JagoHacks

Bingung Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP? Penting Cegah Kerusakan!

Mencegah kerusakan akibat air pada HP merupakan langkah yang penting. Salah satu tindakan pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengeluarkan air dari speaker HP setelah HP terkena air dalam jumlah yang besar. Ini bisa terjadi misalnya jika HP iPhonemu terkena hujan dalam waktu yang lama atau terjatuh dan terendam dalam air di kamar mandi.

Saat HPmu terkena hujan atau terendam, air bisa masuk ke dalam lubang speaker HP. Jika air terperangkap di dalam speaker, ini bisa berpotensi merusak komponennya dan membuat suara yang dihasilkan menjadi tidak jernih. Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah, penting untuk mengetahui cara mengeluarkan air dari speaker HP. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti

6 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air, Bisa Pakai Lagu!
Image Source: infokost.id

Baca Juga: Tips Ampuh Agar Baterai iPhone Tak Cepat Bocor

Posisikan HP Dengan Benar

Saat HPmu terkena air, langkah untuk mengeluarkan air dari speaker HP yang perlu dilakukan adalah memposisikan HP dengan benar. Matikan HP dan jangan menghubungkannya dengan pengisi daya untuk mencegah kerusakan pada komponen lainnya.

Selanjutnya, letakkan HP dengan speaker menghadap ke bawah dan perlahan-lahan goyangkan. Hal ini bertujuan agar air di dalam speaker dapat keluar perlahan-lahan.

Keringkan Dengan Kain Lembut

Sambil memposisikan HP dengan benar, kamu bisa mengeringkan permukaan yang terkena air.

Gunakan kain berbahan lembut seperti kain pembersih kacamata atau kain microfiber untuk mengusap-usap HP dan mengeringkannya.

Baca Juga: Cara Cek Battery Health iPhone dan Tips Menghematnya

Pakai Aplikasi Untuk Mengeluarkan Air dari HP

Kamu dapat menggunakan aplikasi khusus untuk mengeluarkan air dari speaker HP. Ada banyak aplikasi yang tersedia di toko aplikasi resmi yang dapat memutar suara dengan frekuensi tinggi dan menghasilkan getaran. Biasanya, aplikasi ini memiliki nama seperti "Water Eject" atau "Speaker Cleaner".

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu memutar suara dengan frekuensi tinggi yang disediakan oleh aplikasi tersebut sambil meletakkan HP dengan posisi speaker menghadap ke bawah. Suara tersebut akan membantu mengusir air keluar dari speaker HP secara perlahan. Setelah beberapa kali penggunaan, coba periksa kembali fungsi speaker HP untuk memastikan bahwa air sudah berhasil dikeluarkan.

Simpan Bersama Gel Silika

Cara lain untuk mengeluarkan air dari speaker HP adalah dengan menyimpannya bersama gel silika. Gel silika adalah bahan yang dapat menyerap kelembaban dan sering digunakan sebagai pengawet dalam kemasan barang.

Kamu bisa menempatkan HP bersama gel silika dalam sebuah kantong dan biarkan selama beberapa waktu. Setelah itu, keluarkan HP dari kantong dan cek apakah speaker sudah berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Yang Paling Efektif Qoala, 60% OFF
Image Source: Depidiomas

Kesimpulan

Jika setelah mencoba langkah-langkah di atas speaker HP masih belum berfungsi dengan baik setelah terkena air, sebaiknya kamu segera membawanya ke teknisi terpercaya untuk mendapatkan penanganan dan perbaikan lebih lanjut.

Perlu diingat, untuk mengeluarkan air dari speaker HP, sebaiknya hindari menggunakan perangkat yang dapat menghasilkan udara panas seperti hair dryer karena panas yang dihasilkan dapat merusak komponen di dalam HP.

Kalau kamu tidak punya pilihan lain dan ingin memiliki HP baru ada jagofon lho! Bagi Jagoans yang tengah mencari HP untuk menemani aktivitas sehari-harimu, kamu bisa menemukannya di Jagofon. Jagofon menjamin kualitasnya karena telah melewati serangkaian tes di lebih dari 90 titik fungsi laptop.

Kini, tak perlu khawatir lagi tentang keamanan saat membeli HP bekas secara online, karena Jagofon memberikan garansi mesin hingga 6 bulan. Dengan begitu, kamu bisa memiliki HP iPhone di tanganmu tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam!