Product

January 2, 2024

Waspada! Berikut Cara Tahu HP Disadap dan Cara Mencegahnya

HP para Jagoans itu kayak penyimpanan rahasia, kan? Bayangin, kalau HP kita ternyata direcokin, data-data pribadi kita bisa jadi mangsa empuk buat orang-orang yang nggak bertanggung jawab. Makanya, penting banget nih untuk tau cara mengetahui HP disadap. Penyadapan bisa terjadi dalam waktu sekejap atau malah berlangsung lama, tergantung seberapa banyak informasi yang dicuri.

Bila data kita sukses dicuri, pelakunya bisa aja nih menjualnya di pasar gelap. Jelas deh, itu bisa bikin pemilik HP merugi besar karena identitasnya bisa tersebar dengan gampangnya. Supaya kita bisa lebih waspada dan nggak kecolongan, ada beberapa petunjuk atau tanda yang bisa dijadikan acuan buat ngecek kalau HP kita sedang dalam kondisi disadap. Yuk, kita simak cara cek HP disadap!

Image Source: WIGATOS

Cek Respons HP

Cara mengetahui HP disadap adalah dengan memperhatikan responsivitasnya. Kalo HP tiba-tiba jadi kurang responsif, bisa jadi ini tanda-tanda penyadapan, loh. Apalagi kalo cuma buat buka aplikasi yang seharusnya enteng, tapi malah jadi lemot banget. Keadaan kayak gini bisa disebabkan oleh si penyadap yang sedang sibuk membuka file, dokumen, foto, video, atau yang lainnya. Jadi, HP kita pun jadi kerja lebih keras.

Jadi gini, kalo HP dipakai sama kita dan oleh penyadap sekaligus, performanya bakal ngerasa menurun. Oleh karena itu, kita perlu ngecek HP secara berkala, terutama kalo tiba-tiba jadi kurang oke performanya. Tapi ya, inget juga, nggak semua HP yang jadi kurang responsif itu pasti karena penyadapan. Bisa jadi juga karena kita lupa nutup aplikasi tertentu yang nyelonong ngejalanin di belakang layar. Makanya, perlu cek secara rutin biar tetep aman.

Cek Kode USSD

Selain itu, ada cara lain untuk cara cek HP disadap, yaitu dengan memeriksa melalui kode USSD. Gampang kok caranya. Tinggal tekan *#21# atau *#06# di menu panggilan. Nah, setelah itu, pihak provider bakal kasih kita informasi lengkap tentang riwayat panggilan.

Jadi, kita bisa cek informasi itu dan pastiin nggak ada data yang tiba-tiba dikirim ke pihak lain. Kalau ternyata ada panggilan atau data yang kecolong, langkah selanjutnya adalah melakukan pengamanan. Caranya gimana? Tinggal hubungi call center provider aja. Laporkan ke mereka kalau HP kita kena penyadapan. Nanti, pihak provider bakal nonaktifin kartu SIM kita buat sementara waktu, jadi aman deh.

Cek Riwayat Aktivitas HP

Cara lain untuk cara mengetahui HP disadap, yaitu dengan memeriksa riwayat aktivitas penggunaan HP. Sebaiknya kita tahu betul aplikasi-aplikasi apa aja yang kita buka, supaya kita hapal langkah-langkah yang kita lakuin di HP. Nah, selanjutnya, kita bisa cek riwayat aktivitas buat lihat apakah HP kita lagi disadap atau enggak.

Kalo ada aplikasi yang tiba-tiba terbuka atau jalan sendiri, padahal kita lagi nggak pake, itu bisa jadi tanda-tanda kuat ada yang ngintip HP kita, lho. Ciri-ciri kayak gini biasanya langsung nunjukin kalo HP lagi diincar penyadap. Jadi, buat makin aman, bisa nih aktifin aplikasi yang bisa bikin HP kita jadi nggak bisa dilacak. Terus, juga bisa dipertimbangkan buat pindahin file-file pribadi ke perangkat lain, biar lebih secure.

Baca Juga: Ciri-ciri HP Android atau iOS yang Terkena Virus

Cek Email dan Sosial Media

Cara lain yang sering dipakai dalam penyadapan adalah dengan mengirim link mencurigakan. Ada kemungkinan pengguna HP tanpa sadar mengklik link tersebut, dan akhirnya HP pun bisa disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk memastikan apakah kita pernah mengklik tautan tersebut, periksa riwayat email atau pesan di media sosial.

Pastikan tidak ada pesan yang mendorong kita untuk mengklik link tertentu. Cara cek HP disadap jika kita menemukan link yang mencurigakan dan mengalami ciri-ciri penyadapan seperti yang disebutkan sebelumnya, segera ambil tindakan pengamanan. Ganti password HP dan email, batasi izin aplikasi untuk melacak, atau bahkan pertimbangkan untuk mereset HP ke mode pabrik sebagai langkah-langkah untuk menjaga keamanan.

Cek Pemakaian Baterai

Cek daya baterai juga bisa jadi cara mengetahui HP disadap. Jadi begini, kalo tiba-tiba daya baterainya cepet habis banget, kemungkinan besar HP kita lagi diintip, nih.

Gimana sih masuk akalnya? Gini, proses penyadapan kan butuh waktu buat buka dokumen, aplikasi, dan sebagainya. Jadi, kalo HP kita nggak dipake buat aktivitas yang berat, tapi daya baterainya malah cepet abis lebih dari biasanya, itu tanda-tanda kalo mungkin HP kita lagi disadap. Jadi, perlu cek lagi deh keamanan HP kita. Tapi, ya, inget juga, nggak selalu daya baterai cepet abis itu pasti disebabkan penyadapan. Bisa juga karena baterainya udah tua banget dan perlu diganti.

Cek Jika Terdapat Panggilan atau SMS Tidak Dikenal

Cara lain buat ngecek cara cek HP disadap. Jadi, kalo tiba-tiba muncul panggilan dan SMS dari nomor yang nggak dikenal, padahal kita sendiri nggak pernah ngirim, itu bisa jadi tanda kuat kalo HP kita lagi kena penyadapan.

Jangan disepelekan juga kalo kita tiba-tiba dapet panggilan atau SMS dari orang yang nggak dikenal, bisa jadi itu balasan dari pesan yang sebelumnya kita kirim dari HP kita sendiri. Itu juga bisa jadi ciri-ciri kalo HP kita udah diintip. Jadi, kalo ngalamin hal-hal kayak gini, makin baik deh kita waspada dan langsung ambil langkah-langkah pengamanan.

Kesimpulan

Nah, Jagoans mulai sekarang cek HP secara berkala ya biar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan! Kalau emang ciri-ciri diatas ada yang sama segera lakukan mereset HP ke mode pabrik kalau repot mending sekalian reset dan upgrade ke HP baru yang kamu bisa beli dan cek di Jagofon, deh!

Jagoans bisa menemukan HP yang kamu inginkan di Jagofon dengan harga yang lebih terjangkau. Jagofon merupakan marketplace spesialis gadget dan HP bekas Indonesia yang sudah terjamin. Kamu akan mendapatkan HP seken dengan produk yang 100% original, tidak ada part yang diganti atau refurbished. Tetapi, Jagoans ragu dengan produk bekas? Jangan khawatir, karena semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan. Selain itu, Jagofon juga menerima pembelian secara COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon. Jadi, Jagoans bisa membeli iPhone bekas di Jagofon tanpa ribet!

Share on: