JagoHacks

iPhone Tidak Ada Layanan? Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya Disini!

Mendapati iPhone kamu tidak ada layanan alias no service secara tiba-tiba memang merepotkan. Hal tersebut menjadi indikasi bahwa iPhone kamu tidak mampu menangkap sinyal di sekitar sehingga tidak bisa terhubung untuk melakukan komunikasi jarak jauh.

Ada macam-macam faktor yang menyebabkan iPhone tidak ada layanan. Oleh karena itu buat Jagoans yang penasaran, yuk simak penyebab dan cara mengatasi iPhone tidak ada layanan berikut.

Baca juga: 5 Kesalahan 'Biasa' yang Bisa Merusak iPhone Milikmu, Jangan Lakukan Lagi!

Penyebab iPhone Tidak Ada Layanan

iPhone Tidak Ada Layanan? Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya Disini! - Jagofon
Image Source: Guiding Tech

Beberapa poin di bawah adalah beberapa penyebab iPhone tidak ada layanan. Buat Jagoans yang pernah mengalaminya, mungkin sudah tidak asing lagi dengan masalah ini.

Bug pada Sistem Perangkat

Saat iPhone tidak ada layanan, salah satu penyebabnya adalah dikarenakan adanya bug pada perangkat kamu. Bug ini biasanya mengganggu penerimaan sinyal sebuah jaringan sehingga membuat iPhone kamu kesulitan untuk menerima koneksi dari operator.

Pihak Apple sendiri mengakui pada beberapa kasus terdapat bug yang mengakibatkan hilangnya sinyal atau tiadanya layanan, kemudian mereka menyarankan untuk memperbarui versi sistem perangkatnya ke iOS yang lebih terkini.

iPhone Berada Di Luar Jangkauan Operator

Sementara itu, secara umum hal yang menyebabkan tidak adanya layanan yang dialami pada beberapa iPhone dikarenakan berada di luar jangkauan operator. Jika kamu sedang berada pada daerah remote memang sangat sulit untuk mendapatkan jaringan.

Hal yang menyebabkan ini terjadi tak lain minimnya jangkauan sinyal atau tower provider jaringan kamu pada suatu daerah tertentu. Hasilnya saat memasuki daerah yang terpencil, kamu akan kesulitan untuk terhubung ke jaringan atau internet.

Masalah Hardware

Alasan lain kenapa iPhone tidak ada layanan adalah adanya kerusakan pada hardware nya. Hal yang jarang terjadi ini memungkinkan akan kamu alami, apalagi ketika iPhone kamu terbentur dengan keras yang memungkinkan komponen dalamnya mengalami kerusakan.

Hardware yang mempengaruhi hilangnya layanan pada iPhone adalah IC Baseband alias IC Sinyal. Jika hardware iPhone kamu sudah bermasalah atau rusak, tidak mungkin untuk menerima sinyal walau kamu menggonta-ganti SIM dari berbagai macam provider.

IMEI Tidak Terdaftar

Untuk mengendalikan merebaknya penyebaran iPhone ilegal, pemerintah mulai memblokir IMEI iPhone yang tidak terdaftar pada Kemenperin atau Dirjen Bea Cukai. Dampaknya kamu yang memiliki iPhone yang tak terdaftar, alias membeli iPhone keluaran bukan dari Indonesia tidak akan bisa menerima layanan operator selama masih tidak terdaftar IMEI nya.

Hal ini tentu menjadi kerugian buat kamu yang sering membeli iPhone bekas di luar Indonesia karena sinyalnya akan terblokir dan tidak bisa dipakai untuk komunikasi jarak jauh.

Oleh karena itu, kamu harus hati-hati Jagoans saat beli iPhone bekas di luaran sana, karena banyak iPhone hasil dari black market yang menjanjikan sinyal aman, namun nyatanya tidak.

Berbeda dengan iPhone bekas di Jagofon yang pasti cek IMEI nya dulu sebelum dijual. Selain itu Jagofon juga mengecek semua titik fungsi untuk menguji kelayakan iPhone bekas yang akan dipasarkan agar memiliki kualitas yang apik.

Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan

iPhone Tidak Ada Layanan? Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya Disini! - Jagofon
Image Source: Blibli Friends

Tak ada masalah yang tak ada solusinya. iPhone hilang sinyal mamang tidak mengasyikkan, apalagi pada saat kamu membutuhkannya untuk keperluan yang mendesak.

Oleh karena itu saat iPhone tidak ada layanan, yang harus kamu lakukan pertama adalah relax dan lakukan beberapa langkah berikut.

Lepas SIM dan Pasang Kembali

Hal yang menyebabkan kenapa iPhone tidak ada layanan mungkin dikarenakan keadaan fisik SIM yang kotor atau ada noda yang mengganggu. Untuk mengembalikan sinyal iPhone yang hilang, kamu bisa melepas SIM, bersihkan dari noda, kemudian pasang kembali.

Namun perlu diperhatikan, SIM card merupakan perangkat elektronik juga ya Jagoans, jadi kamu harus memakai lap yang lembut saat membersihkan SIM card nya. Alih-alih mendapatkan sinyalnya kembali, kamu malah harus mengganti SIM card kamu ke gerai terdekat gara-gara membuat SIM card nya lecet.

Periksa Pengaturan Operator

Untuk mengatasi kenapa iPhone tidak ada layanan selanjutnya adalah periksa pengaturan operator kemudian update pengaturannya. Hal ini akan membuat iPhone melupakan sinyal yang terdaftar sebelumnya dan mencoba mencari lagi sinyal dari awal.

Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan cara dengan pergi ke Pengaturan > Umum > Tentang ponsel. Temukan pilihan pembaruan pengaturan operator, pilih dan iPhone akan memperbarui daftar jaringan yang ada sebelumnya.

Periksa Jangkauan Area

Jika kamu sedang berada di daerah yang lumayan terpencil, biasanya iPhone akan kesulitan menangkap layanan. Hal ini dikarenakan minimnya jangkauan sinyal yang disediakan provider.

Sebelum kamu mencoba untuk memperbaikinya, kamu bisa bandingkan iPhone kamu dengan teman kamu apakah hanya kamu yang tidak memiliki sinyal, atau semua orang kehilangan sinyal iPhone nya.

Jika semuanya kehilangan sinyal, kamu bisa berpindah tempat ke daerah yang lebih lapang, atau lebih tinggi.

Cek Update iOS

Jika iPhone kamu versi iOS nya terlampau jadul, hal ini bisa menjadi alasan kenapa iPhone tidak ada layanan. Buat Jagoans yang masih memiliki iPhone sepuh dengan versi iOS yang sudah usang, maka wajib melakukan pembaruan software agar bisa menerima sinyal minimal 4G LTE.

Jika kamu memiliki iPhone dengan versi iOS mentok dan sudah tidak menerima pembaruan perangkat lunak, kamu wajib sih mengganti dengan iPhone baru di Jagofon.

jangan khawatir dengan kualitas, walaupun menjual iPhone bekas, Jagofon selalu memerhatikan fungsi dan kelayakan produknya. Jadi dijamin ga akan nyesel belanja iPhone di Jagofon.

Baca juga: 10 HP Murah iPhone dan Harganya di Mei 2024: Ada iPhone XR hingga iPhone 11

iPhone Sinyal On? Cek Disini!

Tidak adanya layanan pada iPhone memang menjadi sebuah masalah yang krusial. Apalagi ketika kamu membeli iPhone BM alias black market yang tidak terdaftar IMEI nya di pemerintah. Selain merugikan negara, kamu juga tidak akan bisa menggunakan iPhone kamu dengan wajar.

Apalagi jika kamu membeli iPhone bekas dengan iming-iming original, namun ada part-nya sudah diganti alias rekondisi. Selain tidak mendapatkan sinyal, kamu akan merugi karena jika kamu jual kembali karena harganya akan sangat jatuh.

Oleh karena itu, di sinilah alasan Jagofon hadir. Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 Bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Beli HP bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon!