iPhone Cepat Panas? Cek Tips Ini untuk Mengatasinya!

Apakah Jagoans sering mengalami iPhone kamu cepat panas? Fenomena ini sebenarnya wajar terjadi karena semua HP pasti mengeluarkan panas akibat proses kinerja yang dihasilkan oleh chipsetnya.

Namun apabila panas yang dihasilkan melebihi batas wajar, tentu hal ini akan berdampak negatif pada iPhone kamu. Tak hanya kinerjanya yang akan sering terhambat alias mengalami stuttering atau frame drop, dalam jangka waktu yang panjang iPhone kamu akan mengalami kerusakan komponen.

Oleh karena itu, yuk simak beberapa tips untuk mengatasi iPhone cepat panas berikut untuk memelihara iPhone kamu agar masa hidupnya semakin panjang.

Baca juga: Ini Ciri Power Bank Rusak, Jadi Cepat Panas dan Kembung

iPhone second berkualitas, klik!

Pakai Case HP Berkualitas

iPhone Cepat Panas? Cek Tips Ini untuk Mengatasinya! - Jagofon
Image Source: iBox

Tujuan utama menggunakan case iPhone tentu untuk melindunginya dari goresan dan benturan ringan. Namun jika kamu memakai case dengan kualitas yang buruk, hal ini akan membuat iPhone kamu cepat panas.

Case iPhone yang terlalu tebal atau padat akan menghambat sirkulasi atau aliran panas yang dihasilkan, sehingga suhu panas akan terperangkap di area iPhone dan menyebabkan cepat naiknya temperatur pada iPhone kamu.

Sebelum memutuskan untuk membeli case iPhone, sebaiknya kamu mencari case dengan bahan softcase yang tipis, kalau bisa yang memiliki teknologi lapisan penyalur panas yang baik.

Harganya pasti akan lebih mahal daripada case yang biasa, namun untuk memastikan masa hidup iPhone kamu lebih panjang, itulah sedikit harga yang harus kamu bayar, Jagoans.

Kurangi Kecerahan Layar iPhone

iPhone Cepat Panas? Cek Tips Ini untuk Mengatasinya! - Jagofon
Image Source: Laptop Mag

Mengatur kecerahan maksimal secara terus-menerus akan mempercepat naiknya temperatur iPhone kamu. Selain itu, kamu juga akan mendapati borosnya baterai iPhone diakibatkan daya yang berlebih untuk menampilkan layar dengan kecerahan maksimal.

Selain itu, jika kamu menggunakan kecerahan yang berlebihan akan membuat mata kamu cepat lelah, apalagi keadaan sekitar sedang minim cahaya.

Alangkah baiknya kamu aktifkan Auto-Brightness pada iPhone kamu agar pemakaian dayanya sesuai dengan yang dibutuhkan. Selain menghemat baterai, hal in juga bisa menghindari cepat panasnya iPhone kamu.

Kurangi Pemakaian iPhone saat Dicas

iPhone Cepat Panas? Cek Tips Ini untuk Mengatasinya! - Jagofon
Image Source: Quora

Hindari menggunakan iPhone saat dicas. Tentu kegiatan ini akan membuat iPhone cepat panas karena posisinya HP kamu sedang mentransfer daya yang membutuhkan energi listrik dan mengubahnya menjadi sumber tenaga pada baterai iPhone kamu.

Selain itu, menggunakan iPhone saat dicas akan memperpanjang durasi pengisian daya dan jika dilakukan dalam jangka waktu lama akan merusak baterai kamu. Alangkah baiknya kamu membiarkan atau menonaktifkan iPhone kamu saat dicas guna menghindari panas berlebih dan membuat iPhone kamu lebih awet.

Atur Bermain Game dan Streaming

iPhone Cepat Panas? Cek Tips Ini untuk Mengatasinya! - Jagofon
Image Source: Tom's Guide

Bermain game atau streaming terus-menerus akan meningkatkan kinerja ekstra chipset iPhone kamu. Selain itu pada penggunaan yang tergolong berat ini iPhone akan menggunakan hampir seluruh fungsi dari komponen yang ada di dalamnya.

Chipset, GPU, fitur layar, kecerahan, refresh rate, modem jaringan, dan lainnya berpengaruh terhadap panas yang akan ditimbulkan oleh iPhone kamu. Jika kamu bermain game dengan settingan rata kanan, tentu iPhone akan cepat panas juga.

Pun ketika kamu streaming selama berjam-jam dengan kualitas mentok, tentu akan membuat iPhone kamu terasa panas. Apalagi jika baterainya habis dan kamu melanjutkan aktivitas kamu saat iPhone dicas, alhasil iPhone kamu akan meningkat pesat panasnya dan kemungkinan akan berakibat overheating.

Alangkah baiknya membatasi waktu bermain game atau menonton streaming dalam jangka waktu yang wajar. Selain baik untuk iPhone, istirahat sejenak di tengah aktivitas hiburan kamu juga bermanfaat untuk kesehatan kamu loh Jagoans!

Periksa Penggunaan Baterai

iPhone Cepat Panas? Cek Tips Ini untuk Mengatasinya! - Jagofon
Image Source: Techlicious

Salah satu penyebab iPhone cepat panas adalah kebiasaan penggunaan baterai yang kurang baik. Jika kamu menggunakan iPhone secara berlebihan dan sering memakai iPhone sambil dicas, kesehatan baterai kamu akan cepat turun.

Selain itu, hal ini juga akan menyebabkan iPhone kamu boros dan tiba-tiba drop kapasitasnya saat dipakai. Jika kamu mendapati battery helath kamu dibawah 60%, sudah dirasa saatnya mengganti baterai iPhone kamu dengan yang baru.

Alangkah baiknya jika kamu menggunakan iPhone jangan menunggu sampai mati total. Sisakan sekitar 20% sebelum dicas, kemudian cas iPhone kamu sampai sekitar 80% untuk menjaga kesehatan baterainya.

Sebagai tambahan, apa yang menyebabkan iPhone cepat panas adalah pengisian daya menggunakan pengisi daya nirkabel atau wireless charger. Salah satu penyebabnya adalah arus yang dialirkan lebih kecil dari pengisian ulang daya menggunakan kabel sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama.

Oleh karena itu jika masih memungkinkan, lebih baik cas iPhone kamu menggunakan kabel daripada tanpa kabel alias wireless ya Jagoans.

Update Software

iPhone Cepat Panas? Cek Tips Ini untuk Mengatasinya! - Jagofon
Image Source: Apple Support

Kemungkinan iPhone kamu cepat panas adalah masih menggunakan versi iOS jadul. Oleh karena itu jangan takut untuk update iOS ke versi yang paling baru untuk mendapatkan pembaruan piranti lunak yang paling mutakhir.

Tak jarang software jadul memiliki bug atau memang sudah lama versinya yang mengakibatkan kinerjanya lambat sehingga memberikan beban berlebih terhadap chipset iPhone. Alhasil proses yang lama ini akan memperburuk kinerja karena iPhone akan mengeluarkan panas yang berlebih.

Memperbarui software juga berguna untuk meningkatkan keamanan iPhone kamu. Semakin lama tindak kejahatan di dunia maya semakin canggih, oleh karena itu, demi membentengi iPhone kamu dari oknum tak bertanggungjawab, kamu wajib update software iPhone kamu ya Jagoans.

Matikan iPhone Sejenak

iPhone Cepat Panas? Cek Tips Ini untuk Mengatasinya! - Jagofon
Image Source: PCMag

Memang mengkhawatirkan ketika iPhone kamu sudah terasa sangat panas. Selain tidak nyaman dan mengganggu kinerja, iPhone kamu akan mengalami kerusakan jika hal ini terus-menerus dilakukan.

Untuk menurunkan suhu iPhone yang sudah masuk ke tingkatan overheat, alangkah baiknya untuk mematikan iPhone sejenak. Dengan cara ini iPhone kamu dijamin akan cepat dingin karena semua kinerja yang dihasilkan akan terhenti.

Saat iPhone mati, kamu juga beristirahat dari menatap layar iPhone yang berlebihan dan diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup kamu.

Baca juga: Simak Tips-tips Ini Agar HP Kamu Kelihatan Seperti Baru Lagi

iPhone second berkualitas, klik!

HP Second Berkualitas? Jagofon Tempatnya!

Memang banyak faktor yang menyebabkan kenapa iPhone cepat panas, mulai dari faktor hardware maupun softwarenya. Namun jika kamu mengetahui beberapa penyebabnya, kamu pasti bisa menanggulangi panasnya.

Namun semua itu dikembalikan lagi kepada para pengguna iPhone. Jika kamu menggunakan iPhone secara berlebihan atau terlalu berat, tak ayal iPhone kamu akan cepat panas yang berdampak terhadap penurunan kinerja, kesehatan baterai dan kesehatan komponen dalamnya.Oleh karena itu, kamu harus bijak saat menggunakan iPhone ya Jagoans.

Jika kamu memiliki iPhone jadul dan ingin mengganti dengan iPhone second berkualitas, jangan ragu kunjungi website Jagofon. Di Jagofon terdapat berbagai model iPhone second yang tentunya 100% masih layak pakai.

Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru. Beli HP bekas di Jagofon seperti beli HP baru, karena HP punya jaminan garansi mesin 1-6 Bulan. Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original.