Product

January 9, 2024

Ketahui 5 Kekurangan dan Kelebihan Apple Watch Series 8

Source : Apple

Setiap tahun, Apple terus menggali inovasi untuk menjadikan produknya yang terbaik di pasaran. Tahun 2022 menjadi saksi kedatangan Apple Watch Series 8 dengan sejumlah peningkatan yang mencolok. Desain yang semakin nyaman dipakai bukanlah satu-satunya fokus pengembangan Apple pada seri terbaru ini. Mereka juga berusaha keras agar perangkat ini dapat dengan mudah dinikmati oleh semua kalangan pengguna.

Tak hanya itu, Apple memberikan sentuhan ajaib dengan memperkenalkan sejumlah software dan sensor baru yang tidak hanya memudahkan melacak kesehatan pengguna, tetapi juga memberikan bantuan saat kondisi darurat serta meningkatkan pengalaman komunikasi secara lebih mulus. Apakah Jagoans penasaran dengan smartwatch ini? Yuk simak kelebihan dan kekurangan dari Apple Watch series 8 dibawah ini!

Baca juga: Apple Watch Ultra VS Series 8: Manakah Yang Cocok Untukmu?

Kelebihan Apple Watch Series 8

Diluncurkan pada tahun 2022 dan merupakan koleksi Apple yang paling baru, terlebih untuk seri smartwatch. Sebelum memutuskan untuk membeli Apple Watch series 8 ini, yuk simak fitur-fitur unggulan yang menjadi kelebihan dari Apple Watch 8 ini!

Desain Praktis dan Elegan

Source : Blibli

Kelebihan pertama dari Apple Watch 8 ini tentu menjadi pilihan premium dikelasnya. Desain mewah serta bodi alumunium dan stainless steel yang terasa solid. Casing model curve yang membuat Apple Watch series ini telrihat fancy. Bagian bodybawah serta pilihan warna yang bervariasi mulai dari Red, Silver, Midnight dan Starlight membuat Apple Watch 8 menjadi terlihat elegan.

Memiliki ukuran bodi 45 x 38 x 10,7 mm dengan berat ringan 32 gram jam ini cocok untuk aktivitas harian. Apple Watch ini juga dilengkapi dengan fitur water and dust resistance dengan sertifikasi IP6X dan WR 50 yang aman dipakai dalam berbagai situasi.

Strap yang nyaman di kulit dan sulit lepas menambah keunggulan Apple Watch 8. Ditambah lagi dengan berbagai variasi strap yang bisa disesuaikan dengan preferensi kamu. Apple Watch seri 8 ini juga cocok untuk semua kalangan dari yang muda hingga orang tua bahkan buat pengguna yang gemar berolahraga.

Hadirnya Fitur Skin Temperature

Source : CNET

Kehadiran fitur suhu kulit pada Apple Watch 8 membawa banyak manfaat berguna. Fitur ini tidak hanya dapat mengetahui siklus pelacakan tidur dan siklus haid, tapi juga memberikan kemampuan prediksi ovulasi bagi pengguna wanita yang sedang mencoba untuk hamil.

Selain itu, Apple Watch 8 juga dapat berguna untuk pengguna wanita dengan kondisi tertentu yang memengaruhi siklus kewanitaan, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), fitur seperti data suhu pergelangan tangan dapat memberikan validasi dan petunjuk untuk mengetahui serta memanajemen gejala dari PCOS.

Meskipun perlu waktu setidaknya sebulan untuk dikalibrasi dengan kondisi kesehatan pengguna, fitur ini memberikan keamanan privasi dengan enkripsi end-to-end pada semua data pelacakan siklus. Pengguna juga memiliki kendali penuh atas berbagi informasi kesehatan, memungkinkan kolaborasi dengan dokter atau spesialis kesuburan.

WatchOS 9 yang Menawan

Source : Macrumours

Apple telah meluncurkan WatchOS 9 untuk seri 8, sebuah sistem operasi yang merupakan hasil pengembangan dari versi sebelumnya. WatchOS 9 didesain menjadi lebih ringan, cepat, dan user-friendly. Perbedaannya yang mencolok terletak pada tampilan yang lebih jelas dari berbagai aplikasi, watch face, dan notifikasi.

Aplikasi olahraga juga ditingkatkan untuk menjadi lebih lengkap dan mudah dipahami di Apple Watch 8 ini. Apple menjanjikan pembaruan sistem hingga 5 tahun ke depan, yang menjadi keunggulan tambahan.Fitur menarik lainnya dalam sistem ini adalah pemantau dan pengingat minum obat, yang merupakan pengembangan dari fitur kesehatan di iOS.

Pembaruan ini juga melibatkan fitur pendeteksi detak jantung yang lebih akurat, mampu membaca keanehan pada detak jantung pengguna. Data detak jantung dapat diunduh dalam bentuk PDF untuk konsultasi dengan dokter bila diperlukan.

Terakhir, sistem operasi ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas tidur pengguna. Apple Watch 8 akan memberikan pengingat waktu tidur dan memberikan saran tentang cara mencapai tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Baterai yang Tangguh

Source : The Hans India

Fitur unggulan lainnya pada Apple Watch 8 adalah adanya mode hemat daya. Meskipun perangkat Apple Watch sebelumnya memiliki Power Reserve yang memungkinkan melihat waktu saat jam dalam kondisi hampir mati, kini Apple Watch 8 membawa inovasi dengan menambahkan low power mode. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan beberapa fitur yang memakan daya, menjadikan perangkat masih dapat digunakan secara optimal.

