Product

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52!

Samsung terkenal dengan produsen smartphone yang produknya memiliki build quality yang bagus dengan sistem yang stabil. Tak hanya berlaku pada kelas high-end, hal ini juga termasuk ke dalam kelas mid-range nya seperti pada Samsung Galaxy A52.

Galaxy A52 sendiri merupakan HP kelas menengah yang diluncurkan pada Bulan Maret tahun 2021 lalu. Ponsel pintar ini menjadi alternatif buat Jagoans yang ingin memiliki gawai berkualitas namun memiliki harga yang pas.

Fitur yang ditawarkan Samsung A52 juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Oleh karena itu yuk kita bedah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A52 sebagai bahan pertimbangan Jagoans sebelum checkout di Jagofon!

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Samsung A52 Masih Layak Pakai

Kelebihan Samsung Galaxy A52

Samsung A52 memiliki beberapa kelebihan yang mungkin sangat worthed kamu pertimbangkan mengenal harga Galaxy A52 yang sekarang hanya 2 jutaan di Jagofon.

Desain dan Layar Menjanjikan

Image Source: Samsung

Berbeda dengan pendahulunya, desain Samsung A52 memiliki kesan elegan tanpa ada corak yang aneh-aneh. Tutupan belakang ponsel ini hanya memiliki modul kamera berbentuk persegi panjang yang berisi 4 kamera dengan 1 flash, kemudian desainnya hanya menampilkan warna Awesome Black, Awesome White, Awesome Violet, atau Awesome Blue dengan aksen matte dan logo di bagian bawah.

Material yang digunakan untuk melindungi Galaxy A52 adalah Gorilla Glass 5 di bagian layar dan polycarbonate a.k.a plastik berkualitas di bagian tutupan belakang dan bingkainya. Untuk melindungi komponen dalamnya, HP ini sudah mengantongi sertifikat IP67 yang tahan debu dan air bersih dengan batas kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Dimensi bodinya sendiri tergolong compact dan pas di tangan dengan ukuran 159,9 x 75,1 x 8,4 mm dan bobotnya berada pada 189 gram.

Layar impressive seluas 6,5 inchi dengan rasio ke bodi ~84.1% didukung dengan panel Super AMOLED yang memiliki refresh rate 90Hz dan kecerahan puncak 800 nits akan menambah pengalaman kamu menggunakan ponsel dengan mulus dan bisa dipakai walau sedang berada di situasi yang panas terik.

Layar Samsung A52 memiliki resolusi mumpuni di kelasnya yang berada pada 1080 x 2400 pixel (FullHD+) dengan aspek rasio 20:9 serta kerapatan pixel 407 ppi, ponsel ini menawarkan tampilan immersive yang menyuguhkan warna yang kaya dan detail yang memukau.

Kinerja Cukup Memadai

Image Source: Samsung

Berjalan di atas sistem operasi Android 11 pada saat rilis, Samsung Galaxy A52 mendapat pembaruan sampai Android 13 dan dikemas dengan cantik oleh One UI 5.0.

Samsung yang biasanya menggunakan chipset besutan sendiri untuk kelas menengahnya, sementara pada Samsung A52 memutuskan untuk mengandalkan Qualcomm Snapdragon 720G (8 nm) untuk menggenjot performanya.

SoC ini sendiri memiliki CPU octa-core yang terdiri dari 2 core performa Kryo 465 Gold (2,3 GHz) dan 6 core hemat daya Kryo 465 Silver (1,8 GHz). Di dalamnya juga terdapat GPU Adreno 618 (750 MHz).

Kemudian ponsel ini dibekali memori sebesar 8GB dan memiliki 2 pilihan penyimpanan 128 GB dan 256 GB. Jika kamu membutuhkan ruang penyimpanan lebih, kamu bisa memanfaatkan slot SIM ke2 untuk dijadikannya sebagai slot microSD.

Setelah dilakukan pengetesan pemakaian sehari-hari, Samsung A52 tidak memiliki keluhan atas performanya. Semua terasa lancar dan mulus, kamu harus berterimakasih atas memori dan chipset yang berkelas yang diterapkan pada HP ini, serta kemampuan layarnya yang memiliki refresh rate yang cukup tinggi.

Ponsel pintar yang mencetak skor 261.282 di AnTuTu v8 ini juga bisa menjalankan beberapa game berat dengan settingn grafis tinggi. Frame rate nya juga tidak langsung drop karena manajemen daya dan sirkulasi untuk menyalurkan panasnya HP saat menjalankan aplikasi game sudah cukup baik.

Kamera Lumayan

Image Source: Samsung

Konfigurasi hardware kamera Samsung A52 tak kalah mengagumkan. Hadir dengan 4 kamera belakang dan 1 kamera depan, ponsel ini siap melayani kebutuhan konten media sosial kamu.  

Dibekali kamera utama dengan sensor beresolusi 64 MP (f/1,8) OIS, mampu menghasilkan gambar yang jernih dan memiliki detail yang bagus. Kemudian ada ultrawide dengan resolusi 12 MP (f/2.2) yang mampu menangkap objek dalam satu frame dengan jarak pandang sampai dengan 123˚. Lalu ada kamera macro dan sensor depth 5MP (f/2.4).

Disamping kamera belakang, kamera selfie Samsung Galaxy A52 dibekali lensa dengan resolusi 32 MP (f/2.2) dan memiliki fitur HDR.

Secara keseluruhan, gambar hasil jepretan Kamera Samsung A52 tergolong bagus untuk kelasnya. Detail yang rapi, warna yang natural, dan dynamic range yang cukup luas saling mendukung demi menghasilkan gambar dengan kualitas top. Namun jika kamu menggunakan mode 64MP, proses menjepret akan sedikit lama dikarenakan adanya proses 4-in-1 binning pixel.

Berikut contoh hasil jepretan kamera Samsung A52.

Hasil Kamera Utama16MP | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Ultrawide | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Selfie | Image Source: GSMArena

Fitur Menarik Lainnya

Image Source: Samsung

Baterai dengan kapasitas 4500 mAh adalah salah satu daya tarik mengingat harga Samsung A52 yang hanya sekitar 2 jutaan. Smartphone ini mampu bertahan seharian tanpa harus kamu charge. Hal ini dibuktikan setelah dilakukan pengetesan oleh GSMArena yang menghasilkan endurance rating 105 jam.

Kemudian ponsel ini juga dibekali stereo speaker yang terletak di bagian bawah dan di atas. Suara yang dihasilkan juga terkesan bagus dan lantang. Lebih lanjut lagi ponsel ini sudah dibekali fitur Dolby Atmos yang bisa membuat suara lebih epik dan dinamis.

Untuk fitur konektivitas, Samsung A52 sudah mendukung fitur NFC. Fitur yang sangat berguna di zaman sekarang ini memang cukup esensial untuk mempermudah kamu bertransaksi secara cashless.

Baca juga: Sama Tapi Beda: OPPO Reno6 vs Samsung Galaxy A52

Kekurangan Samsung Galaxy A52

Smartphone sempurna itu hanya kata-kata mitos belaka. Samsung A52 juga tak luput dari beberapa kekurangan yang mungkin bisa Jagoans maklumi atau tidak. Berikut beberapa kekurangan dari Samsung A52.

Build Quality Kurang

Image Source: Samsung

Sedikit kekurangan dari build quality Samsung A52 adalah penutup belakangnya dirasa kurang kokoh dan lebih tebal dari seri sebelumnya.

Namun, balik lagi kepada apa yang dirasakan Jagoans ya, jika kamu merasa fine-fine saja dengan hal ini, tentu ini tidak akan menjadi masalah yang besar.

Slot Hybrid

Image Source: Dignited

Salah satu hal yang disayangkan adalah slot microSD nya masih bersifat hybrid. Saat kamu ingin menambah kapasitas penyimpanan dengan memanfaatkan penyimpanan external, kamu harus mengorbankan satu slot SIM yang tersedia.

Fitur Charger Kurang

Image Source: Samsung

Samsung Galaxy A52 dilengkapi dengan adaptor di dalam satu paket pembelian. Namun adaptor yang diberikan memiliki daya 15W, sedangkan Galaxy A52 mendukung daya sampai 25W.

Hal yang aneh ini tentu akan menurunkan kemampuan pengisian ulang daya baterainya. Terbukti saat dilakukan perbandingan menggunakan adaptor 15W dan 25W. Saat menggunakan adaptor 15W, ponsel ini hanya mengisi daya 34% pada 30 menit pertama, sedangkan pada adaptor 25W mampu mengisi daya sampai dengan 25%.

Sementara itu, untuk pengisian daya penuh, adaptor 15W membutuhkan waktu sampai dengan 2 jam 3 menit, sedangkan adaptor 25W hanya membutuhkan waktu 1 jam 30 menit. Sangat jomplang sekali ya Jagoans hasilnya.

Cek Samsung Galaxy A52 di Jagofon!

Samsung Galaxy A52 hadir buat Jagoans yang mengidamkan HP bekas murah dengan fitur mewah. Harga Samsung A52 yang berada di kisaran 2 jutaan di Jagofon ini sudah bisa kamu kantongi langsung loh!

Jagoans jangan khawatir dengan kualitasnya, karena setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP nya 100% berfungsi seperti HP baru. Semua sinyal lokal juga akan tertangkap dan IMEI nya dijamin tembus karena produknya memang original Indonesia.

Beli HP bekas di Jagofon seperti beli HP baru, karena semua HP yang berada di Jagofon punya jaminan garansi mesin 1-6 bulan. Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!