Product

Masalah Touch Bar? 5 Cara Ini Terbukti Ampuh Untuk Mengatasinya

Touchbar MacBook Pro

Touch Bar adalah inovasi menarik yang diperkenalkan oleh Apple pada sebagian model MacBook Pro. Hingga saat ini, seri MacBook Air belum dilengkapi dengan teknologi yang satu ini. Touch Bar merupakan strip layar sentuh yang terletak di bagian atas keyboard fisik pada laptop. Namun, seperti semua teknologi, kadang-kadang dapat menghadapi masalah yang memerlukan perbaikan.

Beberapa masalah umum yang dapat Jagoans alami dengan Touch Bar, salah satunya adalah Touch Bar tidak merespons. Lalu, Jagoans mungkin pernah melihat glitch atau artefak pada layar Touch Bar yang dapat mempengaruhi tampilan dan fungsinya. Hal ini sangat mengganggu dan menyusahkan ketika kita sedang perlu menggunakan Touch Bar.

Touchbar MacBook Pro
Source: Tom's Guide

Kemudian, aplikasi mungkin tidak sepenuhnya dioptimalkan untuk Touch Bar, yang dapat mengakibatkan masalah dalam antarmuka MacBook Pro. Bisa jadi juga disebabkan karena masalah perangkat keras. Masalah fisik seperti kabel yang lepas atau kerusakan perangkat keras pada Touch Bar itu sendiri. Kalau terjadi kerusakan perangkat keras, Jagoans perlu pergi ke tempat servis untuk memeriksa kerusakannya.

Jika Jagoans menggunakan MacBook dengan teknologi Touch Bar dan mengalami masalah, berikut adalah lima cara ampuh untuk mengatasi masalah tersebut yang sudah Jagofon rangkum. Yuk, kita lihat pembahasannya!

1. Restart MacBook

Salah satu masalah yang sering muncul adalah MacBook Touch Bar yang tidak merespons atau hang. Untuk mengatasi ini, Jagoans dapat mencoba me-restart MacBook Pro. Cukup klik pada menu Apple di sudut kiri atas layar, dan pilih "Restart." Setelah restart, biarkan MacBook-mu menyala kembali.

Sebelum melakukan restart, pastikan kamu sudah menyimpan pekerjaan atau file yang sedang kamu kerjakan, ya. Jika masalah berlanjut, kamu bisa mencoba me-restart MacBook Pro dalam Safe Mode dengan menekan tombol daya hingga laptop mati. Setelah mati, nyalakan kembali dan coba periksa apakah masalah Touch Bar apakah sudah teratasi. Cara ini dapat membantu memulihkan fungsi Touch Bar laptopmu.

2. Update Versi macOS

Touch Bar mungkin menjadi tidak responsif atau tidak merespons sentuhanmu, dikarenakan oleh gangguan sementara dalam perangkat lunak atau memerlukan pembaruan. Masalah Touch Bar yang satu ini dapat diselesaikan hanya dengan memperbarui sistem operasi macOS.

Setelah melakukan pembaruan, macOS seringkali meakukan pembaruan sistem yang dapat memperbaiki masalah yang ada. Pastikan MacBook Pro sudah menjalankan versi macOS yang terbaru dengan semua pembaruan terinstal. Jagoans dapat memperbarui macOS dengan cara ke “System Preferences” > “Software Update”, kemudian cek apakah perangkatmu sudah memiliki sistem operasi terbaru.

Source: Tech Radar

Baca juga: Ketahui Jenis MacBook yang Pas Buat Kamu!

3. Reset NVRAM/PRAM, dan SMC

NVRAM/PRAM (Non-Volatile RAM/Parameter RAM) dan SMC (System Management Controller) adalah dua komponen penting dalam perangkat Mac, termasuk pada MacBook Pro. Non-volatile RAM (NVRAM) atau Parameter RAM (PRAM) adalah area penyimpanan data kecil yang berisi pengaturan perangkat keras.

Sedangkan System Management Controller (SMC) berhubungan dengan perangkat keyboard, LED, baterai, CPU, dan yang lainnya. Reset NVRAM/PRAM dan SMC dapat membantu mengatasi masalah perangkat keras dan perangkat lunak, termasuk MacBook Touch Bar. Dengan mereset kedua sistem tersebut, dapat membantu memperbaiki masalah perangkat keras dan lunak pada MacBook Pro.