Aktivasi low power mode pada Apple Watch 8 sangat mudah melalui control center, dengan pengguna diberikan pilihan untuk menentukan fitur mana yang akan dinonaktifkan. Meskipun fitur Always-On Display, pembacaan sensor kesehatan kontinu, dan koneksi seluler akan hilang sementara, pengguna dapat mengatur low power mode untuk mati secara otomatis tergantung pada situasi.

Proses pengisian daya Apple Watch 8 terbilang sangat efisien. Pengisi daya cepat dapat mengisi daya dari 0-100% dalam sekitar satu jam. Bahkan, hanya dengan mengisi daya selama 8 menit sebelum tidur, Jagoans juga bisa menikmati layanan pelacakan tidur selama 8 jam.

Pengisi daya magnetik Apple Watch juga bisa digunakan untuk mengisi daya AirPods Pro 2, memberikan kenyamanan bagi Jagoans yang memiliki keduanya. Dengan fitur-fitur canggih ini, Apple Watch 8 memastikan daya baterai yang tangguh dan handal. Cocok nih buat Jagoans yang anti ribet.

Fitur Crash Detection

Source : 9to5 Mac

Fitur Deteksi Kecelakaan pada Apple Watch 8 membawa inovasi signifikan dalam bidang keselamatan. Dengan tambahan dua sensor gerak baru dan peningkatan gyroscope serta accelerometer, jam tangan ini mampu mengukur gerakan 4x lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Deteksi kecelakaan ini menjadi alat keselamatan yang kritis, mengizinkan Apple Watch secara akurat mendeteksi kejadian kecelakaan seiring terjadinya.

Dalam situasi yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, Apple Watch 8 secara otomatis akan menghubungi layanan darurat dan memberi tahu kontak darurat Anda. Kecepatan tanggap ini, walaupun dalam konteks yang kurang menyenangkan, dapat menjadi perbedaan antara hidup dan mati.

Penting untuk dicatat ya Jagoans bahwa fitur deteksi kecelakaan ini juga menjadi salah satu perbandingan antara Apple Watch 8 dan Apple Watch SE, menunjukkan bahwa peningkatan keselamatan dapat diakses tanpa biaya tambahan.

Baca juga: Apple Watch Ultra VS Series 8: Manakah Yang Cocok Untukmu?

Kekurangan Apple Watch Series 8

Source : Nextpit

Dengan segudang fitur mumpuni, Apple Watch Series 8 juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Jagoans pertimbangkan sebelum membeli. Berikut beberapa kekurangan yang ada pada Apple Watch 8 :

Performa Baterai yang Standar

Source : Android Authority

Salah satu kekurangan dari seri Apple Watch 8 ini menunjukkan batasan pada daya tahan baterainya yang hanya mencapai 18 jam dengan kapasitas baterai 308 mAh. Hal ini menjadikan performa baterai Apple Watch 8 terbilang standar untuk kelasnya. Bagi Jagoans yang aktif beraktivitas dalam waktu yang lama, seperti lebih dari 24 jam, daya tahan baterai dari Apple Watch 8 bisa dibilang kurang optimal.

Desain tidak beda dengan Apple Watch 7

Source : Blibli

Masih mempertahankan desain yang tidak terlalu berbeda dengan pendahulunya, Apple Watch 7. Di sisi sebelah kanan, tombol home dan mahkota bergerigi masih menjadi fitur yang melekat. Dengan demikian, desain Apple Watch 8 sepertinya masih melanjutkan jejak desain yang telah ada pada seri sebelumnya, khususnya Apple Watch 7.

Absennya Fitur Siren Seperti Apple Watch Ultra

Source : The Verge

Dilansir dari Tomsguide.com, Apple Watch 8 juga menunjukkan kekurangan dengan absennya fitur sirene seperti yang dimiliki oleh Apple Watch Ultra. Fitur sirene pada Apple Watch Ultra dapat mengeluarkan suara hingga 86 desibel, memberikan keunggulan dalam situasi darurat.

Cek Apple Watch di Jagofon!

Setelah membaca tentang kelebihan dan kekurangan produk terbaru dari Apple, yakni Apple Watch 8, apakah Jagoans ingin membeli Apple Watch ini? Nah, daripada bingung mau beli dimana, mending langsung cek Jagofon aja!

Jagofon merupakan platform online khusus penjualan gadget dan HP bekas di Indonesia, menawarkan pengalaman berbelanja yang nyaman. Semua produk yang dijual di Jagofon telah melalui uji kualitas dan laporan tes untuk menjamin fungsionalitasnya.

Setiap gadget dan HP bekas di Jagofon telah lulus uji kelayakan, memberikan pembeli jaminan produk berkualitas terbaik. Jagofonjuga memberikan garansi 7 hari uang kembali, garansi mesin gratis selama 30 hari, dan garansi mesin selama 6 bulan dengan tambahan biaya.

Proses pembelian di Jagofon sangat mudah, termasuk layanan pengantaran ke rumah dan opsi COD khusus wilayah Jakarta, serta layanan Self-Pickup di kantor Jagofonuntuk konsultasi langsung. Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki Apple Watch 8 dan gadget impian kamu hanya di Jagofon!

Share on: