JagoHacks

Biar iPhone Hemat Baterai WAJIB Cek Tips Ini!

Baterai iPhone terkenal memiliki kapasitas yang kecil dan boros. Walau dibekali chipset canggih yang bisa mengatur daya dengan efektif, tak sedikit pengguna iPhone tetap mencari cara menghemat baterainya.

Apalagi jika battery health iPhone kamu sudah drop dibawah 70%, pasti kamu akan merasakan perbedaan yang signifikan terkait daya tahannya ketimbang saat masih beli baru.

Tips menghemat baterai iPhone memang banyak caranya. Oleh karena itu, yuk kita simak beberapa cara tersebut untuk menghemat baterai sekaligus merawat baterainya agar tetap bekerja secara optimal.

Aktifkan Low Power Mode

Biar iPhone Hemat Baterai WAJIB Cek Tips Ini! - Jagofon
Image Source: Freepik/Vectonauta

Fitur bawaan dari iPhone sendiri ini sangat efektif untuk menghemat baterainya. Dengan mengaktifkan fitur ini, HP kamu akan mematikan beberapa fitur yang kurang berguna dan mematikan data pada latar ketika tidak digunakan.

Sementara itu, ketika kamu memakainya, HP akan berfungsi seperti biasa, namun ada beberapa kualitas yang diturunkan seperti menggunakan latar gelap untuk mengoptimasi daya tahan baterainya.

Untuk mengantifkannya sangat mudah, kamu hanya perlu pergi ke Settings, kemudian ada pilihan Low Power Mode, kemudian ketuk toggle on/off untuk mengaktifkan/menonaktifkannya.

Kurangi Kecerahan Layar

Biar iPhone Hemat Baterai WAJIB Cek Tips Ini! - Jagofon
Image Source: Popular Mechanics

Cara menghemat baterai iPhone selanjutnya adalah dengan mengurangi kecerahan layar. Layar yang terlalu cerah membutuhkan daya yang lebih banyak. Tak heran saat mengatur brightness di tingkat yang tinggi, kamu merasa baterai iPhone kamu menjadi lebih boros.

Nah, untuk mengaturnya, sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya tinggal mengeluarkan control center dengan menarik layar pada bagian kanan atas iPhone. Kemudian kamu bisa mengatur kecerahan layar dengan menggulir bagian yang terdapat logo matahari.

Jika kamu ingin menghemat waktu, kamu bisa mengaktifkan mode auto-brightness dengan cara Settings > Accessibility > Tap Display & Text Size kemudian gulir ke bawah dan temukan Auto-Brightness, kemudian aktifkan fiturnya.

Dengan cara ini, kamu akan menghemat baterai iPhone sekaligus melindungi mata kamu supaya tidak terpapar cahaya yang berlebih.

Matikan Lokasi Aktif

Biar iPhone Hemat Baterai WAJIB Cek Tips Ini! - Jagofon
Image Source: idownloadblog

Terkadang kamu tidak sadar selalu mengaktifkan lokasi pada iPhone kamu. Tentu hal ini akan mengakibatkan bertambahnya kinerja iPhone di balik layar ketika menggunakan sebuah aplikasi dengan fitur lokasi tanpa kamu sadari.

Untuk mengurangi beban kinerja iPhone kamu, alangkah baiknya untuk rajin menonaktifkan fitur lokasi sesaat setelah menggunakannya. Penggunaan lokasi atau GPS sendiri jika dipakai dalam waktu yang lama akan menguras daya baterai cukup besar. Jadi sebaiknya dimatikan saja jika tujuannya untuk menghemat baterai.

Namun perlu diperhatikan, jika kamu menonaktifkan lokasi iPhone kemudian HP kamu hilang atau tertinggal, kamu tidak bisa melacak iPhone kamu sejak terakhir kali kamu mematikan fitur lokasinya ya Jagoans.

Jadi kamu harus cukup bijak untuk memutuskan menggunakan cara in ya Jagoans.

Jaga Suhu iPhone

Biar iPhone Hemat Baterai WAJIB Cek Tips Ini! - Jagofon
Image Source: Makemac-Grid.ID

Meningkatnya suhu berlebih pada iPhone tak hanya bisa membuat kinerja menjadi lemot, tapi juga bisa membuat baterai iPhone boros dan mengalami kerusakan.

Penyebab meningkatnya suhu iPhone secara ekstrim bermacam-macam, salah satunya adalah karena terpapar sinar matahari secara langsung. Tak hanya membuat iPhone kamu panas, kamu juga membutuhkan kecerahan maksimal untuk melihat layarnya. Hal ini yang membebani kinerja chipset dan berdampak pada mengikisnya kesehatan baterai iPhone kamu.

Bermain game secara berlebihan juga bisa menyebabkan suhu iPhone naik secara tajam, apalagi kamu mengatur grafis paling tinggi dan sambil dicas. Jangan salahkan jika battery helath akan cepat drop dalam beberapa Bulan jika kamu memiliki kebiasaan seperti ini.

Oleh karena itu menjaga suhu agar tetap adem menjadi salah satu tips menghemat baterai iPhone. Jika kamu sudah merasa tidak nyaman menggenggam HP kamu, adakalanya untuk mengistirahatkan perangkat dan mata kamu.

Jangan Gunakan Saat Isi Daya

Biar iPhone Hemat Baterai WAJIB Cek Tips Ini! - Jagofon
Image Source: aRepair

Hal umum yang diketahui banyak pengguna iPhone untuk menghemat dan memperpanjang masa pakai baterainya adalah dengan tidak menggunakan iPhone saat mengisi ulang dayanya.

Menggunakan iPhone saat dicas akan meningkatkan suhu berlebih pada iPhone. Hal ini akan berdampak buruk kepada baterai dan komponen lainnya jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Selain baterainya akan cepat habis, kinerja chipsetnya pun akan terhambat.

Kamu juga pasti akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengisi ulang dayanya ketika memakai iPhone kamu saat dicas.

Alangkah baiknya meninggalkan atau mematikan iPhone saat mengisi ulang daya agar baterai terisi dengan waktu yang sewajarnya dan bisa membuat baterai awet dan tetap hemat.

Nonaktifkan Notifikasi

Biar iPhone Hemat Baterai WAJIB Cek Tips Ini! - Jagofon
Image Source: VOI

Segala kegiatan yang ada pada iPhone kamu membutuhkan daya untuk menampilkannya pada layar HP. Hal ini termasuk notifikasi alias pemberitahuan yang masuk baik dari aplikasi chat atau pemberitahuan dari aplikasi lain.

Dengan beragamnya aplikasi yang kamu install di iPhone, pasti banyak notifikasi yang masuk, baik itu tentang chat, iklan, promo, atau pemberitahuan dorongan rutin dari salah satu aplikasi.

Tentu selain mengganggu, hal ini akan menguras baterai sekaligus paket data internet kamu. Untuk menanggulanginya, tips menghilangkan notifikasi iPhone untuk menghemat baterainya adalah dengan menonaktifkan pemberitahuan pada aplikasinya.

Adapun langkah mematikan pemberitahuan pada aplikasi di iPhone adalah dengan cara pergi ke Settings > Notification, kemudian pilih aplikasi mana saja yang ingin kamu matikan pemberitahuannya. Kemudian ketuk toggle di sebelah kanan pilihan "Allow Notification" untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pemberitahuannya.

Dengan cara ini, iPhone kamu akan terbebas dari pemberitahuan random yang dikirimkan dari berbagai macam aplikasi dan pastinya akan menghemat paket data internet dan kapasitas baterai iPhone kamu.

Jangan Lupa Update Software

Biar iPhone Hemat Baterai WAJIB Cek Tips Ini! - Jagofon
Image Source: The Independent

Menginstall update terbaru iOS adalah salah satu cara menghemat baterai iPhone. Dengan melakukannya kamu akan mendapatkan optimasi manajemen daya dan keamanan lebih baik.

Dengan menginstall software versi terbaru juga biasanya memperbaiki bug yang ada pada versi sebelumnya sehingga bisa memperlancar kinerja iPhone sekaligus bisa menghemat baterai karena dapat mempersingkat prosesnya.

Untuk mendapatkan iPhone hemat baterai tak melulu harus memiliki kapasitas yang jumbo. Pemrosesan data dan kinerja chipset klaster hemat daya juga sangat berpengaruh dalam menghemat baterainya. Dengan mengupdate versi iOS, biasanya pemrosesan data akan lebih efisien sehingga secara langsung bisa membuat baterainya semakin hemat.

Baca juga: 10 HP Murah iPhone dan Harganya di Mei 2024: Ada iPhone XR hingga iPhone 11

HP Second Berkualitas? Jagofon Tempatnya!

Permasalahan baterai boros memang sering dijumpai pada perangkat iPhone. Selain baterainya tergolong memiliki kapasitas yang kecil, terkadang karena saking canggihnya teknologi di dalamnya membutuhkan daya yang besar juga.

Namun, hal itu teratasi oleh kemampuan chipsetnya yang bisa mengatur daya dengan lebih efisien. Oleh karena itu, kebanyakan Apple Fanboy tak mempermasalahkan mengenai battery issue ini.

Buat kamu yang mencari iPhone hemat baterai, kamu bisa mengunjungi Jagofon. Berbagai model iPhone seperti iPhone 11, iPhone 13, bahkan iPhone 15 series tersedia di Jagofon dengan kualitas yang masih terjaga dan menawarkan harga yang bersahaja.

Jagofon sebagai spesialis HP bekas menyediakan berbagai jenis HP impianmu. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 Bulan loh! Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!