JagoHacks

Begini Cara Kompres PDF Lewat HP

PDF merupakan format file yang sering digunakan untuk mengirim berkas dokumen. Selain sudah umum digunakan, format ini juga sangat versatile dan bisa dibuka tanpa mengubah susunan format atau jenis huruf yang sudah ditentukan.

File PDF juga sering menjadi syarat untuk melamar pekerjaan atau untuk melengkapi berkas online untuk pendaftaran CPNS, PPPK, dan lain sebagainya. Namun terkadang saat kita membuat file PDF, ukurannya terlampau besar sehingga tidak memenuhi syarat maksimal besaran file yang harus kamu upload yang biasanya hanya sampai 1 MB - 2 MB.

Salah satu hal yang membuat file PDF besar adalah kemungkinan adanya komponen gambar atau memiliki berbagai macam warna. Selain itu jumlah halaman yang terlampau banyak juga berpengaruh dalam menentukan ukuran file PDF.

Nah, untuk mengurangi ukuran atau file size PDF, kamu bisa meng-kompres-nya menjadi ukuran yang lebih kecil. Adapun cara kompres file PDF ada berbagai metode, salah satunya adalah memanfaatkan sebuah situs secara online. Oleh karena itu, kita akan kurasi beberapa situs yang bisa kompres PDF sampai 1 MB terbaik untuk kamu.

Kompres PDF via ilovepdf.com

Image Source: ilovepdf.com

Salah satu situs yang memiliki fitur lengkap pengolahan file PDF adalah ilovepdf. Tak hanya memiliki fitur kompres untuk memperkecil ukuran PDF, di situs ini juga memiliki fitur menggabungkan beberapa pdf, memecah file pdf, konversi file pdf ke word dan sebaliknya, dan lain sebagainya.

Berikut adalah langkah menggunakan kompres file PDF agar memiliki ukuran yang lebih kecil.

  1. Buka Google Chrome atau browser lain yang sering kamu gunakan
  2. Kunjungi situs https://www.ilovepdf.com/
  3. Kemudian ketuk pilihan Compress PDF atau Kompres PDF
  4. Setelah itu kamu diminta untuk upload file PDF yang ingin kamu ubah ukurannya
  5. Setelah upload file PDF nya, kamu akan diberikan 3 pilihan sebesar apa file yang ingin kamu dapatkan, diantaranya Extreme Compression (ukuran file akan sangat kecil), Recommended Compression (ukuran file akan mengecil namun kualitas masih tergolong bagus) atau Less Compression (file tidak menyusut begitu kecil namun kualitas masih sangat terjaga).
  6. Setelah itu kamu ketuk Compress PDF
  7. Tunggu prosesnya beberapa saat
  8. Setelah selesai, kamu tinggal ketik tombol Download Compressed PDF
  9. Selesai

Dengan cara ini kamu sudah berhasil kompres file PDF dan berhasil mengubah ukurannya menjadi lebih kecil. Nah, jika kamu ingin mengubah HP kamu menjadi lebih baik, kamu bisa cek website Jagofon. Di dalamnya terdapat berbagai macam HP bekas yang tentunya masih sangat layak pakai karena Jagofon selalu menguji produkya sebelum dipasarkan.

Kamu juga tidak akan khawatir HP bekas yang kamu beli di Jagofon merupakan barang refurbished atau rekondisi, karena semua produk 100% original dan tidak ada komponen yang diganti.

Kompres PDF via smallpdf.com

Image Source: smallpdf.com

Website selanjutnya yang bisa mengubah ukuran file PDF kamu adalah smallpdf. Seperti nama domainnya, situs ini mampu mengubah ukuran file pdf kamu menjadi lebih kecil dengan menyuguhkan pengalaman antar muka yang simple.

Berikut cara mudah kompres file PDF via smallpdf.com.

  1. Buka peramban internet yang sering kamu gunakan
  2. Masukkan URL smallpdf.com di address bar dan masuk ke dalam situsnya
  3. Setelah masuk ke dalam home page nya, scroll sedikit ke bagian bawah, disana kamu akan menemukan pilihan "Compress PDF"
  4. Setelah itu kamu tinggal upload atau drag file PDF yang ingin kamu kompres ke bagian yang telah disediakan
  5. Tunggu beberapa saat proses uploadnya, setelah itu kamu disuguhkan 2 pilihan "Basic" atau "Strong". Basic jika kamu ingin kompres PDF tidak terlalu kecil namun memiliki resolusi yang masih baik, sementara Strong menghasilkan file yang lebih kecil namun memiliki resolusi yang lebih rendah.
  6. Setelah memutuskan memilih ukuran PDF, kamu tinggal ketuk "Compress"
  7. Setelah itu kamu tinggal tunggu dan ketuk tombol download untuk mengunduh nya.
  8. Kamu juga diberikan pilihan untuk sekaligus mengubah jenis file nya menjadi beberapa format seperti Word, Excel, Power Point, atau menjadi sebuah gambar (.jpg).

