Product

Galaxy A5S: Salah Satu Smartphone Terlaris Samsung

Di tengah sengitnya persaingan dalam industri elektronik smartphone, perusahaan Samsung terus melakukan inovasi dengan menciptakan serangkaian produk dengan menggabungkan performa, desain, dan teknologi terbaru yang canggih.

Salah satu contoh produk inovasi mereka yang cukup diminati pada tahun 2014 adalah Galaxy A5S, seri Galaxy yang telah berhasil mencuri perhatian konsumen dan meraih gelar salah satu smartphone terlaris dari Samsung.

Keberhasilan seri A5 ini membuat Samsung Galaxy A5 dirilis selama tiga tahun (2015, 2016, 2017). Padahal jika dibandingkan dengan jadwal perilisan seri-seri handphone saat ini, seri handphone akan berganti setiap tahunnya, diikuti oleh teknologi dan spesifikasi yang lebih canggih.

Meskipun sudah cukup berumur, saat ini masih banyak yang menggunakan Galaxy A5S. Hal ini menunjukkan kekuatan handphone yang dapat bertahan meskipun sudah digunakan hingga bertahun-tahun lamanya.

Galaxy A5 | Dukungan Samsung Indonesia
(Source: Headline)

Selain itu, Samsung juga dikenal dengan inovasinya pada pilihan warna yang ditawarkan. Penamaan opsinya juga menarik. Untuk seri Samsung A5S, warna seri 2015 ada Pearl White, Midnight Black, Platinum Silver, Soft Pink, Light Blue, dan Champagne Gold, warna seri 2016 ada Black, White, Gold, dan Pink, terakhir warna seri 2017 ada Black Sky, Gold Sand, Blue Mist, dan Peach Cloud.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai Galaxy A5S dan alasan mengapa ia begitu diminati di pasar.

Desain bodi

Desain bodi Samsung Galaxy A5 2015 mirip dengan Samsung Galaxy Note 4, hanya saja lebih besar dan lebih tipis.

Bodi Samsung Galaxy A5 2015 menggunakan bahan yang lebih berbeda dari seri sebelumnya yang hanya menggunakan plastik menjadi aluminium dengan metal pada bagian ujung. Handphone ini juga dilengkapi dengan fitur proteksi layar dan bodi dengan menggunakan Gorilla Glass 4.

Samsung Galaxy A5 (2016) Harga Terbaru 2022 dan Spesifikasi
(Source: Bursa HP Samsung)

Memang bahan untuk bodi yang digunakan Galaxy A5 2015 dapat membuat handphone menjadi lebih kuat, namun pasti jadi lebih berat dibandingkan bahan plastik.

Sedangkan untuk Samsung Galaxy A5 2016, bahan bodinya menggunakan aluminium dan kaca, dilengkapi dengan fitur proteksi layar dan bodi bagian depan dan belakang dengan menggunakan Gorilla Glass 4.

Baca juga: Samsung Galaxy A6 Plus: Apakah Masih Layak Dibeli?

Layar

Samsung Galaxy A5 2015 menggunakan layar AMOLED HD dengan ketebalan 6,7 mm. Versinya yang tahun 2016 memiliki layar Super AMOLED HD yang lebih besar 0,2 inci daripada yang tahun 2015. Layar seri A5 sudah mendukung teknologi Full HD dengan resolusi 1080x1920 piksel pada 424 ppi.

Harga Samsung A5 All Varian Terbaik Penghujung 2018, Bekas Juga Ada!
(Source: Merdeka)

Meskipun handphone ini harganya cukup terjangkau, layar yang digunakan merupakan tipe layar yang tergolong sangat baik hingga saat ini. Bahkan, biasanya tipe layar seperti ini digunakan untuk handphone yang harganya menengah keatas.

Layar yang digunakan Samsung Galaxy A5S membuat tampilan pada layar yang dihasilkan lebih tajam, lebih detil, dan lebih cerah, sehingga layar ini dinilai cukup baik dan ideal untuk menonton video, bermain game, atau menjelajahi konten digital.

Kamera

Kamera Samsung Galaxy A5 2015 dan 2016 memiliki kamera belakang dengan resolusi 13MP dan kamera depan dengan resolusi 5MP, dilengkapi dengan bukaan lensa f/1.9. Untuk seri tahun 2017, resolusi kameranya sedikit lebih baik. Kamera depan dan belakangnya sama-sama memiliki resolusi 16MP dengan bukaan lensa f/1.9.

Kualitas kamera dan resolusi megapikselnya tidak kalah dengan handphone saat ini. Pengguna sudah dapat mengambil video dengan resolusi 1080p pada 30fps pada semua seri Galaxy A5, yang mana sekarang merupakan standar kualitas untuk video.

