Comparison

iPhone 11 dan iPhone 12 Bedanya Apa? Petunjuk Lengkapnya Disini!

iPhone, sebuah merek ponsel pintar yang menjadi salah satu pilihan utama ketika mencari smartphone yang memiliki build quality yang solid, performa yang kencang, dan kemampuan kamera yang menawan.

Menjadi sebuah sorotan ketika mengeluarkan produk barunya tak melulu meredupkan kepopuleran seri sebelumnya. Contohnya iPhone 11 dan iPhone 12 yang masih memiliki kepopuleran tinggi terutama bagi mereka yang memiliki budget yang pas.

Untuk beberapa pengguna baru pasti memiliki kebingungan tersendiri saat memilih antara iPhone 11 atau iPhone 12. Jarak generasi yang berdekatan pasti membuat beberapa pertanyaan iPhone 11 dan iPhone 12 bedanya apa?

Nah, buat Jagoans yang masih clueless mengenai perbedaan iPhone 11 dan iPhone 12, berikut petunjuk lengkapnya!

Baca juga: Inilah Perbandingan iPhone 12 Pro Max dan iPhone 14 Pro Max Beserta Harganya di Tahun 2024

Performa iPhone 11 vs iPhone 12

iPhone 11 dan <abbr title=iPhone 12 Bedanya Apa? Petunjuk Lengkapnya Disini! | Jagofon" loading="lazy">
Image Source: Metro by T-Mobile

Berbeda satu tingkat generasi berarti iPhone 12 memiliki peningkatan di berbagai sektor daripada iPhone 11. Hal pertama yang membedakannya adalah chipset yang ditanam pada kedua ponsel ini.

iPhone 11 menggunakan Apple A13 Bionic dengan prosesor hexa-core berkecepatan 2,65 GHz sedangkan iPhone 12 menggunakan chipset Apple A14 Bionic prosesor hexa-core berkecepatan 3,1 GHz. Sedangkan GPU nya sama-sama diperkuat oleh Apple GPU 4 core.

Setelah di-compare, di atas kertas iPhone 12 memiliki kinerja lebih unggul daripada iPhone 11. Kecepatan prosesornya mengalami peningkatan sebesar 29.26% dan secara umum iPhone 12 mampu meraih skor 1083087 dibanding iPhone 11 dengan raihan skor 456655 pada aplikasi AnTuTu Benchmark.

Melansir dari kanal YouTube iamcherish Apple Pro, perbandingan iPhone 11 dan iPhone 12 dirasa hanya sedikit perbedaan di dunia nyata. Saat membuka aplikasi game perbedaan kecepatan membuka aplikasinya hanya terpaut 2-4 detik saja. Namun jika kamu menggunakan aplikasi ringan harian, perbedaannya dirasa hampir sama cepatnya.

Baterai iPhone 11 vs iPhone 12

iPhone 11 dan <abbr title=iPhone 12 Bedanya Apa? Petunjuk Lengkapnya Disini! | Jagofon" loading="lazy">
Image Source: Tom's Guide

Perbedaan nyata selanjutnya adalah kapasitas baterai iPhone 11 dan iPhone 12. Walau iPhone 12 adalah model lebih terkini, iPhone 11 memiliki kapasitas baterai lebih besar, yakni 3.110 mAh ketimbang iPhone 12 yang berada pada tingkat 2.815 mAh.

Memiliki kapasitas 10.48% lebih besar daripada iPhone 12, iPhone 11 bisa bertahan lebih lama dalam penggunaan harian. Ditambah dengan layar iPhone 11 yang masih menggunakan panel IPS LCD yang mana penggunaan dayanya lebih rendah daripada iPhone 12 yang menggunakan layar berpanel XDR OLED mampu menambah masa hidup ponsel ini lebih lama.

Buat kamu yang mengincar iPhone dengan daya tahan lebih panjang, iPhone 11 lebih unggul pada poin ini.

Sementara itu, untuk pengisian dayanya, iPhone 12 lebih unggul dengan dukungan daya masuk sebesar 20W daripada iPhone 11 yang hanya mentok di daya 18W.

Kamera iPhone 11 vs iPhone 12

iPhone 11 dan <abbr title=iPhone 12 Bedanya Apa? Petunjuk Lengkapnya Disini! | Jagofon" loading="lazy">
Image Source: iSTYLE

Sektor kamera kedua iPhone ini hanya memiliki sedikit perbedaan. Keduanya dibekali kamera utama 12MP dan kamera ultrawide 12MP. Perbedaannya hanya terletak di aperturenya. iPhone 11 memiliki jarak fokus minimum di f/1.8 sedangkan iPhone 12 di tingkat f/1.8.

Adapun hasil jepretan kamera utamanya, kamu bisa lihat perbandingannya di bawah ini.

iPhone 11 dan <abbr title=iPhone 12 Bedanya Apa? Petunjuk Lengkapnya Disini! | Jagofon" loading="lazy" width="766" height="460">
Imae Source: YouTube/iamcherish Apple Pro
iPhone 11 dan <abbr title=iPhone 12 Bedanya Apa? Petunjuk Lengkapnya Disini! | Jagofon" loading="lazy" width="770" height="461">
Imae Source: YouTube/iamcherish Apple Pro

Di sisi lain, kamera depan kedua iPhone ini memiliki konfigurasi identik di 12 MP dengan aperture f/2.2. Tak ketinggalan dukungan SL 3D yang berfungsi sebagai sensor depth dan sensor biometrik.

iPhone 11 dan <abbr title=iPhone 12 Bedanya Apa? Petunjuk Lengkapnya Disini! | Jagofon" loading="lazy" width="714" height="464">
Imae Source: YouTube/iamcherish Apple Pro

Jika dilihat hasilnya, kamera selfie iPhone 12 memiliki warna yang lebih natural dengan dynamic range sedikit lebih baik daripada iPhone 11. Namun secara kasat mata perbedaannya tidak terlalu signifikan.

Untuk pengambilan video, kedua iPhone ini memiliki kemampuan yang sama. Keduanya bisa menghasilkan video dengan kualitas maksimal 4K di 60fps baik pada kamera belakang maupun kamera belakangnya.

Satu-satunya yang membedakan adalah iPhone 12 sudah dilengkapi dengan fitur Dolby Vision HDR untuk mempercantik video dengan akurasi warna yang lebih cantik tanpa harus melalui proses editing yang rumit.

Konektivitas iPhone 11 vs iPhone 12

iPhone 11 dan <abbr title=iPhone 12 Bedanya Apa? Petunjuk Lengkapnya Disini! | Jagofon" loading="lazy">
Image Source: CNN

Untuk pemakaian jangka panjang, iPhone 12 lebih unggul karena sudah mendukung jaringan 5G, sementara iPhone 11 masih mentok pada jaringan 4G yang dirasa akan tertinggal di tahun-tahun mendatang.

Sementara itu konektivitas lainnya identik seperti masih mengusung protokol WiFi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, hotspot Bluetooth versi 5.0, masih menggunakan port USB Lightning 2.0, dan sudah dilengkapi koneksi NFC.

Sayangnya kedua model iPhone ini tidak dilengkapi port audio jack 3,5mm yang pastinya akan mengurang pengalaman mendengarkan musik dan bermain game kamu.

Perbedaan Lain iPhone 11 vs iPhone 12

iPhone 11 dan <abbr title=iPhone 12 Bedanya Apa? Petunjuk Lengkapnya Disini! | Jagofon" loading="lazy">
Image Source: Hops ID

Perbedaan yang mencolok antara iPhone 11 dan iPhone 12 adalah bentuk desainnya. iPhone 12 mengusung desain kembali ke masa-masa retro beraksen modern dengan menerapkan bezel yang flat ketimbang iPhone 11 dengan bezel melengkungnya. Desain iPhone 12 tentu menambah kesan lebih ergonomis dan bisa mengurangi kesalahan pencet atau terjatuh.

Dari segi material yang digunakan, iPhone 12 melindungi layarnya dengan ekstra lapisan ceramic shield yang dipercaya bisa menahan benturan 4x lebih baik dari seri sebelumnya.

Sementara itu, ukuran iPhone 12 lebih compact dan ringan ketimbang iPhone 11. iPhone 12 lebih ringan 30 gram serta lebih tipis 0,9 mm dari iPhone 11. Layarnya memiliki lebar sama-sama 6,1 inchi dengan perbedaan panel yang cukup signifikan.

iPhone 11 masih menggunakan panel Liquid Retina IPS LCD, sedangkan iPhone 12 menggunakan panel Super Retina XDR OLED yang menyajikan tampilan lebih cerah dengan akurasi warna yang lebih tajam. Resolusi iPhone 12 2x lebih besar daripada iPhone 11 dengan angka 1170 x 2532 piksel dibanding dengan 828 x 1792 piksel pada iPhone 11.

Tak ayal tampilan iPhone 12 lebih tajam, jernih, dan kaya akan warna jika dibandingkan dengan iPhone 11. Namun disayangkan kedua layar iPhone ini hanya didukung refresh rate 60Hz.

Beralih ke sektor memori, kedua iPhone ini dibekali RAM yang sama di kapasitas 4GB serta penyimpanan sampai dengan 256GB yang menganut teknologi NVMe.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, harga iPhone 11 sudah drop dengan kisaran 5,4 jutaan di Jagofon, sementara itu harga iPhone 12 preloved mulai dari 5,7 jutaan saja di Jagofon!

Baca juga: iPhone 14 Pro Max Cocok untuk Orang-orang Seperti Ini, Apakah Kamu Termasuk?

Kesimpulan

Nah, secara umum iPhone 12 unggul di beberapa sektor krusial seperti layar, chipset, dan fitur perekaman kamera. Namun jika kamu masih bingung yuk simak beberapa poin alasan kamu harus beli iPhone 11 atau iPhone 12 berikut.

Alasan Harus Beli iPhone 11

  • Harga relatif lebih murah
  • Daya tahan baterai unggul
  • Konfigurasi kamera masih bisa diandalkan

Alasan Harus Beli iPhone 12

  • Display menawan
  • Chipset lebih unggul
  • Fitur perekaman lebih apik dengan adanya Dolby Vision HDR
  • Lebih ringan dan ringkas

Sudah tidak ragu lagi dong pilih iPhone 11 atau iPhone 12? Jangan ragu beli iPhone bekas di Jagofon karena Jagofon sebagai spesialis HP bekas menyediakan berbagai jenis HP impianmu. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 Bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original.