Product

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 11T!

Xiaomi 11T menjadi tonggak awal hilangnya kata "Mi" pada seri ini. Suksesor dari Xiaomi Mi 11 ini diperkenalkan pada tahun 2021 dengan menggandeng citra HP flagship ala Xiaomi.

Hadirnya Xiaomi 11T di pasar smartphone Indonesia akan membuat penasaran para Mi Fans karena Xiaomi pasti memperkenalkan fitur dan inovasi terbarunya.  

Jagoans pasti penasaran kan apa saja yang menjadi kelebihan Xiaomi 11T sekaligus apakah ada kekurangan dari Xiaomi 11T? Oleh karena itu yuk kita simak ulasan di bawah ini yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum beli Xiaomi 11T di Jagofon.

Kelebihan Xiaomi 11T

Semakin maraknya persaingan pasar ponsel pintar di Indonesia, membuat produsen ponsel memutar otak untuk menarik perhatian pasar. Tak heran banyak inovasi dan terobosan yang dicoba untuk meraih hal positif baik dari segi bisnis maupun dari segi kepuasan para fans.

Oleh karena itu apakah kelebihan dari Xiaomi 11T mampu menarik perhatian pasar untuk membeli produknya? yuk kita ulas beberapa kelebihan Xiaomi 11T berikut.

Desain dan Layar Memukau

Image Source: mi.co.id

Jagoans pasti setuju kalau kesan pertama saat melihat Xiaomi 11T adalah memiliki desain yang memukau. Dengan disematkannya bahan premium berupa aluminium di bagian frame, Gorilla Glass Victus di bagian layar dan bahan kaca di bagian cover belakangnya, menambah kesan bahwa harga Xiaomi 11T ini berada di atas 10 jutaan. Namun kenyataannya harga Xiaomi 11T berada pada kelas flagship killer.

Selain itu, perpaduan bahan kaca dengan pilihan warna Meteorite Gray, Moonlight White, dan Celestial Blue menambah kesan elegan pada ponsel ini.

Ukurannya sendiri memiliki dimensi 164,1 x 76,9 x 8,8 mm dengan berat 203 gram. Layarnya memiliki ukuran 6,67 inci (85,1% rasio layar ke bodi) dengan panel flat AMOLED display yang memiliki refresh rate 120Hz dengan kemampuan menampilkan 1 Juta warna. Layarnya sendiri memiliki resolusi 1080 x 2400 pixel dengan aspek rasio 20:9 dan memiliki kerapatan pixel ~395 ppi.

Layar Xiaomi 11T dilengkapi fitur HDR10+ ditambah gamut warna luas DCI-P3 yang memungkinkan kamu membuka pilihan menonton video di Youtube atau Netflix dengan kualitas HD. Ponsel ini juga memiliki kecerahan puncak 1000 nit yang pastinya akan membuat ponsel kamu terlihat jelas walau sedang berada di bawah terik sinar matahari.

Baterai Tahan Seharian

Image Source: mi.co.id

Semakin canggih dan banyak fitur yang ada dalam ponsel kamu, semakin besar daya yang dibutuhkan. Apalagi Xiaomi 11T memiliki layar dengan refresh rate tinggi di 120 Hz, tentu saja jika tidak diimbangi dengan kapasitas baterai yang besar, ponsel ini tidak akan bertahan selama seharian.

Oleh karena itu Xiaomi membekali ponsel ini dengan baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh. Untuk membuktikan ketahanannya, GSMArena melakukan ketahanan baterai pada Xiaomi 11T dan menghasilkan endurance rating 98h. Skor ini secara mengejutkan mengalahkan saudaranya, Xiaomi 11T Pro yang meraih endurance rating 92h.

Dengan rating 98h, Xiaomi 11T mampu bertahan ketika dipakai untuk berselancar di internet selama 14 jam 40 menit, selain itu ponsel ini mampu bertahan selama 29 jam 37 menit untuk menerima panggilan telepon, dan mampu bertahan selama 23 jam 12 menit ketika dipakai untuk menonton video.

Selain baterainya yang unggul, Xiaomi 11 T didukung pengisian daya cepat 67W. Xiaomi sesumbar bahwa ponsel ini mampu mengisi daya dari 0 sampai penuh hanya dalam kurun waktu 36 menit saja.

Kapasitas Chipset dan Memori Besar

Image Source: MediaTek

Xiaomi 11T berjalan pada Sistem Operasi Android 11 saat rilis dan mendapat upgrade sampai Android 13 dalam kemasan MIUI 14. Untuk menjalankan seluruh prosesnya, ponsel ini dikendalikan oleh chipset Mediatek Dimensity 1200 (6 nm).

Dalam SoC Mediatek Dimensity 1200 terdapat 8 inti prosesor yang biasa disebut Octa-core yang terdiri dari tiga cluster, yakni 1 core prime Cortex-A78 (3.0 GHz ), 3 core performa Cortex-A78 (2.6 GHz ), dan 4 core efisiensi daya Cortex-A55 (2.0 GHz). Kemudian ada GPU Mali-G77 MC9 untuk memperkuat kemampuan rendering grafisnya.

Ponsel ini juga memiliki kapasitas memori yang besar dengan menyuguhkan 2 varian RAM 8GB dengan storage 128 GB atau RAM 8GB dengan storage 256GB. Storage nya sendiri memiliki teknologi UFS 3.1 yang mampu membaca dan menulis dengan cepat.

Untuk pemakaian sehari-hari, kemampuan chipset dan besarnya memori ponsel ini tidak diragukan lagi performanya. Hal ini dibuktikan dengan capaian skor sebesar 590.837 pada aplikasi AnTuTu v9. Kemampuan mutltitasking dan menjalankan game pun terasa ringan dan mulus.

Kamera Memuaskan

Image Source: mi.co.id

Beralih ke sektor kamera, Xiaomi 11T memiliki 3 kamera belakang dengan kemampuan yang memukau. Tak tanggung-tanggung, Xiaomi menyematkan sensor Samsung ISOCELL HM2 berkekuatan 108 MP pada kamera utamanya.

Sensor seukuran 1/1.52" ini memiliki aperture f/1.75 dan mampu menghasilkan pixel dengan ukuran sebesar 2.1µm (setelah melalui proses nona-bayer pixel binning) sehingga mampu menghasilkan kualitas gambar yang lebih jernih. Kemudian lensa ini juga dilengkapi PDAF dan fitur mode malam.

Lalu ponsel ini dilengkapi kamera ultrawide dengan memanfaatkan sensor Sony IMX355 8 MP (f/2.2) dengan fov hingga 120˚ dan memiliki fitur mode malam juga. Terakhir ada kamera lensa telefoto macro 5MP (f/2.4) dengan focal length 50mm dan memiliki fitur AF.

Selain kamera belakang, Xiaomi 11T dilengkapi kamera selfie dengan sensor OmniVision OV16A1 berkekuatan 16 MP (f/2.4) dengan kemampuan Quad-Bayer filter.

Gambar yang dihasilkan kamera Xiaomi 11T sangat memuaskan. Gambar yang dihasilkan memiliki detail yang baik, warna yang tersaturasi dengan baik sehingga menyuguhkan tone yang seimbang, kemudian hasilnya juga memiliki dynamic range yang baik.

Berikut contoh hasil jepretan kamera Xiaomi 11T.

Hasil Kamera Utama | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Ultrawide | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Ultrawide | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Selfie | Image Source: GSMArena
Hasil Kamera Selfie | Image Source: GSMArena

Kekurangan Xiaomi 11T

Disamping kelebihannya, Xiaomi 11T juga memiliki beberapa kekurangan. Mungkin beberapa poin di bawah bisa menjadi kekurangan atau bukan tergantung kamu memandangnya seperti apa ya Jagoans.

Absen Sensor Telefoto

Image Source: Liputan6

Walaupun memiliki konfigurasi kamera utama yang mumpuni, terasa kurang lengkap jika tanpa dilengkapi dengan lensa telefoto.

Dengan lensa telefoto, kamu dapat memanfaatkan fitur optical zoom yang mampu melakukan pembesaran gambar tanpa mengurangi kualitasnya. Hal ini sebenarnya tergantung preferensi Jagoans ya, namun dengan harga ponsel 3 jutaan di Jagofon, kamu bisa mendapatkan fitur ini pada HP vivo X70.

Absen Audio Jack dan Slot Memori Eksternal

Image Source: mi.co.id

Xiaomi 11T dibekali dengan kapasitas penyimpanan yang tergolong besar. Namun sebesar-besarnya penyimpanan, lama-kelamaan akan penuh juga. Hal ini yang mungkin tidak disadari oleh produsen Xiaomi yang tidak menambahkan slot microSD ke dalam ponsel ini. Hal ini sangat disayangkan, terlebih jika HP kamu mengalami masalah yang mengharuskan untuk di reset factory, otomatis data kamu akan terhapus semua.

Kemudian Xiaomi ikut-ikutan menghilangkan port audio jack 3,5 mm pada Xiaomi 11T. Hal ini tentu saja sangat merugikan MiFans pada umumnya, dan para audiophile pada khususnya.

Cek Xiaomi 11T di Jagofon!

Langsung saja ya Jagoans, buat kamu yang memiliki dana 3 jutaan, langsung aja cek website Jagofon dan cari Xiaomi 11T di kolom pencarian! HP ini masih sangat worthed buat kamu jadiin daily driver kamu.

Kamu juga tidak perlu khawatir, soalnya semua HP bekas yang ada di katalog Jagofon dijamin kualitasnya karena setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru. - Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh!

Jika kamu berada di wilayah Jakarta, kamu dapat checkout HP impianmu dengan metode COD atau self-pickup ke kantor Jagofon dan konsultasi langsung dengan tim kami!