Product

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Poco M3!

Setelah laris-manis menjual Poco X3 NFC di pasaran, sub-brand dari Xiaomi ini meluncurkan model Poco M3 pada tahun 2020. Ponsel penggebrak harga pasar ini dijual dengan harga 2 jutaan saja saat rilis.

Poco Fans pasti sudah hafal dengan kebiasaan Poco yang selalu menghadirkan performa yang tangguh untuk produknya. Berbagai macam kelebihan pasti dimasukkan ke dalam HP ini walaupun memasang harga yang miring.

Namun, Poco M3 tak luput dari beberapa kekurangan. Yah dengan harga Poco M3 yang 2 jutaan saat rilis pasti ada saja spek yang dikorbankan.

Oleh karena itu, sebagai bahan pertimbangan kamu juga sebelum beli Poco M3, yuk simak beberapa kelebihan dan kekurangan Poco M3 di bawah ini.

Kelebihan Poco M3

Jangan menilai HP dari harganya. HP murah Poco M3 mampu menghadirkan beberapa kelebihan yang patut kamu apresiasi. Yuk kita simak beberapa kelebihannya di bawah ini.

Desain Mantap

Image Source: mi.co.id

Poco M3 hadir dengan desain simple dan simetris. Pada bagian modul kameranya memberikan kesan yang unik dengan menjejerkan 3 kamera secara vertikal di sebelah kiri atas dan memenuhi bagian atas sampai ke sebelah kanan, kemudian ada tulisan Poco di ujungnya yang mengarah ke atas.

Sedangkan, material tutupan belakangnya terbuat dari plastik dengan kontur mirip kulit yang mampu memberikan kenyamanan saat menggenggam, daya cengkeram lebih kuat dan anti menyisakan sidik jari.

Untuk fitur layarnya, ponsel yang memiliki dimensi 162,3 x 77,3 x 9,6 mm dengan berat 198 gram ini dibekali layar berpanel IPS LCD seluas 6,53 inchi dan memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2340 pixel). Layarnya memiliki kemampuan refresh rate 60 Hz dengan kerapatan pixel 395 ppi yang menyuguhkan visual yang tajam dan cerah.

Untuk HP kelas entry-level, dengan layar yang sudah mendukung resolusi FullHD+, dipastikan kamu menang banyak Jagoans! Dengan kualitas layar yang bagus ditambah pixel yang padat, kamu akan nyaman menggunakan HP ini untuk menonton atau bermain game.

Kinerja Cukup Tangguh

Image Source: mi.co.id

Dengan dibekali Snapdragon 662 (11nm), kebutuhan gaming dan produktivitas kamu akan tercukupi hanya dengan beli Poco M3. SoC yang memiliki prosesor octa-core ini terdiri dari 4 inti 2.0 GHz Kryo 260 Gold dan 4 inti 1.8 GHz Kryo 260 Silver, serta memiliki GPU Adreno 610.

Ponsel ini juga dibekali memori yang cukup besar, yakni 4 GB dan 6 GB, kemudian memiliki 2 pilihan storage 64 GB (UFS 2.1) dan 128 GB (UFS 2.2).

Sebelum melakukan tes untuk gaming secara langsung, ponsel ini telah melalui tes performa di AnTuTu v8 oleh GSMArena dan menghasilkan skor 177.904. Saat digunakan langsung untuk bermain game, ponsel ini mampu mengangkat performa PUBG Mobile di settingan grafis medium.

Tag line "The New Entry-Level King" yang disematkan untuk teknik pemasaran Poco M3 ternyata bukan hanya gimmick semata. Ponsel ini mampu mengangkat performa gaming di harga Poco M3 yang hanya 1,5 jutaan di Jagofon.

