentuhan dengan grafis dan editing, MacBook Pro bisa menjadi pilihannya.

Untuk Jagoans yang baru membeli MacBook, pasti membutuhkan sedikit penyesuaian untuk mengoperasikan MacBooknya, apalagi jika sebelumnya belum pernah sama sekali menggunakan MacBook. Selain itu, MacBook juga memiliki beragam tips dan hacks untuk memaksimalkan performa Mac kamu lho Jagoans! Penasaran? Yuk langsung aja simak di artikel berikut!

Spotlight untuk Konversi dan Penghitungan

MacBook hack yang pertama adalah menggunakan fitur spotlight untuk melakukan konversi dan perhitungan matematika yang simpel. Hal ini akan sangat membantu Jagoans yang membutuhkan banyak perhitungan dalam pekerjaannya. Selain itu, fitur ini juga dapat membantu kamu untuk memudahkan pencarian sehingga kamu dapat dengan mudah melakukan editing pada data.

Source : CNET.com

Langkah-langkahnya adalah dengan menekan tombol Command + space bar pada keyboard MacBook Pro atau MacBook Air kamu. Cara lainnya adalah dengan melakukan klik pada ikon magnifying glass yang berada di sebelah atas kanan layar di dalam Menur Bar. Kemudia ketikan persoalan matematika yang ingin kamu selesaikan ataupun konversi seperti 1 galon ke liter. Fitur spotlight akan menyelesaikannya untuk kamu tanpa kamu harus googling terlebih dahulu.

Terima Pesan dari HP ke MacBook

Untuk Jagoans pecinta Apple dan sudah membangun ekosistem Apple, MacBook hack wajib lainnya yang dapat kamu coba adalah membuat MacBook Pro atau Air kamu untuk dapat menerima pesan SMS dan MMS (pesan teks dengan grafik, audio, video, dan media lainnya) melalui iPhone milikmu dengan iMessage. Jangan khawatir Jagoans, kamu tetap bisa bertukar pesan meskipun penerima pesanmu tidak menggunakan iPhone.

Source : Apple

Sebagai informasi, jika kamu mengirimkan pesan ke seseorang yang menggunakan ponsel selain iPhone, pesan kamu akan dikirim sebagai pesan SMS. Fitur ini bisa dijalankan jika kamu sudah memiliki iOS versi 8.1 atau yang lebih terbaru, dan iPhone dan Mac kamu harus log in atau masuk ke iMessage menggunakan Apple ID yang sama. Langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur ini yaitu :

  1. Di iPhone, buka Pengaturan, kemudian cari menu Pesan.
  2. Ketuk Penerusan Pesan Teks. Jika kamu tidak melihat Penerusan Pesan Teks, pastikan  kamu masuk ke iMessage menggunakan ID Apple yang sama di iPhone dan MacBook kamu.
  3. Nyalakan MacBook Anda di daftar perangkat.
  4. Jika tidak menggunakan autentikasi dua faktor, kode aktivasi enam digit akan muncul di MacBook kamu
  5. Masukkan kode tersebut di iPhone kamu dan ketuk izinkan.

Baca juga: Ini Dia Harga Terbaru dan Spesifikasi MacBook Pro 13 Inch 2020

Screenshot dengan Beragam Shortcut

Screenshot memang menjadi salah satu fitur penting untuk melakukan beragam pekerjaan, atau membuat extra copies terhadap suatu dokumen, tulisan, maupun gambar. Terdapat banyak cara untuk melakukan screenshot yang bisa kamu terapkan dari MacBook Pro maupun MacBook Air kamu. Nah, MacBook hack dan tips selanjutnya adalah melakukan screenshot dengan menggunakan beragam shorcuts.

Langkah-langkah untuk melakukan screenshot dengan berbagai shorcut yaitu :

  1. Menekan Command + Shift + 3 akan mengambil tangkapan layar seluruh layar dari MacBook kamu. Ini adalah cara yang berguna untuk mengambil tangkapan layar video dengan cepat agar tidak melewatkan satu bingkai pun dari video kamu.
  2. Menekan Command + Shift + 4 untuk mengubah mouse menjadi crosshair. Ini memungkinkan kamu untuk mengeklik dan menyeret bingkai untuk bagian tangkapan layar di layar atau jendela aplikasi.
  3. Menekan Command + Shift + 4 + menekan spasi. Mouse kamu akan berubah menjadi ikon kamera dan dapat mengambil tangkapan layar dari jendela, aplikasi, atau elemen lain yang dilewati mouse. Mengambil screenshot dengan cara ini juga membuat screenshot terlihat lebih bersih dan memberikan bayangan yang bagus.

Akses Kamus

Tips selanjutnya adalah kamu dapat mengakses kamus melalui MacBook Pro ataupun MacBook Air kamu. Dengan menggunakan kamus tersebut, kamu dapat dengan mudah mengakses frasa ataupun kata dari bermacam-macam sumber. Selain itu, kamu juga dapat menyesuaikan fitur lain seperti mengecilkan atau membesarkan huruf pada kamus, menyesuaikan sumber kamus, bahkan menyembunyikan kata-kata yang kurang pantas, atau tidak senonoh. Cara untuk mengakses kamu melalui MacBook kamu adalah dengan membuka Kamus dari Launchpad atau mengklik ikon Launchpad yang ada pada Dock.

Cari Apa Saja lewat MacBook

Salah satu fitur menarik yang bisa dijadikan MacBook hack adalah dengan menggunakan fitur spotlight untuk mencari jawaban, definisi, mata uang, suhu, konversi, dan hal-hal lain yang ingin kamu ketahui dengan cepat dan juga jawabannya tentunya tepat. Hal ini akan sangat memudahkan untuk para pengguna pengguna yang sering menggunakan fitur pencarian di internet atau search engine. Caranya adalah dengan menekan tombol Command⌘+Spasi.

Source : Friendlypcmoha

Baca juga: Masalah Touch Bar? 5 Cara Ini Terbukti Ampuh Untuk Mengatasinya

Tambah Emoji dengan Mudah

Untuk kamu yang suka menggunakan emoji saat mengirim pesan, tips ini akan sangat berguna untuk kamu. Kamu tidak perlu repot-repot untuk meng-copy-paste emoji yang ingin kamu tambahkan, kamu hanya perlu menekan tombol Command⌘+Control+Spasi pada keyboard MacBook Pro atau Air kamu, kemudian akan muncul kotak yang berisikan beragam emoji yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kemauan kamu.

Ganti Nama untuk Beberapa Files

MacBook hack yang terakhir adalah mengganti nama untuk beberapa files. Jika kamu ingin mengganti nama atau me-rename sebuah file, kini kamu tidak perlu khawatir untuk mengganti nama filenya satu per satu. Dengan tips ini, kamu bisa dengan mudah mengganti beberapa file yang kamu inginkan sekaligus lho Jagoans! Begini langkah-langkahnya :

  1. Cari file yang ingin kamu ganti nama.
  2. Pilih jumlah file, lalu klik kanan, kemudian pilih Rename.
  3. Finder akan menampilkan jendela tambahan untuk Rename seperti gambar di bawah.
Source : Makemac

4. Setelah selesai, tekan tombol Rename di bagian kanan bawah untuk menjalankan proses ganti nama file secara massal.

Terdapat 3 opsi rename yang dapat kamu pilih sesuai denga kebutuhan kamu:

  • Replace Text: yaitu mencari teks yang ingin dihapus dari nama dokumen yang kamu pilih dan dapat digantikan dengan teks yang lain.
  • Format: Membuat penamaan baru mulai dari Nama, Index, Tanggal, File Format dan lainnya.
  • Add Text: Menambahkan teks di nama asli file tersebut, bisa pada bagian belakang ataupun depan.

Nah, itu dia beberapa tips dan hack yang dapat kamu coba untuk MacBook kamu! Kamu juga bisa mendapatkan MacBook di Jagofon lho! Ingin membeli MacBook Pro dan MacBook Air? Jangan khawatir! semuanya tersedia di Jagofon dan pastinya dengan harga yang terjangkau dengan kualitas yang dijamin original! Tunggu apalagi? yuk segera dapatkan MacBook impian kamu hanya di Jagofon!