JagoHacks

Bingung? Ini Cara Hapus File Sampah HP Samsung!

Here's how to fix My Files app crashing on Samsung devices - Sammy Fans
Source : Sammy Fans

Salah satu kelemahan dari ponsel Android yaitu performanya bisa melambat ketika dipenuhi oleh file sampah. Hal ini tentunya sangat mengganggu, ditambah lagi file sampah ini juga memakan ruang penyimpanan yang banyak.

Namun, masih banyak pengguna smartphone android, khususnnya pengguna Samsung yang belum aware atau sadar akan file sampah ini. Menghapus file sampah sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi lain.

Kali ini Jagofon akan membahas tentang file sampah dan bagaimana cara menghapus file sampah di HP Samsung. Penasaran? simak artikel berikut sampai habis ya Jagoans!

Apa itu File Sampah?

Sebagai informasi, smartphone dengan sistem android seperti Samsung memerlukan berbagai file untuk menjalankan dan memperlancar aktivitas ponsel. Seiring dengan penggunaan smartphone, keberadaan file tersebut akan menumpuk dan menjadi file sampah jika tidak lagi digunakan.

Dilansir dari laman Telkomsel, pengertian dari file sampah adalah berbagai jenis file yang tidak dibutuhkan atau pun dipakai saat pengoperasian perangkat. Terdapat beberapa jenis dari file sampah, mulai dari sampah galeri, file corrupt, cache, file unduhan, dan file sementara.

Penting untuk selalu membersihkan file yang tidak digunakan agar tidak menjadi file sampah yang berakibat pada kinerja HP Samsung milikmu. Di sisi lain, dengan membersihkan file secara teratur juga dapat menjaga performa dari ponsel.

Hapus File Sampah di HP Samsung

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghapus file sampah di HP Samsung milikmu, berikut caranya :

Melalui My Files

Cara yang pertama dan paling mudah dilakukan untuk menghapus file sampah di Samsung adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan Samsung, yaitu My Files. Aplikasi My Files sendiri bekerja seperti folder yang berisi berbagai file seperti foto, video, audio, dokumen, arsip, dan juga APK (aplikasi).

My Files juga dapat digunakan untuk mengelola file, seperti memindahkan atau pun menghapus file di ponsel. Cara menghapus file sampah di HP Samsung melalui My Files :

  • Cari dan buka aplikasi My Files atau File Manager pada halaman utama ponsel. 
  • Kemudian pada menu My Files cari file sampah seperti foto duplikat, dokumen, file corrupt, dan file tidak terpakai. 
  • Centang file-file tersebut dengan tahan dan tekan hingga muncul tanda ceklis.
  • Ketuk pada ikon bergambar kotak sampah atau pilih opsi move to trash. 
  • Tunggu hingga proses selesai.

Melalui Galeri

File sampah menumpuk di galeri bisa jadi dikarenakan adanya foto atau video yang terduplikat, atau pun sudah tidak digunakan lagi. Untuk menghapus file sampah di HP Samsung milikmu melalui galeri, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Cari dan buka aplikasi Galeri di HP Samsung kamu.
  • Kemudian cari album atau folder sampah. 
  • Selanjutnya tekan tiga garis di pojok kanan layar pada HP Samsung, kemudian buka folder ‘Trash’ dengan mengetuk ikon bergambar tong sampah.
  • Folder trash tersebut akan menampilkan foto dan video yang sudah dihapus tapi masih bertahan selama 30 hari sebelum dihapus oleh sistem secara otomatis.
  • Langkah selanjutnya pilih opsi empty untuk menghapus dengan menekan ikon titik tiga di pojok kanan atas layar. 
  • Tunggu hingga proses penghapusan sampah selesai.

Menghapus Cache

Cara selanjutnya untuk menghapus file sampah di HP Samsung milikmu adalah dengan menghapus cache. Untuk Jagoans yang belum tahu, cache adalah sebuah proses dimana menyimpan data sementara  untuk mengurangi proses loading atau muat suatu aplikasi atau pun web. 

Jika cache ponsel penuh, tentunya kinerja atau performa ponsel juga akan terhambat. Hal ini dikarenakan, semakin sering membuka atau menggunakan aplikasi maka akan semakin banyak data dalam bentuk cache yang akan disimpan. 

Banyaknya cache ini tentu akan memberatkan kinerja dan memenuhi kapasitas memori yang akan menambah file sampah.  Berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk menghapus file sampah pada HP Samsung :

  • Pada layar utama ponsel, buka menu Pengaturan atau Setting pada HP Samsung kamu, lalu pilih pada opsi Aplikasi.
  • Kemudian, kamu dapat memilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya.
  • Selanjutnya,  klik pada aplikasi tersebut hingga muncul informasi terkait aplikasinya. 
  • Lalu, pilih opsi penyimpanan atau storage
  • Untuk menghapus cache, klik pada ikon bergambar sapu atau pada opsi yang bertuliskan clear cache / hapus cache.
  • Tunggu hingga proses penghapusan selesai. 
  • Kamu dapat mengulangi langkah yang sama pada aplikasi lainnya.

Pakai Device Care

Cara selanjutnya untuk menghapus file sampah di HP Samsung milikmu adalah dengan menggunakan fitur device care. Namun, perlu diingat, fitur ini hanya dimiliki Samsung keluaran terbaru. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, buka menu pengaturan atau settings.
  • Selanjutnya, pilih opsi Battery and Device Care.
  • Kemudian klik pada opsi Optimize Now.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem selesai memproses penghapusan file sampah.
  • Indikator akan menunjukkan 100% setelah proses penghapusan file sampah selesai.

Hapus File Sampah Melalui Aplikasi

Cara lainnya untuk menghapus file sampah di HP Samsung adalah dengan menggunakan aplikasi. Dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu repot-repot memilih atau pun memilah file mana yang akan dihapus.

Aplikasi ini akan otomatis mendeteksi file sampah dan menghapusnya dari perangkat kamu. Jadi menghapus file sampah di HP Samsung bisa dengan mudah dilakukan. Di sisi lain, aplikasi ini juga dapat memberi notifikasi atau pemberitahuan jika perangkat kamu memiliki cache yang penuh.

Biasanya, aplikasi ini akan memiliki shortcut pada tampilan layar utama. Jadi, kamu tinggal menekan shortcutnya dan otomatis file sampah seperti cache akan dikosongkan oleh aplikasi tersebut.

Beberapa contoh dari aplikasi untuk hapus file sampah di HP Samsung yaitu CC Cleaner, AVG Cleaner, Phone Cleaner, dan aplikasi lainnya yang sejenis. Aplikasi pembersih ini juga dapat diunduh melalui Play Store.

Dapatkan HP Samsung Terbaik Dengan Storage Besar di Jagofon.

Gimana Jagoans? cukup mudah bukan untuk menghapus file sampah di HP Samsung? Namun jika kamu tidak ingin repot untuk menghapus file sampah setiap saat, ada baiknya kamu memilih ponsel dengan storage yang lebih besar.

Untuk kamu yang tertarik ingin melakukan upgrade atau membeli HP Samsung dengan harga yang terjangkau, kamu bisa langsung ke Jagofon aja lho! Semua produk yang ditawarkan Jagofon 100% original, tidak ada part yang diganti atau refurbished!

Baca juga : Cek HP Samsung 3 Jutaan Terbaru Disini!

Jagofon sendiri bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Jangan khawatir, setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Kapan lagi kamu beli HP atau gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Beli HP atau pun gadget bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP dan gadget impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon. Tunggu apalagi? Yuk segera dapatkan beragam gadget dan ponsel impianmu hanya di Jagofon!