Samsung Galaxy A5 (2016) review - Android Authority
(Source: Android Authority)

Perbedaan pada kameranya memang tidak terlalu signifikan karena masih tergolong dalam satu seri A5, berbeda dengan seri Galaxy S yang ditujukan untuk kelas menengah keatas dengan memberikan kualitas teknologi yang lebih baik dengan harga yang lebih tinggi.

Meskipun begitu, Samsung merupakan salah satu perusahaan terdepan dalam urusan teknologi. Meskipun harganya terjangkau bukan berarti teknologi yang digunakan itu berkualitas rendah, termasuk dengan kualitas kameranya.

Baca juga: Review Samsung Galaxy A30: HP Segala Kalangan

Performa

Samsung Galaxy A5 2015 menggunakan chip prosesor Qualcomm Snapdragon 410 dengan CPU 64-bit 1.2 GHz ARM Cortex-A53 dan GPU Adreno 306.

Kapasitas memori yang ditawarkan juga cukup untuk digunakan kebutuhan sehari-hari, yaitu memori internal 16GB dengan RAM 2GB tambah memori eksternal menggunakan microSD hingga 64GB.

Handphone ini berjalan dengan sistem operasi dasar Android 4 ‘KitKat’ dengan antarmuka TouchWiz Nature UX 3.5 yang memperkenalkan fitur untuk mengganti tema. Sistem operasi ini dapat diperbarui ke OS yang lebih baru.

Sedangkan, Galaxy A5 2016 menggunakan chip prosesor Exynos 7580 dengan CPU 1.6GHz octa-core 64-bit dan GPU Mali T720-MP2 yang tentunya lebih baik dari sebelumnya.

Harga Samsung A5 (2017) Terbaru 2019 dan Spesifikasi Lengkap
(Source: DroidLime)

Memori pada seri 2016 sama dengan seri 2015, yaitu 16GB dengan RAM 2GB tambah memori eksternal menggunakan microSD hingga 128GB. Handphone ini berjalan dengan sistem operasi dasar Android 5 ‘Lollipop’ yang dapat diperbarui ke sistem operasi berikutnya.

Samsung Galaxy A5 2017 berjalan dengan sistem operasi dasar Android 6 ‘Marshmallow’ dengan antarmuka TouchWiz, menggunakan chip prosesor Exynos 7880 SoC dengan CPU 8 ARM Cortex-A53 dan GPU Malu-T830.

Sebagai handphone yang lebih baru, Galaxy A5 2017 menawarkan kapasitas memori dan RAM yang lebih besar, yaitu memori internal 32GB dengan RAM 3GB tambah memori eksternal menggunakan microSD hingga 256GB.

Ditenagai oleh prosesor Octa-core, Galaxy A5S menawarkan performa yang tangguh untuk menjalankan berbagai aplikasi dan tugas multitasking, serta dapat beralih dari aplikasi ke aplikasi dengan mulus antara aplikasi tanpa mengalami lag.

Baterai

Kapasitas baterai seri A5 setiap tahunnya semakin besar, dari kapasitas sebesar 2300 mAh pada Galaxy A5 2015, kapasitas 2900 mAh pada Galaxy A5 2016, dan kapasitas 3000 mAh pada Galaxy A5 2017.

Tidak ketinggalan zaman, handphone ini sudah dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat dengan kabel 18W. Selain itu, handphone ini dapat bertahan belasan jam untuk pemakaian maksimal seperti telepon, mendengar musik, menonton video, bermain game, dan lainnya.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu kan mengapa seri Galaxy A5 disebut sebagai salah satu handphone Samsung yang terlaris. Salah satu alasan utama kesuksesan Galaxy A5S yang membuatnya laris adalah harganya yang terjangkau tanpa mengorbankan fitur-fitur menarik dan teknologi yang canggih.

Hal ini menjadikannya sebagai pilihan yang menarik bagi konsumen yang sedang mencari smartphone berkualitas tanpa harus pusing.

Jika kamu mencari smartphone yang menyatukan harganya yang terjangkau, tingginya nilai, dan canggihnya teknologi, Galaxy A5S adalah pilihan yang patut dipertimbangkan.

Kamu juga bisa temukan merek atau tipe handphone lain di Jagofon, Salah satunya, kamu bisa lihat handphone Samsung seri A lainnya yaitu Samsung Galaxy A52 yang saat ini harganya sudah lumayan turun.

Selain marketplace terpercaya, Jagofon juga menawarkan banyak merek, tipe, dan jenis handphone lain yang pastinya semua harganya terjangkau.Yuk, cek sekarang di Jagofon!