JagoHacks

Kupas Tuntas Cara Cek Garansi Xiaomi, Mudah dan Praktis!

Xiaomi Redmi 9T Meluncur 22 Februari di Indonesia, Ini Kisaran Harganya
Source Tekno Kompas

Xiaomi menjadi salah satu pilihan untuk merk smartphone entry level yang menawarkan beragam fitur dengan harga yang terjangkau. Untuk mengetahui beragam tipe dan model Xiaomi yang cocok dan sesuai dengan preferensi Jagoans, kamu bisa langsung mengunjungi website Jagofon.

Dilansir dari detik.com, Xiaomi bahkan masuk ke dalam jajaran merk ponsel terlaris di Indonesia, bersama dengan merk ponsel lainnya seperti Samsung, Vivo, dan Oppo. Selama periode 2023 lalu, Xiaomi juga telah menjual 1,3 juta unit HP dengan persentase market share sebesar 14,7%.

Baca juga : Kenali Sejarah dan Jajaran HP Xiaomi Disini!

Selain produknya yang ramah di kantong dan memiliki beragam fitur mumpuni, hal lain yang tidak kalah penting adalah garansi produk. Xiaomi juga memberikan garansi ke beragam produk yang dimiliknya. Nah kali ini, Jagofon akan membahas garansi produk, khususnya garansi produk smartphone.

Garansi Xiaomi

Garansi sering dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Padahal dengan adanya garansi, pengguna dapat lebih menghemat biaya dengan tidak mengeluarkan biaya perbaikan atau pun penggantian.

Dengan garansi, pengguna bahkan bisa melakukan penggantian unit ponsel ataupun komponen ponsel yang rusak (seperti kabel USB dan aksesoris bawaan), asalkan produk tersebut masih dalam periode garansi.

Umumnya, garansi Xiaomi memiliki periode 6-12 bulan. Ketentuan dari periode garansi dan produk yang dapat diajukan klaim garansinya, dapat kamu lihat pada gambar tabel berikut :

Source : mi.co.id

Selain itu, juga terdapat produk Xiaomi yang memiliki garansi selama 24 bulan, seperti Xiaomi 13 T, Xiaomi 12 T, Xiaomi 12 dan12 Pro, Xiaomi 11, Mi 10 dan Mi 10 Pro, Redmi Note 11, Redmi 8 dan 8A, dan Redmi 9A dan 9C. Namun, device tersebut juga memiliki syarat-syarat dan ketentuan khusus sebelum klaimnya dapat diajukan.

Nah, jika ponsel Jagoans mengalami permasalahan dan ingin mengajukan klaim garansi, ada beberapa hal penting yang dapat kamu perhatikan, selain membawa faktur pembelian dan kartu garansi :

  • Pastikan kamu membeli ponsel ataupun produk Xiaomi hanya pada gerai resmi. Hal ini bertujuan untuk menghindari produk yang tidak original ataupun refurbished.
  • Garansi hanya berlaku untuk produk yang dibeli di Indonesia tidak berlaku untuk layanan garansi Internasional.
  • Sebelum menyerahkan ponsel Xiaomi yang mengalami kerusakan atau gangguan, Xiaomi akan melakukan pengecekan terlebih dahulu.
  • Pengguna harus membuat cadangan data (backup), menyimpan informasi personal atau data probadi, dan memastikan Mi Account dalam keadaan sign out atau keluar.
  • Garansi tidak akan berlaku atau tidak sah apabila nomor serial, IMEI atau segel garansi hilang maupun dihapus, dirusak dan diubah.
  • Garansi tidak berlaku pada gangguan disebabkan oleh pembongkaran dan penggunaan secara normal, karat, atau noda.
  • Garansi juga tidak akan berlaku bila terjadi kerusakan di dalam maupun diluar permukaan produk, termasuk goresan, retakan, cacat pada layar, tombol, case, lensa kamera, dan tambahan lainnya.
  • Untuk informasi lebih lanjut kamu dapat mengunjungi laman berikut : https://www.mi.co.id/id/support/warranty/

Berikut daftar kerusakan-kerusakan dari device Xiaomi yang dapat Jagoans ajukan klaim garansinya :

Source : mi.co.id

Setelah mengetahui hal-hal atau kerusakan apa saja yang dapat diklaim garansinya pada ponsel Xiaomi, ada baiknya kamu juga mengetahui informasi untuk cek garansi Xiaomi. Untuk mencari tahu tentang informasi garansi Xiaomi, Jagoans dapat melakukan cara-cara berikut :

Cek Garansi Xiaomi di Situs Resmi

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk cek garansi Xiaomi adalah dengan mengunjungi situs resminya. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti :

  • Buka situs resmi Xiaomi di laman www.mi.co.id/id/support.
  • Kemudian, pada halaman utama pilih menu Aplikasi Permintaan Perbaikan ke Pusat Service Center.
  • Selanjutnya, isi semua data-data yang diminta, seperti mengisikan nomor IMEI ponsel dan mengunggah bukti transaksi pembelian ponsel Xiaomi milikmu.
  • Untuk Jagoans yang belum mengetahui IMEI pada ponsel, kamu dapat melihatnya pada barcode yang tertera pada kotak ponsel atau menghubungi *#06# dan tunggu hingga layar menampilak IMEI.
  • Langkah terakhir yaitu tekan tombol cari dan tunggu beberapa saat sampai informasi garansi ditampilkan pada layar.

Cek Garansi Xiaomi pada Kartu Garansi

Cara yang paling mudah dilakukan untuk cek garansi Xiaomi adalah dengan melihatnya langsung pada kartu garansi. Oleh karena itu, penting untuk menyimpan kartu garansi dengan baik agar tidak rusak ataupun hilang. Kartu garansi biasanya diserahkan langsung oleh karyawan toko pada saat pertama kali melakukan pembelian, ataupun terdapat di dalam kotak ponsel.

Di dalam kartu garansi, bisanya terdapat informasi mengenai periode atau masa garansi, model ponsel, IMEI, nomor serial ponsel, serta informasi yang harus diisi data-data pribadi pengguna apabila ingin mengajukan klaim garansi. Pastikan juga kamu menyimpan bukti pembelian ponsel, karena bukti pembelian dan kartu garansi menjadi salah satu syarat untuk mengajukan klaim garansi Xiaomi.

Cek Garansi Xiaomi Secara Offline

Selain cara-cara online tersebut, kamu juga dapat cek garansi Xiaomi secara offline dengan visit store atau mengunjungi gerai service center Xiaomi terdekat di kota tempat tinggalmu. Untuk mengetahui alamat resmi dari service center Xiaomi, kamu dapat mengungjungi laman mi.co.id/id/support/service-centre.

Pada situs tersebut akan menampilkan alamat Exclusive Service Center, serta kolom pencarian yang dapat kamu gunakan untuk mencari service center Xiaomi terdekat dengan memasukkan nama provinsi dan jenis perangkat. Apabila kamu mengalami kendala, kamu juga dapat menghubungi kontak yang tertera di laman tersebut.

Cek Xiaomi Bekas Bergaransi

Gimana Jagoans? mudah bukan untuk cara cek garansi Xiaomi? Nah, untuk kamu yang meninginkan ponsel Xiaomi atau pun ingin melakukan upgrade ponsel Xiaomi milikmu, mending kamu langsung cek website Jagofon deh!

Jagofon sendiri merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas. Walaupun produk bekas, kamu nggak perlu khawatir Jagoans, karena Jagofon memberikan garansi dan jaminan 100% original untuk semua produk yang ditawarkannya.

Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik. Kapan lagi kamu beli HP/gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Jika kamu berada di wilayah Jakarta, kamu dapat checkout HP impianmu dengan metode COD atau Self-pickup ke kantor Jagofon dan konsultasi langsung dengan tim kami! Jadi pembeli yang pintar! Kamu bisa dapatkan HP bekas yang kualitasnya setara dengan HP baru, namun harganya lebih terjangkau!

Selain itu, dengan berbelanja di Jagofon, kamu juga ikut berkontribusi dalam mengurangi e-waste atau limbah elektronik yang berbahaya di Indonesia lho. Jadi tunggu apalagi? yuk segera dapatkan HP impian kamu hanya di Jagofon!