JagoHacks

Cara Praktis Mengunci WhatsApp Agar Aman

Cara praktis mengunci WhatsApp adalah hal yang harus kamu ketahui agar privasi kamu terjaga. Agar WhatsApp kamu aman dari jari tangan teman kamu yang iseng, kamu harus menguncinya.

Terkadang isi chat WA kamu berisikan hal yang sensitif seperti berbagi gambar pribadi, video, dokumen, dan kontak penting. Jika data tersebut disalahgunakan, dampaknya akan berakibat fatal.

Saat kamu mengunci aplikasi WhatsApp, kamu secara otomatis menambah kemananan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi jika HP kamu hilang atau berpindah tangan, data penting yang ada di HP kamu dijamin akan aman.

Selain bisa melindungi dari tangan-tangan jahil, mengunci WhatsApp juga bisa melindungi data kamu pada saat HP kamu terkena virus malware. HP kamu akan terlindungi saat virus mencoba mengakses aplikasi WhatsApp untuk mengeksploitasi data yang ada di dalamnya.

Nah, tanpa harus berbasa-basi lebih jauh lagi, yuk kita simak beberapa cara praktis mengunci WhatsApp agar aman berikut ini.

Mengunci WhatsApp di HP Android

Cara mengunci aplikasi whatsapp
Image Source: Berita99.co

Salah satu cara mengunci WhatsApp di HP Android adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan dari WA sendiri. Cara ini terbukti praktis dan ampuh untuk menjaga privasi kamu.

Adapun cara mengunci Whatsapp di HP Android adalah sebagai berikut:

  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Ketuk 3 titik di pojok kanan atas
  3. Ketuk Settings atau Pengaturan
  4. Kemudian pilih menu Privacy
  5. Gulir ke bawah dan temukan Fingerprint lock, kemudian ketuk
  6. Aktifkan fitur Unlock with fingerprint dengan ketuk toogle on/off di bagian sebelah kanan
  7. Selesai

Dengan cara praktis ini, kamu sudah menambahkan extra perlindungan untuk mencegah kebocoran data kamu. Kamu juga akan terlindung dari jari-jari iseng teman kamu yang sering membajak ponsel kamu.

Mengunci WhatsApp di iPhone

Image Source: Doran Gadget

Cara mengunci WhatsApp di iPhone sebenarnya mirip dengan yang diterapkan pada HP Android. Bedanya pada iPhone kamu menggunakan Face ID atau Touch ID untuk menggunakan fitur ini.

Sebelum mengunci aplikasi WhatsApp, kamu harus pastikan sudah mengaktifkan Touch ID atau Face ID atau belum. Untuk yang belum mengaktifkannya, kamu bisa menggunakan cara berikut:

  1. Pergi ke Settings atau pengaturan
  2. Gulir dan temukan menu "Touch ID & Passcode" atau "Face ID & Passcode" sesuai keinginan kamu ingin mengaktifkan yang mana.
  3. Ikuti proses yang diinstruksikan untuk mengaktifkannya

Setelah mengaktifkan Touch ID atau Face ID, kamu bisa langsung mengunci aplikasi WhatsApp.

Adapun cara mengunci Whatsapp di iPhone adalah sebagai berikut:

  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Buka Settings atau Pengaturan dengan ketuk icon gear di bagian kanan bawah
  3. Setelah masuk ke dalam menu Settings, temukan menu Privacy
  4. Kemudian aktifkan Lock screen atau Kunci layar
  5. Setelah itu kamu bisa pilih berapa waktu yang dibutuhkan untuk masuk ke dalam Aplikasi WhatsApp kembali tanpa harus menggunakan Face ID atau Touch ID (sesegera mungkin, 1 menit, atau 15 menit)
  6. Selesai

Dengan cara di atas, secara otomatis kamu tidak bisa asal buka WA. Setiap kamu ingin membukanya, kamu harus menggunakan Face ID atau Touch ID. Hal ini juga akan mencegah pihak lain membuka WhatsApp kamu dengan seenak hati sehingga WhatsApp kamu akan aman dari kebocoran data.

Seperti halnya saat beli HP bekas di Jagofon, keamanannya akan terjaga plus bergaransi. Karena setiap pembelian HP second di Jagofon akan mendapatkan garansi 7 hari uang kembali dan 30 hari ganti mesin jika kamu menemukan masalah pada HP kamu. Kamu juga bisa memperpanjang massa garansi sampai 6 Bulan dengan sedikit biaya tambahan loh!

Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

Image Source: App TN

Cara selanjutnya untuk mengunci aplikasi WhatsApp adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi seperti Smart AppLock, AppLock, Norton App Lock, atau LOCKit bisa membantu kamu mengunci aplikasi WhatsApp.

Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  1. Install salah satu aplikasi pihak ketiga
  2. Setelah terinstall, buka aplikasinya
  3. Atur PIN atau pola keamanan lainnya sesuai keinginan kamu.
  4. Setelah mengatur PIN, kamu bisa memasukkan aplikasi WhatsApp ke dalam daftar aplikasi yang akan dikunci.
  5. Kamu bisa memberikan pengaturan tambahan mengenai rentang waktu yang dibutuhkan untuk mengunci WA kamu setelah membukanya. Contoh kamu bisa mengatur waktu 1 menit tanpa harus memasukkan PIN sebelum WhatsApp terkunci kembali.
  6. Selesai

Meskipun cara di atas ampuh untuk meningkatkan keamanan dan privasi kamu, namun kamu harus memilih aplikasi pihak ketiga yang legit ya Jagoans. Soalnya banyak aplikasi pihak ketiga yang diragukan keamanannya. Alih-alih bisa mengamankan data pribadi kamu, malah aplikasinya sendiri yang menyelewengkan data dai HP kamu.

Memakai Pengaturan dalam HP

Image Source:Malas.id

Memakai pengaturan dalam HP adalah salah satu langkah untuk mengamankan aplikasi WhatsApp kamu dari tangan-tangan jahil. Namun di setiap HP mungkin langkahnya akan sedikit berbeda.

Untuk itu kami berikan gambaran umum cara mengunci Whatsapp memakai pengaturan dalam HP. Adapun caranya seperti berikut.

  1. Buka menu Settings atau pengaturan
  2. Pilih menu Security and Privacy atau Privacy
  3. Ketuk pilihan Lock individual apps atau kunci aplikasi secara individu. Dari tahap ini akan sedikit berbeda di setiap brand, jadi Jagoans bisa menyesuaikan ya.
  4. Pilih aplikasi WhatsApp
  5. Kemudian kamu bisa menambahkan password, PIN atau menggunakan sidik jari untuk mengakses aplikasi WA kamu.
  6. Selesai

Nah, di atas adalah gambaran umum mengunci aplikasi WhatsApp di berbagai brand. Namun khusus Jagoans yang memiliki HP Xiaomi, berikut cara mengunci chat WhatsApp yang bisa kamu terapkan.

Cara mengunci WhatsApp di HP Xiaomi

  1. Pergi ke Settings atau Pengaturan
  2. Kemudian temukan menu Applock atau Kunci aplikasi, kemudian ketuk menunya
  3. Kemudian di dalam menunya akan ditampilkan daftar aplikasi yang sudah kamu install, lalu temukan dan pilih aplikasi WhatsApp
  4. Atur kata sandi yang telah diminta. Disarankan berbeda dengan kata sandi lock screen ya.
  5. Aktifkan proses pengunciannya.

Nah, setelah mengaktifkannya, kamu tidak bisa sembarangan membuka WA kamu. Seriap kamu ingin membukanya, kamu harus memasukkan kata sandi yang telah diatur tadi. Maka dari itu, dipastikan kata sandinya jangan sampai lupa ya Jagoans!

Jika kamu mencari HP Xiaomi second, kamu bisa mengunjungi website Jagofon ya. Walaupun HP nya bekas tapi kualitas nya tingkat atas karena semua HP yang dipasarkan sudah melalui uji tes di 90+ titik sehingga HP 100% berfungsi dengan baik! Kamu juga akan menerima laporannya tes apa saja yang sudah dilakukan.

Memakai PIN Verifikasi

Image Source: eraspace

Salah satu cara ampuh mengunci Whatsapp adalah dengan mengatur PIN verifikasi 2 langkah. Dengan metode ini kamu bisa mengamankan aplikasi WA secara berlapis sehingga terjaga keamanannya.

Adapun cara mengunci WhatsApp menggunakan PIN verifikasi adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Masuk ke dalam menu Settings dengan cara mengetuk icon titik tiga di pojok kanan atas
  3. Ketuk menu Account atau Akun
  4. Ketuk pilihan Two-step verification atau Verifikasi dua langkah
  5. Ketuk Turn on atau aktifkan
  6. Kamu akan diminta untuk menyetel PIN berupa 6 digit angka. Disarankan jangan menggunakan tanggal lahir ya Jagoans.
  7. Masukkan alamat email kamu. Hal ini diperlukan sebagai pengaman jika kamu lupa PIN yang kamu masukkan, kamu bisa me-reset PIN kamu lewat email tersebut.
  8. Selesai.

Dengan cara ini, kamu akan mendapat pengamanan extra aplikasi WhatsApp kamu.

Menyembunyikan Aplikasi

cara menyembunyikan aplikasi android
Image Source: Guiding Tech

Salah satu cara melindungi data aplikasi WhatsApp kamu adalah dengan cara menyembunyikannya. Terdengar sedikit ekstrim tapi cara ini terbukti ampuh untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Salah satu cara efektif untuk menyembunyikan aplikasi kamu adalah dengan mengaktifkan fiur Secure Folder jika Jagoans adalah pengguna HP Samsung. Tak hanya di tempatkan dalam folder khusus, untuk membuka aplikasinya juga kamu harus memasukkan kata sandi atau PIN, sehingga keamanannya akan semakin terjaga.

Berikut cara menyembunyikan aplikasi WhatsApp di HP kamu via Secure Folder.

  1. Buka menu Settings atau Pengaturan
  2. Pilih menu Security and privacy
  3. Gulir pilhan menunya lalu temukan menu More security settings kemudian ketuk
  4. Kemudian ketuk Secure folder
  5. Ikuti instruksi yang ditunjukkan oleh HP Samsung kamu
  6. Jangan lupa ya Jagoans saat mengatur PIN, sebisa mungkin untuk membedakan denga PIN yang kamu atur untuk Lock screen
  7. Setelah selesai mengaurnya, aktifkan Secure Folder
  8. Kembali ke layar utama
  9. Masukkan aplikasi WhatsApp ke dalam Secure Folder dengan cara ditarik kedalamnya.
  10. Selesai

Kamu juga bisa memasukkan aplikasi lain ke dalam secure folder jika kamu rasa di dalam aplikasi tersebut mengandung data yang tergolong penting.

Nah, itulah beberapa cara mengunci WhatsApp di HP kamu agar aman. Jika kamu mengalami kehilangan HP atau HP kamu sedang dibajak teman kamu, kamu tidak akan terlalu khawatir akan data pribadi kamu disalahgunakan.

Seperti halnya belanja HP bekas di Jagofon, keamanannya akan sangat terjaga karena semua produk Jagofon dijamin 100% original tanpa ada part yang diganti alias rekondisi. Kamu juga akan mendapatkan keuntungan lebih karena semua HP yang ada di Jagofon memiliki garansi sampai dengan 6 Bulan!

Jangan ragu lagi beli HP bekas di Jagofon! Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!