JagoHacks

Inilah 7 Tips Android Mudahkan Hidupmu!

HP dengan sistem operasi Android adalah perangkat telepon seluler yang paling banyak penggunanya saat ini. Perangkat ini pun memiliki berbagai aplikasi dan fitur yang berguna untuk menunjang kehidupan khalayak ramai.

Namun ada berbagai tips dan trik untuk kamu gunakan demi meningkatkan kualitas hidupmu saat menggunakan fitur-fitur android. Beberapa tips ini dijamin akan mempersingkat waktu kamu dalam menggunakan HP Android.

Penasaran akan tips dan triknya? yuk kita simak caranya.

Gunakan Shortcut Aplikasi

Image Source: 9to5Google

Secara default, semua aplikasi yang kamu install akan tersedia dalam app drawer. Jika kamu menginstall banyak aplikasi, pasti kamu akan sedikit kesulitan mencari aplikasi yang ingin kamu gunakan.

Nah, untuk mempermudah kamu menggunakan aplikasi yang sering kamu gunakan, kamu bisa membuat sebuah shortcut alias pintasan aplikasi dan memindahkannya ke home screen kamu.

Untuk membuat shortcut, cara melakukannya akan berbeda-beda di setiap brand, namun kemungkinan ada kemiripannya ya Jagoans.

Untuk pengguna HP Samsung, cara menambahkan pintasan sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menekan beberapa detik aplikasi yang ingin kamu buat pintasannya, kemudian kamu pilih Add to Home, kemudian selesai.

Kamu juga bisa mengklasifikasikan beberapa aplikasi yang memiliki fungsi mirip seperti aplikasi chatting, aplikasi keuangan, aplikasi streaming, dan sebagainya ke dalam satu folder untuk lebih mempermudah kamu menemukan aplikasi yang ingin kamu gunakan.

Omong-omong, membuat shortcut aplikasi pada HP Android semudah bertransaksi di Jagofon loh! karena ada beberapa pilihan bertransaksi di Jagofon. Mulai dari pengiriman standar, COD, atau kamu bisa ke kantor Jagofon langsung.

Baca juga: Cara Mudah Kunci Aplikasi di Android dan iOS

Memotret dengan Perintah Suara

Image Source: Appen

Terkadang saat kamu sedang dalam perjalanan kemudian kamu ingin mengambil foto selfie atau melakukan foto grup, kamu sedikit kesulitan untuk menekan tombol shutter. Salah satu solusi paling populer yang digunakan adalah dengan mengaktifkan timer. Namun waktu yang diatur tidak selalu pas, terkadang terasa terlalu lama atau terlalu cepat.

Nah, solusi lain yang bisa memudahkan kamu mengambil foto tanpa harus menekan tombol shutter adalah dengan mengaktifkan perintah suara pada HP Android kamu.

Untuk pengguna Samsung, kamu bisa mengaktifkan fitur ini dengan cara amsuk ke aplikasi kamera, kemudian ketuk setting lalu pilih “Shooting Methods” atau “Metode Pemotretan”, kemudian geser “Perintah Suara” untuk mengaktifkannya. Nah setelah mengaktifkannya, kamu bisa mencobanya dengan perintah dengan mengucapkan kata "smile" atau "cheese".

Nah untuk pengguna Xiaomi, kamu juga bisa mengaktifkan fitur ini dengan cara masuk ke dalam aplikasi kamera, kemudian kamu pilih modes, kemudian ketuk Audio. Kemudian kamu sudah bisa mencobanya. Sangat mudah kan Jagoans!

Sembunyikan Album Pribadi

Image Source: Samsung

Untuk menghindari tindakan iseng teman-teman kamu saat meminjam HP, atau untuk menghindari kejadian tidak mengenakkan ketika HP kamu hilang, kamu bisa menyembunyikan album pribadi kamu di gallery.

Caranya sangat gampang Jagoans. Untuk pengguna HP Samsung kamu hanya perlu masuk ke aplikasi "Gallery", kemudian ketuk icon titik tiga di bagian kanan atas, kemudian pilih "Hide Albums" dan selesai. Cara ini cukup aman untuk menjaga privasi kamu.

Namun ada satu cara lagi yang bisa kamu lakukan untuk menjaga privasi kamu, yaitu dengan menggunakan fitur Secure Folder. Dengan cara ini kamu akan membuat satu folder berisikan aplikasi yang dikunci. Untuk membukanya kamu harus memakai password yang telah diatur terlebih dahulu.

Untuk mengaktifkan fitur secure folder di HP Samsung, kamu hanya perlu pergi ke "Setting", kemudian ketuk menu "Security and Privacy", Kemudian ketuk "More security settings", lalu pilih "secure folder", kemudian accept beberapa persetujuan, kemudian kamu harus memasukkan password atau PIN, setelah itu kamu bisa memasukkan beberapa aplikasi yang ingin kamu masukkan ke dalam folder aman alis secure folder.

Menyalin Teks dengan Mudah

Image Source: Oka Apps

Salah satu fitur yang membuat kualitas hidup kamu bertambah lebih baik adalah fitur menyalin teks dengan mudah. Tak hanya bisa lebih mudah dalam menyalin teks, saat kamu memilih teks akan ada beberapa pilihan seperti copy, share, select all, web search dan dictionary.

Pada HP Samsung, ketika kamu memilih copy fungsinya seperti menyalin biasa dan kamu bisa paste atau terapkan teks nya ke tempat yang ingin kamu tuju. Jika kamu memilih share, kamu akan diberi pilihan akan kemana teks yang kamu pilih akan kamu bagikan, berikut link atau tautan jika kamu menyalin teks tersebut pada sebuah website.

