Cara Mengaktifkan NFC, Mudah dan Nggak Ribet!

NFC Adalah: Apa Itu, Cara Menggunakan, dan Fungsinya
Source : detik.com

Jagoans, pernah mendengar fitur NFC pada smartphone? Dalam keseharian kita, teknologi NFC ini sering dipakai saat melakukan top up atau isi ulang e-money atau uang elektronik menggunakan ponsel.

Baca juga : Penasaran dengan HP Fitur NFC Paling Murah Tahun 2024?

Fitur ini tentunya sangat memudahkan pengguna dalam kehidupan sehari-hari, terutama saat transaksi online karena pengguna jadi tidak perlu repot-repot lagi ke mesin ATM atau pun melakukan pembayaran melalui merchant.

Nah, kali ini Jagofon akan membahas tuntas tentang fitur NFC tersebut dan langkah mudah untuk mengaktifkannya melalui smartphone android maupun iPhone kamu. Penasaran? simak artikel berikut sampai habis ya Jagoans!

Apa itu NFC?

How to Use NFC Features for Smartphones | Blog
Source : GOTAP

NFC atau kepanjangan dari Near Field Communication adalah fitur yang memudahkan pengguna smartphone untuk mentransfer data dalam jarak dekat dan dapat terhubung tanpa menggunakan internet dengan metode tap and go.

Teknologi ini menggunakan penangkap sinyal dan transmitter untuk melakukan pertukaran data antara dua perangkat. Di sisi lain, karena tidak menggunakan internet, fitur NFC ini bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Berbeda dengan jarak Wifi, untuk mengakses fitur NFC, pengguna perlu mendekatnya perangkatnya kurang lebih berjarak 4 cm. Standar dari teknologi NFC ini menggunakan RFID (Radio Frequency Indetification) serta menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirim informasi. 

Kegunaan NFC

Fungsi NFC di Handphone yang Jarang Orang Ketahui
Source : Seluler.id

Fungsi utama dari fitur ini di Indonesia umumnya digunakan untuk melakukan top up uang elektronik (e-money) secara cashless. Kartu uang elektronik tersebut biasanya juga digunakan untuk membayar TransJakarta, Commuterline, MRT atau pun membayar biaya jalan tol.

Di samping itu, fitur NFC ini dapat digunakan untuk berbagi foto dan video. Di era sekarang, kamera DSLR maupun kamera profesional seperti mirrorless juga sudah dilengkapi dengan NFC, sehingga pengguna dapat dengan mudah memindahkan foto dan video ke smartphone android maupun iPhone.

Selain berbagi foto dan video, NFC juga dapat digunakan untuk berbagi Wifi ke perangkat lain. Hal ini akan memudahkan pengguna karena dapat memberi akses internet tanpa harus membagikan password Wifi.

Fitur NFC juga dapat berfungsi untuk berbagi kontak atau nomor telepon dari HP satu ke HP lainnya. Jadi kamu tidak perlu repot-repot mengetikkan nomor telepon secara manual. Di sisi lain, NFC juga dapat dimanfaatkan untuk men-scan smart poster.

Smart poster sendiri adalah poster yang di dalamnya memiliki chip NFC. Poster tersebut nantiknya akan menampilkan konten promosi yang lebih dinamis. Saat Jagoans menempelkan hp di chip NFC pada poster, biasanya kamu akan dapat melihat halaman web atau konten promo khusus dari sebuah brand. Smart poster ini juga digunakan untuk berdonasi, promosi diskon, atau pembelian tiket konser.

Cara Mengaktifkan NFC di Android

The AP Guide to NFC: What it is and how to use it
Source : Android Police

Fitur NFC sendiri sebenarnya dapat aktif secara otomatis saat ingin digunakan dengan perangkat NFC lainnya. Namun, di beberapa ponsel, khususnya android, ada beberapa pengaturan yang harus di setel terlebih dahulu agar fitur NFC tersebut dapat aktif dan dapat digunakan.

