Product

February 27, 2024

iPad Generasi 10: Membantumu Berkarya Dimana Saja

Kenapa sih iPad bisa dibilang dapat membantu performa seseorang untuk berkarya? Kalau kamu masih bertanya-tanya, berarti kamu belum tahu hebatnya iPad bekerja.

Sebenarnya kamu bisa menggunakan iPad untuk hiburan seperti bermain game dan menonton film, namun iPad juga dapat digunakan sebagai instrument produktivitas untuk berkarya.

iPad adalah produk tablet yang dirilis Apple. Pada awal rilisnya, iPad sering disebut sebagai iPhone raksasa, dimana sistem operasinya sangat mirip dengan iOS.

Biasanya, tablet sangat populer dan banyak diminati oleh pelajar. Selain karena lebih ringan dan mudah dibawa, biayanya juga tidak semahal Macbook atau laptop. iPad saat ini sudah mendukung tambahan keyboard dan stylus pen. Faktanya, saat ini sudah banyak orang yang menggunakan iPad sebagai “laptop” mereka.

Slide Over dengan Microsoft Word, Catatan, dan thumbnail FaceTime di iPad.
(Source: Apple)

Terlebih lagi, sinkronisasi cloud produk Apple juga sudah canggih, memudahkan penggunanya untuk beralih perangkat dengan mudah jika dibutuhkan.

Untuk masalah harga, kamu tidak perlu terlalu khawatir lagi karena harganya sudah menurun. Seperti di Jagofon yang meskipun barang second tapi produk yang ditawarkan pasti asli dengan harga lebih murah dibandingkan aslinya.

Memang sistem operasi pada laptop dan iPad berbeda, namun saat ini sudah banyak developer yang membuat aplikasi untuk iPad yang sebelumnya hanya ada di laptop.

Bicara soal kebutuhan, banyak yang merekomendasikan iPad 10 karena sudah termasuk cukup untuk digunakan secara profesional, baik untuk seorang pelukis atau ilustrator maupun pekerja kantoran dalam hal manajemen dan atau sebagai alat bantu kerja.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai kehebatan iPad 10 yang perlu kamu ketahui agar dapat memutuskan pembelian.

Spesifikasi iPad Generasi 10

iPad 10 dirilis pada tahun 2022, dibuat dengan kaca pada bagian depan dan aluminium untuk bagian belakang serta bingkainya. Ukuran iPad ini adalah 248.6 x 179.5 x 7 mm, cukup ringkas dan ringan.

iPad Generasi 10 menggunakan Chip A14 Bionic yang memberikan tenaga dan performa yang mengagumkan untuk semua aktivitas.

Mau edit video? Mau gambar? Mau main game seharian? Semua bisa dilakukan dengan lancar dengan kekuatasn baterai yang kuat.

(Source: Apple)

iPad 10 2022 menggunakan sistem operasi dasar iPadOS 16, CPU Hexa-core (2x3.0 GHz Firestorm + 4x1.8 GHz Icestorm), dan GPU Apple 4-core.

Produk Apple dikenal dengan tidak adanya slot kartu untuk memori eksternal. Memori internal yang ditawarkan cukup besar, yaitu 64GB dengan RAM 4GB dan 256GB dengan RAM 4GB.

Meskipun tidak seperti handphone gaming yang mempunyai RAM 8GB atau 12GB, teknologi yang digunakan oleh Apple tidak membuat perangkatnya lemot atau lag.

Warna yang tersedia untuk iPad 10 ada empat warna, yaitu silver, pink, kuning, dan biru.

iPad dalam warna biru, pink, kuning, dan perak dan satu iPad terpasang di Magic Keyboard Folio.
(Source: Apple)

iPad 10 Banyak Direkomendasikan Pengguna

Apple merancang iPad penuh dengan pendukung produktivitas, karya seni adalah salah satunya. Disebutkan bahwa Apple memberikan kekuatan maksimal pada iPad yang dapat dimanfaatkan oleh para seniman.

Meskipun tidak hanya untuk pelukis saja, kita perlu juga melihat dari kacamata profesional sebagai pertimbangan. Banyak pelukis digital yang merekomendasikan iPad 10 sebagai salah satu seri iPad yang bagus dan nyaman untuk digunakan.

Selain karena harganya terjangkau bagi pelajar dan pemula (entry level), iPad 10 mudah digunakan dan antarmuka pada tampilannya sangat bersahabat.

Menggunakan layar Retina IPS LCD dengan resolusi 2160 x 1620, layar iPad Generasi 10 sudah dibekali dengan teknologi True Tone yang dapat menampilkan warna secara akurat dan membuat tampilan tetap nyaman di mata dalam berbagai kondisi pencahayaan.

(Source: Apple)

3 Alasan Utama Mengapa Membeli iPad

Multifungsi

iPad dapat digunakan tidak hanya untuk kebutuhan utama, namun juga kebutuhan pelengkap.

Sebagai contoh seorang pelukis digital yang mempunyai iPad tidak hanya dapat menggambar saja, namun mereka juga dapat melakukan kepentingan lainnya dengan cepat seperti mengirim file secara langsung kepada klien.

Jika dibandingkan dengan laptop, mereka perlu membeli laptop dan alat tambahan untuk menggambar dengan tangan seperti produk Wacom.

Namun bukan berarti iPad tidak dapat dihubungkan ke layar laptop, banyak loh yang menggunakan iPad bersamaan dengan laptop dengan maksud menggunakan layar yang lebih besar. Specialnya adalah kamu tetap bisa berproduktif tanpa laptop dengan menggunakan iPad.

Buat Catatan Cepat di Keynote pada iPad
(Source: Apple)

Kompabilitas

iPad dapat dijadikan sebagai eBook yang praktis dengan ukuran yang pas. Misalnya pada saat berada di mobil, iPad dapat digantung dan pengemudi dapat sambil membaca. Hal ini tidak bisa dilakukan jika menggunakan laptop yang ukuran perangkatnya terlalu besar dan handphone yang ukuran tulisannya terlalu kecil.

Kamera

Jika dibandingkan dengan laptop, iPad yang ringan dan mudah dibawa ini termasuk paket lengkap. Selain karena kinerjanya, iPad juga dibekali dengan kamera yang cukup baik.

iPad Generasi 10 memiliki resolusi kamera belakang sebesar 8MP dan mendukung video 1080p @30fps. Sedangkan resolusi kamera depannya sebesar 12MP dan mendukung 1080p hingga 60fps.

Resolusi ini dapat dibilang cukup baik dan hampir menyamai handphone yang termasuk canggih kameranya.

Sensitivitas Stylus

Apple Pencil memiliki sensitivitas tekanan dan lekukan yang sangat realistis, sehingga membuat kebutuhan untuk menggambar menjadi lebih maksimal.

Namun kelebihan tersebut tidak membuat pengguna biasa menjadi tidak nyaman, justru membuat penggunaan iPad dan stylus menghasilkan karya yang lebih kaya.

Selain itu, stylus tidak perlu dicas dengan kabel apapun karena saat ini Apple Pencil tidak memiliki baterai fisik, melainkan pengguna hanya perlu menempelkan stylus pada iPad dengan magnet.

Namun sayangnya, iPad Generasi 10 hanya dapat mendukung stylus generasi 1.

(Source: Apple)

iPad Versus Tablet

Tablet Android adalah opsi jika kamu ingin mencari tablet dengan harga rendah. Namun seiring harga iPad yang terus menurun, kamu perlu membandingkan kembali harga iPad dengan Tablet Android. Jika harganya sama atau tidak jauh beda, akan sangat menarik untuk membeli iPad.

Diluar dari penurunan harganya yang tidak sepesat produk Android, produk Apple dikenal dengan kualitasnya yang tidak bisa disamakan dengan Android. Banyak juga orang yang meskipun menggunakan Android namun tabletnya menggunakan Apple.

Namun jika kamu lebih mementingkan kapasitas memori, beberapa tablet Android ada yang memberikan slot kartu untuk memori eksternal. Selain untuk menghemat kapasitas memori, microSD untuk memori eksternal ini dapat digunakan untuk pemisahan data pribadi dan data untuk kerja.

The 3 Best Android Tablets 2023 | Reviews by Wirecutter
(Source: New York Times)

Hebatnya Kekuatan iPad 10

Banyak yang merasa tidak membutuhkan iPad, namun melihat perkembangannya iPad telah berubah dan dirancang menjadi perangkat yang cocok bagi kebutuhan semua orang, terutama bagi para pelajar.

Namun, membeli iPad tidak membuat kita jadi rugi kok, pasti akan terpakai untuk sesuatu yang produktif. Dengan harga yang cukup terjangkau di Jagofon, kamu bisa miliki iPad 10 dalam waktu dekat.

Kalau kamu sudah punya iPad dan ingin upgrade ke iPad Generasi 10, kamu bisa ikuti program tukar tambah atau hubungi Jagofon.

Share on: