Comparison

Cek Perbedaan iPhone 14 dan iPhone 13: Hampir Sama?

Fans Apple tidak pernah berhenti memuji inovasi saat mereka rilis HP baru. Namun, sepertinya iPhone 14 tidak akan dilengkapi dengan banyak fitur yang sama dengan iPhone 13, sehingga tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa iPhone 14 adalah “saudara” dari iPhone 13. Yuk, kita lihat apa yang membuat iPhone 14 dan iPhone 13 “sama tapi beda”!

Desain & Layar

Jika kamu mencari perbedaan fisik di antara iPhone 13 dan iPhone 14, kamu pasti tidak akan menemukannya. Hal ini karena iPhone 14 mempunyai body yang sama persis dengan iPhone 13. Bahan perisai keramik, posisi kamera belakang – iPhone 14 dan iPhone 13 mempunyai itu semua.

Jika ada perbedaan, maka perbedaan itu adalah notch dan warna body mereka. iPhone 14 mempunyai notch yang lebih kecil dibandingkan dengan iPhone 13. iPhone 14 akan dirilis dalam 5 warna –   Midnight, Blue, Starlight, Red, dan Purple. Sementara itu, iPhone 13 tersedia dalam warna Red, Starlight, Blue, Pink, Midnight, dan Green. Jadi, satu-satunya cara membedakan body iPhone 13 dan iPhone 14 adalah melihat warna HP yang kamu pegang.

Selain warna yang unik, iPhone 13 dan iPhone 14 mempunyai berbagai fitur yang akan melindungi HP kamu. Kedua HP ini dilengkapi dengan perisai keramik yang mencegah baretan di layarnya. iPhone 13 dan 14 juga dilengkapi dengan layar OLED yang memberikan warna yang tajam dan berkualitas tinggi seperti iPhone generasi sebelumnya.

Spesifikasi & Performa

Spesifikasi

iPhone 13

iPhone 14

Layar

6.1in Super Retina XDR OLED 

6.1in Super Retina XDR OLED 

Ukuran

146,7 x 71,5 x 7,65 mm

146,7 x 71,5 x 7,80 mm

Berat

173 gram

172 gram

Prosesor

Chip A15 Bionic

Chip A15 Bionic

RAM

4GB

6GB

Memori

128. 256, atau 512 GB

128. 256, atau 512 GB

Kamera

  • 12MP Kamera belakang dengan ultrawide

  • 12MP kamera depan dengan TrueDepth

  • Mempunyai Photogenic Engine yang memberikan hasil warna yang tajam

  • 12MP Kamera belakang dengan ultrawide dan sensor-shift OIS

  • 12MP kamera depan dengan TrueDepth dan sensor otomatis

Seperti yang bisa dilihat di table atas, iPhone 13 dan iPhone 14 mempunyai banyak persamaan. Tetapi, persamaan ini bukanlah hal yang buruk karena ada beberapa aspek dari iPhone 13 yang masih bisa berjalan dengan baik sampai sekarang, seperti Chip A15 Bionic. Chip A15 Bionic dikenal dengan performanya yang cepat dan mulus dibanding iPhone dengan chip A14, jadi kamu tidak usah takut karena HP kamu pasti akan berjalan dengan baik selama 5 tahun ke depan.

Dan jangan salah, meskipun iPhone 13 dan iPhone 14 mempunyai chipset yang sama, ada perbedaan dari chipset mereka yaitu GPU core-nya. iPhone 13 menggunakan GPU 4-core, sedangkan iPhone 14 menggunakan GPU 5-core. GPU yang lebih besar ini akan membantu baterai iPhone 14 untuk bertahan lebih lama.

Baca juga: Fakta Menarik dari iPhone 14

Kamera & Baterai

Seperti yang dikatakan sebelumnya, baterai iPhone 14 bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan iPhone 13. Berikut rinciannya:

Kamera iPhone 14 juga mempunyai beberapa hal yang berbeda meskipun terlihat “sama” dengan kamera iPhone 13. iPhone 14 dilengkapi dengan sensor yang lebih besar dibandingkan iPhone 13, lengkap dengan tingkap (aperture) sebesar f/1.5 yang jelas lebih cepat daripada aperture milik iPhone 13. Kamera iPhone 14 juga mempunyai stabilizer otomatis, sehingga hasil jepretan HP terbaru Apple ini lebih fokus dan tajam ke subjek kamera.

iPhone 14 juga mempunyai mode Photogenic Engine, fitur yang tidak ada di iPhone lain. Photogenic Engine sudah dirancang sedemikian rupa sehingga kamu bisa mendapatkan gambar yang cerah bahkan di daerah yang mempunyai sedikit cahaya. Jadi, kamu akan mendapatkan hasil jepretan yang baik tanpa harus mengubah pengaturannya secara manual.

Harga

Harga iPhone 13 bervariasi tergantung dari model yang kamu beli, tetapi kamu bisa membelinya di official store mulai dari Rp. 13.749.000 - Rp. 19.499.000. Tentu saja, harganya akan meningkat apabila modelnya lebih canggih dan memorinya lebih besar. Untuk iPhone 14, prediksi harganya adalah Rp. 14,900,000 sampai Rp. 30,900,000.

Jika harga yang disebutkan terlalu mahal, kamu bisa mencari tempat lain yang menjualnya dengan harga yang lebih murah. Sayangnya, tidak jarang toko-toko tersebut menjual iPhone yang tidak bisa digunakan di Indonesia karena HPnya tidak terdaftar. Dan kadang, toko-toko tersebut tidak akan menyebutkan hal ini agar HPnya tetap dibeli oleh pelanggan.

Apabila kamu mencari alternatif yang terjamin lebih murah dan HPnya bisa digunakan, kamu bisa membeli iPhone 13 di Jagofon. Harga iPhone 13 di Jagofon adalah Rp. 10,320,000 sampai Rp. 16,320,000. Jika kamu beli di Jagofon, kamu tidak usah khawatir apabila HPnya tidak bisa digunakan karena tim Jagofon sudah memastikan bahwa HPnya bisa digunakan dengan baik,

Baca juga: Perbandingan iPhone Mini 12 dan iPhone 13 Mini yang Wajib Kamu Ketahui

Kesimpulan

Ada beberapa perbedaan di antara iPhone 14 dan iPhone 13. Pertama, iPhone 14 memiliki baterai yang lebih tahan lama dibandingkan iPhone 13. Namun kamu tidak usah khawatir, karena iPhone 13 bisa bertahan seharian.

Kamera milik iPhone 14 pun juga cukup canggih, mengingat bagaimana mereka menambah fitur Photogenic Engine dan juga stabilizer otomatis. Namun, jika kamu bukan fotografer profesional, kamu akan jarang menggunakan mode ini.

Seperti yang kamu lihat, tidak ada perbedaan yang cukup signifikan di antara iPhone 14 dan iPhone 13. Meskipun ada , perbedaan tersebut tidak akan memberi dampak yang besar di kegiatan kamu kecuali kamu menggunakan fitur baru iPhone 14 untuk pekerjaan kamu. Tapi jika kamu menggunakan HP kamu untuk kegiatan sehari-hari saja, maka kamu bisa menggunakan iPhone 13.

iPhone 13 Murah Berkualitas

Jika kamu masih ragu di antara iPhone 13 dan iPhone 14 nanti, kamu bisa membeli iPhone 13 second. HP second bisa membantu kamu untuk menggunakan fitur-fitur yang dibutuhkan tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak.

Kalau kamu ingin membeli iPhone 13 dengan harga terjangkau dan kualitas yang bagus, kamu bisa membelinya di Jagofon. Jagofon selalu melakukan check-up kualitas HP mereka, mulai dari IMEI Kemenperin sampai speaker HP yang dijual.

Pengecekan ini dilakukan agar mereka bisa menyediakan HP second berkualitas yang bisa digunakan dengan baik oleh pembelinya. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo beli iPhone 13 kesayangan kamu sekarang juga di Jagofon!