Product

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S23 Ultra!

Setiap tahunnya, tepatnya pada kuartal 1, Samsung selalu menjadwalkan perilisan smartphone flagship nya ke pasar ponsel global termasuk Indonesia. Tepat pada Bulan Februari 2023, Samsung merilis Samsung Galaxy S23 Ultra bersama jajaran HP flagship Seri S23 lainnya di Indonesia.

Secara tampilan, Samsung Galaxy S23 Ultra memiliki kemiripan dengan pendahulunya, Samsung Galaxy S22 Ultra. Hal ini ditengarai bahwa para produsen HP tidak terlalu memaksakan perubahan atau inovasi baru ke dalam produknya, namun berfokus kepada peningkatan pengalaman penggunanya.

Oleh karena itu, Samsung S23 Ultra ini hadir dengan beberapa peningkatan yang berfokus pada sektor performa dan kamera. Jika seperti itu kasusnya, apakah sektor lain tidak memiliki peningkatan sama sekali? Kemudian apakah ada penurunan kualitas sektor lain demi meningkatkan sektor yang lain?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Jagoans, yuk kita simak saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S23 Ultra berikut. Siapa tahu ulasan ini bisa menjadi bahan pertimbangan Jagoans sebelum beli Samsung Galaxy S23 Ultra di Jagofon.

Kelebihan Samsung Galaxy S23 Ultra

Secara umum, hadirnya Samsung Galaxy S23 Ultra adalah jawaban dari kekurangan yang ada pada S22 Ultra. Ponsel ini mempertahankan kelebihan S22 Ultra sekaligus memperbaiki beberapa kekurangan yang ada di dalamnya.

Desain dan Layar Maksimal

jual samsung galaxy s23 ultra di jagofon
Image Source: Samsung

Seperti biasa, desain dan build quality Samsung Seri S memiliki kualitas paling prima. Seperti halnya pada Samsung Galaxy S23 Ultra yang memakai bahan Gorilla Glass Victus 2 untuk melindungi sisi depan dan belakangnya dan bahan armor aluminium untuk rangka nya. Samsung mengklaim bahwa bahan ini anti gores dan anti retak. Selain itu, ponsel ini juga tersertifikasi IP68 untuk menambah daya tahannya terhadap debu dan air.

Samsung S23 Ultra memiliki dimensi bodi 163,4 x 78,1 x 8,9 mm dengan berat 234 gram. Bodi yang lebar dan berat ini dipadukan dengan beberapa pilihan warna yang menyejukkan mata, yakni Phantom Black, Green, Cream, Lavender, Graphite, Sky Blue, Lime, dan Red.

Fitur layar S23 Ultra berada pada level puncak pada masanya. Ponsel ini memiliki panel Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate 120Hz seluas 6,8 inchi dengan rasio layar ke bodi ~89.9%. Resolusi layarnya berada pada level 1440 x 3088 pixel dengan aspek rasio 19,3:9 dan memiliki kerapatan pixel memukau di 500 ppi.

Layarnya juga sudah mendukung HDR10+ dan memiliki kecerahan puncak di 1750 nit. Untuk mendukung pengalaman kamu di bidang multimedia seperti menonton film atau bermain game, visual yang disuguhkan akan membuat kamu takjub. Warna yang tajam dan vivid akan membuat kamu betah berlama-lama di depan layar ponsel ini.

Baterai Mengalami Kemajuan

Image Source: Forbes

Samsung S23 Ultra dibekali baterai dengan kapasitas 5000 mAh. Kapasitasnya tidak mengalami peningkatan dari seri sebelumnya, namun dengan ditanamkannya chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang memiliki efisiensi daya lebih baik diharapkan bisa menambah daya tahan baterainya.

Untuk mengetahui seberapa bagus daya tahan baterainya, GSMArena menguji baterai S23 Ultra melalui viSer app dan mendapatkan skor active use 13:24h. Ponsel ini mampu bertahan selama 39 menit untuk melakukan panggilan telepon, 15 jam 47 menit menonton video, 10 jam 51 menit untuk browsing internet, dan 8 jam 44 menit untuk bermain game.

Daya tahan baterai Samsung Galaxy S23 Ultra juga mampu mengungguli HP flagship lain seperti Google Pixel 8 Pro dan Sony Xperia 1 V, yang notabene memiliki kapasitas yang lebih besar.

Performa Memuaskan

Image Source: GSMArena

Samsung Galaxy S23 Ultra berjalan dalam sistem operasi Android 14 yang dipercantik oleh One UI 6. Sementara itu ponsel ini dibekali dapur pacu mumpuni, yakni Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dengan fabrikasi 4 nm.

Di dalam SoC ini terdapat komponen CPU octa-core yang terbagi menjadi 4 klaster diantaranya 1 inti prime Cortex-X3 3.36 GHz, 2 inti performa Cortex-A715 2.8 GHz, 2 inti performa Cortex-A710 2.8 GHz, dan 3 inti efisiensi daya Cortex-A510 2.0 GHz. Selain itu ada GPU Adreno 740, ISP Spectra, proesor AI Hexagon, dan modem 5G. SoC ini juga mendukung RAM LPDDR5X dan storage UFS 4.0.

Ponsel ini juga didukung memori yang besar dengan beberapa pilihan variasi 256GB/8GB RAM, 256GB/12GB RAM, 512GB/12GB RAM, dan 1TB/12GB RAM.

Untuk masalah performa, jangan ditanya lagi ya Jagoans, ponsel yang mencetak skor 1.241.531 di AnTuTu v9 ini mampu menjalankan semua aplikasi dan game yang ada di Play Store dengan lancar. Pun dengan kemampuan mutitasking nya, ponsel ini mampu berpindah aplikasi atau menjalankan multi aplikasi dalam satu waktu dengan sangat lancar.

Kamera 200 MP yang Fenomenal

Kamera samsung galaxy s23 ultra jagofon
Image Source: Samsung

Secara umum, konfigurasi kamera S23 Ultra sama dengan pendahulunya, S22 Ultra yang memiliki 4 kamera belakang. Perbedaannya hanya terletak pada peningkatan kamera utamanya.

Adapun konfigurasinya, kamera utama Samsung S23 Ultra memiliki sensor Samsung HP2 200 MP (f/1.7) dengan focal length 24mm berukuran 1/1,3" yang menghasilkan pixel sebesar 0,6µm.

Lensa ini juga memiliki dukungan fitur multi-directional PDAF, Laser AF, dan sudah dilengkapi OIS. Kemudian sensornya memiliki teknologi Tetra2pixel RGB Bayer Pattern color filter yang mampu menggabungkan 16 pixel menjadi 1 pixel yang besar.

Selanjutnya, ada kamera dengan lensa periscope 10 MP (f/4.9) dengan focal length 230mm serta memiliki fitur Dual Pixel PDAF, OIS, dan memiliki kemampuan 10x optical zoom. Kemudian ada kamera telefoto 10 MP (f/2.4) 70mm dengan fitur Dual Pixel PDAF, OIS, dan mampu melakukan 3x optical zoom.

Ponsel ini juga dilengkapi kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) dengan field of view sampai dengan 120˚ dengan fitur Dual Pixel PDAF dan Super Steady video. Sementara itu kamera depannya dilengkapi dengan sensor 12 MP (f/2.2) dan memiliki fitur Dual Pixel serta dilengkapi PDAF.

Untuk meliat hasil kamera Samsung Galaxy S23 Ultra, kamu bisa lihat beberapa contoh gambar di bawah ini.

Hasil Kamera Utama | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Utama | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Ultrawide | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Ultrawide | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Telefoto | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Telefoto 10x zoom | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Selfie | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Selfie | Image Source: GSMArena

Dari gambar di atas, Jagoans sudah bisa menyimpulkan kualitas kamera Samsung S23 Ultra. Hasilnya kamera ini mampu menghasilkan gambar luar biasa dengan detail yang bagus, warna yang lebih kaya, dan condong memiliki gaya "pop".

