Comparison

February 13, 2024

Penasaran? Ini Perbandingan iPhone 14 dan iPhone 15

Seri iPhone 14 dan 15 merupakan kelanjutan evolusi dari produk ikonik Apple, menawarkan inovasi terbaru dalam teknologi mobile. iPhone 14 mungkin menampilkan peningkatan signifikan dalam performa, kamera yang ditingkatkan, dan desain yang lebih ramping. Sementara itu, iPhone 15 diproyeksikan untuk memperkenalkan fitur-fitur revolusioner seperti teknologi layar yang lebih canggih.

Apple iPhone 15 vs. iPhone 14: Could You Save Money With Last Year's iPhone?  - CNET
Source: CNet

Kemudian juga terdapat kemampuan fotografi yang lebih mutakhir, dan bahkan integrasi dengan teknologi baru seperti augmented reality. Kedua seri ini akan terus memimpin pasar smartphone dengan kombinasi desain yang elegan, performa yang handal, dan ekosistem yang kuat. Sebelum kamu membeli iPhone baru, ada baiknya kamu mencari informasi lebih detail. Sekarang yuk simak perbandingan iPhone 14 dan iPhone 15 di bawah ini.

Baca juga: Inilah Perbedaan Mencolok iPhone 14 dan iPhone 14 Pro Max

Desain

iPhone 14 tidak mengalami banyak perubahan dalam desainnya, sebagaimana mirip dengan pendahulunya, iPhone 13, dengan modul kamera dan notch yang sama. Meski begitu, bahan konstruksi bodinya tetap menarik, terbuat dari aluminium dan kaca yang kokoh pada bagian depan dan belakang, di mana kaca belakang bisa dilepas untuk pemeliharaan sendiri, meskipun disarankan untuk dikerjakan oleh ahli di pusat layanan Apple.

Source: Digital Trends

Kekuatannya tidak diragukan lagi dengan dukungan Gorilla Glass untuk kedua sisi, dengan kaca yang bisa dilepas. Sertifikasi IP68 menambah ketangguhan perangkat ini, membuatnya tahan air dan debu hingga kedalaman 6 meter selama 30 menit. Desain iPhone 15 tidak berbeda jauh dari iPhone 14. Namun, perubahan yang mencolok terlihat pada bagian depan iPhone 15, di mana notch poni telah dihilangkan dan digantikan dengan Dynamic Island yang menarik.

Meskipun tidak ada peningkatan dalam ketahanan, iPhone 15 tetap menawarkan build quality yang kuat, dengan bagian depan yang menggunakan kaca yang diperkuat oleh Corning, menunjukkan fokus yang terus-menerus dari Apple terhadap kualitas konstruksi perangkatnya.

Layar

Layar iPhone 14 menonjol dengan kemampuan tinggi, didukung oleh layar Super Retina XDR OLED berukuran 6,1 inci, yang tetap menjadi yang terbaik dalam kelasnya dalam hal kualitas. Meskipun tidak mengalami peningkatan dari pendahulunya, panel ini tetap mempertahankan standar yang tinggi dengan resolusi 1170 x 2532 piksel dan kerapatan piksel mencapai 460 ppi. Dengan refresh rate layarnya hanya 60Hz, yang kurang menarik bagi Jagoans yang mencari pengalaman yang lebih mulus, tetap mampu memberikan tampilan visual yang tajam dan detail.

Source: Apple Insider

Dengan layar berukuran 6,1 inci yang mengadopsi panel Super Retina XDR OLED, iPhone 15 menyuguhkan pengalaman visual yang mendalam dan imersif untuk berbagai keperluan penggunaan. Walau ukurannya tergolong kecil, layar ini tetap menghasilkan gambar yang tajam dan warna yang sangat baik. Tidak hanya itu, resolusi layarnya sedikit lebih tinggi dari iPhone 14, dengan 1179 x 2556 piksel dan kerapatan piksel 461 ppi, yang berpotensi meningkatkan ketajaman gambar secara keseluruhan, menjadikannya pilihan yang menarik bagi kamu yang menghargai kualitas visual yang superior.

Prosesor

iPhone 14 menggunakan chipset yang sama seperti pendahulunya, yaitu Apple A15 Bionic, tetapi performa yang ditawarkan olehnya mengalami peningkatan yang signifikan, terutama dalam kinerja grafis berkat GPU 5 Core-nya. SoC ini menampilkan enam inti CPU, termasuk dua inti performa bernama Avalanche dengan frekuensi 3.24 GHz, serta empat inti efisiensi bernama Blizzard pada frekuensi 2.0 GHz. Dirancang dengan proses manufaktur 5 nm yang sama seperti pendahulunya, Apple mengklaim bahwa GPU SoC ini lebih kuat karena memiliki 5 inti GPU.

Apple iPhone 15 vs. iPhone 14: Could You Save Money With Last Year's iPhone?  - CNET
Source: CNet

Dipadukan dengan RAM 6 GB dan pilihan penyimpanan internal 128 GB, 256 GB, dan 512 GB, iPhone 14 menjanjikan kinerja yang impresif, terutama dalam hal multitasking, gaming, dan pemrosesan tugas berat lainnya. iPhone 15 menonjol dalam sektor performanya dengan kehadiran chip Apple A16 Bionic, yang sebelumnya digunakan oleh model Pro dari iPhone 14 Series. Sementara iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max menggunakan chip terbaru, Apple A17 Bionic Pro, dengan proses manufaktur 3 nm.

Hal ini juga mencerminkan kematangan A16 Bionic yang telah digunakan oleh iPhone 14 Pro Series. Dibandingkan dengan pendahulunya, Apple A15 Bionic, A16 Bionic menawarkan manufaktur yang lebih padat, yaitu 4 nm, meningkatkan jumlah transistornya dari 15 miliar menjadi 16 miliar. Dalam hal sumber daya, Apple A16 Bionic mengandalkan enam prosesor inti, dengan dua core berperforma tinggi bernama Everest (3,46 GHz) dan empat core efisiensi tinggi bernama Sawtooth (2,02 GHz), menjanjikan performa yang tangguh untuk berbagai tugas.

Kamera

iPhone 14 tidak memiliki kamera utama dengan resolusi tinggi sebesar 48 MP seperti model iPhone 14 Pro, namun, ia menawarkan fitur kamera yang disempurnakan dengan cara tersendiri. Kamera utama iPhone 14 memiliki resolusi 12 MP dengan bukaan f/1.5, sensor yang lebih besar dari pendahulunya dengan lensa 26mm dan sensor 1/1.7 inci, serta piksel individual sebesar 1.9µm. Sebagai pelengkap, terdapat kamera ultrawide 12 MP yang mampu menangkap 4x lebih banyak pemandangan dan memberikan kinerja cahaya rendah 2x lebih baik, dengan bukaan f/2.4 dan lensa 13mm.

Fitur autofocus PDAF dan komponen penstabil sensor-shift OIS turut mendukung kamera utama iPhone 14, sementara resolusi HDR tersedia untuk foto dan panorama. Di bagian depan, terdapat kamera selfie 12 MP dengan bukaan f/1.9, sensor lensa 23mm, sensor 1/3.6 inci, serta fitur autofocus PDAF dan SL 3D. iPhone 15 mempertahankan konfigurasi kamera ganda di bagian belakang yang sudah menjadi ciri khasnya, dengan tampilan yang familiar seperti sebuah boba.

Apple iPhone 15 vs iPhone 14 Pro: A Pro in Disguise? - Guiding Tech
Source: Guiding Tech

Namun, perbedaan utamanya terletak pada kamera utamanya yang kini memiliki resolusi 48 MP, berbeda dengan iPhone 14 atau iPhone 13 yang masih menggunakan kamera 12 MP. Meski resolusinya sama dengan iPhone 15 Pro Series atau iPhone 14 Pro Series, sensor kamera yang digunakan oleh iPhone 15 dan iPhone 15 Plus sedikit berbeda, dengan iPhone 15 menggunakan sensor Sony khusus.

Kamera utama iPhone 15 hadir dengan bukaan f/1.6 dan pixel sebesar 1.0µm dengan susunan Quad-Bayer, yang menawarkan mode 24 MP secara default untuk memprioritaskan detail. Peningkatan lainnya termasuk dukungan zoom hingga 2x dan fitur-fitur seperti dual pixel PDAF dan sensor-shift OIS untuk stabilisasi. Kamera ultrawide 12 MP (f/2.4) dengan FoV hingga 120 derajat hanya tersedia di model Pro, sementara model standar tidak dilengkapi dengan fitur autofocus.

Baterai

Apple tetap mempertahankan kebijakan untuk tidak secara eksplisit menyebutkan kapasitas baterai pada iPhone, hanya menegaskan bahwa iPhone 14 dapat bertahan sepanjang hari dan hingga 20 jam untuk pemutaran video lokal. Yerungkap bahwa iPhone 14 memiliki kapasitas baterai sekitar 3279 mAh, sedikit lebih besar dari pendahulunya, iPhone 13, yang memiliki 3240 mAh. Untuk mendukung penggunaan sehari-hari, iPhone 14 dilengkapi dengan fitur pengisian cepat 20W, yang diklaim mampu mengisi baterai hingga 50% dalam waktu hanya 30 menit.

Apple iPhone 15 vs iPhone 14: what's the difference? | Stuff
Source: Stuff

Selain itu, perangkat ini juga mendukung pengisian nirkabel MagSafe 15W dan pengisian nirkabel Qi 7.5W, memberikan fleksibilitas dalam metode pengisian daya. iPhone 15 menawarkan ketahanan baterai yang memadai untuk penggunaan sehari-hari, meskipun kapasitasnya terbilang kecil dengan hanya 3349 mAh, sedikit lebih besar dari iPhone 14 yang hanya 3279 mAh.

Baca juga: Inilah Perbandingan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Plus

Kesimpulan

Secara keseluruhan, perbandingan antara iPhone 14 dan iPhone 15 menunjukkan evolusi yang signifikan dalam beberapa aspek kunci. iPhone 14 menawarkan inovasi yang solid dengan desain yang diperbarui, kamera yang disempurnakan, dan performa yang lebih kuat berkat chip Apple A15 Bionic, iPhone 15 mengambil langkah lebih jauh dengan desain yang lebih inovatif, peningkatan signifikan dalam kemampuan kamera, dan performa yang ditingkatkan berkat chip Apple A16 Bionic.

Meskipun demikian, keduanya tetap menawarkan pengalaman yang konsisten dalam hal kualitas konstruksi, ekosistem yang kuat, dan daya tahan baterai yang memadai untuk penggunaan sehari-hari. Pastikan HP yang kamu beli sesuai dengan preferensimu ya, Jagoans. Mau sebagus atau semahal apapun HP yang kamu gunakan, kalau tidak sesuai dengan kebutuhanmu, jadinya juga tidak akan nyaman.

Kamu bisa bertanya seputar iPhone dengan kami di kontak Jagofon, untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya mengenai iPhone atau HP lainnya. Kamu juga bisa mengecek website Jagofon untuk melihat koleksi HP incaranmu, muli dari iPhone 6 hingga iPhone 14 serta iPhone 15!

Share on: