JagoHacks

Bingung Cara Membersihkan Speaker HP yang Kotor? Ikuti Agar Suara Lebih Jernih

HP merupakan perangkat elektronik yang sering digunakan hampir setiap hari, sehingga bagian fisiknya, termasuk speaker, dapat menjadi kotor. Speaker HP yang kotor biasanya menyebabkan suara yang dihasilkan menjadi tidak jernih, sember, atau bahkan tidak terdengar sama sekali.

Hal ini dikarenakan kotoran dan debu yang menumpuk di speaker akan menghalangi pergerakan komponen di dalamnya, mengganggu aliran suara, dan akhirnya merusak kualitas suara yang dihasilkan. Untuk kamu yang mengalami masalah dengan speaker HP yang kurang jernih, cobalah untuk membersihkan speaker tersebut. Bagaimana cara membersihkan speaker HP yang benar? Simak tutorial berikut ini.

7 Cara Membersihkan Speaker HP Biar Tetap Berfungsi Optimal
Image Source: eraspace

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Speaker

Sebelum memutuskan membersihkan speaker HP, alangkah baiknya kamu dapat memperhatikan beberapa hal berikut ini!

Hindari Memasukkan Cairan

Saat membersihkan speaker HP, hindari memasukkan cairan jenis apa pun ke dalam HP. Hal ini bisa menyebabkan arus pendek atau menimbulkan korosi pada komponen speaker. Hindari juga menggunakan alkohol, meskipun hanya sebatas tisu dengan kandungan alkohol untuk menyeka bagian luar HP. Alkohol dengan konsentrasi tinggi bisa menurunkan tingkat ketahanan air pada ponsel kamu.

Jangan Menggunakan Benda Tajam

Jangan gunakan penjepit kertas, jarum jahit, peniti, atau benda tajam lainnya yang bengkok untuk membersihkan Speaker HP. Melakukan hal ini dapat merusak permukaan ponsel atau komponen interior yang halus.

Baca Juga: Rekomendasi HP di Bawah 4 Jutaan Terbaik 2024

Jangan Menggunakan Hairdryer

Membersihkan speaker HP menggunakan hair dryer mungkin terlihat seperti cara cepat untuk membersihkan kotoran pada speaker. Namun, hal ini sebaiknya dihindari karena justru bisa membuat kotoran masuk lebih dalam ke dalam HP.

Cara Mudah Bersihkan Speaker HP yang Kotor | Cleanipedia
Image Source: Cleanipedia

Cara Membersihkan Speaker HP yang Kotor

Matikan HP terlebih dahulu agar pembersihan tetap aman. Selanjutnya, gunakan sikat berbulu lembut, seperti sikat gigi halus atau kuas bersih, untuk membersihkan kisi-kisi speaker ponsel.

  1. Kemudian, coba sikat miring speaker HP untuk mengangkat lebih banyak kotoran. Menyikat miring ini berguna agar kotoran tidak terdorong lebih jauh ke dalam.
  2. Gunakan alat khusus untuk mengangkat lebih banyak kotoran. Misalnya, kamu bisa memakai perekat khusus untuk mengangkat kotoran dari speaker. Tetaplah berhati-hati saat mengangkat kotoran pada speaker menggunakan perekat agar tidak merusak komponen lain.
  3. Selanjutnya, gunakan peniup udara genggam untuk membersihkan sisa kotoran. Alat ini biasanya berbentuk seperti pensil dengan pompa karet kecil yang bisa membantu kamu menghembuskan udara. Kamu bisa mencarinya di berbagai marketplace di Indonesia.

Baca Juga: iPhone Berkamera 2, Penting? Simak Daftarnya Disini!

Jika ternyata masih ada noda membandel, kamu juga bisa mencoba beberapa alat tambahan, seperti:

Penyeka Apas

Penggunaan bahan tersebut tidak direkomendasikan karena bisa meningkatkan risiko kerusakan pada speaker. Namun, dalam keadaan darurat, penggunaan bahan tersebut mungkin bisa dilakukan dengan sangat hati-hati. Pastikan untuk mengusap perlahan permukaan kisi-kisi speaker agar serat tidak terperangkap dan menyebabkan masalah lebih lanjut.

Spons Pembersih

Penggunaan spons pembersih khusus bisa menjadi alternatif yang lebih aman dan efektif untuk membersihkan speaker HP. Spons tersebut dirancang khusus untuk membersihkan area yang sulit dijangkau tanpa merusak komponen ponsel. Pastikan untuk memilih spons yang tidak terlalu kasar agar tidak merusak permukaan atau komponen speaker.

Cara Membersihkan Lubang Speaker HP Menggunakan Sikat Gigi, Debu dan  Kotoran Minggat! - Tribunshopping.com
Image Source: Tribun

Kesimpulan

Semoga tips tersebut bermanfaat untuk menjaga kualitas audio pada HP kamu tetap prima! Jagofon di sini untuk membantu! Jagofon juga bisa bantu kamu yang lagi cari HP Second lho!

Jagofon adalah marketplace khusus gadget bekas di Indonesia yang memberikan pengalaman berbelanja gadget bekas yang nyaman. Tenang saja, semua produk di Jagofon sudah melewati tes 90+ titik fungsi dan dijamin kualitasnya.

Pembelian gadget bekas di Jagofon sama dengan membeli yang baru karena produknya memiliki garansi mesin selama 1-6 bulan. Ini adalah cara baru untuk mendapatkan gadget bekas berkualitas! Kamu tidak perlu repot ke toko fisik, cukup kunjungi situs web Jagofon. Semua produk di Jagofon terpercaya karena telah diuji dan memiliki garansi!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan berbagai gadget impianmu hanya di Jagofon!