Product

December 13, 2021

iPhone 12 Pro: “Kakak” yang Lebih Canggih dan Mewah

Kalau kamu pernah melihat artikel kami soal iPhone 12, maka kamu bisa melihat bahwa iPhone 12 adalah salah satu handphone Apple yang kami sukai. Hal itu karena iPhone 12 telah berhasil membuat dobrakan dalam segi penampilan dan fitur, membuat handphone tersebut menjadi salah satu handphone yang digemari banyak orang. Apakah kakaknya, yaitu iPhone 12 Pro, bisa mengalahkan adiknya? Yuk, kita lihat di review iPhone 12 Pro dari Jagofon!

Desain

Secara keseluruhan, iPhone 12 Pro mempunyai desain yang mirip dengan iPhone 12. Ya, iPhone 12 juga dilengkapi dengan samping handphone yang datar yang terinspirasi oleh iPhone 4. Tetapi tentu saja, masih ada perbedaan antara iPhone 12 dan iPhone 12 Pro.

Perbedaan pertama adalah bahan dari frame handphone tersebut. Beda dengan adiknya, iPhone 12 Pro mempunyai samping handphone terbuat dari _stainless steel _atau besi tahan karat. Perbedaan kedua adalah berat, dimana handphone iPhone 12 Pro 25 gram lebih berat dari iPhone 12.

iPhone 12 Pro pun juga menang dalam aspek layar. Meskipun layar iPhone 12 dan iPhone 12 Pro mempunyai lebar yang sama, layar iPhone 12 Pro cenderung lebih terang dan tajam.

Tentu saja, bukan berarti iPhone 12 nggak sebagus iPhone 12 Pro. Kedua handphone tersebut sama-sama cantik, namun iPhone 12 dibuat khusus mereka yang ingin mendapatkan kesan yang lebih mewah dan canggih, bahkan melebihi iPhone 12 Pro.

Spesifikasi

  • Layar: 6.1 inci Super Retina XDR (OLED) (460ppi)
  • Dimensi: 146.7mm x 71.5mm x 7.4mm
  • Berat: 189g
  • Prosesor: Apple A14 Bionic
  • RAM: 6GB
  • Memori: 128, 256 or 512GB
  • Sistem: iOS 14
  • Kamera
    • Triple 12 MP kamera belakang dengan LiDAR
    • Kamera depan 12 MP
  • Koneksi:
    • LTE
    • Wi-Fi 6
    • Bluetooth 5
  • Fitur lain:
    • Waterproof, IP68 (maksimal 6 meter selama 30 menit)
    • GPS

iOS 14.1

Sama seperti adiknya, iPhone 12 dirilis dengan iOS 14.1 sebagai software-nya. Dalam aspek desain, iOS 14 memberikan upgrade yang cukup memuaskan, yaitu widget di homepage dan juga App LIbrary untuk menyimpan aplikasi di home.

Apple juga memberikan perubahan mengenai keamanan di iOS 14, dimana pemilik handphone bisa memilih browser lain selain browser milik buah digigit ini. Apple juga memberikan tanda di atas kanan layar handphone apabila kita menggunakan mikrofon atau kamera.

Fitur lain yang muncul di iOS 14 adalah MagSafe. MagSafe adalah sistem unik untuk mengisi iPhone 12 Pro kamu, dimana bodi handphone akan ditempeli oleh charger tersebut di belakangnya. Ya, perangkatnya-lah yang menempel, bukan kebalikannya. Kamu tidak usah khawatir, karena perangkat tersebut tertempel dengan erat berkat magnet yang ada di dalam iPhone 12 Pro. Dan menariknya, sistem magnet ini akan dikembangkan oleh Apple sehingga kita bisa menggunakannya untuk hal-hal lain selain charging. Keren, bukan?

Baterai

Secara keseluruhan, iPhone 12 Pro mempunyai kapasitas yang lebih besar dibandingkan iPhone 12. iPhone 12 Pro mempunyai RAM sebesar 6 GB, dan memorinya paling kecil adalah 128 GB. Tapi jangan salah! Meskipun iPhone 12 Pro Ram-nya lebih besar, bukan berarti baterainya lebih boros. Mirip seperti adiknya, iPhone 12 Pro memiliki daya tahan sepanjang 40 jam bahkan ketika kamu menggunakannya lebih dari 6 jam. Performa ini cukup memuaskan, mengingat bahwa iPhone 12 Pro juga mempunyai 5G. Kalau handphone biasa, pasti baterainya akan habis dalam sekejap.

Keajaiban baterai iPhone 12 Pro terjadi berkat A14 Bionic processor yang ada. A14 Bionic processor membantu iPhone 12 Pro untuk bisa berjalan dengan lancar dan mulus meskipun handphone yang disebutkan mempunyai beban RAM dan memori yang cukup besar.

Untuk waktu charging baterai, kamu butuh setidaknya dua jam untuk mengisi handphone ini sampai penuh. Hal ini bukanlah sebuah masalah, mengingat bahwa kita bisa melakukan aktivitas lain dalam waktu dua jam tersebut.

Kamera

Jika dilihat sepintas, tidak ada perbedaan kamera dibandingkan iPhone 12. Sama seperti iPhone 12, iPhone 12 Pro mempunyai dua kamera belakang (dimana salah satunya bisa ultrawide) dan satu kamera belakang seperti kamera milik adiknya. Hal ini bukan berarti kalau iPhone 12 Pro tidak mempunyai perbedaan dengan iPhone 12. Perderbedaannya berada di kamera belakang ketiga-nya.

Kamera ketiga iPhone 12 Pro adalah kamera telephoto, dimana ia bisa zoom in dengan sangat dekat ke subjek yang difoto. Dalam kasus ini, kamera iPhone 12 Pro adalah 2x kamera telephoto. Apa itu artinya? Artinya, kamera ini bisa zoom in sampai 2x, lalu masih bisa melakukan 10x digital zoom.

Kelebihan lain dari kamera iPhone 12 Pro adalah “LiDAR,” yaitu “light detection and ranging.” scanner lidar membantu jepretan kita lebih pas dengan frame/rasio yang digunakan, mencerahkan night dan low mode, dan hal-hal lain yang membuat jepretan kita lebih baik.

Jika kamu punya hobi recording, tenang saja karena kamera iPhone 12 Pro selalu menghasilkan rekaman yang luar biasa berkat fitur Dolby Vision HDR, dimana kamu bisa ngerekam video 4k dengan 60 frames per detik. Perbedaan ni cukup signifikan dibandingkan iPhone 12 karena iPhone 12 hanya bisa merekam dengan 30 frame per detik. iPhone 12 Pro juga punya image stabilizer, jadi hasil jepretan atau video kamu bakal lebih jelas dan tidak blur.

Fakta Lain iPhone 12 Pro

  • Bisa merekam dengan format ProRAW.
  • Bagian belakang iPhone 12 Pro lebih licin dibandingkan iPhone 12.
  • Menggunakan Ceramic Shield untuk melindungi layar.
  • Komponen terbuat dari bahan yang sudah didaur ulang sehingga ramah lingkungan.

Kesimpulan dan Harga

Dari kelebihan iPhone 12 Pro, kita bisa melihat bahwa handphone ini adalah versi mewah dan canggih  iPhone 12. Handphone ini cocok untuk mereka merasa fitur iPhone 12 kurang maksimal. Dengan Rp. 18,499,000, kamu bisa membawa pulang handphone canggih dan mewah ini. Harga yang pas untuk handphone setara dengan iPhone 12 Pro, tetapi sayang, tidak semua orang bisa membeli handphone dengan harga yang disebutkan… Kecuali kalau mereka membeli handphone second!

Beli iPhone 12 Pro di Jagofon

Kalau kamu bingung mau membeli handphone second terpercaya di Indonesia, kamu bisa mengunjungi website Jagofon. Jagofon terkenal dengan screening Jagofon yang selalu tes semua bagian dari handphonenya, mulai dari IMEI sampai baya baterainya. Hal ini guna untuk memastikan bahwa handphone second yang akan dijual layak untuk dipakai. Tentu saja, transparansi ini hanya bisa didapatkan di Jagofon
Kalau kamu penasaran, kamu bisa register Jagofon sekarang juga untuk _window shopping _handphone kamu. Tapi yakin deh, kamu pasti nggak akan menyesal beli handphone second berkualitas di Jagofon!

Share on: