JagoHacks

Hapus Data Sistem iPhone yang Sering Bikin Penuh Penyimpanan

Bagi pengguna iPhone dengan kapasitas penyimpanan terbatas, masalah ruang penyimpanan penuh seringkali bikin pusing. Pasti pernah kan, dapet notifikasi "penyimpanan penuh" terus disarankan untuk berlangganan atau nambah penyimpanan di iCloud? Tapi, kadang nggak semua orang mau berlangganan tambahan, lebih milih hapus foto atau video yang udah nggak kepake atau app yang jarang dipakai. Tetapi, kadang langkah-langkah itu kurang ngefek banget. Masih aja, penyimpanan iPhone terasa penuh, terutama gara-gara data sistem.

Nah, salah satu cara yang bisa dicoba untuk ngatasi masalah ini adalah dengan menghapus data iPhone. Mungkin nggak banyak yang sadar, tapi menghapus data sistem bisa bantu banget untuk bersihin penyimpanan yang kebanyakan disita. Dengan ngosongin ruang penyimpanan dari data sistem yang nggak kepake, bisa bikin performa iPhone lebih oke dan ruang penyimpanannya jadi lega lagi.

Cara Menghapus Memori Lainnya atau Other di iPhone - Dijamin Sistem Menjadi  Lega! - YouTube
Image Source: Techindo ID

Baca juga: Cara Mengatasi Penyimpanan iPhone Penuh dengan Mudah dan Praktis

Hapus Cache Safari

Langkah pertama untuk menghapus sistem data iPhone adalah membuka Pengaturan di iPhone kamu. Selanjutnya, cari dan ketuk opsi "Safari". Setelah masuk ke pengaturan Safari, gulir ke bawah hingga kamu menemukan opsi "Hapus Riwayat dan Data Situs Web". Ketuk opsi tersebut. Maka akan muncul sebuah popup konfirmasi, ketuk lagi "Hapus Riwayat dan Data" untuk melanjutkan proses penghapusan. Jika kamu memiliki beberapa tab terbuka di Safari, kamu juga akan ditanya apakah ingin menutup semua tab. Pilih opsi "Tutup Tab" jika kamu ingin menutupnya.

Hapus Pesan Secara Otomatis

Secara bawaan, aplikasi Pesan pada iPhone biasanya diatur untuk menyimpan semua pesan teks secara permanen. Namun, ini dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan, terutama jika kamu sering berkomunikasi melalui pesan teks. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat mengubah pengaturan default agar pesan tidak disimpan selamanya.

Caranya cukup mudah, untuk menghapus sistem data iPhone buka aplikasi Pengaturan di iPhone kamu, lalu cari dan ketuk opsi "Pesan". Di bagian "Riwayat Pesan", kamu akan menemukan opsi "Simpan Pesan" di mana kamu dapat memilih jangka waktu untuk menyimpan pesan, seperti 1 Tahun atau 30 Hari, sesuai kebutuhan dan preferensi kamu. Dengan melakukan ini, kamu dapat mengelola penyimpanan pesan kamu dengan lebih efisien dan mencegah memori ponsel cepat penuh.

Hapus Lampiran Pesan yang Besar

Langkah selanjutnya untuk menghapus sistem data iPhone adalah buka aplikasi Pengaturan di perangkatmu, lalu pilih opsi "General" dan lanjutkan dengan memilih "Penyimpanan iPhone/iPad". Di sana, kamu akan menemukan berbagai opsi penyimpanan yang tersedia. Cari dan ketuk opsi "Pesan". Di bawah bagian "Dokumen", kamu akan menemukan beberapa kategori seperti "Percakapan Teratas", "Foto", dan "Video". Untuk membersihkan ruang penyimpanan, masuk ke setiap kategori tersebut dan hapus lampiran yang tidak diperlukan atau tidak lagi berguna. Dengan cara ini, kamu dapat mengoptimalkan penyimpanan perangkatmu dengan lebih efektif.

Reset iPhone

Langkah terakhir adalah jika kamu tidak keberatan kehilangan semua data dan mengembalikan iPhone ke pengaturan awal, langkah ini bisa menjadi pilihan terakhir. Mulailah dengan membuka aplikasi Pengaturan, lalu pilih menu General dan ketuk opsi Atur Ulang. Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk melanjutkan prosesnya.

Kapasitas Penyimpanan iPhone Penuh? Ini Cara Membersihkannya! - Teknologi
Image Source: Teknologi.id

Kesimpulan

Selanjutnya, periksa penyimpanan iPhone melalui iPhone Storage. Pastikan bahwa data sistem telah berkurang. Itulah cara sederhana untuk menghapus data sistem iPhone yang sering mengisi penyimpanan. Selamat mencoba!

Untuk Jagoans yang saat ini sedang mencari iPhone untuk menemani aktivitas harianmu, bisa banget mencarinya di Jagofon. HP second yang dijual, dengan harga yang terjangkau seperti harga iPhone 11 kamu bisa dapatkan di harga 5Jutaan aja lho! Jagofon sangat terjamin kualitasnya karena sudah melewati serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP.

Sekarang tidak perlu lagi takut tertipu ketika membeli HP second di online, karena Jagofon memberikan garansi mesin hingga 6 bulan. Kamu bisa mengenggam iPhone di tanganmu saat ini tanpa harus mengeluarkan budget yang sangat besar!