Comparison

Punya iPhone 11 Pro, Haruskah Upgrade ke iPhone 15 Pro?

Source : K-Tuin

iPhone 11 Pro hadir sebagai ponsel dengan nilai terbaik di pasaran saat ini. Pasalnya, selain memiliki beragam fitur mumpuni menarik, iPhone ini juga memiliki harga yang sudah terjangkau. Namun, dengan kehadiran iPhone 15 Pro tentu pertanyaan besar muncul di benak Jagoans, sebenarnya apakah layak untuk beralih dan meng-upgrade ke model iPhone terbaru ini?

Dengan mempertimbangkan berbagai fitur dan kemajuan dalam ranah smartphone, seringkali muncul dilema saat model terbaru beredar di pasaran. Apalagi, model terbaru dari produk Apple seringkali membawa berbagai fitur dan spesifikasi terbaru yang membuat para pengguna tergiur untuk membelinya.

Nah, dalam artikel kali ini, Jagofon akan mengkaji secara mendalam perbandingan iPhone 11 Pro dan iPhone 15 Pro untuk menentukan model iPhone yang mana yang benar-benar layak menjadi pilihan Jagoans. Penasaran dengan perbandingan dari kedua model iPhone ini? Yuk simak artikel berikut!

Baca juga: Dulu Dinanti, Inilah 5 Alasan Kenapa iPhone 11 Pro Banyak Diminati

Desain & Layar

iPhone 15 Pro didesain lebih besar dengan layar 6,1 inci dengan tepian datar. Titanium frame menjaga bobotnya tetap seragam, sementara Action Button dan Dynamic Island menambahkan sentuhan inovatif dan futuristik. Port USB-C menyesuaikan diri dengan tren perangkat modern guna mengurangi penggunaan kabel yang tidak terpakai.

Tepi layar ultra-thin berukuran 1,5 mm memberikan kesan yang elegan dan mewah. Layar dari ponsel ini juga dielngkapi teknologi ProMotion 120Hz untuk smoother scrolling. Terdapat juga pilihan warna dan bahan titanium pada iPhone 15 Pro yaitu black titanium, white titanium, blue titanium, dan natural titanium.

Di sisi lain, iPhone 11 Pro mempertahankan desain klasik dengan layar 5,8 inci dan tepian melengkung. Material stainless yang khas namun memberikan perasaan tangguh dan kokoh. Pilihan warna midnight green, space grey, silver, dan gold, serta menawarkan pesona klasik dengan built-in yang handal.

Layarnya memiliki OLED screen dengan vibrant colors dan good contrast, meskipun refresh rate tidak sehalus iPhone 15 Pro. Desain notchyang khas telah digantikan oleh Dynamic Island pada penerusnya.  Meskipun klasik, iPhone 11 Pro tetap menjadi pilihan handal dengan ukuran yang lebih kecil dan fitur yang juga mumpuni loh Jagoans!

Spesifikasi & Performa

iPhone 15 Pro tentu telah ditenagai oleh chip terbaru, yaitu A17 Pro, yang merupakan prosesor 3nm pertama di dunia. Sebagai perbandingan, iPhone 11 Pro menggunakan chip A13 Bionic, yang merupakan chip yang sangat baik pada masanya, tetapi tidak secepat yang baru ini.

Berikut tabel spesifikasi dari keduanya :

Fitur

iPhone 15 Pro

iPhone 11 Pro

Sistem Operasi

iOS 17

iOS 17

Layar

6.1 OLED

120Hz ProMotion

5.8 OLED

60Hz

Prosesor

A17 Pro

3nm

A16 Bionic

5nm

RAM dan Penyimpanan

8/128GB

8/256GB

8/512GB

8/1TB

LPDDR5

4/64GB

4/256GB

4/512GB

-

 

LPDDR4

Selain itu, terdapat peningkatan dalam kapasitas RAM, dimana Phone 15 Pro memiliki RAM dua kali lipat lebih besar dibandingkan versi iPhone sebelumnya. iPhone ini dilengkapi dengan 8GB RAM LPDDR5 yang lebih cepat, jika dibandingkan dengan 4GB RAM tipe LPDDR4 yang ada pada iPhone 11 Pro.

Bagi para gamers, tentunya banyak pertimbangan serius untuk melakukan upgrade ke iPhone 15 Pro. GPU-nya juga mengalami peningkatan yang signifikan, jauh lebih kuat dibandingkan dengan iPhone 11 Pro. Namun, dalam hal perangkat lunak, iPhone 11 Pro tetap akan mendapatkan pembaruan iOS 17 yang sama dengan yang diperoleh oleh iPhone 15 Pro yang baru.

iOS 17 juga membawa sejumlah fitur baru yang menarik, terutama dalam aplikasi telephone, messages dan FaceTime. Peningkatan signifikan juga terlihat pada kemampuan autocorrect. Ketika membicarakan konektivitas, perlu dicatat bahwa iPhone 11 Pro belum mendukung 5G, sedangkan iPhone 15 Pro telah dilengkapi dengan teknologi ini.

Kamera

Baik iPhone 15 Pro maupun iPhone 11 Pro memiliki sistem triple camera di bagian belakang, namun perbedaan signifikan terletak pada ukuran kamera pada 15 Pro yang lebih baru, yang disebabkan oleh penggunaan sensor yang lebih besar. Sistem kamera ini mencakup kamera utama, ultra-wide, dan zoom. Sementara iPhone 11 Pro memiliki kamera zoom 2X, iPhone 15 Pro meningkatkannya menjadi 3X dan memperkenalkan various new focal lengths melalui sensor enhancements (1.2X, 1.5X, dan 2X), sehingga kualitasnya patut diperhitungkan.

Source: Phone Arena

Fitur yang menonjol adalah peningkatan kamera utama 48 megapiksel pada iPhone 15 Pro, yang secara default menghasilkan foto 24 megapiksel untuk gambar yang jauh lebih terperinci dibandingkan dengan kamera utama 12 megapiksel pada iPhone 11 Pro.

Model yang lebih baru juga membawa improvement pada Mode Potret, warna dan detail kamera ultra-wide, serta performa dalam kondisi low brightness. Fitur video melibatkan cinematic mode untuk latar belakang yang kabur dan opsi spatial video untuk rekaman yang imersif, yang dapat diputar menggunakan headset Apple Vision Pro.

Baca juga: Inilah Spesifikasi iPhone 15 Pro Yang Baru Masuk Indonesia

Baterai & Harga

Selanjutnya mengenai kualitas baterai, Ukuran yang lebih besar pada iPhone 15 Pro memungkinkan Apple untuk menggunakan baterai yang lebih besar. Baterai iPhone 15 Pro memiliki ukuran 3.274 mAh, sekitar 7% lebih besar daripada baterai 3.050 mAh pada iPhone 11 Pro.

Dilansir melalui PhoneArena, iPhone 15 Pro menawarkan kenyamanan penggunaan baterai pada video playback sebanyak 23 jam dan video streaming sebanyak 20 jam, disisi lain iPhone 11 Prohanya memberikan 18 jam video playback dan 11 jam video streaming.

Meskipun iPhone 15 Pro lebih unggul namun perbedaan tersebut tidak signifikan. Dari segi  harga, iPhone 11 Pro memiliki kisaran harga dari 6 jutaan hingga 11 juta, sedangkan iPhone 15 Pro ditawarkan dengan rentang harga antara 19 sampai 29 juta.

Kesimpulan

Untuk Jagoans yang masih bingung, berikut beberapa poin penting yang dapat Jagoans pertimbangkan untuk memilih iPhone 11 Pro atau iPhone 15 Pro:

Alasan memilih iPhone 15 Pro

  • Kamera lebih mumpuni dengan fitur Zoom 3X dan fitur new focus length
  • Layar lebih besar berukuran 6.1 inci untuk pengalaman visual maksimal.
  • Daya tahan baterai lebih unggul dengan kapasitas Baterai 3,274 mAh untuk penggunaan yang lebih lama.
  • Desain modern dengan tepian datar, Action Button, dan Dynamic Island.

Alasan memilih iPhone 11 Pro

  • Memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan iPhone 15.
  • Ukuran layar lebih compact, sehingga mudah untuk dibawa dan digenggam.
  • Performa tetap handal untuk kebutuhan sehari-hari dan masih mendukung iOS 17.
  • Memiliki kualitas kamera yang baik meskipun dengan 2x zoom.

Nah, itulah perbandingan antara iPhone 15 Pro dan iPhone 11 Pro yang telah Jagofon rangkum. Gimana Jagoans? Jika kamu tertarik untuk membeli salah satu produk besutan Apple ini, mending langsung kunjungi Jagofon aja yuk! Dijamin semua produk yang ditawarkan adalah produk original dan tentunya bukan refurbished lho Jagoans!

Jagofon adalah platform e-commerceyang khusus fokus pada penjualan gadget/HP bekas di Indonesia, menjamin pengalaman berbelanja yang nyaman. Semua produk yang tersedia di Jagofon telah melewati uji kualitas dan dilengkapi laporan tes untuk memastikan fungsionalitasnya.

HP bekas yang dijual di Jagofon telah melewati proses pengecekan kelayakan, dijamin kamu akan mendapatkan produk berkualitas tinggi. Jagofon juga memberikan jaminan uang kembali selama 7 hari, garansi mesin gratis selama 30 hari, dan garansi mesin selama 6 bulan dengan biaya tambahan.

Proses pembelian di Jagofon sangat sederhana, termasuk pengiriman ke rumah dan opsi pembayaran saat barang diterima (COD) khusus untuk wilayah Jakarta, serta layanan Self-Pickup di kantor Jagofon untuk konsultasi langsung.

Jangan lewatkan kesempatan kamu memiliki iPhone 15 Pro  dan iPhone 11 Pro, dan dapatkan bergama gadget lainnya hanya di Jagofon!