Lifestyle

Ini Dia Urutan Snapdragon Terlengkap November 2023

Buat Jagoans yang tech-savvy mungkin sudah sangat sering mendengar istilah kata Snapdragon. Apa itu Snap dragon? Ya, Snapdragon adalah sebuah serangkaian produk semikonduktor Sistem pada sebuah chip (SoC) atau chipset yang diproduksi oleh perusahaan yang bernama Qualcomm yang beroperasi sejak 1985 .

Snapdragon sendiri menggunakan arsitektur ARM. Satu unit SoC dapat berisi sejumlah core CPU, sebuah GPU Adreno, sebuah modem wireless Snapdragon, sebuah DSP Hexagon, sebuah ISP Qualcomm Spectra, serta sejumlah software dan hardware lain untuk mendukung GPS, kamera, video, audio, pengenalan gestur, dan akselerasi kecerdasan buatan di sebuah smartphone. Intinya SoC merupakan otak dari smartphone kamu, Jagoans.

Qualcomm memperkenalkan Snapdragon ke publik pada tahun 2007 yang kemudian disusul dengan mengembangkan GPU Adreno di 2009. Kedua bagian penting dari smartphone ini menentukan seberapa bagus dan cepat kemampuan komputasi smartphone kamu. Semakin baru seri generasi nya, maka semakin bagus dan inovatif daya kerja nya.

Snapdragon juga sudah menjadi produk yang teruji menjadi pilihan utama konsumen karena memang performanya yang baik. Oleh karena itu beberapa brand ponsel ternama seperti Samsung, XiaoMi, Asus, Vivo, dan OPPO mempercayakan Qualcomm Snapdragon menjadi dapur pacu utama produk mereka.

Sementara itu, Snapdragon menamakan beberapa seri dengan kode angka di bagian depan, sebagai contoh Snapdragon 2xx, 4xx, dan yang terbaru berada di generasi 8xx. Yuk kita mengenal lebih jauh lagi tentang seri-seri Snapdragon dalam bahasan di bawah ini.

Snapdragon 200

Image Source: Keepo.me

Snapdragon 200 series adalah kelas chipset yang ditujukan untuk smartphone entry level atau smartphone kelas budget. Snapdragon 200 memilki 2 core processor dan memiliki GPU Adreno 203 sebagai pengeola grafisnya.

Beberapa contoh ponsel yang menggunakan SoC Snapdragon 200 series adalah ZTE Blade V, Samsung Galaxy Win, dan HTC Desire 700. Sudah cukup lama bukan Jagoans membaca kembali jenis ponsel tersebut?  

Adapun, Snapdragon kelas 200 memiliki beberapa series, yaitu Snapdragon 205, Snapdragon 208, Snapdragon 210 dan Snapdragon 212. Series ini memang diperuntukan bagi kamu yang mencari ponsel murah dan hanya membutuhkan ponsel untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh saja. Sayangnya pengembangan kelas Snapdragon 200 series ini telah dihentikan sejak 2018.

Snapdragon 400

Image Source: kingdomcollege.com

Snapdragon 400 hadir untuk ponsel murah namun menyediakan performa yang cukup bagus untuk mendukung aktifitas kamu. Performa yang dihasilkan sudah cukup untuk multitasking atau menjalankan game sederhana. Hal ini dikarenakan chipset ini dibagun menggunakan arsitektur ARM Cortex A7 yang sudah mendukung tampilan HD.

Pengembangan kelas Snapdragon 400 cukup luas. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya seri yang hadir di pasaran seperti seri 410, 412, 415, 425, 427, 430, 435, 429. 439, dan 450. Namun seri yang cukup populer dan dipakai oleh produsen ponsel adalah seri Snapdragon 425 yang ditanam pada Xiaomi Redmi 5A dan Samsung Galaxy J2.

Snapdragon 600

Image Source: carisinyal

Snapdragon 600 merupakan chipset mid-range yang memiliki performa yang lebih bagus dan balance dari seri sebelumnya, Snapdragon 400. SoC Snapdragon 600 menawarkan performa yang berimbang antara CPU, GPU, maupun konektifitas secara umum.

Snapdragon 600 sangat populer di kalangan smartphone mid-range atau kelas menengah. Karene hal tersebut juga pengembangan chipset kelas ini terus dilanjutkan oleh Qualcomm. Dari beberapa seri yang dirilis, ada beberapa seri yang menjadi langganan produser ponsel untuk dijadikan dapur pacu smartphone nya seperti seri Snapdragon 625, Snapdragon 636, dan Snapdragon 660.

Adapun beberapa smartphone yang memakai dapur pacu Snapdragon 600 adalah Xiaomi Redmi Note 4, Xiaomi Mi A1, Redmi Note 6 Pro, Vivo V11 Pro, Samsung Galaxy A9 (2018). Sudah terbukti dengan harga yang murah, kamu bisa mendapatkan beberapa ponsel yang sudah tergolong baik performanya, Jagoans.

Setelah membuat beberapa peningkatan, ada hal menarik dari SoC Snapdragon 600 series. Pada seri Snapdragon 670 dan Snapdragon 675 tercatat bisa melampaui beberapa chipset keluarga seri Snapdragon 800 yang seharusnya bisalebih unggul dalam hal performa.

Snapdragon 700

Image Source: DroidLime

Snapdragon 700 series dirilis pada tahun 2018. Hal ini dilakukan Qualcomm setelah memutuskan untuk menghentikan seri 200. Keluarga Snapdragon 700 memiliki beberapa seri, diantaranya Snapdragon 710, Snapdragon 712, dan Snapdragon 730 (serta versi 730G) .

Snapdragon 700 didesign untuk smartphone kelas mid-range namun bisa memompa performa agar bisa memainkan game dengan lancar. Performa yang disugukan bahkan bisa lebih cepat sebanyak 3 kali dari kelas Snapdragon seri 600 namun harga nya lebih terjangkau dari kelas Snapdragon seri 800.

Selain itu, ada versi dari chipset ini yang ditambah inisial "G" di akhir nomor series, seperti yang ada pada seri 730G. Hal ini mengindikasikan bahwa versi tersebut sudah di overclocked dan huruf "G" tersebut mereprentasikan istilah "gaming".

Ada banyak smartphones yang ditanam dapur pacu Keluarga Snapdragon 700. Diantaranya Snapdragon 710 ditanamkan ke ponsel Oppo R17 Pro, Xiaomi Mi 8 SE, Samsung Galaxy A8s, dan Realme 3 Pro. Semantara itu Snapdragon 712 ditanamkan ke Xiaomi Mi 9 SE.

Dari semua seri 700 yang ada, salah satu diantaranya ada seri 778G yang disematkan dalam Samsung Galaxy A52s 5G. SoC ini memiliki performa yang epic dan kemampuan grafis yang bagus. Soc ini juga dapat menjalankan game lebih stabil dibanding beberapa ponsel yang memiliki SoC Snapdragon seri 800.

Sementara itu, untuk seri terbaru dari keluarga Snapdragon 700 adalah seri 700 Gen 1. SoC ini memiliki salah satu peningkatan di sektor grafis. Dengan ditingkatkannya GPU menggunakan Adreno versi terbaru, performa rendering yang dihasilkan meningkat sebanyak 20% dan menghasilkan latensi yang lebih rendah saat memainkan game pada mode HDR.

Snapdragon 800

Image Source: Bhinneka.com

Snapdragon 800 merupakan seri chipset paling ultimate yang dirilis Qualcomm. SoC yang biasanya ditanamkan pada smartphone flagship dan gaming ini memiliki teknologi paling baru dan paling tinggi performanya dari semua seri yang telah dirilis. Perilisannya pun sangat ekslusif, yakni hanya satu kali dalam setahun.

Qualcomm berhak bragging saat meluncurkan chipset seri ini karena tak tanggung-tanggung, Snapdragon 800 keluaran terbaru mendukung resolusi kamera sampai dengan 200 MP, sinyal 5G, RAM LPDDR5 3200 MHz, dan layar 4K UHD 60Hz atau QHD+ 144 Hz.

Performa chipset Snapdragon 800 juga sangat cocok untuk gaming. Jagoans bisa mendapatkan pengalaman bermain game lebih mulus dan flawless di pengaturan grafis rata kanan.

Dari semua seri keluarga Snapdragon 800, beberapa prosesor yang jadi unggulan di antaranya adalah Snapdragon 845, 865, 870, dan 888. Smartphone yang didukung oleh Snapdragon seri 800 diantaranya yaitu Xiaomi Mi 11T Pro, OPPO Find X3 Pro, dan Samsung Galaxy Z Flip3 5G.

Di tahun 2023 ini, Qualcomm meluncurkan seri terbaru, yaitu Snapdragon 8 Gen 1. SoC ini dibekali dengan peningkatan performa di sektor konektifitas seperti menanamkan modem 5G dari Snapdragon X65 5G Modem-RF System yang mendukung speed sampai 10 Gbps.

Kesimpulan

Perkembangan teknologi khusunya di bidang chipset smartphone memang sangat menarik untuk diikuti. SoC Snapdragon series adalah salah satu yang paling menarik karena inovasi nya yang selalu membuat para tech-savvy penasaran gebrakan apa lagi yang akan dihadirkan pada smartphone di masa mendatang.

Jika Jagoans mencari ponsel yang menggunakan chipset Snapdragon, yuk kepoin katalog Jagofon. Smartphone dari brand Samsung, Xiaomi, dan OPPO beberapa diantaranya sudah ditanamkan chipset dari Qualcomm Snapdragon.

Yuk, tunggu apa lagi, buruan check out, dijamin produk yang ada di katalog sudah teruji, 100% berfungsi dan bergaransi. Jadi Jagoans tidak perlu khawatir lagi karena Jagofon menyediakan HP second affordable namun berkualitas tinggi!