Kompres PDF via SodaPDF

Image Source: sodapdf.com

Cara kompres PDF selanjutnya adalah menggunakan situs sodapdf. Situs yang menyediakan fitur yang bisa membuat file pdf kamu lebih kecil ini juga menyediakan tools lain yang tak kalah bergunanya. Tools seperti convert pdf ke word atau convert word ke pdf juga tersedia di website ini. Jadi bisa dikatakan bahwa situs ini memiliki fungsi yang beragam.

Tak usah berlama-lama yuk kita simak cara kompres PDF melalui SodaPDF di bawah ini.

  1. Buka browser andalan kamu
  2. Masukkan alamat web www.sodapdf.com di address bar browser kamu
  3. Jika kamu membuka website ini di HP, dari home page nya ketuk pilihan lain dengan logo garis tiga di sebelah kiri atas, kemudian ketuk "Online Tools" kemudian pilih "Compress PDF"
  4. Kemudian kamu diminta untuk upload file kamu pada kotak yang disediakan. Di sini kamu bisa memilih sumber file kamu, bisa dalam HP, Google Drive, atau Dropbox.
  5. Setelah selesai mengupload filenya, seperti biasa kamu akan diberi 2 pilihan tipe kompres nya, yakni "High Compression" dan "Regular Compression"
  6. Setelah sudah memilih tipe kompres file nya, kamu tinggal ketuk "Compress File" kemudian tunggu prosesnya
  7. Setelah itu kamu bisa langsung download file nya

Nah, itulah cara kompres pdf melalui sodapdf ya Jagoans. Pastikan kamu memilih Regular Compression untuk yang berjiwa gratisan, namun kalau kamu berniat mengompres file nya menjadi jauh lebih kecil, kamu bisa pilih yang High Compression namun kamu harus menjadi member Pro, yang mana harus berlangganan jasa kompres pdf nya.

Jika kamu ingin beli HP di Jagofon, kamu ga perlu banget menjadi seorang Pro untuk menentukan HP bekas mana yang akan kamu beli. Kamu akan menerima hasil tes dan mendapatkan laporan kondisi HP yang akan kamu beli dengan transparan.

Semua titik fungsi dijamin 100% masih bisa digunakan dan pastinya bisa menerima sinyal Indonesia dan IMEI nya pasti sudah verified dari Kemenperin. Jadi jangan ragu untuk beli HP bekas di Jagofon ya Jagoans!

Kompres PDF via PDF24 Tools

Image Source: tools.pdf24.org

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan jasa kompres PDF melalui website PDF24 Tools. Situs yang 100% gratis ini menyuguhkan berbagai macam tools yang sangat berguna untuk kamu. Tak hanya sekedar kompres PDF, situs ini bisa memecah, menyambung, mengubah pdf ke word atau sebaliknya, dan masih banyak lagi, dan yang paling penting adalah semua tools nya gratis.

Begini cara kompres file PDF via PDF24 Tools dengan mudah dan praktis.

  1. Buka browser yang ada di HP kamu
  2. Ketik atau copy dan paste alamat web ini tools.pdf24.org pada address bar browsernya
  3. Kemudian pada home page nya tersedia box berisikan berbagai macam tools PDF, kemudian pilih box bertuliskan "Compress PDF"
  4. Lalu kamu klik atau ketuk "Choose File" untuk memulai upload file PDF yang ingin di kompres
  5. Sebelum kamu memulai proses kompres, kamu disediakan beberapa pilihan di bagian kiri bawah, yakni besaran DPI yang ingin dicapai, Persentase kualitas gambarnya, dan apakah file nya mau dibuat berwarna atau tidak.
  6. Setelah selesai mengotak-atik pengaturannya, kamu tinggal klik atau ketuk "Compress"
  7. Setelah itu, kamu bisa langsung download hasilnya

Kompres PDF via PDFUtils

Image Source: Google Play

Selanjutnya ada aplikasi yang bernama PDF Utils. Di dalam aplikasi ini kamu tidak perlu bingung kompres file pdf kamu. Dalam aplikasi ini juga terdapat berbagai macam tools untuk memudahkan kamu dalam mengolah file PDF kamu.

Berikut cara kompres PDF 1 MB menggunakan aplikasi PDF Utils.

  1. Kamu harus install terlebih dahulu aplikasi PDF Ultils di Play Store
  2. Setelah terinstall, kamu bisa langsung menggunakan tools Compress PDF
  3. Lalu kamu tinggal upload file PDF nya
  4. Setelah kamu upload filenya, kamu diminta untuk menyimpan file nya dimana
  5. Kemudian ketuk "Save"
  6. Selesai, kamu sudah berhasil menyusutkan ukuran file PDF kamu

Jagoans tidak usah kaget, memang semudah itu cara kompres PDF. Baik itu via website maupun via aplikasi, secara umum cara kompres PDF kurang-lebih sama caranya. Sama halnya dengan beli HP bekas di Jagofon, proses nya sangat mudah dan aman.

Buat kamu yang belum tahu, Jagofon merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh! Cukup checkout HP impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!