Berbagai Fitur Kekinan

Samsung Galaxy S23 Ultra di Jagofon
Image Source: Samsung

Meneruskan culture seri Note, jajaran model Ultra konsisten menyematkan S-Pen ke dalam ponselnya. Tak hanya asal menyematkan, S-Pen juga sering mendapat pemutakhiran teknologi untuk mendukung produktivitas penggunanya.

S-Pen yang ada di S23 Ultra memiliki latensi di 2,8 ms. Dengan latensi yang kecil ini, penggunaannya akan semakin responsif dan akan meningkatkan kerja kamu.

Selain itu, Samsung banyak memasukkan fitur tambahan ke dalam S-Pen nya, seperti menggunakan notes, menggambar doodle, serta bisa digunakan untuk mengedit foto dan video.

Jika kamu menggunakan S-Pen pada Samsung Notes, kamu bisa memanfaatkan fitur tambahan yang memungkinkan kamu berbagi catatan dengan rekan kerja atau teman sekolah kamu.

Kekurangan Samsung Galaxy S23 Ultra

Semua setuju jika Samsung Galaxy S23 Ultra memiliki fitur dan performa unggul. Namun ada beberapa sektor yang bisa menjadi kekurangan bagi sebagian orang. Oleh karena itu, yuk kita simak kekurangan Samsung Galaxy S23 Ultra berikut.

Pengisian Daya Bukan yang Terbaik

Image Source: Samsung

Untuk kelas HP flagship, Samsung Galaxy S23 Ultra memiliki teknologi pengisian daya cepat yang tertinggal dari kompetitornya. Pasalnya ponsel ini hanya didukung pengisian daya cepat 45W. Sementara itu kompetitor lain seperti iQOO 11 dan Xiaomi 12 Pro sudah mendukung pengisian daya cepat 120W.

Alhasil waktu yang digunakan untuk mengisi daya dari kosong sampai penuh dibutuhkan waktu selama 59 menit. Sebenarnya durasi pengisian dayanya masih tergolong cepat karena masih di bawah 1 jam, namun jika dibandingkan dengan iQOO 11 yang mampu mengisi daya hanya dalam 22 menit dan Xiaomi 12 Pro yang hanya dalam 21 menit, tentu hasilnya akan sangat jauh berbeda.

Namun pihak Samsung memberikan alasan kenapa masih menggunakan tegangan adaptor yang sama dengan pendahulunya, alasannya supaya masa hidup baterai yang ada pada S23 Ultra dan jajarannya berumur panjang dan tidak mudah rusak.

Absen Charger Saat Pembelian

charger samsung galaxy s23 ultra
Image Source: GSMArena

Dengan alasan untuk memelihara lingkungan dengan mengurangi limbah elektronik, Samsung memutuskan untuk ikut-ikutan tidak menyertakan charger adaptor ke dalam satu paket pembelian.

Hal ini tentu banyak yang tidak menyukainya karena kamu harus membeli tambahan adaptor yang harganya tidak ramah di kantong.

Lagipula jika kamu ingin berkontribusi memelihara lingkungan dengan mengurangi limbah elektronik, kamu hanya perlu belanja gadget di Jagofon loh! Karena kamu secara aktif akan berkontribusi dalam pelestarian alam dengan membeli HP bekas berkualitas.

Bodi Besar dan Berat

samsung galaxy s23 ultra 5g
Image Source: Samsung

Banyak dari pengguna yang mengeluhkan dimensi bodi yang lebar dan berat yang mencapai 234 gram Samsung Galaxy S23 Ultra. Material kokoh dengan tambahan beberapa hardware memungkinkan bertambahnya berat ponsel ini dari seri sebelumnya. Kamu yang terbiasa membawa ponsel compact pasti akan beradaptasi lagi setelah switch ke HP bongsor ini.

Cek Samsung Galaxy S23 Ultra di Jagofon!

Buat Jagoans yang sudah menabung dan menunggu dengan sabar, bisa langsung checkout Samsung Galaxy S23 Ultra di Jagofon ya karena harga Samsung Galaxy S23 Ultra sudah bisa kamu jangkau dan HP flagship ini masih sangat layak untuk kamu jadikan daily driver.

Jagofon merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original.