Product

June 18, 2021

Galaxy A5: Salah Satu Handphone “Mid-Ranger” Pertama Samsung

Sekarang sudah banyak handphone level mid-range yang sangat terjangkau seperti A series dan M series. Tahukah anda bahwa semuanya berawal dari Samsung yang memulai produksi handphone mid-range pada tahun 2016-2017. Salah satu dari handphone tersebut adalah Samsung Galaxy A5. Apakah handphone ini sama powerful seperti handphone mid-range Samsung sekarang atau tidak? Yuk, lihat review nya disini!

Spesifikasi

  • Layar: Super AMOLED, 5.0 inci
  • Dimensi: 139.3 x 69.7 x 6.7 mm
  • Berat: 123 g
  • Prosesor: Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
  • Sistem: Android 4.4.4
  • Kamera:
    • Kamera belakang 13 MP, f/2.0, 28mm (wide)
    • Kamera depan 5 MP, f/2.2, 23mm (wide)
  • Koneksi:
    • microUSB 2.0
    • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n
    • Wi-Fi Direct
    • Hotspot
  • Fitur lain:
    • Lightning
    • GPS
    • Bluetooth 4.0
    • NFC (khusus untuk model yang support LTE)

Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410

Mungkin bagi orang-orang, Snapdragon 410 adalah chipset yang agak lambat dibandingkan dengan chipset Snapdragon yang baru sekarang. Namun, ketika Samsung Galaxy A5 dirilis, Snapdragon 410 adalah satu chipset yang membantu produk mid-range Samsung digemari oleh pembeli.

Sama seperti Exynos 9611 yang dimiliki oleh Galaxy A51, Snapdragon 410 dibuat dengan efisiensi dan kecepatan sebagai tujuan utamanya. Snapdragon 410 mempunyai tidak hanya support satu CPU support tetapi dua, yaitu 32-bit dan 64-bit support.

Selain dua CPU support, Snapdragon 410 yang digunakan oleh Samsung Galaxy A5 juga support penggunaan multi-SIM bersamaan. Uniknya, fitur multi-SIM ini tidak akan mengorbankan baterai handphone. Mungkin hal ini adalah hal yang biasa sekarang, tetapi, menggunakan multi-SIM adalah hal yang cukup merepotkan. Hal tersebut dikarenakan penggunaan multi-sim memakan banyak daya, sehingga baterai cepat habis. Untungnya, hal ini tidak terjadi dengan Galaxy A5 berkat Snapdragon 410.

Tentu saja, hal ini juga membuat penggunaan aplikasi lebih efisien. Jadi, anda bisa menggunakan berbagai aplikasi nonstop tanpa khawatir kalau handphone anda akan lag. Dan tentu saja, menggunakan banyak aplikasi tidak akan memakan banyak daya. Semua ini berkat Snapdragon 410 yang digunakan oleh Galaxy A5. Terima kasih, Snapdragon 410!

Android 4.4.4

Handphone dengan sentuhan klasik ini dirilis dengan Android 4.4.4, dimana TouchWiz-nya sudah di upgrade agar lebih baik dan responsif.

Yang membuat update ini unik adalah opsi untuk menggunakan tema UI yang minimalistic. Terlebih lagi, sekarang anda juga bisa mengatur layout tema anda dengan gampang.. Contohnya, jika anda ingin mengedit layout home anda, anda tinggal “mencubit” layar dan anda akan mendapatkan menu widget, aplikasi, dan lain-lain.

Selain itu, anda juga bisa berinteraksi dengan wallpaper anda. Ya, jika anda menggunakan tema yang ada fitur interaksi dengan tema, anda bisa “bermain” dengan layarnya. Contohnya, anda menggunakan wallpaper yang memberikan kelap kelip jika anda menyentuh layarnya. Anda bisa bermain dengan membuat pola lucu di layar anda, dan anda “berinteraksi” dengan wallpaper anda. Lucu bukan?

Selain fitur graphical theme, anda juga akan melihat UI-nya mengalami perubahan seperti jumlah shortcut di atas yang berkurang, menu setting yang dibagi menjadi empat kategori, da lain-lain. Secara keseluruhan, bisa dibilang bahwa fokus Android 4.4.4. adalah mempercantik handphone anda dengan UI dan interface baru. Jadi jangan kaget jika Samsung Galaxy A5 anda terasa modern sampai sekarang!

Desain dan Layar

Bentuk Samsung Galaxy A5 adalah bentuk handphone Samsung pada dulunya. Layarnya dikelilingi oleh frame dengan ujung yang bulat. Anda bisa melihat speaker dan kamera depan di atas layar, sedangkan tombol membawa anda ke Home ada di bawah layar.

Seperti yang sudah ditulis di bagian spesifikasi,Samsung Galaxy A5 mempunyai layar Super AMOLED dengan display sebesar 5.0 inci dan 1280 x 720px. Meskipun tingkatnya sedikit di bawah Retina, bukan berarti layar milik handphone ini tidak berkualitas. Bahkan, layar mereka sangatlah bagus sampai warna hitam yang mereka tunjukan sangatlah pekat, dan warna lain terlihat cerah dan vibrant. Ini semua berkat fitur AMOLED milik handphone ini.

Samsung Galaxy A5 mempunyai mode AMOLED lho. Yang paling cerah adalah AMOLED cinema, sedangkan AMOLED photo warnanya lebih kalem daripada versi cinema. Jika anda ingin warna hitam dan putih, anda bisa menggunakan mode Basic. Jadi, anda bisa mengatur warna yang ditampilkan sesuai dengan mood anda.

Jika anda sering keluar dan khawatir dengan pantulan cahaya, jangan khawatir. AMOLED mempunyai panel yang tidak gampang memantulkan cahaya, sehingga anda aman menggunakan Samsung Galaxy A5 di bawah terik matahari.

Meskipun bentuk Samsung Galaxy A5 terlihat biasa, handphone ini mempunyai layar yang bisa menyaingi bahkan handphone Samsung terbaru.

Kamera

Samsung Galaxy A5 mempunyai kamera belakang dengan 13 MP. Menu Camera Mode masih mempunyai layout yang sama dengan handphone Samsung yang lain, dimana bagian kanan layar dominan dengan fitur utama mereka. Anda bisa mengganti layoutnya dengan mengatur dua shortcut yang paling sering anda gunakan.

Seperti biasa, kamera Samsung Galaxy A5 lengkap dengan mode khusus seperti Panorama dan Continuous Shooting, tetapi tidak ada mode HDR. tenang saja, karena hasil jepretan Galaxy A5 masih bagus.

Hasil jepretan Samsung Galaxy A5 terlihat cerah dan tajam. Anda bisa melihat detail yang kecil dengan baik. Meskipun hasil jepretannya tajam, warna yang dihasilkan tidak terlalu terang; hasil yang didapatkan sangatlah natural, sehingga warnanya tidak terlalu berlebihan.

Anda tidak usah khawatir dengan hasil yang blur, karena kamera A5 bisa mengunci dan fokus terhadap target kamera dengan cepat. Jadi, hasil anda akan selalu terlihat tajam.

Kamera depannya pun memberikan jepretan yang memuaskan. Meskipun tidak seterang kamera belakang, hasil kamera depan bisa memberikan hasil yang wide dan akurat.

Fakta Lain Samsung Galaxy A5

  • Body-nya terbuat dari plastik, tetapi ada matte finish.
  • Baterainya bisa tahan lama, bisa lebih dari dua hari jika anda menggunakan aplikasi yang ringan.

Mendapatkan Samsung Galaxy A5 di Jagofon

Seperti yang anda lihat, Samsung Galaxy A5 bisa menyaingi handphone terbaru Samsung. A5 mempunyai beberapa fitur yang setara dengan handphone “mewah” Samsung, dan fitur tersebut memberikan hasil yang luar biasa. Sayangnya, handphonenya cukup mahal. Harganya bisa mencapai Rp. 3,550,000. Anda bisa membeli yang second, tetapi tidak semua handphone second dijual dengan kualitas yang baik.

Atau, anda bisa membeli Samsung Galaxy A5 di Jagofon. Jagofon adalah website yang menjual handphone second dengan kualitas “new.” hal ini dikarenakan oleh quality screening Jagofon yang dilakukan untuk memastikan bahwa handphone second yang mereka jual dalam kondisi prima. Jadi, anda tidak usah khawatir dengan kualitas handphonenya. Jika handphonenya tidak berfungsi sesuai deskripsi, anda bisa mengembalikannya dalam waktu 30 hari. Yuk, buat akun Jagofon dan belanja Samsung Galaxy A5 sekarang juga!

Share on: