Cara Pakai Dynamic Island Seperti di iPhone, Android Bisa Kok!

Cara Bikin Dynamic Island ala iPhone 14 Pro di HP Android Halaman all -  Kompas.com
Source : Tekno Kompas

Jagoans, pernah nggak sih mendengar tentang fitur dynamic island? sempat viral beberapa bulan lalu, pelopor dari fitur dynamic island ini adalah iPhone 14 Pro dan Max, namun booming saat iPhone 15 dirilis.

Smartphone besutan Apple yang diluncurkan pada September 2023 ini membuat para produsen smartphone android juga berlomba-lomba untuk turut menghadirkan fitur yang mirip dengan dynamic island.

Baca juga : Inilah HP Android dengan Kamera Terbaik Menurut Jagofon!

Fitur dynamic island pada iPhone ini sebenarnya menggantikan notch atau "desain poni" yang ada pada iPhone sebelumnya. Dengan adanya fitur dynamic island, layar iPhone menjadi lebih full dan juga luas. Selain itu juga menambah desain estetika dari layar iPhone itu sendiri.

Nah, untuk kamu pengguna android, jangan khawatir Jagoans! kamu tetap bisa menikmati fitur ini di android kamu. Penasaran dengan fitur dynamic island android? stay tuned di artikel ini ya Jagoans!

Apa Itu Dynamic Island?

Source : Eraspace

Untuk Jagoans yang belum tahu, dynamic island android sendiri adalah fitur toggle atau yang berada pada tepi atas layar. Fitur ini dapat menampilkan notifikasi, reminder, dan juga live activities dari pengguna, dynamic island ini bisa dibilang mirip dengan status bar.

Dynamic island ini juga dapat menyamarkan kamera depan TrueDepth yang didesain dengan desain punch hole pada iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max, dan iPhone 15. Selain itu, fitur ini juga akan memudahkan pengguna untuk mengelola aplikasi tertentu, sehingga lebih praktis.

Pengguna bisa mengelola aplikasi seperti aplikasi musik, mengakses peta, memanggil dan menerima melalui facetime, dan lain sebagainya. Pengguna hanya perlu mengetuk atau menahan fitur dynamic island tersebut untuk berinteraksi dengan ponsel, alih-alih membuka aplikasinya melalui layar utama.

Dynamic Bar

Itel S23 Plus Meluncur, Punya "Dynamic Island" dan Kamera "Boba" ala iPhone
Source : Tekno Kompas

Aplikasi pertama yang dapat membuat dynamic island android adalah aplikasi dynamic bar yang dapat kamu unduh melalui Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasinya, kamu harus mendownload dan menginstall aplikasi dynamic bar terlebih dahulu. Untuk kamu yang penasaran, berikut langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi Google Playstore dan cari aplikasi ynamic Island: dynamic bar.
  • Setelah berhasil diunduh, selanjutnya buka file dan jangan lupa untuk memberikan akses izin kepada aplikasi tersebut.
  • Meskipun aplikasi dynamic bar tersebut telah mengklaim tidak akan mengumpulkan informasi sensitif atau pribadi dari ponsel Jagoans, kamu tetap perlu memberikan akses ke izin pemberitahuan dan aksesbilitas agar dapat menggunakan fitur dynamic island android di ponsel milikmu.
  • Jika berhasil terpasang, fitur dynamic island android yang tampilannya seperti iPhone akan muncul di bagian atas layar android milikmu.

Dynamic Spot

DynamicSpot screenshot 2023
Source : androidauthority.com

Untuk mengaktifkan dynamic island android, kamu dapat mengunduh aplikasi dynamic spot. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua android dapat men-support aplikasi tersebut. Dilansir dari Eraspace.com, aplikasi dynamic spot ini hanya bisa diakses atau digunakan untuk versi Android 9 ke atas.

Jika Jagoans sangat ingin menikmati fitur ini namun ponsel android yang dimiliki masih belum men-support aplikasi dynamic spot, Jagoans bisa beralih atau meng-upgrade ke ponsel android dengan sistem operasi lebih tinggi atau langsung miliki iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max, dan iPhone 15 series.

