Product

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Oppo A54!

Pada Bulan Maret 2021, OPPO memperkenalkan OPPO A54 ke dalam jajaran Seri A nya. Seri A sendiri adalah seri andalan pengangkat seluruh penjualan untuk vendor yang tergolong masih muda ini. Seri ini sendiri mencetak rekor 50% penjualan dari keseluruhan model yang dipasarkan oleh OPPO.

Nah, apakah OPPO A54 juga memiliki kelebihan untuk menarik konsumen lebih banyak lagi? Kemudian apakah HP ini memiliki kekurangan yang bisa jadi mempengaruhi kamu untuk beli OPPO A54?

Untuk itu yuk kita bahas kelebihan dan kekurangan OPPO A54 sebagai bahan pertimbangan sebelum kamu beli OPPO A54 di Jagofon.

Kelebihan Oppo A54

Faktor yang sangat penting untuk memutuskan beli atau tidaknya OPPO A54 adalah memahami kelebihannya. Oleh karena itu, yuk kita bahas yang baik-baiknya dulu.

Desain dan Layar Memuaskan

Image Source: oppo.com

Tak seperti pada model di seri sebelumnya, OPPO A54 hadir dengan desain yang memukau dan elegan. Ponsel yang dibalut kaca di bagian depan dan bahan polycarbonate di bagian belakangnya ini berhasil membuat mata terpana saat pertama kali melihat desainnya.

Bagaimana tidak, varian warna Starry Blue menyuguhkan variasi warna khas pelangi yang bisa memantulkan variasi warna yang berbeda tergantung dari sudut mana kamu memandang ponsel ini. Kemudian untuk varian warna Crystal Black, kamu akan disuguhkan kesan elegan tanpa ada ornamen lain selain logo OPPO di bagian kanan bawah ponsel dan modul kamera di bagian kiri atasnya.

Selain itu, untuk menambah keamanan dan ketahanannya, OPPO menyematkan sensor fingerprint di bagian bezel kanan yang berbarengan dengan tombol power. Sementara itu, untuk melindungi komponen dalamnya, HP ini sudah tersertifikasi IPX4 yang tahan cipratan air dari berbagai sisi.

Fitur layarnya sendiri cukup mumpuni untuk kelas entry-level. Bermodalkan panel IPS LCD seluas 6,51 inchi dengan rasio bodi ke layar 82.6%, serta resolusi 1600 x 720 pixel dengan aspek rasio 20:9 dan touch sampling di 120 Hz, sudah memenuhi syarat kenyamanan untuk menonton dan bermain game.

Baterai Bertenaga

Image Source: oppo.com

Daya tarik dari HP OPPO A54 adalah memiliki kapasitas baterai jumbo. HP ini dibekali baterai Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh yang sudah pasti bisa bertahan seharian tanpa harus dicharge ulang.

OPPO berani mengklaim bahwa ponsel ini bisa bertahan selama 19,9 jam saat digunakan untuk streaming video online, serta mampu dipakai untuk memutar musik selama 41 jam tanpa henti.

Untuk mempermudah kamu dalam pengisian daya baterainya, HP kelas entry-level ini sudah didukung pengisian daya cepat 18W yang mampu mengisi daya sampai dengan 25% dalam kurun waktu 30 menit pertama.

Kapasitas Memori Besar

Image Source: oppo.com

OPPO A54 didukung memori yang tergolong besar. Dengan bantuan RAM LPDDR4X 4GB dan memori internal 128 GB dengan teknologi eMMC5.1, ponsel ini mampu memperlancar proses multitasking dan mampu menyimpan banyak data. Jika kamu masih kekurangan ruang penyimpanan, kamu bisa memanfaatkan slot microSD yang bisa mendukung sampai dengan kapasitas 256 GB.

Sensor dan Port Lengkap

Image Source: detikInet

Walaupun sasaran pemasaran OPPO A54 adalah kelas entry-level, tak semerta-merta menyuguhkan HP alakadarnya. Hal ini terbukti dengan lengkapnya sensor yang ada pada HP ini. Fingerprrint, accelerometer, proximity, dan compass adalah jajaran sensor yang melengkapi ponsel ini. OPPO A54 hanya tidak memiliki sensor gyroscope saja.

