Product

June 18, 2021

Galaxy A21s: Handphone yang Melebihi Ekspektasi

Dulu, ketika brand merilis handphone baru, mereka hanya akan memberikan beberapa update pada series baru tersebut. Tapi tidak dengan Samsung. Tahun lalu, Samsung merilis handphone yang sudah mendapatkan berbagai update bernama Samsung Galaxy A21s. terlebih lagi, handphone ini bisa dibeli dengan harga terjangkau! Apakah fitur yang sudah di upgrade handphone ini sesuai dengan harganya atau lebih?

Spesifikasi

  • Layar: PLS IPS, 6.5 inci
  • Dimensi: 163.7 x 75.3 x 8.9 mm
  • Berat: 192 g
  • Prosesor: Exynos 850
  • RAM dan Memori:
    • 32GB 2GB RAM
    • 32GB 3GB RAM
    • 64GB 3GB RAM
    • 64GB 4GB RAM
    • 64GB 6GB RAM
    • 128GB 3GB RAM
    • 128GB 4GB RAM
    • 128GB 6GB RAM
  • Sistem: Android 10
  • Kamera:
    • Kamera belakang 48 MP, 8 MP, 2 MP, 2 MP
    • Kamera depan 13 MP
  • Koneksi:
    • USB Type-C 2.0
    • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
    • Wi-Fi Direct
    • Hotspot
  • Fitur lain:
    • USB Type-C
    • GPS
    • Bluetooth 5.0
    • NFC

Exynos 850

Untuk Samsung Galaxy A21s, Samsung menggunakan Exynos 850 sebagai chipsetnya. Jadi jangan kaget apabila baterai handphone anda tahan sangat lama meskipun anda sudah menggunakannya untuk berbagai aktivitas. Hal ini karena Exynos 850 memang dibuat dengan tujuan untuk mempertahankan daya baterai ketika chipset ini digunakan. Tentu saja, fitur ini tidak mengorbankan performa. Bahkan, Exynos 850 didesain sedemikian rupa agar handphonenya bisa memberikan performa maksimal tanpa harus mengorbankan baterai.

Berkat desain Exynos 850, Samsung Galaxy A21s bisa melakukan fitur-fiturnya yang cukup berat tanpa harus menyerap daya baterai. Contohnya, anda bisa menggunakan kamera 48 MP tanpa langsung kehilangan lima persen baterai. Ini berarti anda juga bisa bermain game seperti PUBG tanpa harus khawatir handphone anda mati ditengah jalan karena kehabisan baterai.

Dari fungsi Exynos 850, kita bisa melihat bahwa Samsung Galaxy A21s adalah handphone yang fokus pada efisiensi. Kita bisa melakukannya untuk berbagai hal, tetapi baterainya akan tetap hemat agar handphonenya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Android 10

Samsung Galaxy A21s dilengkapi dengan Android 10 untuk sistemnya. Android 10 sudah sering dipakai untuk beberapa handphone Samsung, seperti series Galaxy A10 dan Galaxy A11. Dari sini kita bisa melihat kalau Android 10 adalah sistem favorit yang sering digunakan untuk handphone dengan spek menengah kebawah.

Eits, tapi jangan menggampangkan Android 10, karena Android 10 bisa melakukan fungsinya dengan baik. Android 10 membantu kita untuk application-hopping, yaitu pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Island-hopping yang kita lakukan di Samsung Galaxy A21s bisa dilakukan dengan mulus, dimana tidak ada lag sama sekali. Khusus untuk aplikasi berat, anda mungkin akan mengalami delay selama satu atau duta detik. Tapi setelah delay itu, handphone anda akan berfungsi seperti normal lagi. Jadi, anda bisa melakukan aktivitas anda tanpa harus mengalami kemacetan di handphone anda.

Fitur yang dirilis di Android 10 juga tidak kalah dengan kecepatannya. Di Android 10, Samsung lebih fokus dalam mengimprovisasi fungsi-fungsi yang ada dan membuat mereka lebih gampang diakses oleh semua orang. Contohnya, Samsung menambahkan fitur di opsi gesture mereka, seperti Live Transcribe (transkrip ke teks) dan Sound Amplifier (pengeras suara). Anda juga akan mendapatkan fitur Live Caption, gimana handphone akan membuat caption berdasarkan audio yang mereka dengarkan.

Anda tidak usah khawatir mengenai fungsi gesture, karena di Android 10, fungsi gesture sudah di-update agar mereka memberikan respon yang lebih cepat dan akurat. Tinggal swipe telapak tangan anda, dan handphone pun akan langsung melakukan perintahnya!

Desain dan Layar

Samsung Galaxy A21s adalah handphone yang “pas” ditangan karena ukuran dan beratnya. Jadi, anda tidak akan merasa keberatan jika anda membawa handphone ini. Seperti handphone middle-to-lower-end Samsung lainnya, Galaxy A21s terbuat dari plastik yang memberi kesan glossy finish.

Handphone ini mempunyai ujung yang membulat di keempat sudutnya, dan ada punch hole untuk kamera di bagian pojok kiri atas layar depan. Di bagian bawah handphone, anda bisa melihat kelengkapan seperti USB port, speaker, dan colokan untuk headset. Ketiga sisi lainnya dilengkapi dengan slot untuk SIM dan MicroSD dan tombol di sisi kanan dan kirinya. Bezel sekeliling layarnya sangatlah tipis, anda tidak akan sadar bahwa Samsung Galaxy A21s sebenarnya mempunyai bezel.

Meskipun layar Samsung Galaxy A21s terbuat dari PLS IPS, anda tidak akan merasakan perbedaannya sama sekali dengan layar AMOLED (Kecuali jika anda mengerti tentang handphone. Warnanya pop out tetapi memberikan kesan yang kalem berkat warnanya yang lebih ke cool tone.

Kamera

Samsung Galaxy A21s mempunyai quad kamera dimana kamera belakangnya terdiri dari empat kamera yang mempunyai fungsi yang berbeda. Fungsi dari empat kamera tersebut adalah high-resolution shooter, kamera ultrawide, macro camera, dan depth sensor. Tentu saja, semua kamera bekerja dengan satu sama lain agar mereka bisa memberikan hasil yang maksimal untuk anda.

Bagaimana dengan hasilnya? Seperti yang bisa ditebak, hasil dari empat kamera ini sangatlah luar biasa. Mulai dari ketajaman warna, warna yang muncul di foto, kontras milik subjek yang difoto - semua bagian dari foto yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy A21s sangat sempurna. Tentu saja, ada faktor-faktor lain yang bisa membuat hasil jepretan yang bagus, seperti fitur Auto Focus dan Auto HDR.

Tetapi, tidak semua orang suka dengan hasil foto yang sudah di-_boosted_ atau di enhanced secara otomatis. Jika anda tidak suka, anda bisa mematikan fitur Auto HDR-nya.

Bagaimana dengan kamera yang lain? Kamera 8 MP juga menghasilkan jepretan yang baik (meskipun tidak setajam kamera 48 MP), Kamera 2 MP macronya sangat berguna, karena kamera tersebut bisa membantu kita untuk memberikan detail yang lengkap (asal jarak kita dengan subyek foto pas).

Kamera depan milik Samsung Galaxy A21s juga memberikan hasil yang OK. mungkin tidak setajam dan secerah kamera belakang, tetapi hasilnya masih bisa memberikan representasi objek foto secara akurat.

Fakta Lain Galaxy A21s

  • Ada fitur face dan fingertips recognition.
  • Bisa merekam video dengan kualitas 1080p

Membeli Galaxy A21s di Jagofon

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A21s adalah handphone yang cocok untuk merekaa yang ingin melakukan semuanya, mulai dari gamping sampai aktivitas sehari-hari, dengan efisien dan hemat baterai. Anda bisa membeli handphone ini dengan harga Rp 2.199.000, tetapi anda bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah jika anda membeli handphone second. Tentu saja, anda harus hati-hati ketika anda membeli yang versi second; tidak sedikit orang yang menjual handphone second yang kualitasnya jelek.

Jika anda ingin membeli handphone second berkualitas, anda bisa membelinya di Jagofon. Jagofon selalu melakukan quality screening handphone second ke semua produknya, sehingga mereka selalu menjual handphone second yang prima. Jika ada handphone yang tidak berfungsi dengan baik, anda bisa melakukan refund dalam waktu 30 hari. Tertarik untuk beli handphone di Jagofon? Yuk, buat akun Jagofon dan belanja sekarang juga!

Share on: