JagoHacks

Cara Mengatasi Personal Hotspot di iPhone yang Hilang

Source : Harapan Rakyat

Fitur personal hotspot merupakan fitur yang cukup penting dalam sebuah ponsel, khususnya pengguna yang memiliki banyak device dan membutuhkan teathering untuk device-nya yang lain. Cara mengaktifkannya juga terbilang sangat mudah dengan meng-klik menu seluler. Namun, beberapa ponsel justru kehilangan fitur ini, termasuk ponsel besutan Apple, yaitu iPhone.

Penyebab dari personal hotspot iPhone dapat diakibatkan oleh adanya bug pada sistem iOS, atau pun pada iPhone yang sudah di jailbreak. Singkatnya, jailbreak adalah kegiatan untuk menghilangkan keamanan dan pembatasan yang ada pada perangkat Apple, termasuk berhenti menerima pembaharuan sistem iOS. Jailbreaking, juga dianggap melanggar syarat dan ketentuan pengguna dari Apple.

Baca juga : Layar iPhone Macet dan Tidak Berfungsi? Begini Cara Mengatasinya!

Di sisi lain, walaupun jailbreak dapat membuat iPhone mengunduh aplikasi dari pihak ketiga, hal ini juga menjadikan iPhone menjadi rentan terhadap risiko virus dan malware. Jika Jagons mengalami permasalahan personal hotspot hilang pada iPhone, mungkin beberapa cara ini dapat membantu kamu untuk mengatasi permasalahan tersebut. Untuk kamu yang penasaran, simak artikel berikut sampai habis ya!

Nonaktifkan Sinyal

Source : Apple Support

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi fitur personal hotspot iPhone hilang adalah dengan menyetel ulang atau mereset data seluler. Hotspot pribadi memerlukan koneksi ke jaringan data seluler seperti 4G. Kamu bisa mencobanya dengan me-nonaktifkan fitur seluler selama beberapa menit kemudian meng-aktifkan data seluler kembali.

Untuk meng-aktifkan atau pun mematikan fitur data seluler ini juga sangat mudah. Pada iPhone milikmu, kamu tinggal menekan tombol dengan ikon sinyal pada control center, atau pun melalui settings kemudian pilih menu cellular.

Cara ini berlaku untuk semua jenis iPhone baik dari iPhone 11 dan versi iPhone lainnya yang memiliki iOS 12 atau yang lebih baru.

Restart dengan Mode Pesawat

Source : bgr.com

Cara kedua untuk mengatasi fitur personal hotspot iPhone yang hilang adalah dengan melakukan restart dengan mode pesawat. Pada dasarnya, cara ini dilakukan dengan menonaktifkan dan mengaktifkan sinyal dengan fitur mode pesawat atau yang dikenal dengan airplane mode.

Fitur mode pesawat ini pada umumnya digunakan untuk menangguhkan transmisi sinyal pada perangkat elektronik agar tidak mengganggu sensor dan frekuensi sinyal lainnya di dalam pesawat.

Pada iPhone 11 Pro atau iPhone versi lainnya, kamu dapat melakukannya dengan mudah, yaitu dengan cara pergi ke control center kemudian klik ikon pesawat. Tunggu beberapa saat kemudian aktifkan sinyal menekan ikon pesawat kembali.

Pengaturan Hotspot

Source : jabarekspres.com

Ketika fitur personal hotspot iPhone hilang, ada baiknya kamu memeriksa pengaturan hotspot iPhone kamu terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan fitur personal hotspot yang tiba-tiba hilang bisa jadi disebabkan oleh pengaturan atau setelannya yang kembali non-aktif.

Berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan :

  • Pilih dan masuk ke menu pengaturan atau setting.
  • Kemudian pilih menu seluler dan tekan menu hotspot pribadi.
  • Geser toogle atau ikon untuk menyalakan hotspot pribadi.
  • Setelah itu kembali ke menu utama dan pastikan fitur hotspot pribadi telah aktif.

Jika cara ini dan cara-cara sebelumnya tidak berhasil untuk mengatasi fitur personal hotspot iPhone yang hilang, mungkin kamu dapat mempertimbangkan untuk upgrade iPhone, seperti iPhone 12 yang masih worth it untuk dibeli di tahun 2024 ini.

Restart iPhone

Source : ios.gadgethacks.com

Cara ini mungkin sangat klasik dan sering digunakan saat menghadapi berbagai masalah pada ponsel. Sama halnya ketika iPhone milikmu kehilangan fitur personal hotspot, kamu dapat mencoba untuk memuat ulang atau me-restart iPhone yang mengalami permasalahan tersebut.

Untuk melakukan re-start pada iPhone kamu dapat melakukannya dengan memilih menu General pada settings kemudian geser ke paling bawah sampai menemukan menu shut down. Setelah itu iPhone akan otomatis non-aktif, dan kamu tinggal menekan tombol power untuk menghidupkannya kembali.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memuat ulang atau melakukan restart secara paksa, berikut langkah-langkahnya yang dilansir dari laman Apple :

  • Tekan dan lepas tombol volume up dengan cepat.
  • Tekan dan lepas tombol volume down dengan cepat.
  • Langkah selanjutnya tekan dan tahan tombol samping.
  • Saat logo Apple muncul, lepas tombol samping.

Namun, perlu diingat cara ini hanya berlaku untuk iPhone yang kompatibel dengan iOS 16 dan 17, seperti iPhone 13.

Perbaharui iOS

Source : Tekno Kompas

Cara terakhir untuk mengatasi fitur personal hotspot hilang pada iPhone adalah dengan memperbaharui iOS atau sistem operasi dari iPhone kamu.

Contohnya, jika kamu pengguna iPhone XR yang masih menggunakan iOS 16, kamu dapat memperbaharuinya ke iOS 17. Untuk melakukan pembaharuannya, kamu dapat melakukannya dengan cara :

  • Pada iPhone milikmu cari menu pengaturan atau settings.
  • Gulir ke bawah sampai kamu menemukan pilihan software update.
  • Tunggu dan ikuti langkah-langkahnya sampai iPhone kamu mendapatkan pembaharuan iOS terbaru.
  • Setelah itu biasanya iPhone akan melakukan restart secara otomatis.
  • Kemudian, jangan lupa untuk memastikan keberadaan fitur personal hotspot kamu di menu pengaturan.

Upgrade iPhone-mu Hanya di Jagofon!

Gimana Jagoans? apakah cara-cara tersebut berhasil untuk mengatasi fitur personal hotspot yang hilang pada iPhone milikmu? Jika belum berhasil, ada baiknya kamu membawa iPhone kamu ke service center terdekat di kotamu.

Fitur personal hotspot yang hilang memang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi untuk kamu yang membutuhkan personal hotspot untuk akses internet untuk laptop, tab, atau pun device lainnya.

Namun, jika ponsel tersebut tidak dapat diperbaiki lagi, dan Jagoans harus melakukan upgrade, kamu nggak perlu khawatir! karena kamu bisa langsung cek di Jagofon lho! Dijamin, kamu akan mendapatkan iPhone dengan kualitas terbaik tapi dengan harga yang terjangkau.

Jagofon merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu
adalah HP dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7
hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original.

Beli HP atau pun gadget bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon!

Tunggu apalagi? yuk segera dapatkan iPhone dan beragam ponsel impianmu hanya di Jagofon!