JagoHacks

Bagaimana Caranya Mengubah Tampilan Jam di Lockscreen HP Samsung?

Mengubah Lockscreen Samsung adalah langkah mudah yang bisa meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan. Di artikel ini, saya akan memandu langkah-langkahnya secara rinci untuk membantu kamu melakukan pengaturan tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengubah tampilan jam pada layar kunci. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan pengaturan bawaan yang disediakan oleh Samsung. Ayo, kita simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini.

Cara Membuat Nama di Layar Kunci Handphone Android
Image Source: Gadgetren

Memakai Pengaturan Wallpaper

Untuk mengubah tampilan Lockscreen Samsung, langkah-langkahnya bisa kamu ikuti dengan mudah. Pertama, buka menu "Settings" di HP Samsung kamu dan cari opsi yang bernama "Wallpaper and style". Setelah masuk ke dalam opsi tersebut, kamu akan melihat preview layar kunci. Di sini, cukup ketuk area jam pada preview untuk mulai mengatur ulang tampilannya.

Selanjutnya, di halaman preview wallpaper, pilihlah gaya dan warna jam yang sesuai dengan keinginanmu untuk ditampilkan di layar kunci HP. Kamu juga bisa menyesuaikan gaya serta warna jam agar cocok dengan selera dan suasana. Setelah semua pengaturan selesai, cukup tekan tombol "Done" untuk menyimpan dan menerapkan perubahan tersebut. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat mengubah dengan mudah dan cepat tampilan jam di layar kunci HP Samsung sesuai dengan preferensi pribadimu.

Memakai Fitur ClockFace

Samsung menawarkan pengalaman yang lebih personal melalui fitur tambahan yang disediakan melalui aplikasi GoodLock, yaitu ClockFace. Dengan ClockFace, kamu bisa mengubah tampilan Lockscreen Samsungmu dengan lebih banyak pilihan desain yang tersedia. Untuk memulainya, unduh aplikasi ClockFace melalui GoodLock di HP Samsung. Jika belum tersedia, kamu dapat mengunduh GoodLock terlebih dahulu melalui Galaxy Store.

Setelah terpasang, buka aplikasi ClockFace. Di beranda aplikasi ini, tersedia berbagai template jam yang dapat kamu pilih dan disesuaikan sesuai keinginanmu. Pilih salah satu template yang kamu sukai, dan tekan ikon pensil untuk memulai proses penyuntingan. Kamu dapat melakukan kustomisasi seperti mengubah warna, gaya font, dan tipe jam sesuai preferensimu.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan elemen tambahan seperti teks, GIF, atau foto ke tampilan jam di layar kunci dengan menekan tanda "+". ClockFace memungkinkanmu untuk mengatur desain teks dan format tanggal dengan beragam pilihan yang menarik. Setelah selesai menyunting, cukup tekan tombol panah ke bawah di ujung kanan atas layar untuk menyimpan perubahan.

Template jam yang sudah kamu sunting akan tersimpan di tab "MyClocks" di dalam ClockFace. Untuk menerapkan tampilan jam yang telah kamu buat, tap template tersebut dan pilih tanda centang di sebelah ikon pensil. Selain menyunting template yang sudah ada, di ClockFace juga tersedia opsi untuk membuat template sendiri dari nol di tab "My Clock". Kamu bisa memulai desain template sesuai dengan preferensi dan gaya pribadimu.

Memakai Aplikasi Launcher

Untuk mengubah tampilan jam di lockscreen samsung dengan lebih banyak opsi kustomisasi, kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti Smart Launcher 6. Aplikasi ini tidak hanya mengizinkanmu untuk menyesuaikan tampilan jam, tetapi juga mengubah seluruh tata letak home screen. Ketika kamu memulai dengan Smart Launcher 6, langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi dari Google Play Store. Setelah diinstal, buka aplikasi dan atur sebagai antarmuka utama, menggantikan OneUI yang biasa kamu gunakan.

Setelah kamu masuk ke tampilan lockscreen Smart Launcher 6, kamu akan melihat ikon jam. Sentuh ikon tersebut dan pilih opsi "Configure" untuk memulai proses pengaturan. Di dalam menu pengaturan ini, kamu akan menemukan beberapa opsi seperti pengaturan untuk jam, kalender, dan cuaca. Meskipun opsi kustomisasi untuk jam tidak sebanyak aplikasi lain, kamu masih bisa mengubah jenis font dengan memilih menu "Font". Di sini, pilih font yang kamu suka dan sesuaikan warna font-nya melalui opsi "Color".

Selain mengubah font, kamu juga dapat menyesuaikan posisi tampilan jam. Kembali ke layar utama Smart Launcher 6, sentuh ikon jam lagi, lalu pilih "Fine positioning". Pilih "Move" dan geser jam ke posisi yang kamu inginkan di layar lockscreen. Dengan menggunakan Smart Launcher 6, kamu dapat mengatur tampilan jam dengan cara yang lebih personal dan sesuai dengan preferensi kamu.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan NFC, Mudah dan Nggak Ribet!

Cara Menggunakan Cover Screen di Samsung Galaxy Z Flip 4
Image Source: Detikcom

Kesimpulan

Nah, bagaimana, tak begitu rumit untuk mengganti tampilan jam lockscreen Samsung, kan? Dari seluruh cara di atas, silakan pilih yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan, ya

Jagofon merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Jadi pembeli yang pintar! Kamu bisa dapatkan HP bekas yang kualitasnya setara dengan HP baru, namun harganya lebih terjangkau!