Jangan Mau Beli iPhone Ini, Bakal Rugi!

Mencoba beli iPhone yang tepat di tahun 2024 bisa menjadi tantangan yang menarik. Beberapa iPhone keluaran lama mungkin terlihat menarik dengan harga yang jauh lebih murah, tetapi sayangnya, spesifikasinya sudah tertinggal jauh alias jadul.

Bahkan, ada beberapa iPhone yang harganya masih cukup tinggi, padahal sudah tidak layak untuk dibeli di tengah perkembangan teknologi smartphone saat ini yang semakin pesat.

Dalam artikel ini, Jagofon akan membahas beberapa iPhone yang sudah tidak worthy lagi untuk dibeli dengan menawarkan alternatif yang lebih baik biar kamu ga rugi!

Daripada Beli iPhone XR

iPhone XR merupakan salah satu seri iPhone yang sangat populer ketika dirilis pada tahun 2018. Dengan modal layar Liquid Retina 6.1 inci dan chipset A12 Bionic, ponsel ini cukup gahar untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game pada zamannya. Namun, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, iPhone XR sudah tak lagi menjadi spesial.

  • Chipset yang Usang: Chipset A12 Bionic sudah termasuk chip jadul alias lawas di tahun 2024. Kinerjanya tidak lagi relevan untuk menjalankan game dan aplikasi terbaru yang semakin kompleks.
  • Tidak Didukung Jaringan 5G: iPhone XR hanya mendukung jaringan 4G, padahal saat ini 5G sudah tersedia pada HP kelas menengah maupun entry. Jadi untuk jangka panjang, ponsel ini dirasa sudah cukup untuk tutup usia.
  • Kualitas Kamera Tertinggal: Kamera iPhone XR hanya dibekali dengan satu kamera belakang 12MP + 1 kamera depan 7MP. Tidak adanya fitur fotografi canggih seperti Night Mode atau lensa ultrawide membuat iPhone XR terasa sekali jadul nya.
Jangan Mau Beli iPhone Ini, Bakal Rugi! | Jagofon
iPhone XR - Image Source: Apple

Mending Beli iPhone 11

Jika kamu memiliki keinginan untuk beli iPhone selain iPhone XR dengan harga yang mirip, iPhone 11 adalah pilihan yang jauh lebih bijak untuk kamu beli di tahun 2024. Meskipun iPhone 11 tergolong HP lawas juga, namun menawarkan peningkatan yang signifikan di berbagai aspek.

  • Chipset yang Lebih Kuat: iPhone 11 menggunakan chipset A13 Bionic yang jauh lebih cepat dan efisien daripada A12. Meskipun sudah berusia beberapa tahun, A13 masih mampu menangani berbagai aplikasi dan game terbaru dengan baik.
  • Sistem Kamera Ganda yang Lebih Baik: iPhone 11 disematkan kamera utama 12MP dan kamera ultrawide 12MP yang berguna untuk menjepret bidang yang luas. Selain itu, iPhone 11 juga sudah dilengkapi fitur Night Mode, yang sangat berguna untuk fotografi saat minim cahaya.
  • Daya Tahan Baterai yang Lebih Baik: Dibandingkan dengan iPhone XR, iPhone 11 memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dengan kapasitas baterai 3110 mAh (11.91 Wh). Pengisian ulang baterainya juga sudah didukung fast charging dan wireless charging menggunakan standar Qi.
Jangan Mau Beli iPhone Ini, Bakal Rugi! | Jagofon
iPhone 11 - Image Source: Apple

Baca juga: Duel HP Terlaris di 2024: iPhone 11 vs iPhone 13 yang Lagi Turun Harga

Daripada Beli iPhone 11

Meskipun iPhone 11 masih cukup bertenaga, jika kamu memiliki dana lebih kamu bisa mempertimbangkan beli iPhone keluaran lebih baru agar tetap relevan menjalankan aplikasi dengan teknologi baru. Adapun beberapa alasan kenapa iPhone 11 bukan pilihan terbaik buat Jagoans di tahun 2024 adalah sebagai berikut.

  • Tidak Ada 5G: Sama halnya seperti iPhone XR, iPhone 11 juga hanya mendukung jaringan mentok di 4G. Sangat disayangkan kan Jagoans?
  • Panel Layar Masih Bahan LCD: iPhone 11 masih menggunakan layar LCD dengan refresh rate 60Hz. Sementara model yang lebih baru telah beralih ke OLED yang menyuguhkan kontras warna yang lebih baik serta efisiensi daya yang lebih tinggi.
  • Kamera yang Mulai Tidak Relevan: Walau kamera ganda iPhone 11 cukup baik, Jika dibandingkan dengan iPhone 11 Pro saja kameranya sudah tertinggal. Pun dengan beberapa fiturnya yang tak selengkap model baru, terasa ada yang off dari hasil kamera iPhone 11.

Mending Beli iPhone 11 Pro

iPhone 11 Pro lebih mending dari iPhone 11 dengan menawarkan peningkatan yang cukup signifikan. Meskipun rilisnya berbarengan dengan iPhone 11, versi Pro menjadi pilihan yang layak diperdebatkan dengan keunggulan fitur dan performa yang lebih baik.

  • Layar OLED: iPhone 11 Pro menggunakan layar Super Retina XDR OLED yang jauh lebih jernih dibandingkan layar LCD iPhone 11. Jelas kualitas visualnya lebih baik dan bikin nyaman dipandang berlama-lama.
  • Sistem Kamera Pro: iPhone 11 Pro memiliki tiga lensa, yaitu kamera utama 12MP + kamera ultrawide 12MP + telephoto 12MP. Kameranya memberikan ruang kreativitas kamu lebih luas dalam mengambil foto dan merekam video berkualitas tinggi hingga 4K.
  • Desain yang Lebih Premium: iPhone 11 Pro hadir dengan desain yang lebih mewah dan build quality yang lebih baik dibandingkan iPhone 11. Rasanya lebih premium dan tahan lama, menjadikannya investasi yang layak.
Jangan Mau Beli iPhone Ini, Bakal Rugi! | Jagofon
iPhone 11 Pro - Image Source: Apple

Daripada Beli iPhone 12

Lebih baik dari iPhone 11 karena dukungan jaringan 5G dan layar OLED. Tak membuat iPhone 12 worthy untuk kamu beli di tahun 2024 dengan rentang harganya sekarang, terutama jika dibandingkan dengan model yang lebih baru seperti iPhone 13.

  • Chipset yang Sudah Usang: iPhone 12 dibekali chipset A14 Bionic yang masih relevan, tapi sudah mulai tertinggal dari A15 di iPhone 13 yang lebih efisien dan lebih mumpuni.
  • Kapasitas Baterai Kecil: Meskipun memiliki layar OLED yang hemat daya, kapasitas baterai iPhone 12 lebih kecil dibandingkan dengan iPhone 13 sehingga tidak bisa dipakai seharian tanpa ngecas lebih dari 1 kali.
  • Harga Masih Relatif Mahal: Meskipun sudah ada beberapa seri terbaru, harga iPhone 12 masih relatif tinggi. Dengan sedikit kocek tambahan, kamu bisa mengantongi iPhone 13 yang lebih unggul.
Jangan Mau Beli iPhone Ini, Bakal Rugi! | Jagofon
iPhone 12 - Image Source: Apple

Mending Beli iPhone 13

Jika kamu berencana beli iPhone 12, lebih baik tahan dulu sebentar dan pertimbangkan beli iPhone 13 yang menawarkan performa dan fitur lebih baik dengan harga yang tidak jauh berbeda.