Kemudian, jika kamu memilih select all, semua teks yang ada pada artikel atau tulisan akan terpilih. Kemudian jika kamu memilih web search, kamu akan dirujuk ke browser dan akan mencari teks yang kamu pilih. Lalu jika kamu memilih dictionary, kamu akan disajikan arti atau translation dari kata yang kamu pilih.

Fitur yang cukup membantu meningkatkan kualitas hidup kamu bukan? dengan fitur ini kamu bisa langsung sat set mau diapakan teks yang kamu pilih.

Pisah Layar di HP Android

Image Source: Business Insider

Fitur pisah layar atau split screen baru diperkenalkan pada OS Android 9 (Nougat). Fitur yang sangat berguna ini memungkinkan kamu menjalankan 2 aplikasi di ponsel dan berbagai macam aplikasi pada tablet.

Fitur ini sangat berguna saat mau melakukan multitasking seperti sedang menerjemahkan suatu tulisan, saat menonton sambil chatting, atau saat bermain beberapa game dalam satu kali waktu jika ponsel kamu memiliki memori yang memadai.

Adapun cara menggunakan fitur split screen di HP Samsungadalah dengan cara mengusap bagian bawah aplikasi dengan 2 jari. Lalu kamu bisa mengatur aspek rasionya, dan kamu bisa menjalankan aplikasi lain di bagian yang lain.

Adapun cara lainnya adalah dengan masuk ke recent apps, kemudian kamu ketuk bagian icon aplikasinya,  kemudian tersedia pilihan "Open in split screen view", ketuk pilihan tersebut lalu kamu sudah berada dalam fitur ini.

Untuk HP Android lain seperti OPPO Reno6, caranya sebenarnya mirip dengan cara yang ada di HP Samsung. Adapun caranya dengan masuk ke menu recent apps, lalu ketuk opsi titik tiga di bagian kanan atas aplikasi, kemudian pilih pilihan "Split screen", kemudian fiturnya sudah aktif dan kamu bisa mengatur ukuran aplikasi yang ingin kamu jalankan.

Jika kamu mencari ponsel yang bisa menggunakan split screen, kamu bisa loh cek di Jagofon. Semua produk telah teruji di 90+ titik fungsi dan 100% berfungsi dan layak pakai. Kamu juga akan mendapat laporan tesnya juga, jadi dijamin terpercaya!

Baca juga: Mengatasi Masalah Notifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul Secara Efektif

Mengelola Notifikasi

Image Source: Samsung

Saat kamu meng-install aplikasi, pasti kamu akan diarahkan untuk menyetujui akses notifikasi. Terkadan notifikasi dari aplikasi ini akan mengganggu jika terlalu banyak, apalagi sifat nya yang tidak terlalu penting.

Untuk mengatasi hal yang mengganggu ini, kamu bisa mematikan notifikasi yang masuk atau membuat senyap notifikasi yang masuk.

Pada HP Samsung, kamu bisa melakukannya dengan cara pergi ke "Settings" kemudian ketuk menu "Notifications" lalu ketuk "App notifications" lalu pilih aplikasi yang ingin kamu matikan notifikasinya dengan cara mengetuk toogle on/off pada bagian sebelah kanan dari daftar aplikasi yang kamu install.

Untuk memasukkan ke dalam mode pemberitahuan senyap, kamu tinggal ketuk icon aplikasi yang kamu pilih, kemudian ketuk pilihan "Silent". Jadi ketika notifikasi masuk, tidak akan dibarengi dengan ringtone.

Membersihkan Memori

Image Source: Eraspace

Pernah tidak sih HP Jagoans tiba-tiba storegenya penuh padahal tidak banyak menginstall aplikasi. Ada kemungkinan penyimpanan HP bekas Jagoans sudah banyak menyimpan data aplikasi dan cache yang menumpuk. Bisa juga banyak file gambar dan dokumen yang tidak sengaja kamu download dalam chat Whatsapp atau instagram.

Nah untuk membersihkan file cache dan data aplikasi di HP Samsung, kamu harus pergi ke settings, lalu pilih apps kemudian kamu sortir aplikasi berdasarkan ukuran file nya terlebih dahulu untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menyumbang penuhnya penyimpanan kamu. Lalu ketuk aplikai yang ingin kamu bersihkan, lalu pilih "storage". Kemudian kamu pilih clear cache.

Jika kamu ingin membersihkan data aplikasinya, kamu tinggal pilih clear data. Namun perlu diperhatikan, setelah kamu memilih clear data, semua data akan terhapus termasuk informasi login dan lainnya. Jadi hati-hati sebelum menggunakan pilihan hapus data ya Jagoans.

Selagi kamu membersihkan HP kamu dari file yang tidak berguna, Jagofon juga memiliki tujuan membersihkan lingkungan dari limbah elektronik, terutama smartphone. Dengan belanja di Jagofon, kamu secara aktif akan ikut andil dalam membantu lingkungan mengurangi limbah elektronik dengan memakai HP bekas.

Walaupun bekas, semua produknya 100% original, tidak ada part yang diganti atau refurbished. Semua produk Jagofon sudah lolos tes 90+ titik fungsi dan terjamin berkualitas.

Beli HP bekas di Jagofon seperti beli HP baru, karena HP punya jaminan garansi mesin 1-6 bulan. Jadi pembeli yang pintar! Kamu bisa dapatkan HP bekas yang kualitasnya setara dengan HP baru, namun harganya lebih terjangkau!