Lifestyle

Cara Cek Aplikasi yang Boros Baterai di HP Android dan iPhone, Penasaran?

Kamu sering menginstal berbagai aplikasi di HP mereka, dan performa penggunaan baterai bisa sangat bervariasi antara satu aplikasi dengan yang lainnya. Beberapa aplikasi memang dapat menguras baterai lebih cepat, yang biasanya terlihat dari ponsel yang sering perlu di-charge atau cepat habis baterainya.

Untuk mengatasi masalah ini dan meningkatkan efisiensi penggunaan baterai, pengguna dapat mencoba menghapus atau mematikan instalasi aplikasi-aplikasi yang diketahui boros daya. Berikut ini adalah tutorial sederhana untuk cek aplikasi bocor mana yang mempengaruhi penggunaan baterai di HP Android dan iPhone

3 Cara Mengetahui Aplikasi Boros Baterai di Android
Image Source: CNN Indonesia

Cara Cek Aplikasi yang Boros Baterai di HP Android

Kamu bisa mengecek aplikasi yang boros baterai di HP Androidmu dengan dua cara yang berbeda:

Untuk mengecek penggunaan baterai aplikasi di HP-mu, buka pengaturan dan pilih opsi baterai. Di situ, kamu akan menemukan daftar aplikasi beserta persentase penggunaan baterainya. Carilah aplikasi yang ingin kamu periksa, seperti Instagram, dan ketuk untuk melihat detailnya.

Ketika kamu mengklik aplikasi tersebut, akan muncul informasi tentang penggunaan baterai secara rinci, termasuk statistik CPU seperti penggunaan total CPU, aktivitas CPU di latar depan, dan di latar belakang. Hal ini penting untuk membantu kamu memahami seberapa besar dampak setiap aplikasi terhadap konsumsi daya baterai di HP-mu. Dengan memeriksa secara berkala aplikasi-aplikasi ini, kamu dapat mengelola penggunaan baterai dengan lebih efisien dan memaksimalkan masa pakai HP-mu sepanjang hari.

Baca Juga: Tes Kelayakan Samsung Galaxy A52 di Juni 2024

Buka aplikasi Pengaturan di HP-mu dan cari menu Aplikasi. Di sana, kamu akan menemukan daftar lengkap semua aplikasi yang terinstal di HP-mu. Pilih aplikasi yang ingin kamu cek, seperti WhatsApp.

Setelah itu, pilih opsi "Baterai" di dalam menu aplikasi tersebut. Kamu akan diberikan informasi rinci tentang penggunaan baterai oleh aplikasi tersebut, termasuk statistik seperti total penggunaan CPU, penggunaan CPU saat aplikasi berjalan di latar depan, dan saat berjalan di latar belakang.

Memeriksa detail ini akan membantu kamu untuk memahami seberapa besar pengaruh aplikasi terhadap konsumsi daya baterai di HP-mu. Dengan mengetahui informasi ini, kamu dapat mengelola aplikasi-aplikasi yang mungkin memakan daya lebih banyak dan mengoptimalkan penggunaan baterai HP-mu secara lebih efektif.

Cara Cek Aplikasi Apa Saja yang Bikin Boros Baterai iPhone - Tekno  Liputan6.com
Image Source: Liputan 6

Cara Cek Aplikasi yang Boros Baterai di HP iPhone

Untuk mengecek aplikasi yang boros baterai di HP iPhone, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Untuk memeriksa penggunaan baterai aplikasi di HP-mu, buka aplikasi Pengaturan. Selanjutnya, pilih opsi "Battery" (Baterai). Gulir ke bawah hingga kamu menemukan menu "Battery Usage by App" (Penggunaan Baterai berdasarkan Aplikasi). Di sana, akan terdapat daftar aplikasi beserta persentase penggunaan baterainya dalam kurun waktu 24 jam atau 10 hari terakhir.

Ketika kamu menemukan aplikasi yang ingin kamu periksa, seperti Facebook, cukup ketuk aplikasi tersebut. Akan muncul detail persentase penggunaan baterai oleh aplikasi tersebut, baik saat aplikasi berjalan di latar depan maupun di latar belakang. Hal ini membantu kamu untuk memahami seberapa besar pengaruh setiap aplikasi terhadap konsumsi daya baterai di HP-mu. Dengan informasi ini, kamu dapat mengelola aplikasi-aplikasi yang membutuhkan banyak daya baterai dan mengoptimalkan penggunaan baterai HP-mu sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Sama-Sama Laris, Pedoman iPhone 11 dan iPhone 13 Sebelum Kamu Beli!

20 Aplikasi yang Menguras Baterai HP Android dan Cara Menghentikannya
Image Source: detikcom

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis

Setelah mengetahui aplikasi yang boros baterai di HP Android dan iPhone, kamu bisa mengambil langkah-langkah berikut untuk mengatasi masalah baterai cepat habis:

Pertama, kamu dapat menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang jarang digunakan atau tidak penting bagi kamu. Ini membantu mengurangi penggunaan daya baterai yang tidak perlu.

Kedua, pastikan untuk menutup aplikasi yang tidak sedang digunakan dengan menggeser ke atas pada layar multitasking. Aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang dapat menguras daya baterai dengan cepat.

Ketiga, matikan fitur yang tidak diperlukan seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS, atau NFC ketika tidak digunakan. Fitur-fitur ini aktif secara terus-menerus dapat menyedot daya baterai secara signifikan.

Keempat, kurangi tingkat kecerahan layar atau atur ke mode gelap jika memungkinkan. Layar yang terlalu terang menggunakan lebih banyak daya baterai.

Kelima, aktifkan mode hemat baterai atau low power mode yang tersedia di pengaturan baterai HP-mu. Ini akan mengoptimalkan penggunaan daya baterai secara keseluruhan.

Daftar Aplikasi Boros Baterai dan Cara Mengeceknya
Image Source: CNN Indonesia

Kesimpulan

Pastikan menggunakan charger dan kabel yang sesuai dengan spesifikasi ponselmu untuk mengisi daya dengan efisien. Hindari juga mengecas ponsel saat sedang panas atau terkena sinar matahari langsung, karena hal ini dapat merusak baterai. Terakhir, jika baterai HP-mu sudah rusak atau bocor, sebaiknya ganti dengan yang baru untuk memastikan kinerja yang optimal.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat mengatasi masalah baterai cepat habis dan memaksimalkan masa pakai baterai HP-mu.

Untuk Jagoans yang saat ini sedang mencari iPhone untuk menemani aktivitas harianmu, bisa banget mencarinya di Jagofon. HP second yang dijual, dengan harga yang terjangkau seperti harga iPhone 11 kamu bisa dapatkan di harga 5Jutaan aja lho! Jagofon sangat terjamin kualitasnya karena sudah melewati serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP.

Sekarang tidak perlu lagi takut tertipu ketika membeli HP second di online, karena Jagofon memberikan garansi mesin hingga 6 bulan. Kamu bisa mengenggam iPhone di tanganmu saat ini tanpa harus mengeluarkan budget yang sangat besar!