Product

Inilah Kelebihan Samsung Galaxy S20 FE: Nomor 3 Harus Kamu Pahami!

Samsung Galaxy S20 FE dirilis global pada tanggal cantik, yaitu 2 Oktober 2020.

Galaxy S20 FE adalah seri handphone yang lebih murah dengan seri Galaxy S20 utama. Namun, bukan berarti kualitasnya murahan. Hanya saja, Samsung dengan sengaja merancang versi ini agar dapat menyesuaikan budget pasarnya.

Samsung Galaxy S20 FE juga dikenal sebagai Samsung Galaxy S20 Fan Edition, Samsung Galaxy S20 Lite, dan Samsung Galaxy S20 FE 4G.

Di umurnya yang hampir ketiga ini, harga handphone ini sudah menurun cukup drastis, yang menyebabkan seri FE ini cukup banyak digunakan saat ini.

Untuk mengetahui apakah Galaxy S20 FE ini bagus, kamu perlu ketahui terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan Samsung Galaxy S20. Spesifikasinya adalah seperti berikut.

Desain bodi

Desain bodi Galaxy S20 FE mirip dengan Galaxy 20 dan Galaxy Note 20 dengan desain Infinity-O yang memiliki bagian untuk kamera depan di bagian tengah atas layar.

Source: Fendi Media

Bahan yang digunakan adalah Gorilla Glass 3 untuk kaca depan, plastik ‘Glasstic’ untuk bagian belakang, dan bingkai aluminium anodized.

Ternyata, Samsung Galaxy S21 juga menggunakan bahan plastic pada bagian belakang. Sensasinya sama dengan Galaxy S20 FE yang terasa seperti kaca.

Meskipun menggunakan plastik, bahan yang digunakan bukan plastic murahan. Malahan, bagian belakang handphone akan terlihat seperti kaca premium.

Dimensi S20 FE adalah 159.8mm x 74.5mm x 8.4mm dengan berat 190g.

Warna yang ditawarkan juga lebih banyak pilihannya dan tidak kalah menarik dengan seri utamanya, dengan 6 warna yang menarik: Cloud Lavender, Cloud Mint, Cloud Navy, Cloud White, Cloud Red, dan Cloud Orange.

Layar

Layar yang digunakan Samsung S20 FE adalah Super AMOLED 6,5 inci yang mendukung HDR+ dengan resolusi 1080p bukan 1440p.

Source: Business Insider

Meskipun tidak 1440p, resolusi 1080p juga sudah sangat baik. Seperti yang dikatakan Apple “1080p adalah resolusi yang dibutuhkan untuk layar handphone”.

Selain itu, layar ini juga dilengkapi dengan teknologi "dynamic tone mapping", merupakan proses yang menggunakan algoritma untuk menganalisa sumber gambar dan menyesuaikan dengan layarnya.

Perbedaannya dengan model S20 lainnya adalah layar yang dimiliki S20 FE tidak melengkung namun datar dengan sudut membulat.

Layar pada Samsung S20 FE sudah dilengkapi dengan teknologi keamanan biometric sidik jari yang berada di bawah lapisan layar.

Kamera

Galaxy S20 FE memiliki tiga kamera yang juga mirip dengan seri S20, dilengkapi dengan fitur flash LED, auto HDR, dan panorama.

Source: GSM Arena

Kamera pertama memiliki resolusi 12MP dengan bukaan lensa f/1.8 dan shutter speed 1/1.76”. Tipe lensanya adalah wide (26mm) dengan spesifikasi Dual Pixel PDAF.

Kamera kedua resolusinya 8MP, namun tipe lensanya adalah telephoto (76mm) dengan bukaan lensa f/2.4 dan shutter speed 1/4.5” serta perbesaran lensa hingga 3x optical zoom yang dicap sebagai “Space Zoom”.

Space Zoom adalah kamera yang dapat diperbesar hingga 100x secara elektronik. Jika menggunakan kamera dengan lensa ini, kamu dapat foto objek di langit dengan jelas.

Handphone lain yang memiliki fitur Space Zoom adalah seri iPhone 14.

Source: GSM Arena

Dan yang terakhir adalah kamera ketiga dengan resolusi 12MP, jenis lensa ultrawide (13mm) yang dilengkapi dengan bukaan lensa f/2.2 dan shutter speed 1/3.0”.

Pengambilan video dengan kamera belakang dapat menghasilkan resolusi 4K 30/60fps dan 1080p 30/60fps.

Namun tidak seperti seri Galaxy S20 yang lain, Galaxy S20 FE tidak mendukung perekaman video dengan resolusi 8K.

Salah satu kelebihan Samsung Galaxy S20 SE adalah kamera depannya karena memiliki resolusi 32MP yang cukup besar. Kamera ini dilengkapi dengan bukaan lensa f/2.2 dan shutter speed 1/2.74” serta memiliki fitur HDR.

Perekaman video pada kamera depan juga termasuk sangat baik karena dapat mendukung hingga 4K 60fps.

Performa

Kelebihan Samsung Galaxy S20 lainnya ada pada sistem dan prosesor yang ada pada handphone. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 10.

Source: T3

Seri S20 FE memiliki dua chip prosesor, yaitu Exynos 990 yang digunakan mendukung model 4G dan Qualcomm Snapdragon 865 yang mendukung model 4G & 5G.

Karena adanya dua versi prosesor, handphone ini juga memiliki dua versi CPU dan GPU:

  • CPU 1: 2x2.73 GHz Mongoose M5 & 2x2.50 GHz Cortex-A76 & 4x2.0 GHz Cortex-A55
  • CPU 2: 1x2.84 GHz Cortex-A77 & 3x2.42 GHz Cortex-A77 & 4x1.80 GHz Cortex-A55
  • GPU 1: Mali-G77 MP11
  • GPU 2: Adreno 650

Kapasitas memori internal yang ditawarkan adalah 128GB, 256GB, dan 512GB dengan pilihan RAM 6GB dan 8GB.

Namun, kamu dapat menambahkan memori eksternal berupa microSD dan dapat membuat handphone kamu memiliki kapasitas memori sebanyak 1TB.

Selain membahas performa prosesornya, kelebihan Samsung Galaxy S20 FE lainnya ada pada fitur bawannya. Selain fitur sidik jari, Personal asisten Bixby juga hadir di handphone ini.

S20 FE ini dilengkapi dengan Virtual Proximity Sensing yang dapat menyesukaikan sensitivitas pada sentuhan layar. Tidak hanya Samsung, Realme juga sudah menerapkan fitur ini.

Contohnya waktu sedang mengangkat telepon, handphone tidak akan bereaksi pada saat layar bersentuhan dengan pipi dan tidak sengaja tertekan suatu tombol, sehingga tidak mengganggu aktivitas telepon.

Fitur yang menarik lainnya adalah Samsung Pay, dompet digital yang mempermudah pembayaran dari Samsung ini terverifikasi oleh Visa dan MasterCard. Sehingga, semua transaksinya akan aman.

S20 FE juga dilengkapi dengan fitur Samsung DeX, yang dapat menghubungkan handphone ke monitor atau TV dan menggunakan aplikasi seperti desktop.

Baterai

Samsung Galaxy S20 FE dibekali dengan baterai Li-Ion 4500 mAh yang tidak dapat dilepas, baterai yang sama dengan Samsung Galaxy S8.

Kapasitas baterai ini bisa dibilang cukup besar sehingga dapat bertahan lama. Selain itu, handphone ini sudah dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat.

Terdapat pengujian baterai pada Galaxy S20 FE dengan 60Hz dan 120Hz.

Untuk 120Hz yang merupakan kinerja maksimal, baterai ini dapat bertahan untuk telepon 3G selama 33 jam 37 menit, untuk browsing selama 13 jam 40 menit, dan untuk menonton video selama 15 jam 31 menit.

Setelah mengganti ke 60Hz, baterainya dapat bertahan lebih lama untuk browsing selama 14 jam 47 menit, dan untuk menonton video selama 18 jam 38 menit.

Kesimpulan

Source: GwiGwi

Kelebihan Samsung Galaxy S20 FE adalah harganya lebih rendah dibanding seri S20 lainnya.

Meskipun tidak selengkap seri utamanya, spesifikasi seri FE juga sudah sangat bagus.

Masih banyak orang yang menggunakan handphone S20 FE bahkan sejak perilisannya. Terlebih lagi, saat ini harganya sudah turun.

Jika kamu tertarik, kamu bisa cek di Jagofon karena akan ada penawaran menarik. Selain produk Samsung, tersedia juga produk lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.