Product

December 14, 2023

Inilah Line Up iPad Air dan Spesifikasi iPad Air Terbaru.

Source : iDrop News

Untuk para penggemar Apple, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya iPad Air. iPad ini memiliki harga yang cukup terjangkau dan fiturnya mumpuni. Tak ajrang, iPad Air menjadi pilihan terbaik untuk para pengguna yang membutuhkan tablet. Saat ini, iPad Air telah dikembangkan oleh Apple dari iPad Air generasi pertama, sampai yang paling terkini adalah iPad Air generasi ke-5. Berikut spesifikasi dari jajaran dari iPad Air :

iPad Air

Source : iprice

iPad Air 1st generation diluncurkan pertama kali pada tahun 2013. Sesuai dengan namanya, iPad Air ini adalah model pertama dari series iPad Air. Memiliki dimensi layar 9,7 inch beresolusi 1536 x 2048 pixels dan telah didukung teknologi IPS dengan layar Retina. iPad Air ini juga cukup compact dan mudah untuk dibawa kemana-mana.

Didesain dengan gaya Apple yang klasik, iPad Air 1 generation ini memiliki bezel yang lebar, sehingga layar terkesan sempit. Hal ini tidak mengherankan karena Apple masih memasukan home button pada iPad Air seri pertama ini. iPad Air ini terdiri dari varian warna Space Gray dan Silver.

Jika berbicara soal performa, iPad Air 1st generation didukung oleh Chipset Apple A7 dengan grafis PowerVR G6430 dan masih menggunakan iOS 7, yang masih dapat pembaruan hingga iOS 12.4.9. iPad Air ini dilengkapi dengan RAM 1 GB, cukup untuk pemakaian sehari-hari dengan aktivitas ringan.

Dari segi memori, iPad Air ini masih mengusung kapasitas memori lama dari Apple, yaitu 16GB, 32GB, 64GB, dan 128GB dengan kapasitas baterai 8.820mAh yang diklaim Apple mampu bertahan hingga 10 jam. Kamera dari iPad Air ini juga masih tergolong rendah dengan kamera belakang beresolusi 5MP dan kamera depan 1,2MP.

iPad Air 2

Source : ZDnet

iPad Air selanjutnya adalah iPad Air 2 yang diluncurkan pada tahun 2014. iPad Air 2 ini adalah upgrade dari seri iPad Air. Dari segi desain, tidak ada perbedaan yang mencolok dibandingkan dengan iPad Air versi sebelumnya. Namun, iPad Air 2 ini memiliki tambahan warna selain Space Gray dan Silver, yaitu warna Gold. Dimensinya pun masih sama dengan iPad Air, namun lebih tipis dengan 6,1 mm.

Dari segi layar, iPad Air 2 juga sudah menggunakan teknologi Retina dengan layar IPS. Bobotnya juga lebih ringan jika dibandingkan dengan iPad Air yaitu hanya 444 gram. Dengan layar 9,7 inch, iPad Air ini beresolusi 2048 x 1536 piksel pada 264 ppi dan telah dilengkapi oleh lapisan anti reflektif, atau anti silau, sehingga akan menambah kenyamanan pengguna.

Selain itu, Apple juga menambahkan fitur-fitur terbaru pada series iPad Air 2, seperti mengganti Chipnya menjadi Chip A8X yang tentunya membuat performa iPad Air 2 lebih mulus dibandingkan versi sebelumnya. Jika berbicara soal baterai, iPad Air 2 ini awet hingga 10 jam untuk pemakaian normal.

Apple juga menambah resolusi kameranya dengan 8 MP untuk kamera belakang dan 1,2 MP untuk kamera depan. Fitur kamera lainnya adalah fitur Auto HDR untuk foto. Di samping itu, Apple juga menambahkan Touch ID atau sensor identitas sidik jari yang terpasang di tombol Home.

iPad Air 3rd

Source : Eraspace

iPad Air 3rd atau iPad Air generasi ke-3 ini diluncurkan pada tahun 2019. Bisa dibilang, iPad Air 3rd ini memiliki desain yang lebih ramping dengan beragam fitur menarik tambahan untuk series iPad Air. Apple juga telah membuat bezel iPad Air 3 menjadi lebih tipis, sehingga layarnya terlihat lebih luas dibandingkan dengan versi iPad Air series sebelumnya.

Memiliki layar dengan ukuran yang lebih luas, yaitu 10,5 inch, iPad Air ini juga dilengkapi dengan teknologi True Tone yang membuat tampilan warna menjadi lebih tajam. Apple bahkan juga mengganti chipsetnya menjadi Chip A12 Bionic dengan CPU 6-core, GPU 4-core, dan Neural Engine 8-core. Selain itu, iPad Air 3rd ini juga mendukung Apple Pencil generasi pertama dan magic keyboard.

iPad Air 3rd ini juga menghadirkan warna Gold, disamping warna Silver dan Space Gray. Apple juga terus meningkatkan kemampuan fotografi dari iPad Air 3 dengan menghadirkan kamera di bagian belakang yang beresolusi 8 MP serta kamera depan beresolusi 7 MP. Untuk memorinya, iPad Air 3rd ini hanya menyediakan dua pilihan memori, yaitu 64 GB dan 256 GB.

Baca juga: iPad Air Generasi 5: Tampilan Terbaru Lebih Ringan

iPad Air 4th

Source : Grid ID

Jajaran iPad Air selanjutnya adalah iPad Air generasi ke-4. iPad Air 4th didesain dengan lebih modern, ramping, dan aesthetic, dimana Apple telah menghadirkan bezel yang tipis dengan bobot yang ringan yaitu 460 gram. Kamera dari iPad Air 4th ini juga didesain dengan fresh, yang berbentuk lingkaran yang lebih besar dengan flash yang berada di bawahnya.

Selain itu, iPad Air 4th juga menghadirkan berbagai warna pastel yang cerah di samping Silver, dan Space Gray, yaitu warna Rosegold, Hijau Pastel, dan Light Blue. Layarnya juga didesain lebih luas dengan ukuran 10,9 inch dengan teknologi Layar Liquid Retina dan True Tone yang beresolusi 2360 x 1640 piksel pada 264 ppi. iPad Air ini juga telah mendukung Apple Pencil generasi kedua dan magic keyboard.

Pembaharuan lainnya adalah chipsetnya yang menggunakan Chip A14 Bionic dan kameranya yang lebih mumpuni. iPad Air 4th ini dilengkapi Apple dengan kamera depan beresolusi 7 MP dan kamera belakang 12 MP. Selain itu, iPad Air 4th ini juga dapat mengambil video sampai dengan resolusi 4K. Fitur lainnya adalah tombol Touch ID yang berada di atas, berbeda dengan versi iPad Air sebelumnya yang memiliki Touch ID pada tombol Home.

iPad Air 5th

Source : iprice

Selanjutnya, di jajaran iPad terbaru ada iPad Air 5th atau generasi kelima. iPad Air ini adalah penyempurnaan dari iPad Air series terdahulu. Hadir dengan warna yang elegan dan calm, yaitu Pink, Ungu, Biru, Abu-Abu, dan Silver, iPad Air 5th juga didesain dengan lebih ramping berdimensi 247,6 x 178,5 x 6,1 mm yang ringkas.

iPad Air ini juga merupakan satu-satunya dari jajaran iPad Air yang sudah mendukung jaringan 5G. Fitur-fitur terbaru dari iPad Air 5th ini dianatranya peningkatan speaker dengan speaker stereo lanskap, lapisan oleophobic anti sidik jari, sensor Touch ID yang menyatu dengan tombol Power di bagian atas, serta port USB yang sudah menggunakan tipe C.

Selain itu, fitur pembaharuan yang utama adalah chipsetnya yang menggunakan Chip M1 yang juga digunakan Apple pada series MacBoooknya. Bisa dibilang, iPad Air 5th memiliki performa yang sangat unggul dibandingkan dengan series iPad Air pendahulunya.

Fitur menarik lainnya dari iPad Air yang satu ini adalah kamera depannya beresolusi 12 MP yang dilengkapi teknologi center stage yang memungkinkan pengguna tetap berada di tengah layar saat merekam ataupun melakukan panggilan video. Sedangkan, kamera depannya sama beresolusi 12 MP, cukup tinggi untuk sebuah tablet.

Baca juga: Ini Dia Harga Terbaru Apple iPad Air 4 Tahun 2023.

Kesimpulan

Jika dibadingkan dengan model iPad lainnya, segelintir orang mungkin lebih memilih untuk membeli model iPad ataupun iPad Pro. Hal ini memang dipengaruhi oleh kebutuhan dan budget dari masing-masing orang. Oleh karena itu, kamu harus bijak sebelum membeli dengan memperhatikan kebutuhan penggunaan gadget kamu.

Series iPad Air bisa menjadi alternatif pilihan tablet untuk kamu yang mementingkan warna, desain, dan gadget portable untuk melakukan aktivitas ringan, seperti membuat dokumen, streaming film dan video, dan aplikasi ringan lainnya. Apalagi dengan dukungan Apple Pencil dan Magic Keyboard pada iPad Air series 4 dan 5, yang dapat memudahkan aktivitas sehari-hari pengguna.

Untuk kamu yang tertatik membeli iPad Air series ini, yuk langsung checkout iPad Air ini di Jagofon aja! Jagofon sendiri merupakan marketplace spesialis gadget bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja gadget bekas. Jangan khawatir, semua produk Jagofon sudah lolos tes 90+ titik fungsi dan terjamin berkualitas lho!

Kapan lagi kamu beli gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Hati-hati jika diluar sana ada gadget yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original. Yuk tunggu apalagi? segera dapatkan gadget impian kamu hanya di Jagofon!

Share on: