Breakdown Kamera iPhone 13 Pro dan iPhone 15 Pro Disini!

Kamera merupakan salah satu komponen paling penting yang mendongkrak popularitas iPhone di dunia. Kamera juga salah satu daya jual iPhone yang merupakan tulang punggung lakunya produk ini pasti ditunggu-tunggu oleh Apple FanBoy yang siap beli kapan saja produk iPhone hadir di pasaran.

Buat Jagoans yang memiliki iPhone 13 Pro dan skip beli iPhone 14 Pro karena jarak generasinya terlalu dekat mungkin penasaran dengan kemampuan kamera iPhone 15 Pro.

Nah buat yang penasaran, yuk kita breakdown kamera iPhone 13 Pro dan iPhone 15 Pro disini untuk memberikan gambaran dengan jelas perbedaannya. Siapa tahu kamu yang sedang mempertimbangkan untuk beli iPhone 15 Pro di Jagofon, bisa jadi artikel ini berguna buatmu.

Baca juga: Inilah Perbandingan iPhone 13 Pro Max dan iPhone 15 Pro Max Beserta Harganya di Tahun 2024

Spesifikasi Kamera iPhone 13 Pro

Simak Bedanya Kamera <dfn title=iPhone 13 dan iPhone 15 Disini! | Jagofon" loading="lazy">
Image Source: PhoneArena

Pamor saat 2021, iPhone 13 Pro memiliki sistem kamera pro yang terdiri dari kamera utama, ultrawide, dan telefoto. Semua lensa kamera iPhone 13 Pro memiliki resolusi 12MP dengan kamera utama yang memiliki sensor lebih besar dari pendahulunya berukuran 1/1.7" dengan ukuran piksel sebesar 1.9µm. Focal length 26mm dengan aperture f/1.5 didukung dual pixel PDAF dan sensor-shift OIS untuk stabilisasi gambar dengan cepat.

Kamera ultrawide memiliki kemampuan menangkap cahaya lebih baik berkat sematan aperture f/1.8 ~ f/2.4. Sudut pengambilan gambarnya bisa mencapai 120˚ dan sudah dibekali fitur PDAF untuk memaksimalkan gambar landscape kamu dengan lebih tajam.

Kamera telefoto mendapat peningkatan yang cukup jauh dari segi pembesaran optik. Kini focal length nya berjarak 77mm dengan aperture f/2.8, setara dengan 3x optical zoom. Kameranya juga mendapat fitur PDAF dan OIS.

Kemudian sensor LiDAR  hadir untuk menyuguhkan efek bokeh bagi kamera utama pada mode potret dan berfungsi untuk mendapatkan fokus lebih cepat saat keadaan minim cahaya.

Kamera selfie iPhone 13 Pro tidak mendapatkan peningkatan dari seri sebelumnya. Lensanya masih tetap sebesar 12MP dengan focal length 23mm dan lensanya ber-aperture f/2.2. Structured Light 3D yang biasa disingkat SL 3D pasti ada untuk menjalankan FaceID serta berfungsi sebagai sensor depth.

Perekaman video menggunakan kamera utama bisa memanfaatkan fitur 10‑bit HDR, Dolby Vision HDR (sampai dengan 60fps), ProRes, Cinematic mode (hanya sampai 1080p@30fps), dan dilengkapi perekaman dengan suara stereo. Sedangkan kualitas videonya bisa sampai resolusi 4K@60fps.

Kamera selfienya bersaing dengan suguhan kualitas perekaman kualitas video maksimal di 4K@60fps dan sudah dilengkapi gyro-EIS.

Spesifikasi Kamera iPhone 15 Pro

Simak Bedanya Kamera <dfn title=iPhone 13 dan iPhone 15 Disini! | Jagofon" loading="lazy">
Image Source: Tom's Guide

Tak jauh berbeda dengan kamera iPhone 13 Pro, iPhone 15 Pro menganut sistem kamera Pro dengan komposisi kamera utama, ultrawide, dan telefoto. Yang membedakannya adalah kamera utama iPhone 15 memiliki resolusi 48MP dengan sensor berukuran 1/1.28" yang menghasilkan piksel sebesar 1.22µm (sebelum di-binn).

Lensanya berjarak fokus 24mm dengan aperture f/1.8. Kemudian lensanya juga mendapat dukungan dari fitur dual pixel PDAF dan sensor-shift OIS generasi ke-2 untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal.

Kamera ultrawide menggunakan konfigurasi yang sama dengan generasi sebelumnya. Lensanya memiliki resolusi 12MP degan sensor sebesar 1/2.55" dan mampu memberikan besaran piksel 1.4µm yang mana dikawinkan dengan focal length 13mm ber-aperture f/2.2 dan memiliki fov sampai 120˚. Kameranya memiliki peningkatan dengan memasang anti-reflective coating untuk menghasilkan gambar lebih jernih pada mode HDR dan Night Mode.

Konfigurasi kamera telefotonya identik dengan iPhone 13 Pro. Hanya sedikit perbedaan yang ada, yakni sensor iPhone 15 lebih kecil 0,01" di 1/3.5". Selain dari itu, kameranya memiliki resolusi 12MP dengan aperture f/2.8 dan jarak fokusnya 77mm serta memiliki fitur PDAF, OIS, dan bisa melakukan 3x optical zoom.

Kamera selfie iPhone 15 sama-sama mengandalkan lensa 12 MP memiliki aperture f/1.9 dengan jarak fokus 23mm, sensornya sebesar 1/3.6" dengan dukungan PDAF yang disertakan OIS. Tak lupa ada sensor SL3D untuk keperluan efek bokeh dan sensor biometri.

Perekaman video kamera utama iPhone 15 Pro mencakup kualitas maksimal 4K@60fps dengan tambahan beberapa fitur 10-bit HDR, Dolby Vision HDR (sampai dengan 60fps), ProRes, cinematic mode (4K@24/30fps), 3D video, kualitas perekaman suara stereo.

Sedangkan kamera selfienya bisa menunjukkan video berkualitas maksimal 4K@60fps dan didukung fitur gyro-EIS untuk kestabilan gambarnya.

Perbedaan Kamera iPhone 13 Pro dan iPhone 15 Pro

Secara teknis, perbedaan kamera iPhone 13 Pro dan iPhone 15 Pro cukup mencolok. Tentu iPhone 15 Pro unggul di beberapa sektor, seperti resolusi kamera utamanya lebih besar, serta aperture kamera depannya lebih unggul. Kemudian ada fitur tambahan seperti ProRes pada iPhone 15 Pro.

Nah untuk melihat perbedaannya dengan lebih jelas, yuk sima beberapa hasil perbandingan kedua kameranya di bawah ini.

Hasil Kamera Ultrawide alias kamera 0,5

Simak Bedanya Kamera <dfn title=iPhone 13 dan iPhone 15 Disini! | Jagofon" loading="lazy" width="1223" height="603">
Image Source: YouTube/Ichsan Zulfikar

Hasil Kamera Utama

Simak Bedanya Kamera <dfn title=iPhone 13 dan iPhone 15 Disini! | Jagofon" loading="lazy" width="1217" height="585">
Image Source: YouTube/Ichsan Zulfikar

Hasil Kamera Telefoto 3X Zoom

Simak Bedanya Kamera <dfn title=iPhone 13 dan iPhone 15 Disini! | Jagofon" loading="lazy" width="720" height="346">
Image Source: YouTube/Ichsan Zulfikar

Hasil Kamera Selfie

Simak Bedanya Kamera <dfn title=iPhone 13 dan iPhone 15 Disini! | Jagofon" loading="lazy" width="982" height="645">
Image Source: YouTube/Ichsan Zulfikar

Hasil Kamera Selfie Portrait Mode

Simak Bedanya Kamera <dfn title=iPhone 13 dan iPhone 15 Disini! | Jagofon" loading="lazy" width="932" height="629">
Image Source: YouTube/Ichsan Zulfikar

Menyimpulkan hasil jepretan kamera iPhone 13 Pro dan iPhone 15 pro dari kanal YouTube Ichsan Zulfikar, sangat jelas perbedaannya ya Jagoans. Walau hanya sekilas, kamera iPhone 15 Pro jelas mengungguli iPhone 13 Pro dari segi tone warna, ketajaman, kecerahan dan kedalaman dari sebuah gambar.

Hasil kamera yang imersif dari iPhone 15 Pro tak lepas dari beberapa fitur yang ada seperti ProRaw, photonic engine dan generasi ke 2 OIS.

Nah, tertarik upgrade ke iPhone 15 Pro? Buat kamu yang memiliki dana lebih, kamu bisa mengunjungi situs Jagofon loh! Di Jagofon tersedia berbagai macam model iPhone preloved berkualitas!

Baca juga: Penasaran? Ini Perbandingan iPhone 14 Pro dan iPhone 15 Pro

Dapatkan iPhone dengan Kamera Terbaik di Jagofon

Sekali lagi, sektor kamera adalah komponen penting untuk menunjang eksistensi kamu di media sosial. Tak ayal bagusnya komponen ini berpengaruh terhadap daya jual iPhone yang cukup tinggi.

Cari iPhone 13 Pro dan iPhone 15 Pro dengan kamera terbaik? Di Jagofon kamu bisa mendapatkan iPhone impianmu.

Kenapa harus pesan di website Jagofon? Karena Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Beli HP bekas di Jagofon seperti beli HP baru, karena punya jaminan garansi mesin 1-6 bulan. Beli HP bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon!