Comparison

Inilah Perbedaan Poco X3 Pro dan Poco X3 NFC

Source : Youtube Gadgetic

Beberapa dari Jagoans mungkin masih asing dengan merk smartphone yang satu ini, yaitu Poco. Sebelumnya, HP Poco atau yang dikenal dengan Poco Phone masih termasuk dalam sub-brand dari brand Xiaomi. Namun, pada tahun 2022, Poco telah menjadi merk independen yang terpisah dari Xiaomi.

Saat ini HP Poco banyak diincar oleh masyarakat karena harganya yang terjangkau dan fiturnya yang lumayan mumpuni untuk ponsel di kelas mid-range. Bagi Jagoans yang sedang mencari smartphone android dengan budget yang terbatas, Ponsel besutan Poco ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan dan pastinya kedua ponsel ini tersedia di Jagofon.

Kali ini, Jagofon akan mengulas tentang ponsel Poco tipe Poco X3. Di bandrol dengan harga satu sampai dengan dua jutaan, Poco X3 memiliki dua tipe yaitu Poco X3 Pro dan Poco X3 NFC. Dari tampilannya, mungkin kedua tipe Poco X3 ini mirip, namun terdapat perbedaan pada performa dan chipset yang digunakan. Sebelum memutuskan untuk membeli tipe HP Poco X3 yang sesuai dengan kebutuhan Jagoans, ada baiknya kamu mengetahui perbedaan dari kedua tipe ponsel Poco ini. Penasaran? Yuk simak artikel berikut ya!

Desain dan Layar Poco X3 Pro vs Poco X3 NFC

Dari segi layar, kedua ponsel ini memiliki ukuran layar 6,67 inch beresolusi 1080 x 2400 pixels. Tidak ada perbedaan dari kedua layar ponsel ini. Layarnya yang didukung oleh teknologi IPS LCD juga sudah mendukung untuk melakukan aktivitas scrolling ataupun menonton video.

Layarnya juga mengusung desain water drop yang stylish dan luas. Keduanya juga dilengkapi sertifikasi IP53 yang membuat ponsel besutan Poco ini tahan debu dan cipratan air. Perbedaan yang mendasar dari layar Poco X3 Pro dan Poco X3 NFC adalah proteksi layarnya, dimana Poco X3 NFC menggunakan Gorilla Glass 5, sedangkan Poco X3 Pro menggunakan proteksi yang sedikit lebih unggul yaitu Gorilla Glass 6.

Berbicara soal desain, Poco X3 Pro dan Poco X3 NFC memiliki desain yang sama dengan bezel yang cukup ramping. Namun terdapat perbedaan warna pada kedua ponsel ini. Poco X3 NFC tersedia dari dua varian warna, yaitu Cobalt Blue dan Shadow Gray.

Sedangkan, Poco X3 Pro memiliki ketersediaan warna yang lebih banyak yaitu Phantom Black, Frost Blue, dan Metal Bronze. Dengan desain warna yang elegan dan universal, ponsel ini cocok untuk digunakan pria maupun wanita. Di samping itu, empat kamera di bagian belakang ponsel ini juga membuat kedua ponsel ini memiliki desain yang unik.

Performa Poco X3 Pro vs Poco X3 NFC

Perbedaan yang cukup mencolok dari Poco X3 Pro dan Poco X3 NFC adalah chipsetnya. Poco X3 NFC menggunakan Qualcomm SM7150-AC Snapdragon 732G. Berbeda dengan Poco X3 Pro yang sudah menggunakan teknologi yang lebih baru dan tentunya lebih unggul yaitu Qualcomm Snapdragon 860.

Selain itu, Poco X3 Pro juga memiliki sistem operasi yang lebih baru dengan Android 11, dibandingkan dengan Poco X3 NFC yang menggunakan Android 10. Walaupun keduanya memiliki chipset yang berbeda, baik Poco X3 Pro dan Poco X3 NFC dilengkapi dengan RAM 6 GB dan 8 GB dengan penyimpanan internal 128 GB. Namun untuk Poco X3 Pro terdapat pilihan memori internal sampai dengan 256 GB. Untuk perbandingan spesifikasi dari kedua ponsel ini dapat Jagoans lihat pada tabel berikut :

Fitur 

Poco X3 NFC

Poco X3 Pro

Bodi

165.3 x 76.8 x 9.4 mm

165.3 x 76.8 x 9.4 mm

Layar

Dimensi Layar

6.67 inch


Resolusi layar

1080 x 2400 pixels

Dimensi Layar

6.67 inch


Resolusi layar

1080 x 2400 pixels

Chipset

Qualcomm SM7150-AC Snapdragon 732G 


CPU

Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)



GPU

Adreno 618

Qualcomm Snapdragon 860



CPU

Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 Gold & 3×2.42 GHz Kryo 485 Gold & 4×1.78 GHz Kryo 485 Silver)


GPU

Andreno 640

Memori Internal

64 GB

128 GB

128 GB

256 GB

RAM

RAM

6GB RAM

8GB RAM

RAM

6GB RAM

8GB RAM

Kamera Depan

20 MP with HDR

20 MP with HDR

Kamera Belakang

64 MP (wide)

13 MP (ultrawide)

2 MP (macro)

2 MP (depth)

48 MP (wide)

8 MP (ultrawide)

2 MP (macro)

2 MP (depth)

Baterai

Li-Po 5160 mAh, non-removable

Li-Po 5160 mAh, non-removable

Warna

Shadow Grey

Cobalt Blue

Frost Blue

Phantom Black

Metal Bronze

Baca juga: Xiaomi Poco X3 Pro: Review dan Harga Termurah 2023

Modul Kamera Poco X3 Pro vs Poco X3 NFC

Untuk kameranya, kedua ponsel ini memang memiliki model unik yang sama dengan konfigurasi empat kamera dengan beragam lensa. Perbedaan keduanya terletak pada kamera belakangnya.

Ponsel Poco X3 NFC sendiri bisa dibilang lebih unggul daripada Poco X3 Pro. Hal ini dikarenakan resolusi kamera utama dari kedua ponsel ini berbeda. Poco X3 Pro memiliki resolusi kamera belakang yang lebih rendah dengan 48 MP dibandingkan dengan Poco X3 NFC yang memiliki resolusi 64 MP.

Poco X3 NFC memiliki 4 lensa 64 MP sebagai lensa wide, lensa ultrawide dengan resolusi 13 MP, serta lensa makro dan lensa kedalaman beresolusi 2 MP. Dilengkapi juga fitur HDR, fitur panorama, dan fitur Dual-LED flash. Untuk Poco X3 Pro kamera belakangnya berkekuatan 48 MP sebagai lensa wide, resolusi 8 MP untuk lensa ultrawide, serta 2 lensa makro dan kedalaman beresolusi 2 MP. Sedangkan untuk kamera depannya, Poco X3 Pro dan Poco X3 NFC sama-sama memiliki kamera depan dengan resolusi 20 MP dilengkapi fitur HDR. Hasil jepretan dari kedua ponsel ini dapat dilihat pada gambar berikut :

Hasil foto Poco X3 Pro (Source : Uzone.id)
Hasil foto Poco X3 NFC (Source : detik.com)

Konektivitas Poco X3 Pro vs Poco X3 NFC

Konektivitas juga merupakan salah satu perbedaan yang cukup terlihar dari kedua ponsel ini. Terdapat tiga perbedaan antara lain terdiri dari sistem Bluetooth, sistem navigasi, dan juga teknologi NFC.

Jika dilihat dari segi Bluetooth, Poco X3 Pro menggunakan teknologi Bluetooh versi 5.0, dengan kecepatan komunikasi 2 MBps. Adapun Poco X3 NFC menggunakan Bluetooth versi 5.1. yang diklaim memiliki jangkauan sampai 240 meter, dengan kecepatan lebih dari 2 MBps, dengan menggunakan daya yang lebih sedikit.

Sistem navigasi dari Poco X3 Pro menggunakan GPS Galileo yang konon lebih akurat dari sistem navigasi Poco X3 NFC yang menggunakan GPS A-GPS, GLONASS, serta BDS. Untuk sistem NFC nya, Poco X3 NFC menggunakan teknologi NFC yang terbatas, yaitu pada regional tertentu saja, sedangkan Poco X3 Pro bisa digunakan dimanapun.

Baca juga: Spesifikasi Poco M3 Pro: Termurah 2023!

Kesimpulan

Kedua ponsel ini jika dilihat sekilas memang tidak memiliki perbedaan yang signifikan, apalagi jika dilihat dari desain dan layarnya. Jika kamu ingin memiliki ponsel mid-range dengan fitur yang mumpuni tapi memiliki budget terbatas, kamu bisa memilih untuk membeli Poco X3 NFC.

Namun, jika kamu memiliki budget sedikit lebih banyak, tidak ada salahnya untuk membeli Poco X3 Pro yang sedikit lebih unggul dari versi Poco X3 NFC. Berikut beberapa poin yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membeli :

• Jika kamu lebih mengedepankan dan membutuhkan fitur kamera untuk smartphone kamu dengan budget terbatas, Poco X3 NFC bisa menjadi pilihan yang cocok.

• Namun, jika pertimbangan kamu adalah performa dan konektivitasnya, Poco X3 Pro adalah jawabannya.

• Kedua ponsel ini memiliki rentang harga yang berbeda. Di Jagofon sendiri, Poco X3 Pro ditawarkan dengan harga tiga jutaan, sedangkan Poco X3 NFC dibandrol dengan harga yang lebih terjangkau yaitu satu sampai dua jutaan.

Gimana nih Jagoans? udah menentukan mau pilih ponsel Poco X3 yang versi NFC atau Pro? Daripada bingung untuk beli ponsel ini dimana, mending langsung cek Jagofon aja yuk! Selain harganya yang terjangkau, Jagofon juga menyediakan garansi dan telah melakukan lebih dari 90+ tes untuk memastikan keaslian produk dan performanya. Tunggu apalagi? Dapatkan gadget impian kamu hanya di Jagofon!