Product

Cocok Untuk Gaming? Cek Spesifikasi dan Harga POCO M3!

POCO sukses menggebrak pasar ponsel di Indonesia karena membanderol harga ponsel yang tidak masuk akal namun menghadirkan performa apik pada produknya. Pada tahun 2021, POCO sukses merilis POCO M3 di Indonesia. Ponsel yang memiliki tag-line "The New Entry-Level Killer" ini dibanderol mulai dari Rp. 1,7 jutaan pada saat rilis.

Untuk para Mi Fans pasti sudah tahu jika POCO mengeluarkan produk baru, performanya ga bakal main-main. Oleh karena itu, apakah ada sektor yang disunat performanya demi menonjolkan salah satu sektor lain?

Nah, penasaran kan Jagoans? Apakah POCO M3 cocok untuk gaming? dan apakah harga POCO M3 sudah turun di tahun 2024 ini? Nah untuk jelasnya, yuk kita simak ulasan di bawah ini.

Desain Kokoh dan Compact

Image Source: po.co.id

POCO M3 hadir dengan desain unik. Pada bagian tutup belakang di bagian modul kamera memiliki desain yang melebar sampai menutupi bagian di sisi lain dan diberi tulisan POCO sehingga terlihat aesthetic dan simetris. Ponsel ini tersedia dalam 3 varian warna, yakni Carbon Gray, Twilight Blue, dan Ocean Green.

Ponsel yang dilapisi frame dan tutupan belakang berbahan plastik ini terlihat kokoh dan compact. Hal ini terbukti dari dari dimensi bodinya yang berada pada ukuran 162.3 x 77.3 x 9.6 mm dengan berat 198 gram. Ukuran yang cukup nyaman jika kamu genggam menggunakan satu tangan. Daya cengkramnya juga cukup kuat karena dibantu corak kulit sintetis yang ada pada tutupan belakangnya.

Selain desainnya yang outstanding, layar POCO M3 memiliki fitur yang mumpuni. Dimodali dengan layar Dot Drop berpanel IPS LCD seluas 6,53 inchi dan memiliki refresh rate di 60Hz dan rasio bodi ke layar ~90,34%! Sementara itu layarnya mempunyai resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) dengan rasio 19,5:9 dan memiliki kerapatan pixel di 395 ppi.

Untuk HP sekelas harga entry-level, POCO M3 bisa jadi paling unggul fitur layarnya daripada yang lain. Dengan fitur seperti yang disebutkan di atas, dan dengan ukuran layar yang lega, kamu akan nyaman melihat ponsel ini untuk kebutuhan apapun, termasuk bermain game!

Untuk mendukung kegiatan kamu di luar ruangan, ponsel ini memiliki tingkat kecerahan maximum di 395 nits dengan rasio kontras yang melebihi 1500:1. Jika kamu masih merasa kurang jelas melihat layarnya, kamu bisa menggunakan mode Sunlight yang bisa meningkatkan tingkat kecerahannya sampai dengan 440 nits!

Baca juga: Spesifikasi Poco M3 Pro: Termurah 2023!

Performa Poco M3

Image Source: po.co.id

Spesifikasi POCO M3

  • Layar: IPS LCD 6,53 inchi
  • SoC: Qualcomm Snapdragon 662
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • ROM: 64 GB, 128 GB
  • Kamera: 48 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera depan: 8MP (wide)
  • Baterai: Li-Po 6000 mAh

Untuk mendukung performa siap tempur, POCO M3 dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 662. Chipset yang mumpuni di kelasnya ini memiliki prosesor Octa-core yang terdiri dari 4 inti 2,0 GHz Kryo 260 Gold dan 4 inti 1,8 GHz Kryo 260 Silver dan didukung GPU Adreno 610 untuk memuluskan proses grafisnya.

Untuk menilai performanya, GSMArena melakukan sebuah tes performa menggunakan AnTuTu 8 dan menghasilkan skor 177.904. Skor ini tergolong tinggi jika dibandingkan ponsel sekelas lain. Bahkan POCO M3 bisa mengalahkan Samsung Galaxy A21s yang hanya meraih skor 107.157.

Setelah dibuktikan, ponsel ini mampu menjalankan game sekelas PUBG Mobile dengan lancar walau kamu harus mengubah settingan grafisnya ke level medium. Kamu juga bisa melibas game lain seperti MLBB dengan lancar.

Selain digunakan untuk bermain game, ponsel ini juga nyaman digunakan untuk pekerjaan sehari-hari karena didukung oleh RAM yang lumayan besar di 4 GB atau 6 GB dan memiliki 2 pilihan memori internal di 64 GB atau 128 GB. Jika kamu membutuhkan kapasitas storage lebih, terdapat slot MicroSD untuk menambah ruang penyimpanan data.

Triple Camera Memuaskan

Image Source: po.co.id

POCO M3 menghadirkan triple camera pada kamera belakangnya. Hal ini terdengar sebuah downgrade karena POCO M2 menghadirkan quad camera. Namun, walaupun kameranya hanya tiga, kualitas kamera POCO M3 tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kamera belakang POCO M3 terdiri dari kamera utama yang memiliki resolusi 48 MP Quad Bayer (f/1.8) dengan lebar 1/2.0" yang bisa menghasilkan pixel sebesar 0.8┬Ám dan memiliki fitur PDAF. Selain kamera utamanya, ponsel ini memiliki lensa macro dan depth yang masing-masing memiliki resolusi 2 MP (f/2.4).

Sementara itu, kamera selfie POCO M3 memiliki resolusi 8 MP (f/2.1) dan memiliki fitur panorama. Kedua sisi kamera ponsel ini mampu merekam video sampai dengan kualitas 1080p di 30fps.

Kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera POCO M3 tergolong sangat bagus di kelasnya. Hasil jepretan ponsel ini memiliki detail yang memukau, ketajaman warna yang memanjakan mata, dan memiliki contrast yang cukup tinggi.

Sementara itu, dynamic range nya tergolong biasa saja, tidak jelek dan tidak juga buruk. Kemudian untuk tone warna keseluruhan, hasilnya sedikit lebih hangat (warm) namun masih dalam batas wajar.

Berikut beberapa hasil jepretan kamera POCO M3.

Hasil Jepretan Kamera Utama | Image Source: GMSArena
Hasil Jepretan Kamera Selfie Portrait | Image Source: GMSArena

Baterai Bertenaga

Image Source: po.co.id

POCO M3 ditenagai baterai monster berkapasitas 6000 mAh. Sungguh suatu terobosan yang diluar nalar untuk ponsel kelas entry-level. Pasalnya pesaing ponsel ini rata-rata membekali ponselnya dengan daya 4000 - 5000 mAh.

Tak heran setelah dilakukan uji coba ketahanan baterai oleh GSMArena, POCO M3 mendapat endurance rating 154 jam! Ini membukukan POCO M3 sebagai peringkat ke 10 endurance rating terbaik dari semua ponsel sampai saat artikel ini dibuat.

Adapun ketahanan baterainya mampu bertahan selama 46 jam 6 menit untuk menelfon, 21 jam 57 menit untuk browsing, dan 17 jam 3 menit untuk memutar video playback. Sudah jelas jika kamu menggunakannya seharian dalam pemakaian wajar, ponsel ini akan bertahan tanpa harus dicharge ulang.

Untuk mendukung pengisian daya baterainya yang jumbo, ponsel ini didukung teknologi pengisian cepat 18W. Dalam waktu 30 menit, ponsel ini akan terisi daya baterai sebesar 25%, 46% dalam satu jam, kemudian untuk mengisi baterai dari 0 sampai penuh, kamu harus menunggu selama 2 jam 59 menit.

Baca juga: Xiaomi Poco X3 Pro: Review dan Harga Termurah 2023

Cek POCO M3 di Jagofon!

Tag-line The New Entry-Level Killer bukan hanya gimmick semata. Terbukti dari spesifikasinya yang top di kelasnya. Namun sebelum kamu memutuskan beli POCO M3 di Jagofon, yuk kita bahas beberapa poin plus dan minus dari ponsel ini.

Alasan Beli POCO M3

  • Chipset juara di kelasnya
  • Kualitas hasil kamera memuaskan
  • Layar lega layak untuk multimedia dan gaming
  • Kapasitas baterai super besar di 6000 mAh

Alasan Tidak Beli POCO M3

  • Layar hanya support refresh rate 60Hz
  • Absennya kamera ultrawide

Untuk Jagoans yang sudah yakin banget mau switch ponselnya ke POCO M3, yuk langsung checkout aja di Jagofon!

Jagofon merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Jadi pembeli yang pintar! Kamu bisa dapatkan HP bekas yang kualitasnya setara dengan HP baru, namun harganya lebih terjangkau!