Selain itu, walaupun sudah menggunakan port USB Type-C, smartphone ini masih menyematkan port audio jack 3,5 mm yang sangat penting untuk kebanyakan pengguna. Selain itu, untuk konektivitas lain, ponsel ini sudah didukung WiFi gen 4 dan Bluetooth versi 5.0.

Kekurangan Oppo A54

Sebagai HP yang masuk ke dalam kelas entry-level, barang tentu memiliki beberapa kekurangan ya Jagoans. Dari beberapa kekurangan itu ada yang sangat disayangkan, ada pula masih bisa ditolerir. Oleh karena itu, yuk kita simak beberapa kekurangan OPPO A54 berikut.

Kamera Kurang Memadai

Image Source: oppo.com

OPPO A54 memiliki 3 kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama 13 MP (f/2.2) yang memiliki jarak fokus 25mm dan memiliki fitur PDAF. Kemudian ponsel ini juga memiliki kamera macro dan sensor depth dengan resolusi 2 MP (f/2.4). Sementara itu, di bagian depannya terdapat kamera selfie berkekuatan 16 MP (f/2.0) yang memiliki fitur HDR.

Gambar yang dihasilkan kamera ini tergolong biasa saja. Kamera utamanya mampu menghasilkan gambar yang bagus dengan syarat pencahayaannya harus cukup. Detail yang kurang begitu sempurna dan dynamic range nya yang buruk membuat gambar kurang menarik. Sementara itu untuk kamera macro, gambar yang dihasilkan tergolong kurang rapi dan memiliki detail yang kurang baik.

Beralih ke kamera selfie, ponsel ini menyuguhkan sensor beresolusi 16MP dan memiliki fitur AI Beautification. Fitur ini mampu menyesuaikan cahaya sekitar dengan warna alami kulit kamu, sehingga mampu menghasilkan gambar yang apik. Namun pada kenyataannya untuk mendapatkan gambar yang bagus diperlukan cahaya yang pas dan kestabilan yang bagus.

Berikut contoh jepretan kamera OPPO A54.

Hasil Kamera Utama | Image Source: sellular.id
Hasil Kamera Utama - Low Light | Image Source: sellular.id
Hasil Kamera Selfie | Image Source: sellular.id

Performa Kurang Memadai

Image Source: ICTfix

OPPO A54 berjalan dalam sistem operasi Android 10 dan ColorOS 7.2. Ponsel ini juga dibekali chipset MediaTek Helio P35. SoC besutan MediaTek ini memiliki prosesor 8 inti alias Octa-core dengan arsitektur Cortex A53 yang berjalan dengan kecepatan 2,3 GHz. Di dalamnya juga terdapat GPU PowerVR GE8320 (680 GHz) untuk membantu pemrosesan grafisnya.

Sangat disayangkan, semua arsitektur prosesor ponsel ini berjalan pada mode efisiensi daya. Hal ini mengakibatkan kurang memadainya performa ponsel ini. Andai saja OPPO berani menyematkan chipset yang memiliki arsitektur performa, ponsel ini akan sempurna mengingat harga OPPO A54 yang hanya berkisar 1,5 jutaan di Jagofon.

Untuk membuktikan betapa kurangnya performa HP ini, nanoreview melakukan tes pada AnTuTu dan HP ini hanya mencetak skor di bawah 100.000, yakni 98.000an.

Buat kamu yang ingin beli OPPO A54, kamu harus legowo dan bisa menerima keadaan bahwa HP ini tidak cocok untuk bermain game. Kamu bisa saja memaksakan untuk bermain PUBG Mobile atau MLBB, namun harus menyesuaikan settingan grafisnya ya.

Cek Oppo A54 di Jagofon!

Buat Jagoans yang ingin beli HP pendamping daily driver, kamu bisa mempertimbangkan untuk beli OPPO A54. Selain harga jual OPPO A54 yang bersaing, kualitasnya masih terjaga untuk menyelesaikan tugas-tugas ringan.

Jika kamu memilih untuk beli HP OPPO seri yang lain, kamu bisa cek website Jagofon ya! Jagofon sebagai spesialis HP bekas menyediakan berbagai jenis HP impianmu. Jangan khawatir, semua produk Jagofon sudah lolos tes 90+ titik fungsi dan terjamin berkualitas.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Cukup checkout HP impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!