Cara Jitu FYP di TikTok, Tips Terbaru di 2024!

FYP di TikTok merupakan salah satu kejutan yang pasti diidam-idamkan oleh para content creator. Terkadang content yang kamu posting, keesokan harinya memiliki jumlah view, like, dan comment yang banyak dan termasuk ke dalam konten FYP.

FYP sendiri merupakan singkatan dari "For Your Page" yang mana beberapa konten rekomendasi yang tampil pada halaman pertama saat kamu membuka TikTok. Konten yang tampil setiap pengguna berbeda-beda tergantung preferensi yang mereka sukai, sering ditonton, berbasis kepopuleran terkini, atau algoritma dari TikTok sendiri.

Untuk membuat konten kamu FYP di TikTok, kamu pasti penasaran apa sih cara jitu FYP di TikTok dan apa tips terbaru di tahun 2024 ini?

Nah, jika kamu seorang content creator TikTok dan ingin kontenmu FYP, yuk simak cara jitu FYP di TikTok dan beberapa tips terbarunya berikut.

Baca juga: Inilah HP Ngonten Agar FYP TikTok, Ada yang Terjangkau!

Pakai Kata Kunci

Cara Jitu FYP di TikTok, Tips Terbaru di 2024! | Jagofon
Image Source: Sleeq

Bagaimana cara konten kamu bisa sampai kepada pengguna yang tepat? Salah satu caranya adalah dengan memberikan kata kunci yang tepat.

Kamu bisa menyisipkan beberapa kata kunci atau keyword di caption untuk menambah kemungkinan visibility konten kamu pada target audience yang tepat. Untuk menggunakan keyword yang tepat, kamu bisa menggunakan beberapa alat atau tools seperti ChatGPT atau pencari Keyword Insight lain yang khusus untuk TikTok.

Dengan cara memberikan keyword atau kata kunci yang tepat dan caption yang menarik sesuai dengan konten, kamu akan menambah kesempatan konten kamu masuk ke dalam kategori FYP.

Ikuti Trend

Cara Jitu FYP di TikTok, Tips Terbaru di 2024! | Jagofon
Image Source: Social Champ

Pergerakan tren di TikTok termasuk cepat. Untuk menjaga traffic yang tinggi dan masuk ke dalam konten FYP, tidak ada salahnya kamu mengikuti tren yang sedang hits.

Kamu juga bisa mengikuti konten challenge yang sering sekali update baik itu berupa gerakan tarian, social experiment, atau hal lainnya yang sedang happening untuk menjaga konten kamu tetap relevan dengan apa yang sedang terjadi saat ini.

Selain bertujuan untuk masuk FYP TikTok, cara ini juga ampuh untuk meningkatkan traffic dan menambah followers kamu loh!

Follow Akun yang Sesuai dengan Niche Kamu

Cara Jitu FYP di TikTok, Tips Terbaru di 2024! | Jagofon
Image Source: Mega Digital

Daripada memiliki beberapa konten dan mem-follow akun lain secara random, mending kamu follow akun yang sesuai dengan Niche kamu.

Percayalah, dengan berfokus terhadap satu niche, kamu bisa mendapatkan audience kamu sendiri dengan lebih baik. Ditambah dengan mengikuti akun yang memiliki niche yang sama kamu bisa membangun circle yang bisa membuat akun kamu disukai oleh orang yang tepat dan loyal.

Viewers yang memiliki kesukaan yang sama pasti akan tertarik dengan konten kamu jika kamu fokus dan menyuguhkan konten yang berkualitas. Nah, dengan cara ini konten kamu pasti akan FYP lebih mudah.

Kolaborasi

Cara Jitu FYP di TikTok, Tips Terbaru di 2024! | Jagofon
Image Source: NestScale

Salah satu cara untuk menjadikan konten TikTok kamu FYP adalah dengan melakukan kolaborasi dengan creator lain. Dengan melakukan kolaborasi, ada kemungkinan konten kamu akan beririsan dengan follower creator yang kamu ajak kolaborasi. Sehingga view nya akan lebih banyak dan kontennya akan berpotensi FYP.

Salah satu jenis kolaborasi yang ampuh adalah dengan membuat konten video duet. Jika kamu mengemasnya dengan baik dan relevan dengan tren yang sedang terjadi, pasti akan menambah exposure konten kamu dan akan menghasilkan banyak komentar, akhirnya konten kamu berpotensi menjadi FYP.

Selain itu, kamu bisa "stitch" video yang sedang viral dengan memberikan tanggapan unik atau pov dari kamu sehingga bisa memberikan perhatian lebih dari audience bahkan dari creator aslinya. Jika hal ini mendapat respon yang baik, engagement akan cepat naik dan tak menutup kemungkinan akan FYP.

Fokus di Kualitas Konten

Cara Jitu FYP di TikTok, Tips Terbaru di 2024! | Jagofon
Image Source: KoinWorks

Konten yang berkualitas akan membuat audience kamu lebih tertarik daripada video yang bertele-tele. Buat video dengan durasi yang pendek dengan informasi yang singkat, padat, dan jelas adalah kunci meningkatkan engagement konten kamu.

Usahakan setiap membuat konten video memiliki durasi antara 15-60 detik. Hal ini bertujuan untuk menggaet perhatian dari para penonton sebelum mereka bosan kemudian swipe ke konten lainnya.

Kamu juga harus berpikir sedemikian rupa bagaimana cara menghasilkan video TikTok dengan kualitas baik dalam waktu yang singkat. Jika kamu menemukan formulanya dan sesuai dengan niche kamu, dijamin video kamu akan viral.

Fokus Pada Niche

Cara Jitu FYP di TikTok, Tips Terbaru di 2024! | Jagofon
Image Source: DHA Digital

Mulai dari tutorial make up, nail art, DIY, sampai mukbang ekstrim, pasti memiliki audience nya sendiri. Daripada kamu membuat konten yang random, lebih baik kamu fokus terhadap hal yang kamu sukai atau kamu ahli dalam bidangnya. Pasti konten kamu akan memiliki audience yang jelas, banyak, dan pastinya loyal.

Jika kamu fokus dengan konten yang kamu sukai dan menyesuaikan dengan tren yang sedang terjadi, konten kamu akan terus relevan dengan apa yang sedang hits di tahun 2024. Selain bisa menambah engagement dan menambah followers baru, followers lama juga akan betah dengan konten apa yang kamu buat.

Contoh jika kamu fokus membuat konten tentang kesehatan, kamu bisa membuat topik yang sedang hangat diperbincangkan, seperti masalah stunting, jenis penyakit yang baru, atau kamu bisa stitch dengan video content creator lain untuk mendapatkan exposure yang lebih luas.

Tak menutup kemungkinan jika kamu konsisten dengan niche kamu, ditambah dengan menerapkan cara lain untuk mengoptimasi konten kamu, dijamin konten kamu akan sering FYP.

Baca juga: Deretan HP Murah Cocok untuk Live Streaming di TikTok

Cari HP Ngonten?

Nah, di zaman sekarang untuk memproduksi video atau foto yang baik tidak melulu harus menggunakan kamera profesional atau kamera DSLR untuk menghasilkan kualitas yang baik. Hanya dengan menggunakan smartphone saja kamu sudah bisa menghasilkan konten yang layak untuk kamu upload di TikTok.

Sebagai contoh kamu bisa menggunakan iPhone 11 untuk ngonten daily activity atau konten yang ringan lainnya. Jika ingin memiliki konfigurasi dan sensor kamera yang lebih baik, Jagofon merekomendasikan iPhone 13 yang pasti memiliki konfigurasi kamera yang lebih baik namun memiliki harga yang tergolong murah.

Untuk pengguna Android, kamu bisa coba Samsung S21 Ultra atau Xiaomi 11 T karena kemampuan kameranya terkenal mumpuni di harga yang terjangkau.

Temukan HP yang cocok untuk ngonten TikTok di Jagofon! Walau statusnya HP bekas, kualitasnya dijamin masih seperti baru. Semua HP bekas di Jagofon dipastikan sudah lolos tahap pengujian di 90+ titik fungsi sehingga HP nya 100% sangat layak pakai.

Kamu juga akan mendapatkan garansi uang kembali jika dalam 7 hari terbukti menemukan maslah terkait HP yang kamu beli. Selain itu kamu akan mendapatkan garansi ganti mesin selama 30 hari dengan tambahan masa garansi sampai 6 Bulan dengan menambahkan sedikit biaya tambahan.

Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!