MacBook Pro
Source: Mac World

Untuk mereset NVRAM/PRAM, kamu bisa restart laptopmu dan segera tekan dan tahan tombol Option, Command, P, dan R selama sekitar 20 detik hingga kamu melihat logo Apple muncul kembali. Dengan melakukan reset NVRAM/PRAM, kamu akan menghapus beberapa pengaturan sistem seperti volume speaker, kecerahan layar, pengaturan keyboard, dan lain-lain.

Sementara untuk mereset SMC, berbeda tergantung pada versi MacBook-mu. Tetapi secara umum, pastikan  dalam keadaan mati, kemudian tekan dan tahan tombol daya selama 10 detik, lalu lepaskan, dan nyalakan laptopmu kembali. Namun ada catatan, MacBook yang dilengkapi dengan chip M1 tidak perlu melakukan reset SMC dikarenakan sebagian besar fungsi diintegrasikan ke dalam chip M1.

4. Force Quit Aplikasi yang Sedang Aktif

Menutup aplikasi yang mengalami masalah dengan paksa, mungkin juga dapat memberikan dampak pada Touch Bar. Tindakan ini akan menutup aplikasi tanpa proses penutupan yang normal. Biasanya membantu jika aplikasi mengalami kemacetan atau aplikasi tersebut tidak merespon dengan normal, sehingga dapat mempengaruhi fungsi Touch Bar juga.

Source: Asia One

Langkah untuk melakukan Force Quit yaitu dengan menekan tombol Command, Option, dan Esc secara bersamaan. Atau bisa juga dengan klik logo Apple di kiri atas layar kemudian pilih "Force Quit." Tindakan ini akan membuka jendela "Force Quit Applications." Pada jendela tersebut, akan terlihat daftar aplikasi yang sedang berjalan.

Pilih aplikasi yang membuat Touch Bar membuat terhambat, dan ingin kamu matikan dengan paksa. Setelah memilih aplikasi, klik tombol "Force Quit" di sudut kanan bawah jendela. Kalau benar itu penyebabnya, Touch Bar akan kembali berfungsi dan kamu dapat membuka kembali aplikasi tersebut.

5. Hapus File Cache

Touch Bar Masalah lain yang dapat terjadi adalah Touch Bar menampilkan tombol yang tidak sesuai dengan aplikasi yang sedang kamu gunakan. Selain itu, kerusakan yang terjadi juga dapat menyebabkan MacBook Touch Bar tidak berfungsi. Untuk mengatasi ini, pastikan perangkat sudah menjalankan sistem operasi terbaru dan aplikasi juga diperbarui.

Source: Detroit Borg

Jika masalah persisten, Jagoans bisa mencoba membersihkan data cache Touch Bar dengan cara pergi ke menu “Go” > “Go to Folder” > ketik “~Library/Preferences/,” lalu hapus file dengan nama "apple.touchbar.agent.plist.” Kemudian, kembali ke menu “Go” > “Go to Folder” > ketik “~Library/Caches/,” dan hapus semua isi di dalam folder tersebut. Setelah melakukan dua langkah ini, restart MacBook-mu.

Baca juga: Inilah Rekomendasi MacBook yang Cocok untuk Gamingg Tahun 2023!

Kesimpulan

Jika semua upaya di atas tidak memperbaiki masalah MacBook Touch Bar, sebaiknya hubungi dukungan teknis Apple atau kunjungi toko Apple Authorized Service Provider untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Mereka dapat melakukan diagnosis yang lebih mendalam dan mungkin jika diperlukan mereka akan memperbaiki perangkat keras.

Touch Bar adalah fitur yang canggih, dan terkadang masalah teknis dapat terjadi. Namun, dengan langkah-langkah di atas, Jagoans dapat mencoba mengatasi sendiri beberapa masalah yang mungkin muncul dari MacBook Touch Bar. Jika kamu sedang mencari perangkat MacBook untuk mendukung produktivitasmu, kamu dapat menemukannya di Jagofon, loh!

Tidak hanya lebih murah, tapi Jagofon menjamin kualitas yang sebanding dengan perangkat yang baru. Sepertinya, kamu perlu mempertimbangkan kembali apakah lebih baik membeli MacBook Pro yang dilengkapi dengan Touch Bar atau cukup membeli MacBook Air? Kalau kamu masih ragu, silahkan bertanya kepada kami disini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar MacBook.

Penting untuk diingat, selalu menjaga perangkatmu dan menjalankan pembaruan perangkat lunak secara teratur untuk mencegah masalah yang mungkin muncul. Bye masalah Touch Bar dan selamat beraktivitas kembali bersama MacBook Pro-mu!