  • Chipset A15 Bionic: iPhone 13 ditenagai oleh chipset A15 Bionic yang lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan A14. Chipset andal ini terbukti bisa kamu andalkan untuk beraktivitas berat sekalipun.
  • Kamera Lebih Baik: iPhone 13 dilengkapi dengan kamera utama 12MP dengan teknologi sensor-shift OIS yang tidak ada pada iPhone 12 sehingga kualitas foto dan video jadi lebih baik.
  • Baterai Lebih Awet: Dibandingkan dengan iPhone 12, baterai iPhone 13 lebih besar dengan kapasitas 3240 mAh yang mampu bertahan lebih lama dalam penggunaan sehari-hari.
Jangan Mau Beli iPhone Ini, Bakal Rugi! | Jagofon
iPhone 13 - Image Source: Apple

Daripada Beli iPhone 14

iPhone 14 adalah model dicap gagal pada masanya karena beberapa masalah pada iOS 16 saat rilis, kemudian beberapa fitur yang ditawarkan tidak jauh berbeda dari iPhone 13. Selain itu, harganya masih relatif tinggi untuk perbedaan yang tidak terlalu signifikan.

  • Peningkatan Nanggung: Dibandingkan dengan iPhone 13, perbedaan antara iPhone 14 sangat minim. Namun jika kamu tak masalah dengan upgrade minor ini, apa mau dikata sah-sah saja untuk seorang Apple Fanboy.
  • Harga yang Masih Tinggi: iPhone 14 dijual dengan harga Rp. 10 jutaan di Jagofon. Sementara dengan spesifikasi yang hampir sama, kamu bisa mendapatkan iPhone 13 dengan harga yang jauh lebih murah, atau menambah sedikit dana untuk mendapatkan iPhone 15 yang lebih gahar.
Jangan Mau Beli iPhone Ini, Bakal Rugi! | Jagofon
iPhone 14 - Image Source: Apple

Mending Beli iPhone 15

Jika kamu mencari iPhone yang benar-benar menawarkan teknologi terbaru dan paling ultimate, iPhone 15 adalah awal dari pilihan terbaik. Model ini menghadirkan berbagai peningkatan yang layak untuk dipertimbangkan.

  • Chipset A17 Bionic: iPhone 15 dibekali dapur pacu A17 Bionic yang jauh lebih cepat dan efisien dibandingkan chip generasi sebelumnya, menjamin future-proof untuk beberapa tahun ke depan.
  • Desain dan Fitur Baru: iPhone 15 hadir dengan berbagai peningkatan desain dan fitur, termasuk layar OLED dengan adaptif refresh rate 120 Hz, baterai yang lebih besar di 3349 mAh, dan kamera yang lebih canggih dengan kamera utama 48MP.
  • Dukungan 5G Terbaik: iPhone 15 didukung jaringan 5G yang tentu bisa menyuguhkan kecepatan internet lebih cepat dan efisien sampai masa mendatang.

Baca juga: iPhone 13 vs iPhone 14 Tahun 2024

Harga iPhone di Jagofon Lebih Murah!

Apapun pilihanmu nantinya, jika kamu ingin mendapatkan iPhone dengan harga yang paling lebih murah, pastikan untuk cek promo-promo terbaru di Jagofon. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai iPhone dengan harga lebih murah karena sering ada promo menarik.

Jangan lupa untuk stay-tuned dan cek terus penawaran terbaru agar tidak ketinggalan kesempatan memiliki iPhone impian dengan harga terbaik!

Jika budget kamu terbatas, iPhone 13 adalah pilihan yang paling seimbang dari segi harga dan performa. Namun, jika kamu mencari yang paling future-proof, iPhone 15 jelas menjadi pilihan terbaik di 2024.

jangan ragu beli iPhone terbaik versimu di Jagofon, karena semua produk sudah terbukti masih layak seperti baru melalui pengujian di 90+ titik fungsi. kamu juga pasti akan mendapatkan garansi sampai 6 bulan loh!

Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original.