Product

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra!

Samsung Galaxy S22 Ultra hadir untuk meramaikan HP kelas flagship pada tahun 2022 di Indonesia. Kehadirannya ditemani oleh jajaran lain seperti Samsung Galaxy S22 dan S22+.

Ponsel premium dengan desain memukau ini  diharapkan memiliki beberapa inovasi baru dan peningkatan performa dan kameranya dari seri sebelumnya, yakni Samsung Galaxy S21 Ultra.

Penasaran dengan fitur canggih dan kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra yang lain? Tak hanya kelebihannya, pada kesempatan kali ini kita akan membeberkan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra juga. Jadi Jagoans bisa menggunakan artikel ini sebagai bahan pertimbangan untuk beli Samsung S22 Ultra.

Tak usah berlama-lama, yuk kita simak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra berikut.

Baca juga: Jajaran Samsung Galaxy S23: Kamera Epik, Performa Ciamik!

Kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra

Menyandang status kasta tertinggi di jajaran Seri S22, Samsung Galaxy S22 Ultra memiliki beberapa kelebihan yang bisa kamu jadikan acuan sebelum membelinya di Jagofon. Oleh karena itu yuk kita simak beberapa kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra di bawah.

Desain dan Layar Memuaskan

Image Source: GSMArena

Salah satu nilai jual Samsung Galaxy S22 Ultra adalah build quality nya yang tidak bisa dipertanyakan lagi ketangguhannya. Ponsel bongsor berdimensi 163,3 x 77,9 x 8,9 mm dengan berat 228 gram ini dilindungi Gorilla Glass Victus+ di bagian layar dan tutupan belakangnya, serta memiliki armor aluminium pada frame nya yang mampu meredam keretakan dan goresan.

Untuk melindungi komponen penting di bagian dalamnya, ponsel ini sudah mengantongi sertifikat IP68 yang tahan debu dan air bersih sampai kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Untuk mempercantik tampilannya, Samsung S22 Ultra memadukan beberapa pilihan warna eksotik Phantom Black, White, Burgundy, Green, Graphite, Red, Sky Blue, dan Bora Purple. Perpaduan material yang kokoh dengan estetika kelas tinggi membuat siapa saja yang melihat HP ini akan merasa takjub.

Fitur layarnya tak kalah memuaskan, dengan perpaduan panel Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inchi (90,2% rasio bodi ke layar) dan dukungan refresh rate 120Hz memberi pengalaman baru saat menjelajah dunia maya.

Pengalaman menonton kamu juga akan terpuaskan dengan dukungan layar beresolusi 1440 x 3088 pixel dengan aspek rasio 19,3:9 dan memiliki kerapatan pixel di 500 ppi serta dukungan HDR10+. Warna dan kecerahan yang disuguhkan tak main-main sehingga bisa membuat mata kamu takjub melihat kemampuan layarnya.

Ponsel ini juga memiliki kecerahan puncak di 1750 nit yang memungkinkan kamu memakai ponsel ini dalam keadaan terik matahari.

Baterai Cukup Memadai

Image Source: GSMArena

Samsung Galaxy S22 Ultra dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas ini meningkat sebanyak 500 mAh dari S20 Ultra dan memiliki kapasitas sama dengan S21 Ultra. Dengan dukungan chipset mumpuni yang mampu mengelola daya dengan baik dan kemampuan mengatur refresh rate secara dinamis, diharapkan mampu memperpanjang daya tahan baterai ponsel ini.

Untuk menguji kemampuan daya tahan baterai Samsung Galaxy S22 Ultra, GSMArena melakukan pengujian menggunakan Smartviser dan menghasilkan endurance rating 108h. Hasil ini lebih baik dari ponsel flagship lain seperti Xiaomi 11 Ultra yang meraih endurance rating di 95h dan Samsung Galaxy S22+ 5G yang memiliki endurance rating 97h.

Secara detail, ponsel ini mampu bertahan selama 32 jam ketika dipakai untuk menerima panggilan telepon, kemudian saat digunakan untuk browsing, ponsel ini mampu bertahan selama 16 jam 54 menit. Kemudian saat digunakan untuk memutar video offline, ponsel ini mampu bertahan selama 18 jam.

Kinerja Prima

Image source: Jagat Review

Samsung Galaxy S22 Ultra berjalan dalam sistem operasi Android 12 saat rilis. Kemudian ponsel ini mendapatkan pembaruan sistem yang cukup rajin dan sekarang berjalan dalam sistem operasi Android 14 yang dikemas dalam OneUI 6.

SoC nya sendiri dibekali Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm). SoC ini memiliki CPU octa-core yang terdiri dari 1 core prime 3.00 GHz Cortex-X2, 3 core performa 2.50 GHz Cortex-A710, dan 4 core efisiensi daya 1.80 GHz Cortex-A510. Kemudian di dalamnya juga ada GPU Adreno 730 yang bertugas mempermudah rendering grafisnya.

Memori yang ditawarkan memiliki variasi 128GB/8GB RAM, 256GB/12GB RAM, 512GB/12GB RAM, dan 1TB/12GB RAM. Penyimpanannya sendiri memiliki teknologi UFS 3.1 yang memiliki kecepatan membaca dan menulis data dengan baik.

Pengalaman bermain game kamu pasti akan bertambah menyenangkan dengan kualitas layar serta chipset yang mumpuni. Semua game yang ada bisa kamu mainkan dengan settingan grafis tinggi tanpa harus takut mengalami penurunan performa.

Kamera Memuaskan

kamera samsung galaxy s22 ultra
Image Source: Samsung

Kamera Samsung Galaxy S22 Ultra menawarkan konfigurasi yang canggih. Kamera utamanya menyuguhkan sensor 108 MP berukuran 1/1,33 inchi (f/1.8) yang memiliki focal length 23mm dan mampu menghasilkan pixel berukuran 0.8µm. Kamera utamanya juga mendukung fitur PDAF, Laser AF, dan OIS.

Kemudian ada kamera periskop telefoto 10 MP (f/4.9) dengan jarak fokus 230mm, yang memiliki fitur dual pixel PDAF, OIS, dan memiliki kemampuan 10x optical zoom. Lalu ada kamera telefoto 10 MP (f/2.4) dengan jarak fokus 70mm dan memiliki fitur dual pixel PDAF, OIS, dan mampu melakukan 3x optical zoom. Terakhir ada kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) dengan fov 120˚.

Kamera depan Samsung S22 Ultra dibekali kamera dengan kekuatan resolusi 40 MP (f/2.2) dengan focal length 26mm serta memiliki fitur PDAF.

Gambar yang dihasilkan kamera utamanya tergolong superb. Dengan menyuguhkan detail dan warna yang cukup tajam dan dynamic range nya cukup bagus. Berikut contoh hasil jepretan dari kamera Samsung S22 Ultra.

Hasil Kamera Utama | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Periscope 10x zoom | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Utama (low-light) | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Selfie | Image Source: GSMArena

Fitur Menarik Lainnya

Image Source: Samsung

Seperti seri pendahulunya, Samsung Galaxy S22 Ultra memiliki aksesoris khusus bernama S-Pen. Perangkat tambahan ini memiliki peningkatan dan penambahan fitur dari seri sebelumnya. Peningkatan tersebut terletak dari latensi yang semakin responsif yang berada pada 2.8 milidetik. Perangkat ini juga terintegrasi dengan Bluetooth dan memiliki sensor accelerometer dan gyro.

Kemudian ponsel ini menghadirkan inovasi berupa sensor UWB (Ultrawide Band). Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengaktifkan transmisi data jarak pendek yang memiliki kemampuan mendeteksi atau melacak menggunakan radar non-kooperatif dengan sangat akurat.

Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra

Percaya tidak percaya, secanggih apapun HP kamu, pasti ada kekuranannya juga. Walaupun hal ini hanya berbasis opini, namun kamu bisa mempertimbangkan beberapa Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra berikut.

Kapasitas Charging Masih Standard

Image Source: GSMArena

Pada saat brand lain berlomba-lomba mengembangkan kemampuan teknologi pengisian daya cepatnya, Samsung konsisten mempertahankan daya yang sama dalam kurun waktu yang agak lama. Pasalnya Samsung S22 Ultra hanya didukung fast charging 45W.

Hal ini tentu dikalahkan oleh pesaing lain seperti Xiaomi 12 Pro yang mengusung charging 120W, bahkan Huawei P50 Pro memiliki kemampuan pengisian daya 66W.

Absen Charger Saat Pembelian

Image Source: CNBC

Semakin lama, produsen HP kelas atas tidak menyertakan adaptor charger ke dalam satu paket pembelian ponsel baru. Dengan alasan mengurangi jejak karbon, Apple memulai trend ini yang lalu diikuti oleh beberapa brand setelahnya.

Hal ini berlaku juga pada Samsung S22 Ultra yang dalam box nya hanya berisi ponsel, kabel charger, dan SIM ejector. Kamu harus membeli adaptor chargernya dalam kemasan terpisah jika belum mempunyainya.

Absen Jack Audio 3,5 mm

Image Source: The Guardian

Ponsel tanpa jack audio 3,5 mm memang terasa ada yang kurang. Tanpa adanya fitur ini memang sedikit memberi nilai minus untuk S22 Ultra. Namun kabar baiknya kamu bisa menggunakan TWS atau converter sebagai alternatif untuk menikmati musik atau menonton film.

Baca juga: Penasaran? Ketahui Lebih Lanjut Samsung Galaxy S Series

Cek Samsung Galaxy S22 Ultra di Jagofon!

Tak usah lama berfikir untuk switch HP kamu ke Samsung Galaxy S22 Ultra. Build quality yang kokoh ditambah fitur yang canggih masih sangat layak untuk menemani kamu di tahun 2024 ini.

Buat kamu yang sudah memiliki dana cukup, kamu bisa langsung checkout ya Jagoans, mumpung harga Samsung S22 Ultra sudah menyentuh angka 10 jutaan di Jagofon!

Jagofon sebagai spesialis HP bekas menyediakan berbagai jenis HP impianmu. Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik. Jadi pembeli yang pintar! Kamu bisa dapatkan HP bekas yang kualitasnya setara dengan HP baru, namun harganya lebih terjangkau!