Product

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22!

Pada Bulan Februari 2022, Samsung memperkenalkan jajaran Seri Galaxy S22 terbarunya di Indonesia. Tak ada perubahan yang aneh-aneh pada desain dan tampilan dari seri sebelumnya, Samsung memfokuskan peningkatan yang lebih esensial pada performa dan kamera untuk seri S22.

Samsung Galaxy S22 hadir dengan ukuran yang lebih ringkas alias compact dari seri sebelumnya. Hal ini cocok untuk Jagoans penggemar HP yang pas di tangan namun memiliki kekuatan komputasi yang mumpuni.

Selain itu, apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 ya? Oleh karena itu mari kita simak ulasan di bawah yang bisa juga kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum beli Galaxy S22.

Untuk Jagoans yang sedang mencari HP bekas tanpa khawatir dengan kualitas yang masih terjaga, kamu bisa memperhitungkan untuk beli Samsung S22 ini di Jagofon. Selain harga Samsung S22 5G yang sudah terjangkau, performanya juga masih bisa diandalkan.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S22 Ultra 5G Tahun 2023

Kelebihan Samsung Galaxy S22

Si paling mungil dari jajaran seri S22 ini tidak bisa kamu pandang sebelah mata. Berikut beberapa kelebihan dari HP Samsung Galaxy S22.

Desain dan Layar Memukau

Samsung Galaxy S22
Image Source: Samsung Newsroom

Desain memukau dengan bahan premium yang dipadukan dengan warna memikat membuat Samsung Galaxy S22 terlihat berkualitas tinggi. Ponsel yang memiliki dimensi 146 x 70.6 x 7.6 mm seberat 167 gram ini dilapisi bahan Gorilla Glass Victus+ di bagian kaca depan dan belakang. Sementara itu bingkainya terbuat dari bahan armor aluminium yang tahan goresan dan benturan.

Desain tutupan belakang masih mempertahankan modul kamera ala S21 dengan mempertahankan contour-cut nya ditambah penegasan aksen flat yang selaras dengan layarnya. Dipadukan dengan pilihan warna Phantom Black, White, Pink Gold, Green, Graphite, Sky Blue, Violet, Cream, dan Bora Purple, tampilan ponsel ini semakin menarik untuk dilihat.

Layar Samsung S22 sendiri memiliki ukuran seluas 6,1 inchi dengan rasio layar ke bodi ~87.4%. Dengan menyematkan panel Dynamic AMOLED 2X yang memiliki kemampuan refresh rate 120Hz serta didukung HDR10+ dan memiliki kecerahan puncak di 1300 nits membuat pengalaman menonton dan bermain semakin asyik dimana pun kamu berada.

Resolusi layarnya sendiri berada pada 1080 x 2340 pixel dengan aspek rasio 19,5:9 dan kerapatan pixel di 425 ppi, menyuguhkan warna yang cerah dan tajam sehingga akan membuat kamu terpesona melihatnya.

Performa Masih yang Terbaik

Chipset Samsung galaxy s22
Image Source: Samsung

Samsung Galaxy S22 dibekali SoC Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Qualcomm sendiri mengklaim bahwa SoC ini memiliki peningkatan sebanyak 20% pada prosesornya dan memiliki peningkatan sebanyak 30% pada kemampuan GPU nya.

SoC Snapdragon 8 Gen 1 sendiri terfabrikasi 4nm yang didalamnya terdapat CPU octa-core yang terdiri dari 1 core prime Cortex-X2 (3,00 GHz ), 3 core performa Cortex-A710 (2.50 GHz ) dan 4 core efisiensi daya Cortex-A510 (1.80 GHz). Kemudian ada GPU Adreno 730 yang bertugas untuk memuluskan pemrosesan grafisnya.

Untuk menyuguhkan pengalaman multitasking yang flawless dan sat-set, Samsung S22 dibekali RAM 8 GB LPDDR5 dengan dua pilihan penyimpanan jumbo di 128 GB dan 256 GB yang menganut teknologi UFS 3.1. Jika Jagoans adalah tipe orang anti lelet, kamu akan terbantu produktivitasnya jika menggunakan ponsel ini.

Kamera dengan Teknologi Up to Date

kamera samsung galaxy s22
Image Source: Samsung

Samsung memberikan peningkatan ke dalam sektor kamera S22. Kamera utama Samsung S22 memiliki peningkatan pada kualitas sensornya. Dengan bermodalkan sensor ISOCELL GN5 dengan resolusi 50 MP sebesar 1/1,56 inci dan mampu menghasilkan pixel sebesar 1.0µm.

Untuk kemampuan menangkap exposure cahaya, ponsel ini mengalami peningkatan juga dengan menerapkan bukaan f/1.8 dengan focal length 23 mm. Hal ini diharapkan meningkatkan kualitas tangkapan gambar dalam keadaan low-light. Kamera utamanya juga dilengkapi fitur Dual Pixel PDAF dan OIS.

Sementara itu untuk kamera telefoto, ponsel ini menyematkan lensa berkekuatan 10 MP dengan bukaan f/2.4 dengan focal length 70mm, dan memiliki fitur PDAF, OIS, serta mampu melakukan 3x optical zoom. Lalu ada kamera dengan lensa ultrawide berkekuatan 12 MP (f/2.2) dengan jarak fokus 13mm serta mampu menangkap gambar dengan sudut 120˚.

Sementara itu, kamera selfie Samsung Galaxy S22 memiliki sensor 10 MP (f/2.2), 26mm dan memiliki fitur Dual Pixel PDAF.

Berikut contoh gambar yang dihasilkan kamera Samsung Galaxy S22.

Hasil Kamera Utama | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Telefoto 3x zoom | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Utama (Mode Malam) | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Selfie | Image Source: GSMArena

Seperti contoh gambar yang dihasilkan kamera Samsung S22 di atas, hasilnya sangat memuaskan dan memiliki detail yang bagus. Warna yang ditampilkan oleh kamera utama terkesan hidup dan jelas. Sementara itu, untuk dynamic range nya cukup luas yang menghasilkan white balance yang bagus.

Hasil untuk Insta-story Memuaskan

Image Source: Samsung

Tak dipungkiri, kualitas yang video HP Android pada umumnya yang diunggah ke dalam insta-story lebih rendah daripada iPhone. Untuk menguji kualitas insta-story, JagatReview menguji jajaran Samsung S22 untuk mengetahui kualitasnya.

Metode yang diuji adalah dengan cara direct dan indirect. Direct adalah dengan memanfaatkan fitur kamera dari Instagram, kemudian langsung meng-uploadnya. Sementara itu metode indirect adalah dengan cara merekam dengan kamera bawaan terlebih dahulu, kemudian meng-uploadnya di aplikasi instagram.

Hasilnya, metode indirect mampu menghasilkan kualitas yang lebih baik. Secara keseluruhan hasilnya tampilannya masih di bawah iPhone walaupun memiliki bitrate video lebih baik, namun segi kestabilannya masih kalah.

Kekurangan Samsung Galaxy S22

Dari semua kelebihan yang disuguhkan, berikut kekurangan Samsung Galaxy S22 yang patut kamu pertimbangkan.

Kapasitas Baterai Kurang

Image Source: 91mobile

Dengan dipangkasnya ukuran Samsung S22, berakibat penurunan kapasitas baterai dari seri sebelumnya. Ponsel ini dibekali baterai dengan kapasitas 3700 mAh, lebih rendah 300 mAh dari seri S21.

Sebenarnya, berapapun kapasitas baterainya, jika chipsetnya mampu melakukan manajemen daya dengan baik, ponsel akan bertahan lebih lama. Namun ketika diuji oleh tim PC Mag dengan cara menonton video online dengan kualitas HD, ponsel ini hanya bisa bertahan selama 9 jam. Hal ini merupakan sebuah penurunan dari S21 yang mampu memutarnya selama 10 jam 20 menitan.

Kemudian model ini juga belum didukung pengisian daya cepat 45W. Ponsel ini hanya didukung adaptor dengan daya 25W yang mampu mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam waktu 75 menit.

Absen Charger Saat Pembelian

Image Source: IndiaMart

Absennya charger dalam paket pembelian Samsung Galaxy S22 membuat Jagoans harus mengeluarkan dana tambahan untuk melengkapi aksesorisnya. Sebenarnya kamu bisa saja membeli adaptor unofficial dengan daya yang disesuaikan, namun hal ini akan menambah resiko kerusakan baterai lebih tinggi.

Absen Jack Audio

Image Source: XDA

Hal yang disayangkan lainnya adalah tidak adanya jack audio 3,5 mm. Hal ini akan membuat penikmat musik dan penikmat audio kualitas tinggi kecewa. Pasalnya alternatif untuk mendengarkan musik atau bermain game hanya memakai TWS atau menggunakan converter. Dua hal ini sampai sekarang tidak bisa menyamai kualitas yang dihasilkan.

Baca juga: Penasaran? Ketahui Lebih Lanjut Samsung Galaxy S Series

Cek Samsung Galaxy S22 di Jagofon!

Samsung Galaxy S22 5G adalah jawaban untuk Jagoans yang mengidam-idamkan HP berukuran kecil namun memiliki performa setara flagship. Tak hanya itu, harga Samsung S22 yang sekarang hanya 8 jutaan di Jagofon bisa langsung kamu kantongi.

Tenang saja Jagoans, walaupun statusnya HP bekas, tapi kualitas dan sinyal Samsung S22 masih terjamin aman. Karena sebelum ditampilkan dalam katalog, semua produk akan dicek terlebih dahulu kelayakannya.

Buat yang belum tahu, Jagofon adalah marketplace pertama Indonesia yang menyediakan HP bekas. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh! Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!