Kamera Mumpuni

Image Source: mi.co.id

Poco M3 hadir dengan 3 kamera belakang. Kamera utama yang menggandeng nama AI camera memiliki sensor Quad-Bayer 48 MP (f/1.8) berukuran 1/2.0 inchi yang menghasilkan pixel sebesar 0.8┬Ám, PDAF. Lalu ada kamera dengan lensa macro dan sensor depth masing-masing memiliki resolusi 2 MP (f/2.4). Untuk kamera depannya, ponsel ini dibekali resolusi 8 MP (f/2.1).

Gambar yang dihasilkan kamera ini memiliki kualitas yang bagus. Warna yang cerah dan dynamic range yang cukup bagus menambah kualitas gambar dari kamera kelas entry ini.

Berikut contoh hasil jepretan kamera Poco M3.

Hasil Kamera Utama | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Utama - Malam | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Selfie | Image Source: GSMArena

Fitur Menarik Lainnya

Image Source: mi.co.id

Salah satu fitur menarik Poco M3 adalah kapasitas baterainya yang super jumbo di 6000 mAh. Kamu tidak akan khawatir kehabisan baterai saat dalam perjalanan dengan kapasitas sebesar ini. Baterainya juga memiliki endurance rating 154h saat dilakukan tes oleh GSMArena. Poco M3 mampu bertahan selama 46 jam untuk menelepon, 21 jam untuk berselancar di internet, atau selama 17 jam untuk menonton video offline.

Dengan daya baterai yang besar, dibutuhkan adaptor yang besar pula tegangannya. Sayangnya, Poco M3 hanya didukung pengisian daya cepat 18W. Karena besarnya kapasitas baterainya, dibutuhkan sekitar 3 jam untuk mengisi baterai ini sampai penuh.

Poco M3 dibekali stereo speaker yang terletak di bagian atas dan bawah frame nya dan mampu menghasilkan output yang balance. Melansir dari GSMArena, kualitas suara Poco M3 tergolong bagus. Bass nya yang terasa, mid-tone nya sangat bagus, dan high notes nya bisa dikatakan cukup bagus membuat Poco M3 memiliki kualitas speaker yang mumpuni.

Untuk ukuran ponsel entry, Poco M3 menyediakan beberapa konektivitas yang cukup lengkap. Ponsel ini menyediakan Infra red, FM Radio, Bluetooth 5.0, 3,5 mm jack audio, serta menyematkan port USB Type-C. Namun disayangkan, ponsel ini tidak didukung fitur NFC.

Kekurangan Poco M3

Berikut adalah beberapa sektor yang menjadi kekurangan dari Poco M3.

Absen Kamera Ultrawide

Image Source: mi.co.id

Absennya kamera ultrawide memang memberi sedikit kekecewaan pada Fans Poco M3. Pasalnya jika dibandingkan, lensa ini terbukti lebih sering dipakai ketimbang lensa macro. Kamu bisa merekam momen bersama teman-teman atau memotret pemandangan dengan angle yang luas. Untungnya, kameranya dilengkapi fitur panorama sebagai alternatif walaupun hasilnya pasti tidak akan sama.

Refresh Rate Kurang Tinggi

Image Source: GSMArena

Sangat disayangkan, Poco M3 tidak didukung layar dengan refresh rate yang tinggi. Refresh rate yang hanya 60 Hz jelas kalah dengan ponsel zaman sekarang yang berada pada rentang 90 Hz - 120 Hz. Sebagai contoh Poco X3 NFC yang menyematkan layar dengan refresh rate 120 Hz mengingat kelasnya yang berada di harga 3 jutaan.

Cek Poco M3 di Jagofon!

Mengingat harganya yang hanya 1,5 jutaan di Jagofon, Poco M3 yang memiliki beberapa fitur unggulan ini masih layak kamu pakai di tahun ini. Walaupun ada sedikit kekurangan di salah satu sektor, ponsel ini memiliki kelebihan lain yang bisa menutupi kekurangannya.

Buat Jagoans yang sudah mengidam-idamkan model Poco Phone ini, jangan ragu untuk checkout produknya di Jagofon. Jagofon merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh! Beli HP bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon!