Lifestyle

Cara Menghilangkan Kecanduan HP

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi, fungsi HP yang tadinya hanya sebagai perangkat komunikasi mulai beralih fungsi menjadi perangkat serbaguna yang bisa memudahkan berbagai urusan manusia.

Semenjak masuknya jaringan internet ke dalam HP atau bisa disebut Internet on Things (IoT), sejak itu juga mulai berkembang beberapa aplikasi yang memanfaatkan pertukaran data lewat jaringan internet yang sebenarnya memudahkan kita untuk mendapat informasi dan beberapa hal lain dari mana saja.

Termasuk adanya beberapa aplikasi hiburan seperti YouTube, Instagram, TikTok, Spotify, dan beberapa aplikasi game yang semula hanya bisa dinikmati di PC, sekarang bisa dinikmati melalui HP baik secara offline maupun online.

Karena banyaknya hal yang bisa dilakukan dalam HP atau smartphone, secara tidak sadar kamu bisa menjadi kecanduan terhadap perangkat/gawai ini. Bagaimana tidak, hampir semua hiburan tersedia dalam genggaman. Jika kamu hobi nonton ada platform streaming, kemudian jika kamu hobi bermain game ada banyak aplikasi game dalam HP.

Ketika kamu mulai kecanduan HP, hal ini akan berdampak negatif untuk tubuh kamu. Tak hanya dari fisik, kecanduan HP bisa berdampak negatif pada psikis kamu.

Adapun beberapa dampak negatif secara fisik dari kecanduan HP adalah adanya keluhan nyeri pada leher, migrain, masalah pada penglihatan, dan terhambatnya produktivitas kamu. Sementara itu dari segi psikis, kamu akan mudah marah, emosi yang tidak stabil, gelisah, dan mudah stress.

Nah, untuk menghilangkan kecanduan HP, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan nih Jagoans. Yuk kita simak beberapa tips nya di bawah ini.

Baca juga: Inilah Hal Yang Membuat HP-mu Cepat Rusak

Perbanyak Aktivitas Offline

Image Source: pexels.com/@Jonathan Borba

Jika kamu atau anak kamu sudah mulai menampakkan tanda-tanda kecanduan HP, kamu disarankan untuk memperbanyak aktivitas offline atau menemukan hobi baru. Hal ini bertujuan selain untuk mengalihkan perhatian lebih kepada HP, kamu juga bisa mendapat manfaat lain berupa tubuh yang lebih sehat dan kehidupan sosial yang lebih baik.

Beraktivitas luar ruangan juga efektif sebagai antidepresan alami karena mampu memproduksi hormon serotonin yang mempengaruhi suasana hati kamu. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengurangi gangguan afektif, kecemasan, dan depresi yang bisa mengganggu produktivitas kamu. Jadi jika kamu sudah merasakan hal serupa, kamu harus memulai memperbanyak aktivitas offline.

Ga sampai bikin cemas dan depresi, beli HP bekas di Jagofon dijamin keamanan dan keasliannya. Karena semua produk di Jagofon sudah melalui sebanyak 90+ titik tes sehingga HP 100% layak pakai dan semua partnya dijamin 100% masih original. Jadi jangan ragu untuk checkout HP baru kamu di Jagofon ya!

Buat Area dan Waktu Tanpa Gadget

Image Source: pexels.com/@Rann Vijay

Untuk menghilangkan kecanduan HP memang diperlukan kedisiplinan. Jika kamu ingin mengurangi intensitas penggunaan HP, kamu bisa membuat area dan jadwal tanpa gadget/gawai. Misal kamu melakukan pembatasan penggunaan HP pada saat makan, saat akan tidur, dan saat ada waktu luang lainnya.

Hal ini bisa diterapkan untuk siapa saja, termasuk jika kamu sudah memiliki anak dan sudah termasuk kedalam kecanduan HP. Kamu juga bisa mengganti aktivitas lain di sela-sela larangan menggunakan gawai dengan kegiatan lain yang lebih produktif.

Kamu bisa membaca, menggambar, membuat prakarya, atau bercocok tanam sebagai pengganti aktivitas saat waktu luang. Hal ini juga mampu menambah wawasan kamu dan mampu mengurangi tingkat stress yang kamu alami ketimbang menghabiskan waktu di depan layar HP.

Setelah melakukan pembatasan penggunaan HP di waktu dan area tertentu, lama-kelamaan kamu akan terbiasa tidak bergantung pada gawai tersebut. Kamu juga akan mendapatkan hasil positif dengan menggunakan HP sewajarnya saja dan lebih mengedepankan aktivitas yang menjauhkan kamu dalam ketergantungan HP.

Hindari Penggunaan Gadget saat Di Jalan

Image Source: pexels.com/@Dominika Roseclay

Menggunakan gadget/gawai saat dalam perjalanan memang membantu apalagi dalam hal navigasi. Namun jika kamu menggunakan gawai sambil berkendara, kamu harus mengurangi aktivitas ini ya Jagoans. Hal ini akan menambah risiko terjadi kecelakaan akibat kurangnya perhatian kamu terhadap situasi jalan raya.

Jika kamu sedang berkendara lalu menerima pemberitahuan pesan penting atau panggilan penting, alangkah baiknya tepikan dulu kendaraan kamu, lalu buka HP kamu agar kejadian tidak mengenakkan tidak terjadi.

Sama seperti belanja HP second di Jagofon, keamanan berbelanja kamu dipastikan terjamin. Karena di Jagofon menyediakan garansi 7 hari uang kembali jika produk ada masalah. Kamu juga akan mendapatkan garansi ganti mesin selama 30 hari dan tambahan garansi selama 6 Bulan dengan tambahan biaya.

Baca juga: Cara Merawat HP Bekas agar Awet Bertahun-Tahun

Hilangkan Sifat FOMO dalam Diri

Image Source: Getty Creative

FOMO atau Fear of Missing Out dalah kondisi ketika kamu khawatir tidak bisa mengikuti suatu trend atau kejadian yang sedang viral yang dilakukan oleh kebanyakan orang. Fenomena FOMO ini terjadi kebanyakan dialami oleh kalangan anak muda yang kecanduan HP karena terlalu sering bermain media sosial.

Hal-hal yang orang lain yang dibagikan di media sosial, apalagi sampai viral, terkadang menjadi acuan kita untuk meraihnya juga. Hal ini yang membuat FOMO sebenarnya berbahaya untuk kesehatan mental kamu.

FOMO sudah dikategorikan sebagai penyakit gangguan mental. Hal ini sudah diungkap oleh Dr. Andrew K. Przybylski, seorang ilmuwan asal Inggris yang menemukan fenomena ini sejak tahun 2013. Hal ini juga mengkhawatirkan karena bisa membuat kamu merasa cemas, menurunnya rasa percaya diri, dan terganggunya kondisi finansial.

Dari kecanduan HP dan terlalu banyak bermain media sosial bisa mengakibatkan kamu FOMO. Lantas apakah ada solusi untuk menanggulanginya? Salah satunya adalah dengan bersikap bersyukur dan memiliki mindset yang positif. Hal ini akan mengurangi keinginan kamu memiliki apa yang orang lain miliki. Kesehatan mental kamu juga akan terjaga jika kamu memiliki mindset yang positif.

Sadar bahwa Dunia Sesungguhnya Lebih Krusial daripada Dunia Maya

Image Source: pexels.com/@Elina Fairytale

Berbanding terbalik dengan FOMO, ada istilah JOMO (Joy of Missing Out). JOMO adah kondisi ketika kamu merasa acuh terhadap trend yang terjadi di media sosial, sehingga kamu tidak merasa ketinggalan dan merasa bahagia dengan apa yang kamu miliki saat ini.

Para penganut JOMO sangat sadar bahwa semua yang terjadi di dunia maya itu tidak lebih penting dari dunia yang nyata. Sehingga mereka akan fokus terhadap dunia yang mereka tekuni saat ini. Sifat ini juga bagus untuk memelihara mental kamu sehingga kamu bisa lebih produktif saat menggunakan waktu luang kamu ketimbang menghabiskan waktu untuk bermain media sosial.

Buat kamu penganut istilah "pakai yang real-real aja" akan cocok belanja di Jagofon. Jagofon sebagai spesialis HP bekas menyediakan berbagai jenis HP impianmu. Karena Jagofon menyediakan berbagai HP bekas original tanpa ada pergantian part di dalamnya alias refurbished.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh! Jadi pembeli yang pintar! Kamu bisa dapatkan HP bekas yang kualitasnya setara dengan HP baru, namun harganya lebih terjangkau!