JagoHacks

Cara Hide Aplikasi di HP Xiaomi, Paling Mudah!

Source : Tekno Okezone

Jika berbicara soal fitur keamanan, banyak orang yang tidak menyadari atau bahkan menganggap fitur keamanan ini sepele. Padahal, fitur keamanan seperti pelindungan privasi, merupakan salah satu fitur yang sangat penting pada sebuah handphone maupun perangkat gadget lainnya.  

Salah satu merk pioneer ponsel yang terkenal dengan tingkat keamanannya yang tinggi adalah iPhone, yaitu smartphone besutan Apple. Dengan inovasi dari Apple ini, tak jarang, akhirnya banyak brand ponsel lain berlomba-lomba untuk meningkatkan fitur keamanan mereka, termasuk Xiaomi.

Pertama kali didirikan pada tahun 2010 di Tiongkok, smartphone Xiaomi kini berada di urutan ketiga sebagai brand ponsel yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, dilansir dari IDN Times. Untuk kamu yang penasaran dengan fitur dan rentang harga dari HP Xiaomi, kamu dapat mengunjungi website Jagofon.

Memiliki beragam fitur menarik dan harga yang sangat terjangkau, membuat ponsel ini menjadi salah satu alasan pengguna untuk tetap setia kepada brand asal Tiongkok ini. Di samping fitur dan harganya, Xiaomi juga menghadirkan fitur keamanan dan privasi yang menarik dan bermanfaat, yaitu dapat menyembunyikan beragam aplikasi pengguna dari layar utama ponsel.

Penasaran seperti apa cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Xiaomi? Simak terus artikel berikut ya Jagoans!

Baca juga: Kenali Sejarah dan Jajaran HP Xiaomi Disini!

Fitur Hide Aplikasi pada HP Xiaomi

Source : IDN Times

Di era sekarang, smartphone kini tidak hanya sekadar digunakan untuk berkomunikasi dalam aktivitas sehari-hari, namun juga digunakan untuk menyimpan data-data penting, maupun data pribadi, termasuk aplikasi pada ponsel.

Sebagian orang menganggap menyembunyikan atau meng-hide aplikasi itu penting untuk menjaga privasi mereka, sehingga pada saat orang lain menggunakan ponsel mereka, orang lain tersebut tidak dapat mengakses aplikasi yang telah disembunyikan.

Namun, ada beberapa orang yang juga  ingin menyembunyikan aplikasi dengan tujuan agar tetap fokus saat menggunakan ponsel dan tidak terdistraksi dengan tampilan aplikasi yang banyak dan membuat pusing.

Untuk smartphone Xiaomi ini, Jagoans dapat menyembunyikan aplikasi yang ada pada ponsel Jagoans tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan, dan bisa dibilang aplikasi tersebut langsung dari MIUI.

Cara Hide Aplikasi di HP Xiaomi

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi berbeda-beda, tergantung dengan versi OS ataupun model HP Xiaomi pengguna. Namun pada dasarnya, ada dua pilihan untuk mengaktifkan fitur hide Xiaomi tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa Jagoans coba untuk menyembunyikan aplikasi pada HP Xiaomi :

Melalui Fitur Hidden Apps

Source : Kompas.com

Fitur Hidden Apps ini merupakan fitur bawaan dari HP Xiaomi. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan satu aplikasi maupun beberapa aplikasi. Fitur ini juga membuat aplikasi-aplikasi yang sudah disembunyikan tidak akan muncul pada halaman layar utama ponsel Xiaomi.

Selain itu, fitur ini sangat mudah digunakan dan dapat menjaga privasi Jagoans terhadap aplikasi yang tidak boleh dilihat oleh orang lain. Untuk mengaktifkan fitur ini, Jagoans dapat mengikuti langkah-langkahnya dengan cara berikut :

  • Nyalakan ponsel Xiaomi kamu kemudian masuk ke menu keamanan yang ada pada layar utama.
  • Scroll atau gulir ke bawah sampai kamu menemukan menu Tools atau Alat.
  • Selanjutnya pilih dan klik opsi Aplikasi Tersembunyi atau Hidden App.
  • Kemudian, setelah daftar aplikasi yang terpasang di HP Xiaomi kamu muncul, aktifkan fitur Hidden App pada aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.
  • Setelah fitur Hidden App ini aktif, kamu tidak akan menemukan aplikasi yang kamu sembunyikan pada layar utama ponsel Xiaomi kamu.

Melalui Fitur Second Space

Source : Gadget2Reviews.com

Selain menggunakan fitur Hidden Space, kamu juga dapat menggunakan fitur Second Space atau yang dikenal dengan fitur Ruang Kedua untuk menyembunyikan beberapa aplikasi yang kamu inginkan pada ponsel Xiaomi.

Pada dasarnya, fungsinya sama dengan fitur Hidden Space. Namun, bisa dibilang fitur Second Space ini memungkinkan pengguna untuk memiliki dua profil dalam satu perangkat yang sama.

Dilansir dari web mitekno, dengan mengaktifkan ruang kedua atau Second Space, kamu seperti akan memiliki dua ponsel dalam satu perangkat. Dalam ruang kedua ini, belum ada aplikasi selain aplikasi bawaan, atau tampilannya sama seperti saat ponsel pertama kali digunakan.

Untuk menyembunyikan aplikasi melalui fitur Second Space pada HP Xiaomi, kamu dapat mencoba langkah-langkah berikut :

  • Nyalakan HP Xiaomi kamu, lalu buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Scroll ke bawah dan kemudian pilih dan klik menu Security atau Keamanan.
  • Selanjutnya, pilih opsi Second Space, aktifkan fitur tersebut,  kemudian ikuti instruksi yang ada.
  • Setelah fitur Second Space aktif, kamu dapat langsung memindahkan aplikasi yang ingin disembunyikan melalui Second Space.
  • Untuk memindahkan aplikasi, kamu dapat membuka opsi Drawer App dan tahan pada ikon aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.
  • Terakhir, klik opsi pindahkan ke Second Space.
  • Aplikasi tersebut kemudian akan muncul di Second Space.

Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi dengan Versi MIUI Lama

Untuk kamu yang memiliki ponsel Xiaomi versi lama, tidak perlu khawatir Jagoans, karena kamu juga bisa menggunakannya untuk menyembunyikan aplikasi HP Xiaomi, berikut langkah-langkahnya :

  • Pilih menu Settings atau Pengaturan.
  • Kemudian klik menu Apps atau Aplikasi.
  • Scroll ke bawah sampai kamu menemukan opsi Apps Lock.
  • Lalu masukkan password ponsel Xiaomi kamu.
  • Selanjutnya pilih tab Hidden Apps, dan centang aplikasi-aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dari layar utama.
  • Langkah terakhir, klik selesai.
  • Aplikasi yang sudah disembunyikan tidak akan muncul pada layar utama dan Drawer App dari HP Xiaomi kamu.

Baca juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi: Wajib Tau!

Nikmati Fitur Hidden Apps dengan Temukan HP Xiaomi di Jagofon

Nah, untuk Jagoans yang ini menikmati fitur hide aplikasi ini, tapi belum memiliki smartphone dari Xiaomi, Jagoans bisa banget lho cek di Jagofon! Jagofon merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas.

Kamu nggak perlu khawatir, karena Jagofon berkomitmen untuk selalu melaksanakan quality control terhadap semua produknya sehingga 100% berfungsi sebelum sampai ke tanganmu. Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Jika kamu berada di wilayah Jakarta, kamu dapat checkout HP impianmu dengan metode COD atau Self-pickup ke kantor Jagofon dan konsultasi langsung dengan tim kami! Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original.

Selain itu, dengan berbelanja produk yang ditawarkan Jagofon, baik ponsel maupun gadget,  kamu juga ikut berkontribusi dalam mengurangi e-waste, atau limbah elektronik yang dapat merusak lingkungan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera dapatkan beragam ponsel dan gadget impianmu, hanya di Jagofon!