Fitur dynamic island android ini dapat memudahkan pengguna untuk mengakses kontrol musik, timer, notifikasi, music visualizer, pesan, telepon, status baterai, dan lain-lain. Berikut langkah-langkahnya untuk menggunakan aplikasi dynamic spot :

  • Buka layar utama pada android kamu dan pilih menu Google Playstore.
  • Cari dan temukan aplikasi dynamic spot.
  • Kemudian unduh aplikasi tersebut.
  • Install dan tunggu beberapa saat.
  • Lalu berikan akses yang diperlukan agar dynamic spot tersebut bisa berfungsi.
  • Ikuti instruksi dari aplikasi dynamic spot, kemudian fitur dynamic island android tersebut akan muncul di bagian atas layar.

Dynamic Island OS 16

Dynamic Island iOS 16 Notch for Android - Download
Source : softonic.com

Aplikasi selanjutnya yang dapat membuat dynamic island android adalah dynamic island OS 16. Sama seperti cara kerja dynamic island pada iPhone, aplikasi ini dapat menampilkan pop-up informasi terkait aktivitas ponsel android Jagoans. Mulai dari notifikasi chat dan panggilan, kontrol musik, kalender, dan ramalan cuaca.

Aplikasi ini juga tergolong mudah untuk di custom dan digunakan. Untuk sebagian pengguna, mungkin akan menemukan bug pada fitur dynamic island android. Namun jangan lupa juga untuk meng-update aplikasi tersebut agar bug pada ponsel dapat teratasi. Untuk menjalankan aplikasi ini juga tergolong mudah, berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan :

  • Buka Google Playstore dan ketikkan dynamic island OS 16.
  • Plih salah satu dari aplikasi tersebut dan unduh.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses unduh selesai, kemudian install.
  • Ikuti instruksi yang ada pada aplikasi tersebut hingga dynamic island muncul pada bagian tepi atas layar android milikmu.

HP Android yang Tersedia Dynamic Island

Dynamic island android memang merupakan fitur additional, dan bisa dibilang bukan fitur utama yang dibutuhkan sebuah smartphone android. Namun, jika Jagoans mementingkan desain dan estetika, serta aksesbililitas, fitur dynamic island android ini bisa sangat membantu aktivitas ponsel sehari-hari.

Fitur dynamic island android ini memang tidak tersedia untuk segala jenis tipe dan model android. Untuk itu perlu diingat bahwa Jagoans harus menggunakan ponsel android yang menggunakan sistem operasi android versi 9 atau pun sistem operasi android yang paling update.

Beberapa jenis smartphone mulai dari keluaran tahun 2020 dan terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan sistem operasi android 10. Untuk kamu yang memiliki budget 2 jutaan dan ingin memiliki fitur dynamic island android, kamu bisa mencoba Samsung Galaxy A52s, Oppo Reno 7, Vivo V21, Redmi Note 11 Pro, dan lain-lain.

Namun, jika kamu hanya memiliki budget satu jutaan, kamu dapat mencoba untuk menggunakan Redmi 9A, Redmi Note 10, Infinix Hot 12 Pro, dan Oppo A 77s. Gimana Jagoans? kamu tertarik untuk membeli ponsel dengan fitur dynamic island android ini? Nah dari pada bingung, mending langsung cek website Jagofon aja! Dijamin kamu akan mendapat aksesoris sesuai dengan box baru.

Selain itu, Jagoans juga akan mendapat tambahan 6 bulan garansi dengan biaya terjangkau. Untuk kamu yang belum tahu, Jagofon sendiri adalah sebagai spesialis gadget dan HP bekas menyediakan berbagai jenis gadget dan HP impianmu.

Jangan khawatir, Semua gadget dan HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dan gadget dengan kualitas terbaik. Kapan lagi kamu beli HP dan gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Jika kamu berada di wilayah Jakarta, kamu dapat checkout HP atau gadget impianmu dengan metode COD atau Self-pickup ke kantor Jagofon dan konsultasi langsung dengan tim kami! Tunggu apalagi Jagoans? yuk segera check out di Jagofon!