Kupas Tuntas MacBook Air M2 di Mei 2024

MacBook Air M2, Sebuah MacBook ramping kelas "entry-level" ini masuk ke pasar Indonesia pada tahun 2022. Seri lanjutan dari MacBook Air M1 ini diklaim sebagai model paling ringan saat itu namun memiliki performa yang bisa diandalkan.

Mulai menggunakan prosesor Apple Silicon pada seri Apple M1, MacBook Air M2 mendapatkan beberapa peningkatan dari seri sebelumnya. Tak hanya pada sektor CPU, namun pada sektor lain juga mengalami beberapa peningkatan.

Penasaran dengan jeroan MacBook 13 inchi yang juga memiliki visual yang apik ini? Yuk kita kupas tuntas MacBook Air M2 di Mei 2024 ini sebagai bahan acuan buat Jagoans sebelum membelinya.

Baca juga: MacBook Air 13 Inch Tahun 2014: Spesifikasi dan Harga Bekasnya Tahun 2024

Performa

Kupas Tuntas MacBook Air M2 di Mei 2024 - Jagofon
Image Source: Apple

Secara umum, performa yang ditawarkan oleh MacBook Air M2 sangat mengesankan dan mampu menjalankan beberapa aplikasi dan membuka banyak tab di Google Chrome dalam sekali waktu dengan lancar.

Prosesor Apple M2 sendiri memiliki 8 inti CPU yang mana terbagi menjadi 2 klaster. Klaster pertama merupakan 4 inti performa (Avalanche) + 4 inti efisiensi daya (Blizzard). Untuk urusan grafis, MacBook Air M2 didukung GPU 8-core untuk konfigurasi dasar. Sementara itu untuk konfigurasi atasnya memiliki GPU 10-core.

Sedangkan memorinya juga besar di 8 GB dan bisa diupgrade sampai dengan 24GB. Sementara itu untuk penyimpanannya menggunakan SSD 256 GB dan bisa diupgrade sampai dengan 2 TB.

Tom's Guide melakukan tes benchmark pada MacBook Air M2 dan menghasilkan skor angka yang fantastis. Pada aplikasi Geekbench 5.4, yang mengukur performa prosesor secara keseluruhan, MacBook ini meraih skor 1,932 pada single-core dan 8,919 pada multi-core.

Hasil tersebut mengalamu peningkatan sebesar 11% lebih cepat pada single-core dan 17% lebih cepat pada multi-core dibanding dengan Apple M1.

Namun ada isu bahwa kecepatan read/write SSD MacBook Air M2 itu lambat. Yah, sayangnya hal ini terbukti jika dibandingkan dengan MacBook Pro M2 yang memiliki kecepatan read/write data lebih baik.

Nah, jika kamu menggunakan MacBook Air M2 untuk bermain game, rasanya performanya bisa diandalkan juga walau tidak terlalu impressive.

Pada saat dicoba untuk memainkan game Rise of the Tomb Raider, MacBook ini mampu mempertahankan frame rate di 27 fps dengan settingan resolusi 1920 x 1200. Lalu jika kamu mengubah settingan grafisnya ke resolusi 2940 x 1920, frame rate nya akan drop ke sekitar 15,3 fps.

Untuk urusan multitasking, jangan diragukan keandalannya. MacBook ini bisa menjalankan beberapa berat sekaligus tanpa merasakan lag. Bahkan menurut Tom's Guide, pihaknya baru merasakan sedikit lag setelah membuka sebanyak 100 tab Google Chrome dalam satu waktu.

Jangan ragu, jika kamu mencari MacBook yang ramping dan andal di tahun 2024, kamu bisa cari MacBook Air M2 di Jagofon! Dijamin hampir semua kebutuhan digital kamu akan terpenuhi melalui MacBook ini.

Kamera

Kupas Tuntas MacBook Air M2 di Mei 2024 - Jagofon
Image Source: Digital Trends

Kamera webcam MacBook Air M2 sudah mendukung kualitas sampai dengan 1080p FaceTime. Hal ini merupakan sebuah peningkatan yang signifikan mengingat pada seri terdahulunya hanya bisa menyuguhkan kualitas gambar sampai dengan 720p.

Resolusi yang tajam ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan kualitas gambar yang tergolong bagus untuk melakukan live streaming, FaceTime, atau digunakan untuk online meeting.

Video yang dihasilkan kamera depannya dijamin memiliki kualitas yang baik dan bersih dari noise apalagi didukung oleh jaringan WiFi yang kencang.

Untuk kebutuhan merekam video dengan kualitas tersebut, rasanya masih relevan untuk digunakan di tahun 2024. Jika kamu aktif menggunakan kamera webcam, MacBook Air M2 menjadi salah satu unit yang bisa kamu perhatikan.

Baterai

Kupas Tuntas MacBook Air M2 di Mei 2024 - Jagofon
Image Source: bamsbung.id

MacBook Air M2 dibekali baterai Lithium-Polymer 52,6 watt-jam. Menurut Tom's Guide, performa baterainya termasuk memuaskan setelah melakukan tes berselancar di internet dengan kecerahan layar 150 nit dan mampu bertahan selama 14 jam 6 menit.

Sementara itu, MacBook ini dibekali Adaptor Daya USB-C 30 W (GPU 8-core) dan Adaptor Daya Ringkas Port USB-C Ganda 35 W (GPU 10-core dan penyimpanan 512 GB). Selain itu MacBook ini juga mendukung pengisian daya cepat 67W yang bisa mengisi daya sebanyak 50% di 30 menit pertama.

Kemudian MacBook ini dibekali fitur baru yang inovatif, yakni MegSafe yang berguna sebagai sensor magnetis untuk mendukung ekosistem beberapa aksesoris di sekitar.

Port MegSafe yang didedikasikan untuk pengisian daya ulang membuat beberapa port USB Type-C bisa kamu gunakan untuk keperluan lain. Selain itu sesuai namanya, mengisi ulang melalui MegSafe bisa lebih aman ketika kamu tersandung kabelnya.

Nah, kelengkapan fitur baterai dan charging nya bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Jika kamu membeli MacBook Air M2 di tahun ini, dijamin MacBook ini masih relevan secara memiliki daya baterai yang baik dan sistem pengecasan yang optimal.

Fitur Lainnya

MacBook yang berukuran 13,6 inchi ini memiliki layar yang menawan. Dibekali layar dengan panel panel IPS Liquid Retina dengan resolusi 2560 x 1664 piksel dan kerapatan 224 ppi, ditambah dukungan P3 dan 1 miliar warna, membuat kamu akan terpesona saat pertama kali menyalakannya.

Kemudian dengan tingkat kecerahan maksimal di 500 nit dan teknologi TrueTone yang dinamis memungkinkan kamu untuk menggunakan MacBook ini walau di bawah sinar matahari.

Selain itu MacBook Air M2 dibekali kualitas audio speaker yang lebih baik dari model sebelumnya. Jika pada M1 hanya terdapat 2 audio speaker biasa, pada M2 terdapat 4 source audio speaker yang bersifat spacial dengan Dolby Atmos yang mengeluarkan audio dari berbagai arah bak audio bioskop.

Kemudian dengan dukungan mic array yang berjumlah 3 buah mampu menangkap suara lebih jernih yang didukung algoritma canggih bernama beamforming. Jadi untuk urusan produktivitas saat meeting atau streaming suara kamu akan terdengar sangat jernih.

Lalu untuk mendukung penggunaan EarPods dengan baik, Macbook Air M2 juga masih menyematkan jack Audio 3,5 mm.

Untuk urusan konektivitas, MacBook ini mendukung jaringan WiFi 6 dan kompatibel dengan IEEE 802.11a/b/g/n/ac yang dipastikan memiliki kecepatan internet yang ngebut. Selain itu ada koneksi Bluetooth versi 5.3 yang memiliki teknologi lebih cepat dari versi sebelumnya.

Baca juga: Ketahui Sebelum Membeli! Ini 5 Kekurangan Chip Apple M1

Cek MacBook Air M2 di Jagofon!

Bagi Jagoans yang memiliki keinginan meminang MacBook Air M2 di tahun 2024, buruan cek Jagofon deh biar mendapatkan harga yang menarik!

Selain memiliki bentuk yang ringkas, performa MacBook Air M2 juga sangat bisa diandalkan. Kamera depannya juga sudah support video dengan kualitas 1080p yang bisa menghasilkan kualitas video jempolan.

Yuk langsung aja cek website Jagofon sekarang mumpung harga MacBook Air M2 berada di kisaran Rp. 16 jutaan aja!

Jagofon adalah marketplace pertama Indonesia yang menyediakan gadget bekas berkualitas. Semua gadget bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah gadget dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kamu beli gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Cukup checkout gadget impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!