JagoHacks

Ingin Beli iPad Lama? Pahami Dulu Potensi Masalah yang Mengintai

Membeli gadget bekas atau generasi lama bisa jadi pilihan menarik bagi banyak orang karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan barang baru. Meski masih berfungsi dengan baik dan harganya lebih ramah di kantong, produk-produk lama ini sering dianggap sebagai barang "kuno" oleh Apple.

Ketika suatu produk telah berumur lebih dari lima tahun di pasar, Apple mengklasifikasikannya sebagai produk lama. Salah satu dampak dari label "vintage" ini adalah kehilangan dukungan pembaruan (update), yang membuat perangkat tersebut rentan terhadap serangan siber. Berikut adalah beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan saat beli iPad generasi lama, Yuk intip dibawah ini!

Ingin Beli iPad? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini - Bisnis Muda
Image Source: Bisnis Muda

Tidak Bisa Update iPadOS lagi

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, risiko utama dalam membeli iPad bekas adalah keterbatasan akses terhadap fitur-fitur terbaru dalam sistem operasi (OS) iPadOS.

Contohnya, iPad Air 2 hanya bisa menjalankan versi iPadOS hingga iPadOS 15 saja. Akibatnya, pengguna tidak bisa menikmati atau menggunakan fitur-fitur baru yang diperkenalkan pertama kali pada iPadOS 16 dan versi terbaru iPadOS 17.

Potensi Virus dan Malware

Pembaruan sistem operasi untuk gadget biasanya juga membawa peningkatan keamanan, termasuk untuk iPad. Dengan begitu, pengguna akan tetap terlindungi dari berbagai ancaman seperti virus atau perangkat lunak berbahaya (malware) yang dapat mengancam data dan privasi mereka. Namun, jika pengguna memiliki perangkat lama seperti beli iPad 7 yang terbatas pada iPadOS 15, perangkat tersebut akan lebih rentan terhadap serangan virus dan malware yang tidak terdeteksi oleh Apple.

Kondisi ini dapat mengancam keamanan pengguna karena informasi pribadi mereka yang tersimpan di perangkat dapat bocor dan tersebar di internet jika ada virus atau malware yang menginfeksi iPad tersebut.

Penyimpanan Terbatas

Kapasitas penyimpanan yang semakin meningkat seiring berjalannya waktu juga mengikuti perkembangan banyaknya foto, aplikasi, dan game yang ukurannya semakin besar. Sebagai contoh, kamu beli iPad second dan game Genshin Impact memiliki ukuran total hingga 20 GB, sehingga tidak dapat diinstal di iPad Air 2 yang memiliki kapasitas penyimpanan hanya 16 GB.

Selain itu, produk lama juga seringkali tidak dapat memasang aplikasi versi baru karena pengembang aplikasi biasanya membatasi aplikasi mereka hanya untuk versi terbaru dari sistem operasi, seperti iPadOS. Jika pengguna masih menggunakan versi lama dari iPadOS, kemungkinan besar aplikasi tersebut tidak akan berjalan dengan normal atau bahkan tidak dapat dijalankan sama sekali.

Baca Juga: Mau Jual HP Second? Ini Tipsnya Biar Cepat Laku!

Performa Melambat

Ketika penyimpanan penuh, pengguna yang beli iPad second akan mengalami ketidaknyamanan karena performa perangkatnya akan sedikit melambat. Selain itu, mereka juga tidak dapat menyimpan file baru seperti foto atau video karena kapasitas media penyimpanannya sudah mencapai batas maksimal.

Selain masalah penyimpanan, performa chipset di gadget lama juga cenderung tertinggal dibandingkan dengan gadget generasi baru. Saat ini, banyak aplikasi yang membutuhkan spesifikasi minimum perangkat yang lebih tinggi, termasuk spesifikasi chipset. Jika spesifikasi minimum tersebut tidak terpenuhi, aplikasi biasanya tidak akan berjalan dengan optimal atau bahkan tidak dapat dijalankan sama sekali.

Baterai Tidak dalam Kondisi Prima

Perangkat lama sering mengalami penurunan performa baterai yang signifikan. Ini berarti baterai pada perangkat tersebut akan cepat habis dan menjadi boros energi. Pada perangkat Apple khususnya, biasanya kapasitas pengisian baterai akan menurun seiring berjalannya waktu. Dengan kata lain, meskipun pengguna mengisi daya baterai secara penuh, perangkat Apple mungkin hanya akan mencapai status baterai sekitar 80-90 persen, bukan 100 persen.

Penurunan performa baterai ini menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna yang beli iPad second, terutama bagi yang sering berpergian. Mereka harus sering mengisi daya perangkat mereka karena baterai cepat habis, terutama jika mereka menggunakan aplikasi atau game yang membutuhkan banyak daya.

Review - iPad OS Bikin iPad Lama Kembali Berguna | kumparan.com
Image Source: Kumparan

Nyaman dan Tenang di Jagofon!

Nah, gimana Jagoans? jadi deg-degan ga mau beli iPad second? Jagoans gaperlu khawatir, Jagofon Solusinya! Buat kamu yang belum tahu, Jagofon bukan toko, melainkan marketplace gadget bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli gadget impian yang berkualitas. Semua gadget bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah gadget dengan kualitas terbaik dan lengkap lho perangkat Applenya dari semua seri iPhone sampai iPad Pro.

Kapan lagi kamu beli gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Jadi pembeli yang pintar! Kamu bisa dapatkan gadget bekas yang kualitasnya setara dengan gadget baru, namun harganya lebih terjangkau!