JagoHacks

Cara Mengatasi Mikrofon HP Android yang Error

Apakah pernah kamu mengalami situasi di mana lawan bicaramu dalam panggilan telepon mengeluh bahwa suaramu tidak jelas? Kondisi ini sering kali bukan hanya karena koneksi internet yang tidak stabil, melainkan juga bisa disebabkan oleh masalah pada mikrofon Xiaomi error atau mikrofon Samsung error yang kamu punya Jagoans!

Ada beberapa penyebab umum dari masalah ini, salah satunya adalah kotoran yang menumpuk di ponsel akibat kurangnya kebiasaan membersihkan perangkat secara rutin. Selain itu, ketidakstabilan sistem operasi atau pemasangan aplikasi pihak ketiga juga dapat menyebabkan masalah ini. Masalah fisik seperti kerusakan perangkat keras juga bisa menjadi penyebabnya, mungkin akibat penanganan yang kurang hati-hati terhadap ponsel. Jadi, bagaimana cara mengatasi masalah mikrofon pada ponsel yang bermasalah? Berikut Jagofon kasih beberapa tips yang mungkin dapat membantumu!

5 Tips Mengatasi Mikrofon HP Android yang Error dan Terbukti Berhasil! -  Okeguys
Image Source: OKEGUYS

Check Akses Mikrofon

Mikrofon Xiaomi error maupun mikrofon Samsung error milikmu yang terlihat bermasalah pada ponsel bisa disebabkan oleh pengaturan yang memblokir akses mikrofon pada beberapa aplikasi. Sebagian ponsel Android memperbolehkan pengguna untuk mematikan akses mikrofon secara manual.

Ini berarti, walaupun mikrofon sendiri berfungsi normal, aplikasi di ponselmu mungkin diblokir oleh perangkat lunak untuk mengaksesnya. Kadang-kadang, kita secara tidak sengaja mematikan akses mikrofon dan lupa untuk mengaktifkannya kembali. Oleh karena itu, periksa pengaturan ponselmu dan pastikan untuk mengizinkan akses audio atau mikrofon untuk aplikasi yang membutuhkannya.

Check Posisi Casing HP

Periksa posisi casing HP kamu. Mungkin saja mikrofon bermasalah karena casing secara tidak sengaja menutupi port mikrofon pada ponselmu.

Coba perbaiki posisi casing dan pastikan port mikrofon tidak tertutup. Setelah itu, cek kembali mikrofon HP dengan merekam suara atau melakukan panggilan kepada pengguna lain. Hal ini bisa mencegah salah satu alasan mikrofon Xiaomi error maupun mikrofon Samsung error milikmu

Restart HP dan Memperbarui Sistem Operasi

Mikrofon Xiaomi error maupun mikrofon Samsung error milikmu yang bermasalah sering kali disebabkan oleh bug dalam sistem ponsel. Jadi, coba lakukan restart pada ponselmu untuk menangani bug yang mungkin terjadi pada mikrofon.

Jika masalahnya masih belum teratasi, lakukan pembaruan sistem operasi ponselmu. Biasanya, pembaruan sistem operasi dapat membantu memperbaiki masalah mikrofon yang mengalami gangguan.

Baca Juga: Pusing? Lihat Cara Blokir Iklan di HP Disini!

Bersihkan Port Mikrofon

Mikrofon Xiaomi error maupun mikrofon Samsung error milikmu yang bermasalah seringkali disebabkan oleh port mikrofon yang kotor. Debu yang menumpuk di dalam port mikrofon dapat mengganggu kinerja mikrofon.

Cobalah membersihkan port mikrofon dengan hati-hati menggunakan cotton bud agar debu dan kotoran yang menumpuk dapat diangkat.

Check Interferensi Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk mengetahui apakah masalah Mikrofon Xiaomi error maupun mikrofon Samsung error milikmu disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga, kamu bisa mencoba menjalankan HP dalam mode aman. Mode aman akan menonaktifkan sementara semua aplikasi pihak ketiga. Berikut cara mengaktifkan mode aman di HP kamu:

  1. Tekan dan tahan tombol Daya HP kamu.
  2. Di layar kamu, sentuh dan tahan opsi Matikan.
  3. Setelah itu, kamu akan melihat mode Aman di bagian bawah layar kamu.
  4. Pilih opsi ini untuk mem-boot ulang ke mode aman.


Dalam mode aman, kamu dapat melakukan uji coba untuk melihat apakah mikrofon masih bermasalah atau tidak. Jika mikrofon berfungsi normal dalam mode aman, kemungkinan besar masalahnya disebabkan oleh salah satu aplikasi pihak ketiga yang terpasang di HP kamu.

6 Cara Mengatasi Mikrofon HP Android yang Tidak Berfungsi - Haluan Lifestyle
Image Source: Haluan Lifestyle

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara mengatasi masalah Mikrofon Xiaomi error maupun mikrofon Samsung error milikmu. Kamu bisa mencoba salah satu solusi di atas, dan jika masalah tetap berlanjut, sebaiknya kamu mengunjungi service center untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Semoga masalahnya segera teratasi!

Kalau masalah kerusakan HP kamu bisa ke service center, kalau masalah spesialis HP Second, apalagi kalau bukan Jagofon! Sekarang tidak perlu lagi takut tertipu ketika membeli HP second di online, karena Jagofon memberikan garansi mesin hingga 6 bulan. Harga yang terjangkau kamu bisa mengenggam HP di tanganmu saat ini tanpa harus mengeluarkan budget yang sangat besar!