Nah, untuk Jagoans yang fitur NFC-nya belum bisa digunakan, jangan cemas dulu! kamu bisa menggunakan cara-cara beirkut :

Melalui Setting atau Pengaturan :

cara mengaktifkan NFC
Source : carisinyal.com

Berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengaktifkan fitur NFC pada android melalui setting :

  • Pada layar utama ponsel, cari dan buka menu pengaturan atau settings.
  • Cari opsi connection & sharing atau preferensi koneksi
  • Scroll atau gulir ke bawah sampai kamu menemukan menu NFC.
  • Kemudian aktifkan fitur NFC dengan menggeser toogle ke samping sampai atau berubah warna menjadi hijau.

Jika kamu tidak dapat menemukan fitur NFC pada opsi tersebut, di beberapa android menu NFC terdapat pada opsi Advance Setting, Networks, atau More Settings. Selain itu, kamu juga dapat mencari dengan search setting dengan mengetikkan NFC.

Melalui Tiles atau Quick Setting :

cara mengaktifkan NFC
Source : carisinyal.com

Berikut cara atau langkah-langkah yang dapat kamu lakukan melalui Quick Setting pada layar utama ponsel :

  • Swipe atau usap layar android kamu ke atas atau ke bawah sampai muncul menu quick settings.
  • Menu yang akan muncul biasanya ada fitur bluetooh, airplane mode, flashlight, hotspot, dan NFC.
  • Kemudian, aktifkan fitur NFC dengan cara mengklik fitur NFC.
  • NFC sudah bisa digunakan.

Cara Mengaktifkan NFC di iPhone

How to turn off NFC on your device? | Blackview Blog
Source : Black View

Hampir semua iPhone dilengkapi dengan fitur NFC. Fitur NFC ini tersedia mulai dari iPhone dengan seri iPhone 7 sampai dengan model iPhone terbaru yaitu iPhone 15. Untuk user iPhone 6 mungkin fitur NFC akan memerlukan aplikasi tambahan untuk mengakses fitur NFC.

Untuk NFC iPhone sendiri biasanya akan aktif secara otomatis saat ingin digunakan. Pengguna tinggal membuka aplikasi NFC yang ingin digunakan dan melakukan scan atau tap pada perangkat NFC lainnya.

Namun, jika fitur NFC tersebut belum aktif, kamu dapat mengaktifkannya melalui control center atau pun settings. Berikut caranya :

  • Buka pengaturan atau settings.
  • Selanjutnya scroll layar ke bawah sampai kamu menemukan “NFC Tag Reader”
  • Geser toggle hingga berubah warna menjadi hijau.

Cara lainnya dapat melalui control center pada layar utama :

  • Swipe layar iPhone pada menu utama.
  • Control center akan muncul dan menampilkan berbagai logo menu dan aplikasi.
  • Pilih menu NFC Tag Reader yang memiliki logo seperti sinyal ke samping.
  • NFC kamu telah aktif.

Untuk pengguna dengan iOS 17 dan versi ke atas, menu NFC tidak akan muncul tetapi otomatis akan aktif saat pengguna menggunakan aplikasi NFC atau terhubung dengan perangkat NFC lainnya.

Cek HP NFC Berkualitas di Jagofon!

Gimana Jagoans? apakah kamu tertarik untuk menggunakan ponsel dengan fitur NFC ini? Nah, dari pada bingung mau beli HP NFC berkualitas dimana, mending langsung di Jagofon aja! Dijamin, semua produk yang ditawarkan Jagofon 100% original, tidak ada part yang diganti atau refurbished.

Jagofon sendiri merupakan marketplace spesialis gadget dan HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja gadget dan HP bekas. Jangan khawatir, setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Kapan lagi kamu beli HP atau pun gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Cukup checkout HP dan gadget impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa! Beli HP dan gadget bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP atau gadget impianmu sampai depan rumah.

Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon! Tunggu apalagi Jagoans? yuk segera dapatkan beragam gadget impian kamu hanya di Jagofon!